Majalah SWA Online http://swa.co.id swa.co.id Mon, 31 Aug 2015 11:25:15 +0000 en-US hourly 1 Rai Mantra, Hidupkan Kain Endek http://swa.co.id/profile/rai-mantra-hidupkan-kain-endek http://swa.co.id/profile/rai-mantra-hidupkan-kain-endek#comments Mon, 31 Aug 2015 11:24:18 +0000 http://swa.co.id/?p=119428 Usaha perajin dan pedagang kain endek nyaris mati. Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra turun langsung mengatasi persoalan. Ia memulai dengan memetakan masalah, dilanjutkan dengan peningkatan kualitas, desain, kemasan, hingga pemasaran, termasuk pengadaan mesin tenun, ruang pamer hingga menyokong riset, dan mengeluarkan kebijakan pendukung lainnya. Hasilnya? Endek berhasil bangkit dari tidur panjangnya. Endek sudah digunakan dalam berbagai kesempatan. RaiRead More

The post Rai Mantra, Hidupkan Kain Endek appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Usaha perajin dan pedagang kain endek nyaris mati. Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra turun langsung mengatasi persoalan. Ia memulai dengan memetakan masalah, dilanjutkan dengan peningkatan kualitas, desain, kemasan, hingga pemasaran, termasuk pengadaan mesin tenun, ruang pamer hingga menyokong riset, dan mengeluarkan kebijakan pendukung lainnya.

Hasilnya? Endek berhasil bangkit dari tidur panjangnya. Endek sudah digunakan dalam berbagai kesempatan. Rai Mantra, panggilan akrab sang walikota, memulai dari diri dan istrinya, Ida Ayu Selly Fajarini, serta mengajak seluruh PNS untuk menggunakan endek di setiap kegiatan pemerintah.

Bahkan, Rai Mantra meminta setiap tamu yang akan menemuinya memakai pakaian berbahan endek. Yang lebih penting, transformasi ini telah berhasil meningkatkan nilai dan martabat serta meningkatkan kesejahteraan para perajin dan pedagang kain endek. Denpasar Festival yang digelar sejak tahun 2009 sukses membangkitkan tidur panjang endek dan kuliner asli daerah.

Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra

Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra

Ajang akhir tahunan yang digelar pemkot di pusat kota Denpasar ini sukses mencetak nilai transaksi yang mengagumkan. Tahun pertama, berkat anggaran Rp 800 juta mampu mencetak transaksi Rp 1,2 miliar. Kemudian, naik menjadi Rp 2,5 miliar di tahun 2010, dan Rp 3,1 miliar di tahun 2011, walaupun anggaran pun meningkat menjadi Rp 1,1 miliar dan Rp 1,3 miliar di tahun 2011.

Bila pada mulanya hanya ada 20 pengrajin endek yang berpartisipasi, sekarang tidak kurang dari 50 pengrajin yang antusias memajang hasil kreasinya. Ajang pesta rakyat yang berlangsung selama 4 hari ini juga sukses membangkitkan lagi kuliner tradisional yang sempat terlupakan. Rai Mantra mengakui memang tidak ada pemasukan dari festival ini karena memang bukan itu tujuannya.

”Tujuan kami adalah mendorong kreativitas dan memberikan pembelajaran kepada masyarakat luas, agar menghargai hasil karya sendiri,” ujarnya.

Dengan latar belakang sebagai pengusaha muda, dia paham terhadap napas perekonomian Kota Denpasar dan yakin ekonomi akan meningkat bila para pengusaha lokal mampu menggabungkan seluruh sumber daya yang dibutuhkan, seperti modal, manajemen, SDM dengan strategi bisnis serta mentransformasikannya menjadi produk baru yang inovatif.

Ia fokus membina wirausaha muda pemula, dengan membuka akses seluas-luasnya untuk permodalan, pembinaan manajemen, marketing, dan fasilitas lainnya hingga mengirim para wirausaha muda yang memiliki potensi, semangat serta dedikasi tinggi ke Rhenald Kasali School For Enterpreneurship, Bekasi Jawa Barat.

Tidak kurang 74 orang wirausahawan muda selama kurun 2010-2014 berhasil disekolahkan. Mereka juga diberi kesempatan tampil memamerkan keberhasilannya melalui ajang pameran Detik Festival dan Denpasar Festival, bahkan ke tingkat nasional. Mereka diharapkan mampu memberi motivasi bagi para wirausahawan muda lainnya untuk terus mengembangkan inovasi dan kreativitas sehingga mampu mengangkat perekonomian Kota Denpasar (Reportase: Silawati)

The post Rai Mantra, Hidupkan Kain Endek appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/profile/rai-mantra-hidupkan-kain-endek/feed 0
Pendapatan Emiten Penyewa Menara Naik Tipis http://swa.co.id/corporate/financial-report/pendapatan-emiten-penyewa-menara-naik-tipis http://swa.co.id/corporate/financial-report/pendapatan-emiten-penyewa-menara-naik-tipis#comments Mon, 31 Aug 2015 11:19:43 +0000 http://swa.co.id/?p=119464 Pendapatan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk., pada semester I/2015 tercatat sebanyak Rp 1,67 tirliun. Raihan pendapatan itu lebih tinggi 5,67% dibandingkan semester I tahun lalu.   Per 30 Juni 2015, emiten berkode TBIG ini memiliki 19.416 penyewaan dan 12.159 site telekomunikasi. Site telekomunikasi milik perseroan terdiri dari 11.154 menara telekomunikasi, 941 shelter-only dan 64 jaringan DAS. Dengan angka total penyewaan padaRead More

The post Pendapatan Emiten Penyewa Menara Naik Tipis appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Pendapatan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk., pada semester I/2015 tercatat sebanyak Rp 1,67 tirliun. Raihan pendapatan itu lebih tinggi 5,67% dibandingkan semester I tahun lalu.   Per 30 Juni 2015, emiten berkode TBIG ini memiliki 19.416 penyewaan dan 12.159 site telekomunikasi. Site telekomunikasi milik perseroan terdiri dari 11.154 menara telekomunikasi, 941 shelter-only dan 64 jaringan DAS. Dengan angka total penyewaan pada menara telekomunikasi sebanyak 18.411, maka rasio kolokasi (tenancy ratio) perseroan menjadi 1,65.

“Di semester pertama tahun ini, kami menambah 419 menara dan 956 penyewaan ke dalam portfolio kami. Kebijakan untuk tidak mengikutsertakan penyewaan dan pendapatan Bakrie Telecom telah mengurangi keseluruhan penyewaan kami di semester pertama namun kami terus melaksanakan pesanan dari pelanggan operator telekomunikasi kami.”, tutur Hardi Wijaya Liong, CEO TBIG dalam keterangan tertulisnya Senin (31/8).

Menara Telekomunikasi di Jakarta. Pendapatan TBIG di Semester I/2015 Naik Tipis.  (Ilustrasi Foto: IST)

Menara Telekomunikasi di Jakarta. Pendapatan TBIG di Semester I/2015 Naik Tipis. (Ilustrasi Foto: IST)

Adapun laba bersih perseroan turun 14% menjadi Rp 570,53 miliar dibandingkan dengan semester I tahun lalu.  Penurunan laba bersih dipicu oleh rugi selisih kurs pada paruh pertama tahun ini sebesar Rp 100,02 miliar, sedangkan pada semester I/2014 perseroan mengantongi laba selisih kurs bersih Rp 22,4 miliar.

Perseroan berhasil mencatat pendapatan dan EBITDA masing – masing sebesar Rp1,67 miliar dan Rp 1,41 miliar untuk periode enam bulan yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2015. Jika pencapaian triwulan kedua ini disetahunkan, maka total pendapatan dan EBITDA Tower Bersama mencapai Rp 3,37 miliar dan Rp 2,85 miliar  Total pinjaman (debt) perseroan, jika pinjaman dalam mata uang dollar Amerika Serikat yang telah dilindung nilai diukur dengan menggunakan kurs lindung nilainya itu senilai Rp 14,38 miliar dan total pinjaman senior (gross senior debt) sebesar Rp 6,76 miliar. Dengan saldo kas yang mencapai Rp 323 miliar, maka total pinjaman bersih (net debt) menjadi Rp14,06 miliar dan total pinjaman senior bersih (net senior debt) perseroan menjadi Rp 6,442 miliar. Menggunakan EBITDA triwulan kedua 2015 yang disetahunkan, maka rasio pinjaman senior bersih terhadap EBITDA adalah 2,25 kali dan total pinjaman bersih terhadap EBITDA adalah 4,92 kali.

Helmy Yusman Santoso, Direktur Keuangan Tower Bersama mengungkapkan pihaknya melakukan kebijakan lindung nilai terhadap pinjaman berdenominasi dollar AS sejak tahun 2010 dan terus melanjutkan strategi konservatif untuk meminimalisir risiko nilai tukar mata uang asing. “Alhasil, kami telah melakukan lindung nilai terhadap sekitar 90% dari pinjaman berdenominasi US Dollar dengan menggunakan instrumen lindung nilai, ditambah dengan proteksi lebih lanjut dari pendapatan senilai US$ 40 juta per tahun dari kontrak jangka panjang dengan pendapatan dollar Amerika Serikat,” ucap Helmy.

Ia menambahkan instrumen derivatif yang diambil perusahaan sesuai dengan jatuh temponya pinjaman .” Kebijakan lindung nilai kami telah terbukti sangat efektif dan melindungi TBIG dari volatilitas yang dihadapi oleh rupiah dan mata uang negara-negara berkembang lainnya,” tutur Helmy. Tower Bersama adalah perusahaan penyedia infrastruktur telekomunikasi bagi penempatan BTS oleh para operator telekomunikasi di Indonesia.  Perseroan dimiliki oleh Saratoga Capital dan Provident Capital.

Sebelumnya, laba PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) di semeseter I tahun ini sebesar Rp 1,2 triliun, naik 121% dibandingkan dengan laba periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 542 miliar. Peningkatan laba bersih tersebut dipengaruhi pertumbuhan kinerja kilang minyak perseroan dan dari hasil reklasifikasi PT Merdeka Cooper Gold Tbk. (MDKA) dari metode ekuitas ke biaya karena efek dilusi pasca IPO.

Di sisi lain, penurunan pendapatan anak perusahaan ADRO, MPMX dan TBIG berdampak pada menurunnya kontribusi perusahaan  terhadap laba bersih Saratoga sebesar 51,4% menjadi Rp 244 miliar dibandingkan dengan Rp 501 miliar pada tahun lalu. Pendapatan perseroan pada periode ini mencapai Rp 2,3 triliun dengan total nilai aktiva bersih sebesar Rp 20 triliun yang dihitung berdasarkan nilai pasar perusahaan publik dan nilai buku dari perusahaan investee nonpublik.

Saat perekonomian sedang melambat, Saratoga bertekad memperkuat portofolio investasi agar kinerja perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan dalam jangka panjang.  Sejalan dengan indikator makro-ekonomi Indonesia, saat ini sektor infrastruktur telah menyerap 60% dari bisnis Perseroan secara keseluruhan, yang ditandai dengan peresmian jalan tol Cikopo-Palimanan serta masuknya Paiton Energy ke dalam portofolio investasi Saratoga. (***)

The post Pendapatan Emiten Penyewa Menara Naik Tipis appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/corporate/financial-report/pendapatan-emiten-penyewa-menara-naik-tipis/feed 0
Cynthia Dwisanti, Mengejar Passion di Industri Kecantikan http://swa.co.id/profile/cynthia-dwisanti-mengejar-passion-di-industri-kecantikan http://swa.co.id/profile/cynthia-dwisanti-mengejar-passion-di-industri-kecantikan#comments Mon, 31 Aug 2015 09:22:44 +0000 http://swa.co.id/?p=119433 Bisnis kecantikan kini menjadi primadona. Hadirnya media sosial membantu perkembangan dari maraknya penggunaan kosmetik di kalangan kaum hawa. Berbeda dengan industri yang lain, bisnis ini bergerak dengan cukup dinamis. “Perkembangan beauty industry itu cukup dinamis, tidak mungkin hanya menjual satu item seperti bedak atau lipstick saja. Pasti akan menjual satu make up look dengan banyak produk. Tentunya ini untuk mendukung  keseluruhanRead More

The post Cynthia Dwisanti, Mengejar Passion di Industri Kecantikan appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Bisnis kecantikan kini menjadi primadona. Hadirnya media sosial membantu perkembangan dari maraknya penggunaan kosmetik di kalangan kaum hawa. Berbeda dengan industri yang lain, bisnis ini bergerak dengan cukup dinamis. “Perkembangan beauty industry itu cukup dinamis, tidak mungkin hanya menjual satu item seperti bedak atau lipstick saja. Pasti akan menjual satu make up look dengan banyak produk. Tentunya ini untuk mendukung  keseluruhan make up. Aku merasa ini wah dan di push banget,” jelas Cynthia Dwisanti, Junior Marketing Manager Make up Forever.

Menurutnya, seringnya tren yang berganti, membutanya lebih bersemangat. Terutama dengan perkembangan industri ini di Indonesia yang cukup positif. Anak kedua dari empat bersaudara ini menuturkan bahwa pesatnya  media sosial membuat banyak wanita ingin tampil memesona. Sebab, mereka melihat teman-temannya yang tampil di media sosial dengan dandanan yang menarik. Saat ini wanita Indonesia tidak hanya menggunakan skin care tetapi juga berbagai produk make up.

IMG_20150812_130232

Selain itu, munculnya beauty blogger dan make up artis juga membuat pasar kecantikan semakin ramai. Kebutuhan akan penampilan yang menarik membuat banyak wanita, kini mulai menggunakan jasa make up artis.”Kalau dulu orang tahunya make up artis itu hanya untuk artis, sekarang orang mulai mengerti kalau semua orang bisa menggunakan jasa make up artis,” dia menegaskan.

Tren ini tentu semakin membuat orang mengenal produk make up Forever, karena produk asal Perancis ini memiliki target pasar untuk para professional make up artis. Dany Sanz, selaku founder, memiliki visi bahwa apabila ingin terlihat baik di make up dan fashion industry, maka harus tampil sempurna.

Fshion make up membutuhkan lebih banyak produk, misalnya eye shadow dengan berbagai warna atau foundation dengan ketahanan yang melebihi produk sejenis. Kualitas dan banyaknya ragam pilihan inilah yang membuat produk ini berani untuk melebarkan target market untuk seluruh kalangan.

Oleh karena itu, sosial  media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, dirasakan mampu memberikan dampak yang positif, karena mampu menyentuh seluruh kalangan dengan cepat. Para wanita bisa melakukan live report, sharing, dan ditonton oleh banyak orang dalam waktu singkat.

Ke depan, media ini dinilai akan menjanjikan. Oleh karena itu make up Forever, mengambil langkah strategis dengan menggaet para make up blogger untuk menadj partner. Baginya membuilt partnership dengan beauty blogger amatlah penting karena akan menciptakan hubungan yang baik serta loyalitas pelanggan.

Hingga saat ini make up Forever sendiri sudah menggandeng 10 make up artis dan beauty blogger. Selain itu, untuk meningkatkan loyalitas, setiap pelanggan dapat di-track pmbelian apa aja yang mereka lakukan sehingga butik-butik make up Forever di seluruh Indonesia dapat mengenali pelanggan yang loyal dengan brand ini. Layanan ini hanya tersedia untuk make up artis, beauty blogger, dan pelanggan VIP mereka.

Brand kosmetik yang baru saja joint venture di tahun 2014 ini juga sengaja menghadikan produk baru setiap 3 hingga 6 bulan sekali agar konsumen tidak bosan. Dalam satu tahun, produk baru yang diluncurkan bisa 8 hingga 10 buah,

Menurut wanita kelahiran Jakarta 16 April 1987 ini, kedinamisan dan cepatnya perubahan dalm industri kecantikan membuatnya tertantang dan lebih bersemangat dalam mengahadapi persaingan. Lulusan Swinburne University Malaysia ini awalnya mengira bahwa finance merupakan bidang yang ia kuasai.

“Awalnya aku sempat join dengan Frisian Flag di 2009 menjadi Corporate Management Trainee. Di sana per tiga bulan  selalu di-rolling ke empat bagian, seperti divisi operation, marketing, sales, dan  finance. Ternyata aku lebih suka di bidang marketing karena aku banyak belajar soal babagimana mendevelop brand dan bagaimana konsumen prefer brand kami dibandingkan brand yang lain,” ujarnya berapi-api.

Selain itu kecintaanya pada dunia make up, ternyata lebih tinggi dibandingkan bidang bisnis yang lain. Oleh karena itu ia pun pindah ke Maybelline tahun 2012 dan make up Forever pada 2014. Baginya tantangan akan industri ini lebih menggairahkan  untuk terus mengeluarkan ide dan strategi baru.

Ke depannya ia berharap agar bisa terus bertahan di industri kosmetik. Ia pun ingin lebih mengembangkan kemampuan di bidang marketing kecantikan. (EVA)

The post Cynthia Dwisanti, Mengejar Passion di Industri Kecantikan appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/profile/cynthia-dwisanti-mengejar-passion-di-industri-kecantikan/feed 0
Targetkan Wisman 1,8 Miliar dari Wisata Bahari Segitiga Karang http://swa.co.id/listed-articles/targetkan-wisman-18-miliar-dari-wisata-bahari-segitiga-karang http://swa.co.id/listed-articles/targetkan-wisman-18-miliar-dari-wisata-bahari-segitiga-karang#comments Mon, 31 Aug 2015 09:20:39 +0000 http://swa.co.id/?p=119448 Sebagai pusat keberagaman hayati di dunia, keberadaan wisata bahari Segitiga Karang menjadi pusat perhatian pemerintah. Melalui Forum Bisnis Regional Kawasan Segitiga Karang, Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) ingin menciptakan solusi bisnis inovatif untuk kelestarian sumber daya laut, sehingga mampu mendatangkan keuntungan secara ekonomi. Dalam forum ini, pemerintah dan swasta diajak sebagai mitra kerja sama.Read More

The post Targetkan Wisman 1,8 Miliar dari Wisata Bahari Segitiga Karang appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Reefs Business Forum

Reefs Business Forum

Sebagai pusat keberagaman hayati di dunia, keberadaan wisata bahari Segitiga Karang menjadi pusat perhatian pemerintah. Melalui Forum Bisnis Regional Kawasan Segitiga Karang, Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) ingin menciptakan solusi bisnis inovatif untuk kelestarian sumber daya laut, sehingga mampu mendatangkan keuntungan secara ekonomi. Dalam forum ini, pemerintah dan swasta diajak sebagai mitra kerja sama.

Tahun lalu, lebih dari 1,1 miliar wisatawan asing menjelajah dan pada 2030 akan meningkat hingga 1,8 miliar ditambah dengan lebih dari 5 miliar wisatawan domestik.

Berdasarkan data dari World Travel and Tourism Council, pada 2014, industri pariwisata dan perjalanan, memberi kontribusi sebesar US$58 miliar terhadap GDP di enam negara kawasan Segitiga Karang. Berkembangnya industri ini juga memberi dampak positif terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan kepada lebih dari 5 juta orang. Selain itu diperkirakan sekitar US$3 miliar pendapatan pariwisata bahari didapat dari pertukaran mata uang di area tersebut.

“Forum yang berlangsung tiga hari tersebut akan mendorong para pelopor dari pelaku usaha, perwakilan pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat dari 17 negara untuk mendiskusikan perihal kebijakan, strategi, dan solusi inovatif dalam mempromosikan pariwisata bahari yang berkelanjutan di kawasan Segitiga Karang.” kata Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr. Sudirman Saad, M. Hum.

Pada forum yang digelar di Nusa Dua Bali ini, akan dibahas tiga hal utama, yaitu Sustainable Marine Tourism Conference, the Coral Triangle Marine Tourism Investment Forum and B2B Meetings, dan the Coral Triangle Marine Tourism Expo. Acara yang diadakan untk keempat kalinya ini memaparkan bagaimana keadaan terumbu karang di kawasan tersebut. Tercatat oleh UNWTO, lebih dari 85 persen terumbu karang di negara-negara Indonesia, Malaysia, Papua New Guinea, Filipina, Timor Leste, dan Kepulauan Solomon terancam oleh aktivitas manusia. Masalah lingkungan tersebut disebabkan karena adanya penangkapan seara berlebihan, polusi perairan, dan aktivitas pembangunan di kawasan pesisir.

Sejak pembetukan Forum Bisnis Regional CTI, ajang tersebut telah mendorong perusahaan perikanan, penjual hidangan laut, lembaga keuangan, serta operator perjalanan dan wisata di kawasan Segitiga Karang mengumumkan kepada publik langkah nyata untuk mengurangi dampak pada lingkungan laut dengan menerapkan praktik bisnis yang lebih bertanggungjawab. “Sektor swasta, pejabat pemerintah lokal, para pemimpin perempuan dan tokoh masyarakat harus bekerjasama untuk memastikan keberlanjutan dapat tercapai,” tambah Widi A.Pratikto Ph.D, Direktur Eksekutif Sekretariat Regional CTI-CFF. (EVA)

The post Targetkan Wisman 1,8 Miliar dari Wisata Bahari Segitiga Karang appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/listed-articles/targetkan-wisman-18-miliar-dari-wisata-bahari-segitiga-karang/feed 0
Kepastian Hukum, Kunci Pembangunan Ekonomi di Daerah http://swa.co.id/business-strategy/management/kepastian-hukum-kunci-pembangunan-ekonomi-di-daerah http://swa.co.id/business-strategy/management/kepastian-hukum-kunci-pembangunan-ekonomi-di-daerah#comments Mon, 31 Aug 2015 08:27:33 +0000 http://swa.co.id/?p=119336 Banyak jalan menuju Roma. Tapi, hanya satu masalah besar dalam pembangunan ekonomi di daerah, yakni kepastian hukum. Inilah yang menjadi sorotan utama pengamat ekonomi Aviliani. Majalah SWA baru saja merilis hasil survei, 15 kota terbaik di Indonesia untuk berbisnis. Kota Denpasar dan Bandung berada di dua tempat teratas. Disusul, trio Kabupaten Karawang, Kota Surabaya, dan Kabupaten Tangerang di lima teratas.Read More

The post Kepastian Hukum, Kunci Pembangunan Ekonomi di Daerah appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Banyak jalan menuju Roma. Tapi, hanya satu masalah besar dalam pembangunan ekonomi di daerah, yakni kepastian hukum. Inilah yang menjadi sorotan utama pengamat ekonomi Aviliani.

Majalah SWA baru saja merilis hasil survei, 15 kota terbaik di Indonesia untuk berbisnis. Kota Denpasar dan Bandung berada di dua tempat teratas. Disusul, trio Kabupaten Karawang, Kota Surabaya, dan Kabupaten Tangerang di lima teratas.

Selanjutnya, ada Kota Semarang, Kota Balikpapan, Kota Manado, Kota Tangerang, Kota Banjarmasin, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Medan, Kota Yogyakarta, dan terakhir, Kota Batam.

“Di mana banyak penduduk, biasanya pertumbuhan ekonominya jauh lebih baik. Sehingga, bagi pengusaha untuk investasi pun akan mendekati ekonomi yang bagus, itu sudah otomatis,” kata dia.

20120201Aviliani-161209

Dalam daftar tersebut, ada Kota Tangerang karena berhasil membangun Kota Mandiri, yang berisikan tak hanya komplek perumahan, tapi juga pertokoan, perusahaan, dan pabrik. Sehingga, menggerakkan perekonomian di daerah tersebut.

“Tapi, kalau dilihat, rata-rata daerah yang memiliki potensi tinggi namun jumlah penduduknya sedikit, cenderung tidak diminati investor. Kecuali, jika terkait dengan tambang. Itu lain lagi karena mereka tidak menjual barang langsung di sana,” kata dia.

Selain jumlah penduduk yang banyak, lanjut dia, investor biasanya melihat iklim ekonomi di daerah yang dituju. Ekonomi sulit berkembang di daerah yang iklim usahanya buruk.

“Jadi, dari sisi pemerintah daerahnya sendiri mendukung atau tidak. Jika pemdanya tidak mendukung, ya investor tak akan memilih tempat itu karena dianggap akan mengganggu aktivitas usahanya,” katanya.

Avi mencontohkan banyaknya aksi demo di Makassar juga menjadi salah satu perhatian utama para pebisnis. Keberadaan pasar yang jauh dari pusat produksi juga akan menjadi masalah karena akan meningkatkan biaya operasional.

Kemudian, yang paling utama adalah kepastian hukum. Kalau hukumnya tidak jelas, pemilik modal akan berpikir ratusan kali untuk menanamkan investasinya. Seperti di Jawa Timur, kepala daerahnya memberi jaminan.

“Jika ada masalah, langsung menghubungi Gubernur. Nanti Gubernur yang pasang badan dan turun tangan langsung menyelesaikan masalah. Akhirnya, di sana pertumbuhan ekonominya luar biasa tinggi,” ujar dia.

Nah, kepala daerah model seperti ini yang banyak dibutuhkan untuk memajukan perekonomian di daerah. Masalah terbesar di daerah adalah pembebasan lahan. Saat ini, investasi di daerah cenderung lambat karena tidak adanya kepastian soal pembebasan lahan.

“Selanjutnya, terkait dengan peraturan daerah. Bukan hanya pemda, tapi juga pusat yang sering berubah-rubah. Investor ingin peraturan itu jelas, konsisten, agar mereka bisa mengukur kapan investasi mereka akan balik,” ujarnya. (Reportase: Raden Dibi Irnawan)

The post Kepastian Hukum, Kunci Pembangunan Ekonomi di Daerah appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/kepastian-hukum-kunci-pembangunan-ekonomi-di-daerah/feed 0
Ini Alasan Suzuki Pertahankan Layanan Call Center http://swa.co.id/business-strategy/management/ini-alasan-suzuki-pertahankan-layanan-call-center http://swa.co.id/business-strategy/management/ini-alasan-suzuki-pertahankan-layanan-call-center#comments Mon, 31 Aug 2015 08:24:15 +0000 http://swa.co.id/?p=119401 Layanan purna jual tidak melulu soal perawatan mobil, tetapi juga soal penanggulangan saat terjadi kondisi gawat darurat seperti ban pecah atau kecelakaan. Jika perawatan mobil bisa dengan jelas diatur waktu dan tempatnya, maka penanggulangan keadaan darurat harus segera saat itu juga tanpa pernah bisa diprediksi akan terjadi kapan dan di mana. Inilah alasan mengapa Suzuki tetap mempertahankan dan terus mengembangkanRead More

The post Ini Alasan Suzuki Pertahankan Layanan Call Center appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Layanan purna jual tidak melulu soal perawatan mobil, tetapi juga soal penanggulangan saat terjadi kondisi gawat darurat seperti ban pecah atau kecelakaan. Jika perawatan mobil bisa dengan jelas diatur waktu dan tempatnya, maka penanggulangan keadaan darurat harus segera saat itu juga tanpa pernah bisa diprediksi akan terjadi kapan dan di mana. Inilah alasan mengapa Suzuki tetap mempertahankan dan terus mengembangkan layanan Halo Suzuki yang sudah ada sejak tahun 2007 lalu.

Halo suzuki adalah layanan call center 24 jam. “Perkembangan sekarang memang semua layanan dilakukan via internet dengan aplikasi mobile, sehingga lebih mudah dan praktis. Namun, kami tetap pertahankan Halo Suzuki karena sekitar 50 % konsumen kami adalah komersial dan sisanya adalah passenger. Nah para pasengger ini tinggalnya tersebar di remote area yang sinyal internet belum ke sana,” jelas Riecky Patrayudha, Assist to Dept Head Service PT Suzuki Indomobil Sales.

Diketahui pemilik dan pemakai produk Suzuki seperti pickup Futura dan sejenisnya berada di kampung-kampung yang sebagian belum terhubung internet tetapi sudah ada jaringan telepon.
“Selain karena tempat tinggal konsumen kami, tujua call center ini tetap kami kembangkan untuk merespon cepat jika terjadi kecelakaan atau kondisi darurat lainnnya yang menimpa mobil, motor maupun outboard marine. Suzuki,” jelas Ricky.

Halo Suzuki

Pusat call center ini ada di seluruh kota di Indonesia, dan terhubung ke seluruh dealer Suzuki. “Sehingga pelayanan bisa kami berikan untuk setiap pelanggan yang jaraknya maksimal 300 km dari dealer mobil terdekat,” jelas Asti Hendrayani, Customer Relation Group Leader PT Suzuki Indomobile Sales. Jadi saat pelanggan menelepon dan menjelaskan masalah yang menimpa kendaraannya maka setelah itu teknisi akan datang ke lokasi untuk membantu.

Tetapi menurut Asti, tidak semua masalah bisa segera ditangani langsung oleh SERA (Suzuki Emergency Roadside Assistence) alias teknisi standby terdekat, karena keterbatasan waktu dan jarak tempuh. Asti mencontohkan, sebuah mobil yang mogok di tengah-tengah antara kota Gorontalo dan Manado, “Jarak tempat kejadian dengan kedua kota tersebut diatas 300 km dan sudah tengah malam, maka saat pemilik mobil itu menelpon yang kami lakukan pertama adalah meminta bantuan Polsek terdekat untuk mengirimkan polisi ke TKP dengan tujuan pengawalan, kemudian teknisi akan memandu pemilik mobil untuk mulai membenahi masalah kendaraannya, atau istilahnya asistensi,” ulas Asti.

Selain layanan tersebut, Halo Suzuki juga menajdi wadah informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan, seperti spesifikasi produk, harga kendaraan terbaru, lokasi bengkel resmi Suzuki dan nomor telepon bengkel. layanan afer sales lainnya. Pun, Halo Suzuki melayani informasi seputar jaminan kendaraan, manfaat service berkala, booking service, ketersediaan spare part dan lokasi pembelian,  serta harga.

Khusus untuk SERA,  saat ini sudah tersedia 182 tenaga teknisi standby di seluruh kota di Indonesia dan 96 personil service car. Ke depan layanan ini akan terus dipertahankan sampai 5 tahun setelah itu akan kembali diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan pemakai Suzuki. (EVA)

The post Ini Alasan Suzuki Pertahankan Layanan Call Center appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/ini-alasan-suzuki-pertahankan-layanan-call-center/feed 0
Sampoerna Bantu Akses Pendidikan Bertaraf Internasional http://swa.co.id/corporate/csr/sampoerna-bantu-akses-pendidikan-bertaraf-internasional http://swa.co.id/corporate/csr/sampoerna-bantu-akses-pendidikan-bertaraf-internasional#comments Mon, 31 Aug 2015 02:28:16 +0000 http://swa.co.id/?p=119408 Sebagai wujud komitmen dalam mencetak generasi penerus bangsa berkaliber tinggi, Putera Sampoerna Foundation (PSF) kembali menyediakan akses pendidikan berkualitas di Sampoerna Academy bagi siswa-siswi berprestasi. Dari 12 provinsi di Indonesia, terpilihlah 100 siswa-siswi berprestasi di Sampoerna Boarding School untuk tahun ajaran 2015/2016 yang nantinya akan mengenyam pendidikan berkualitas tingkat SMA berstandar internasional selama tiga tahun. Sebelumnya para siswa tersebut telahRead More

The post Sampoerna Bantu Akses Pendidikan Bertaraf Internasional appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
siswa-siswi Sampoerna Academy 2015

siswa-siswi Sampoerna Academy 2015

Sebagai wujud komitmen dalam mencetak generasi penerus bangsa berkaliber tinggi, Putera Sampoerna Foundation (PSF) kembali menyediakan akses pendidikan berkualitas di Sampoerna Academy bagi siswa-siswi berprestasi. Dari 12 provinsi di Indonesia, terpilihlah 100 siswa-siswi berprestasi di Sampoerna Boarding School untuk tahun ajaran 2015/2016 yang nantinya akan mengenyam pendidikan berkualitas tingkat SMA berstandar internasional selama tiga tahun. Sebelumnya para siswa tersebut telah mengikuti serangkaian proses seleksi ketat, mulai dari pra-seleksi pendataan dokumen, tes potensi akademis, tes wawancara, Focus Group Discussion hingga kunjungan langsung ke rumah calon siswa (home visit).

“Putera Sampoerna Foundation memilki komitmen untuk memberikan akses pendidikan berkualitas bagi siswa-siswi berprestasi di Indonesia guna menjadi pemimpin yang berkaliber tinggi. Sampoerna Academy merupakan salah satu konsep kunci untuk mendukung dan mewujudkan komitmen kami,” ujar Hairun Gani, Head of Sampoerna Academy Boarding School.

Fakta bahwa dari 40 negara yang termasuk dalam laporan Learning Curve Pearson 2014, Indonesia menempati peringkat terakhir dalam hal pencapaian pendidikan. Begitu pula dalam peringkat pendidikan global PISA di bidang matematika dan sains, Indonesia menempati peringkat 64 dari 65 negara. Karena itulah, PSF memahami bahwa kualitas pendidikan Indonesia masih perlu ditingkatkan guna dapat berkompetisi secara global.

Sejak didirikan pada tahun 2001, Sampoerna Academy sudah memperoleh dukungan dari berbagai mitra di Indonesia. PSF bersama lebih dari 34 mitra terus memberikan dana bantuan pendidikan selama tiga tahun penuh kepada siswa-siswi berprestasi dari berbagai provinsi di Indonesia agar mereka dapat meneruskan pendidikan berkualitas di Sampoerna Academy Boarding School (SABS) – Bogor, sebuah sekolah berstandar internasional di bawah bendera Sampoerna Schools System. Dana bantuan pendidikan (student assistance) ini diberikan selama tiga tahun penuh kepada siswa-siswi Indonesia terpilih yang memiliki prestasi baik akademik dan maupun non-akademik.

“Kami berharap akan lebih banyak lagi mitra, baik korporasi, pemerintah maupun individu yang memiliki kesadaran terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar Hairun..

Sampoerna Academy Boarding School (SABS), merupakan sekolah setingkat SMA berasrama dengan taraf internasional yang bertekad mencetak calon pemimpin bangsa dengan integritas dan rasa sosial yang tinggi. Sebagai sekolah di bawah naungan Sampoerna Schools System, SABS menerapkan kurikulum internasional, berbahasa Inggris dan berfokus pada pendidikan dengan pendekatan Science, Technology, Engineering dan Math (STEM).

“Para siswa-siswi baru ini sekaligus merupakan angkatan pertama yang akan menjalankan program FASTRACK•USA, jalur akselerasi paling cepat dan fleksibel untuk mendapatkan gelar sarjana dari Amerika Serikat yang diinisiasi oleh Sampoerna Schools System. Melalui pendidikan karakter serta pendidikan dengan pendekatan STEM yang diterapkan, kelak putra-putri terpilih ini dapat menjadi pemimpin bangsa yang tangguh dan siap dalam menghadapi persaingan global,” ujar Reynold B. Hutabarat, Kepala Sekolah Sampoerna Academy Boarding School.

FASTRACK•USA adalah bagian dari komitmen Sampoerna Schools System dalam menyediakan pendidikan berkualitas dan bertaraf internasional. FASTRACK•USA akan memacu dan mempersiapkan para siswa cerdas dan berprestasi untuk mendapatkan gelar sarjana dari Amerika Serikat yang dapat dimulai sejak mereka masih berada di Indonesia. Program ini telah diakreditasi secara internasional oleh Southern Association of Colleges and Schools (SACS), program ini memungkinkan transfer secara langsung dan mudah seluruh satuan kredit semester yang diperoleh di Indonesia ke lebih dari 1.000 universitas kelas dunia di Amerika Serikat. (EVA)

The post Sampoerna Bantu Akses Pendidikan Bertaraf Internasional appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/corporate/csr/sampoerna-bantu-akses-pendidikan-bertaraf-internasional/feed 0
BNI Cabang Seoul Mulai Beroperasi http://swa.co.id/listed-articles/bni-cabang-seoul-mulai-beroperasi http://swa.co.id/listed-articles/bni-cabang-seoul-mulai-beroperasi#comments Mon, 31 Aug 2015 02:15:53 +0000 http://swa.co.id/?p=119412 Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Achmad Baiquni mengatakan, operasional BNI Cabang Seoul diharapkan beroperasi secara penuh pada triwulan IV tahun 2015. Menurut dia, misi utama BNI dalam memperluas jaringan ke Korea Selatan tersebut adalah ingin berperan aktif dalam memperlancar interaksi keuangan antar entitas bisnis di Korea Selatan yang memiliki bisnis di Indonesia dan sebaliknya. Berbagai layanan yangRead More

The post BNI Cabang Seoul Mulai Beroperasi appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Achmad Baiquni mengatakan, operasional BNI Cabang Seoul diharapkan beroperasi secara penuh pada triwulan IV tahun 2015.

Menurut dia, misi utama BNI dalam memperluas jaringan ke Korea Selatan tersebut adalah ingin berperan aktif dalam memperlancar interaksi keuangan antar entitas bisnis di Korea Selatan yang memiliki bisnis di Indonesia dan sebaliknya.

Berbagai layanan yang siap diberikan oleh BNI melalui kantor cabang luar negeri ke-6 ini adalah Trade Finance, Remitansi, Offshore Loan, Conventional Funding, hingga Treasury Business. Keberadaan BNI Seoul menambah cakupan layanan BNI di luar negeri.

Layanan BNI di Luar Negeri

Cabang London
Cabang New York
Cabang Tokyo
Cabang Singapura
Cabang Hong Kong
Sub branch Osaka
Limited Purpose Branch Singapura

Ini belum termasuk satu anak perusahaan di Hong Kong, BNI Remittance Limited, yang khusus menangani transaksi kiriman uang. Remittance representative officer yang tersebar di Malaysia, Korea Selatan, Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab, Belanda dan Amerika Serikat.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI Muliaman D Hadad telah mengunjungi kantor PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) cabang Seoul, akhir pekan lalu.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni

Saat ini, BNI tengah dalam proses persiapan untuk memperoleh Main Licence. Adapun Preliminary Licence sudah diperoleh BNI dari Financial Supervisory Commission (FSC) Korea pada April 2015.

Menurut Muliaman OJK minta BNI membuka Desk Korea untuk memfasilitasi hubungan ekonomi Indonesia dengan Korea. Banyak sekali potensi investasi di Indonesia yang dapat difasilitasi.

“Korea memang melihat Indonesia sebagai rekan bisnis yang penting bagi mereka. Untuk itu kami juga mendorong agar pengusaha Indonesia masuk ke Korea. Karena perbankan akan efektif berbisnis apabila sektor riilnya juga maju,” ujarnya.

Otoritas perbankan dan pasar modal itu memberi peluang untuk memfasilitasi bank asal Indonesia membuka kantor cabang di Korea sebagai bagian dari prinsip resiprokal dengan FSC Republik Korea.

Manajemen BNI telah mengirimkan surat ke OJK pada tanggal 2 Oktober 2014 perihal Permohonan Pembukaan Kantor Cabang Luar Negeri Korea Selatan, dan kemudian OJK memberikan persetujuan pembukaan cabang BNI Seoul pada 21 November 2014. Peluang semakin lebar setelah FSC memberikan izin pada 4 April 2015.

The post BNI Cabang Seoul Mulai Beroperasi appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/listed-articles/bni-cabang-seoul-mulai-beroperasi/feed 0
Telkom dijadikan benchmark penerapan Corporate Culture oleh ThysssenKrupp AG http://swa.co.id/business-update/telkom/telkom-dijadikan-benchmark-penerapan-corporate-culture-oleh-thysssenkrupp-ag http://swa.co.id/business-update/telkom/telkom-dijadikan-benchmark-penerapan-corporate-culture-oleh-thysssenkrupp-ag#comments Sat, 29 Aug 2015 10:38:40 +0000 http://swa.co.id/?p=119404 Jakarta, 27 Agustus 2015 – PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) memperoleh kunjungan dari perusahaan asal Jerman ThyssenKrupp AG sebagai bagian dari rangkaian program ThyssenKrupp’s Learning Expedition. Rombongan disambut langsung oleh Direktur Human Capital Management Telkom, Herdy Rosadi Harman didampingi Dwi Heriyanto selaku SGM Telkom Corporate University dan Senior Leader Telkom Corporate University di kantor Telkom, Graha Merah Putih Jakarta (19/8).Read More

The post Telkom dijadikan benchmark penerapan Corporate Culture oleh ThysssenKrupp AG appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Jakarta, 27 Agustus 2015 – PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) memperoleh kunjungan dari perusahaan asal Jerman ThyssenKrupp AG sebagai bagian dari rangkaian program ThyssenKrupp’s Learning Expedition. Rombongan disambut langsung oleh Direktur Human Capital Management Telkom, Herdy Rosadi Harman didampingi Dwi Heriyanto selaku SGM Telkom Corporate University dan Senior Leader Telkom Corporate University di kantor Telkom, Graha Merah Putih Jakarta (19/8).

Rombongan disambut langsung oleh Direktur Human Capital Management Telkom, Herdy Rosadi Harman didampingi Dwi Heriyanto selaku SGM Telkom Corporate University dan Senior Leader Telkom Corporate University di kantor Telkom, Graha Merah Putih Jakarta (19/8).

Rombongan disambut langsung oleh Direktur Human Capital Management Telkom, Herdy Rosadi Harman didampingi Dwi Heriyanto selaku SGM Telkom Corporate University dan Senior Leader Telkom Corporate University di kantor Telkom, Graha Merah Putih Jakarta (19/8).

Hadir dari ThyssenKrupp sebanyak 23 orang Delegasi yang merupakan direktur dari beberapa Negara seperti Brazil, Jerman, China dan Perancis serta tiga orang fasilitator program ThyssenKrupp’s Learning Expedition.

CEO ThyssenKrupp China, Dagwin Decru mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada jajaran TelkomGroup yang sudah menyambut baik kedatangan rombongan.

“Kami sangat senang dapat berkunjung ke Telkom. Kami berharap melalui kunjungan ini ThyssenKrupp dapat mempelajari cara Telkom menumbuhkan budaya perusahaan yang kuat dalam membangun SDM yang berkualitas,” ungkap Dagwin Decru.

Selanjutnya Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Rosadi Harman memaparkan budaya perusahaan (corporate culture) yang dijalankan Telkom. Dalam paparannya, Herdy menjelaskan strategi Telkom dalam membangun budaya perusahaan yang kuat serta cara Telkom mengatasi kendala yang dihadapi.

“Telkom mempercayai bahwa budaya perusahaan yang baik adalah hal yang sangat penting dalam mewujudkan kesuksesan perusahaan. Untuk itu Telkom terus berupaya untuk membangun dan meningkatkan budaya perusahaan yang kuat,” ujar Herdy.

Herdy juga memaparkan sistem karir di Telkom yang mendapatkan perhatian khusus dari beberapa delegasi, karena hal tersebut menjadi salah satu faktor dalam membangun budaya perusahaan.

“Menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Telkom dapat melakukan sharing knowledge dan experience mengenai budaya perusahaan serta terpilih sebagai perusahaan dimasukkan ke dalam program ThyssenKrupp’s Learning Expedition.

The post Telkom dijadikan benchmark penerapan Corporate Culture oleh ThysssenKrupp AG appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-update/telkom/telkom-dijadikan-benchmark-penerapan-corporate-culture-oleh-thysssenkrupp-ag/feed 0
Koffie Warung Tinggi, Kopi Lintas 5 Generasi http://swa.co.id/entrepreneur/koffie-warung-tinggi-kopi-lintas-5-generasi http://swa.co.id/entrepreneur/koffie-warung-tinggi-kopi-lintas-5-generasi#comments Sat, 29 Aug 2015 01:00:43 +0000 http://swa.co.id/?p=119273 Makin maraknya jumlah kedai kopi, tak membuat Koffie Warung Tinggi hilang dari peredaran. Selama 137 tahun beroperasi, nyatanya hingga kini kedai ini masih beroperasi, bahkan menjelma menjadi kedai kopi modern di mall bergengsi Grand Indonesia sejak tahun lalu. Warung Tinggi atau yang dulunya bernama Tek Sun Ho didirikan pada tahun 1878 oleh Liaw Tek Soen di jalan Moolen Vliet Oost,Read More

The post Koffie Warung Tinggi, Kopi Lintas 5 Generasi appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Makin maraknya jumlah kedai kopi, tak membuat Koffie Warung Tinggi hilang dari peredaran. Selama 137 tahun beroperasi, nyatanya hingga kini kedai ini masih beroperasi, bahkan menjelma menjadi kedai kopi modern di mall bergengsi Grand Indonesia sejak tahun lalu.

Warung Tinggi atau yang dulunya bernama Tek Sun Ho didirikan pada tahun 1878 oleh Liaw Tek Soen di jalan Moolen Vliet Oost, Batavia atau Hayam Wuruk, Jakarta. Sudah 137 tahun sudah lima lintas generasi mempertahankan Warung Tinggi. Dimulai dari Tek Sun sebagai pendiri kemudian ke anak angkatnya Liaw Tek Siong lalu berpindah ke Liaw Thian Djie, lalu Rudy Widjaja, dan terakhir ke Angelica Widjaja.

Tek Sun HO

Koffie Warung Tinggi saat masih bernama Tek Sun HO

Awal pendirian konsep Warung tinggi berbentuk toko kelontong dan warung nasi. Orang-orang yang datang berbelanja dapat duduk santai sabil menikmati kopi. Namun lama kelamaan permintaan akan kopi terus meningkat. Dari situlah kopi akhirnya kopi dipilih jadi panggilan hidup generasi lintas keluarga.

Dalam rentang waktu selama itu tak sedikit cobaan telah dilalui keluarga. Mulai dari terpaksa tutup lantaran adanya peperangan antara Jepang dan Belanda, hingga kerusuhan 1998. “Tapi kami selalu bisa bangkit lagi,” ujar Angelica.

Di bawah kepemimpinan Angelica akhirnya warung tinggi bertransformasi, bila belakangan ini Warung Tinggi hanya sebatas berada di Hayam Wuruk, kini ekspansi ke mal di bilangan Jakarta Pusat dengan penambahan kata Koffie menjadi Koffie Warung Tinggi.

Namun begitu pendirian Koffie Warung Tinggi tak dilakukan sendiri. Angelica menggandeng perusahaan yang bergerak di bidang food & beverage OPCO Indonesia dalam operasional coffe shop tersebut dengan skema partnership. “Untuk merek masih tetap kita yang miliki 100 %,” ujar wanita berusia 32 tahun tersebut menegaskan.

Digandennya OPCO bukan tanpa alasan. Angelica mengatakan sebelumnya ia telah mencoba proses trial dan error untuk membuat kedai kopi. Namun latar belakang keluarga yang memang lebih fokus di peracikan kopi dibanding bisnis food & baverage (F&B) membuat ia berpikir lebih baik menggandeng  OPCO, perusahaan tersebut diyakini Angelica punya kemampuan branding di bisnis gaya hidup dan F&B.

Saat ini setidaknya sudah ada 200 lebih jenis kopi racikan yang dimiliki Warung Tinggi. Dalam sebulan setidaknya Warung Tinggi bisa menjual 10 sampai 20 ton kopi racikan. Beberapa negara menjadi tujuan ekspor seperti Jepang dan Amerika. Namun khusus untuk yang dijual di coffee shop Koffie Warung Tinggi mayoritas berjenis soft blended.

Baru  tanggal 27 Agustus, Koffie Warung Tinggi mulai berani memperkenalkan lagi jenis kopi yang lebih kuat yaitu  kopi Excellence. Kopi ini sengaja diracik untuk orang  yang memang sudah terbiasa minum kopi. Sehingga bila belum terbiasa akan menyebabkan pusing, tubuh terasa panas, perut mual dan wajah merah padam. “Zaman dulu malah yang jenis seperti ini yang paling laris dipesan di Warung Tinggi, ” ia menceritakan. (EVA)

The post Koffie Warung Tinggi, Kopi Lintas 5 Generasi appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/entrepreneur/koffie-warung-tinggi-kopi-lintas-5-generasi/feed 0
Unilever Investasi Rp820 Miliar di Pabrik Baru Cikarang http://swa.co.id/corporate/corporate-action/unilever-investasi-rp820-miliar-di-pabrik-baru-cikarang http://swa.co.id/corporate/corporate-action/unilever-investasi-rp820-miliar-di-pabrik-baru-cikarang#comments Fri, 28 Aug 2015 10:36:54 +0000 http://swa.co.id/?p=119326 Investasi yang berkesinambungan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan membangun pabrik baru. Unilever Indonesia kembali meresmikan pabrik bumbu masak di kawasan industri, Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. “Kami terus berupaya untuk memperkuat posisi dengan menumbuhkan bisnis dua kali lipat. Salah satunya dengan melakukan investasi di negara yang memiliki potensi besar dengan melakukan investasi yang memiliki pertumbuhan relative baik sepertiRead More

The post Unilever Investasi Rp820 Miliar di Pabrik Baru Cikarang appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Investasi yang berkesinambungan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan membangun pabrik baru. Unilever Indonesia kembali meresmikan pabrik bumbu masak di kawasan industri, Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

“Kami terus berupaya untuk memperkuat posisi dengan menumbuhkan bisnis dua kali lipat. Salah satunya dengan melakukan investasi di negara yang memiliki potensi besar dengan melakukan investasi yang memiliki pertumbuhan relative baik seperti Indonesia. Kami percaya bahwa pabrik bumbu mask Royco dan Bango in ibis memperkuat posisi brand kami di Indonesia,” jelas Pier Luigi Sigismondi, Global Unilever Chief Supply Chain Officer.

salah satu hiburan yang dihadirkan pada acara pembukaan Pabrik Royco dan Bango miliki Unilever

salah satu hiburan yang dihadirkan pada acara pembukaan Pabrik Royco dan Bango miliki Unilever

Pabrik dengan luas bangungan 63.000 meter ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 820 miliar. Nilai investasi ini sendiri merupakan bagian dari investasi total yang ditanamkan Unilever selama 5 tahun terakhir yaitu sebesar Rp 8,5 triliun.

Pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebesar 7 miliar pieces per tahun untuk Royco dan Bango. Kapasitas besar ini diharapkan mampu memenuhi peningkatan permintaan masyarakat hingga beberapa tahun mendatang. Rencananya pabrik ini tidak hanya akan memenuhi kebutuhan dalam negri, melainkan juga untuk ekspor beberapa negara di Asia, Eropa, dam Afrika di waktu yang akan datang.

Perusahaan yang masuk ke Indonesia sejak tahun 1933 ini, mengembangkan 31.0000 petani kedelai hitam dan gula kepala sebagai pemasok dari bahan baku kecap Bango. Menurut Hemant Bakshi, Presiden Direktur (executive vice president) Unilever Indonesia, hal ini merupakan salah satu target yang ingin dicapai Unilever.

Menurutnya, tahun 2020 nanti perusahaan dengan 39 brand ini secara global memiliki target untuk meningkatkan pencariaan 500.000 orang dalam rantai pasokan. Selain itu, unilever juga berupaya untuk mengaplikasikan teknologi ramah lingkungan di dalam pabrik barunya ini. Salah satunya dengan menghemat 70% penggunaan air dan mengurangi emisi karbon sebanyak 30% serta zero waste pada tempat pembuangan akhir.

Pabrik ini rencannya akan memiliki lebih dari 600 tenaga kerja dan menrapkan standar produksi yang tinggi. Selain itu juga pabrik ke 9 ini akan mengunakan eco efficiency technology. Pabrik ini akan melengkapi ke 9 pabrik Unilever di Cikarang dan Rungkut Surabaya.

Hingga saat ini, Unilever memiliki total 7.000 karyawan dan pada kuartal kedua tahun 2015 mampu mencapai laba bersih perusahaan hingga Rp 18,8 triliun. Angka ini meningkat 6,9% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Laba bersih sendiri tumbuh 2,9% menjadi Rp 2,9 triliun. (EVA)

The post Unilever Investasi Rp820 Miliar di Pabrik Baru Cikarang appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/corporate/corporate-action/unilever-investasi-rp820-miliar-di-pabrik-baru-cikarang/feed 0
Maarif Institute Pelopori Indeks Kota Islami di Indonesia http://swa.co.id/business-research/maarif-institute-pelopori-indeks-kota-islami-di-indonesia http://swa.co.id/business-research/maarif-institute-pelopori-indeks-kota-islami-di-indonesia#comments Fri, 28 Aug 2015 10:18:46 +0000 http://swa.co.id/?p=119306 Berbeda dengan studi-studi sebelumnya, kali ini Maarif Institute (MI) menyelenggarakan Indeks Kota Islami (IKI) yang pertama kali di Indonesia. Menurut Ahmad Imam Mujaddid Rois, Koordinator Tim MI, IKI merupakan upaya MI untuk menyusun parameter guna mengukur dan memeringati kinerja pemerintah kota dalam mengelola kotanya berbasis nilai-nilai Islam dalam masyarakat di Indonesia. Rois menjelaskan, dari sebuah penelitian di Amerika tentang kota-kotaRead More

The post Maarif Institute Pelopori Indeks Kota Islami di Indonesia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Berbeda dengan studi-studi sebelumnya, kali ini Maarif Institute (MI) menyelenggarakan Indeks Kota Islami (IKI) yang pertama kali di Indonesia. Menurut Ahmad Imam Mujaddid Rois, Koordinator Tim MI, IKI merupakan upaya MI untuk menyusun parameter guna mengukur dan memeringati kinerja pemerintah kota dalam mengelola kotanya berbasis nilai-nilai Islam dalam masyarakat di Indonesia.

Ahmad Imam Mujaddid Rois (kiri), Koordinator Tim Indeks Kota Islami

Ahmad Imam Mujaddid Rois (kiri), Koordinator Tim Indeks Kota Islami

Rois menjelaskan, dari sebuah penelitian di Amerika tentang kota-kota Islami di dunia, disebutkan bahwa New Zealand adalah negara yang paling Islami di dunia. Sementara itu, Indonesia yang memiliki populasi muslim terbanyak di dunia menempati posisi ke 114 di dunia. Untuk itulah, dalam mengetahui lebih dalam mengenai kota Islami ini, Maarif Institute melakukan studi terhadap 93 kota, dengan 3 komponen (aman, sejahtera dan bahagia), 9 variabel dan 41 indikator yang semuanya bahan tadi berlandaskan prinsip maqoshid syariah. Yang dielaborasi menjadi beberapa dimensi.

“Pertama aspek keagamaan, lalu aspek kepemimpinan dan tata kelola pemerintahan, peradaban, kemakmuran, dan keunggulan,” terang Rais saat acara Public Expose IKI di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng Jakarta (27/8/).

Sebagai perintis, indeks ini akan di susun secara komprehensif serta khas Indonesia. Sedangkan untuk mendefinisikan kota Islami, tim IKI menggunakan terminologi Islam itu sendiri. Yaitu Ad-din Wa An ni’mah (agama dan peradaban). Sebagai agama Islam harus membawa perubahan nyata berupa ni’mah (keadaan baik) bagi yang lain.

“Untuk mengukur keadaan yang baik ini. Kami gunakan maqoshid syariah (tujuan syariah) dalam ilmu ushul fiqh. Yaitu: menjaga harta benda, menjaga kehidupan, menjaga akal, menjaga agama, menjaga keturunan dan menjaga lingkungan,” jelas Rois.

Dari 6 prinsip tujuan syariah itu diringkas menjadi tiga komponen utama yang menjadi definisi kerja tim IKI. Yaitu: kota yang aman, sejahtera dan bahagia. Dalam penyusunannya IKI menggunakan komposisi data obyektif (secondary data) dan data persepsi/subjektif (primer data).

Data obyektif terdiri dari berbagai dokumen resmi dan terpublikasi seperti data statistik di BPS, BPS Daerah, Bappenas, APBN, RPJMD, catatan-catatan kegiatan dan sebagainya. Sedangkan untuk data subyektif akan diperoleh lewat narasumber yang dipilih melalui kreteria ketat yang berkenaan dengan keahlian maupun informasi yang luas terkait indikator yang diukur.

“Setelah data kami terima, lalu akan diproses dengan menggunakan pembobotan nilai untuk selanjutnya disusun ke dalam indeks. Untuk proses penyusunannya, akan dilakukan selama 5 bulan ke depan dan IKI akan dirilis pada Januari 2016,” jelas Rais. (EVA)

The post Maarif Institute Pelopori Indeks Kota Islami di Indonesia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-research/maarif-institute-pelopori-indeks-kota-islami-di-indonesia/feed 0
#RayakanMomen Gebyar Tahapan BCA Mal SKA Pekanbaru http://swa.co.id/beritabca/gallery-bca/rayakanmomen-gebyar-tahapan-bca-mal-ska-pekanbaru http://swa.co.id/beritabca/gallery-bca/rayakanmomen-gebyar-tahapan-bca-mal-ska-pekanbaru#comments Fri, 28 Aug 2015 09:29:21 +0000 http://swa.co.id/?p=119346 Serunya kegiatan promosi Gebyar Tahapan BCA di Car Free Day Jalan Gajah Mada, Pekanbaru. Warga Sekitar antusias mengikuti berbagai permainan dan kuis berhadiah. Kepala KCU Pekanbaru Ibu Wong Fong Lan dan Kepala Operasional Cabang KCU Pekanbaru Bapak Hermin sedang mencoba Augmented Reality Lewat Augmented Reality, masyarakat bisa merasakan sensasi mengendarai Mercedes-Benz S-Class yang merupakan Grand Prize dari program Gebyar TahapanRead More

The post #RayakanMomen Gebyar Tahapan BCA Mal SKA Pekanbaru appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Serunya kegiatan promosi Gebyar Tahapan BCA di Car Free Day Jalan Gajah Mada, Pekanbaru. Warga Sekitar antusias mengikuti berbagai permainan dan kuis berhadiah.

Serunya kegiatan promosi Gebyar Tahapan BCA di Car Free Day Jalan Gajah Mada, Pekanbaru. Warga Sekitar antusias mengikuti berbagai permainan dan kuis berhadiah.

Serunya kegiatan promosi Gebyar Tahapan BCA di Car Free Day Jalan Gajah Mada, Pekanbaru. Warga Sekitar antusias mengikuti berbagai permainan dan kuis berhadiah.


Kepala KCU Pekanbaru Ibu Wong Fong Lan dan Kepala Operasional Cabang KCU Pekanbaru Bapak Hermin sedang mencoba Augmented Reality.

Kepala KCU Pekanbaru Ibu Wong Fong Lan dan Kepala Operasional Cabang KCU Pekanbaru Bapak Hermin sedang mencoba Augmented Reality.

Kepala KCU Pekanbaru Ibu Wong Fong Lan dan Kepala Operasional Cabang KCU Pekanbaru Bapak Hermin sedang mencoba Augmented Reality


Lewat Augmented Reality, masyarakat bisa merasakan sensasi mengendarai Mercedes-Benz S-Class yang merupakan Grand Prize dari program Gebyar Tahapan BCA 2015.

Lewat Augmented Reality, masyarakat bisa merasakan sensasi mengendarai Mercedes-Benz S-Class yang merupakan Grand Prize dari program Gebyar Tahapan BCA 2015.

Lewat Augmented Reality, masyarakat bisa merasakan sensasi mengendarai Mercedes-Benz S-Class yang merupakan Grand Prize dari program Gebyar Tahapan BCA 2015.


Setiap harinya Augmented Reality selalu ramai peminat, pengunjung juga ditantang untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dalam racing games. Selama tiga hari, 21-23 Agustus 2015, ada sekitar 421 pengunjung yang mencoba permainan ini.

Setiap harinya Augmented Reality selalu ramai peminat, pengunjung juga ditantang untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dalam racing games. Selama tiga hari, 21-23 Agustus 2015, ada sekitar 421 pengunjung yang mencoba permainan ini.

Setiap harinya Augmented Reality selalu ramai peminat, pengunjung juga ditantang untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dalam racing games. Selama tiga hari, 21-23 Agustus 2015, ada sekitar 421 pengunjung yang mencoba permainan ini.


Setelah bermain racing games, kita bisa berfoto seakan-akan sedang mengendarai Mercedes-Benz S-Class. Foto juga bisa langsung dibawa pulang tanpa dipungut biaya.

Setelah bermain racing games, kita bisa berfoto seakan-akan sedang mengendarai Mercedes-Benz S-Class. Foto juga bisa langsung dibawa pulang tanpa dipungut biaya.

Setelah bermain racing games, kita bisa berfoto seakan-akan sedang mengendarai Mercedes-Benz S-Class. Foto juga bisa langsung dibawa pulang tanpa dipungut biaya.


Salah satu peserta Vidi Wanna Be Lipsync Competition menyemarakkan Mal SKA Pekanbaru.

Salah satu peserta Vidi Wanna Be Lipsync Competition menyemarakkan Mal SKA Pekanbaru.

Salah satu peserta Vidi Wanna Be Lipsync Competition menyemarakkan Mal SKA Pekanbaru.


Seorang peserta Kids Singing Celebration With BCA yang paling muda, Jose Gracia, membawakan lagu “Andaikan Aku Punya Sayap.” Suaranya indah dan penampilannya sangat menggemaskan.

Seorang peserta Kids Singing Celebration With BCA yang paling muda, Jose Gracia, membawakan lagu “Andaikan Aku Punya Sayap.” Suaranya indah dan penampilannya sangat menggemaskan.

Seorang peserta Kids Singing Celebration With BCA yang paling muda, Jose Gracia, membawakan lagu “Andaikan Aku Punya Sayap.” Suaranya indah dan penampilannya sangat menggemaskan.


Pemberian Hadiah oleh Kepala KCU Pekanbaru Ibu Wong Fong Lan dan Kepala Operasional Cabang KCU Pekanbaru Bapak Hermin kepada para pemenang Kids Singing Celebration With BCA. Juara 1 adalah Shem Edbert, Juara 2 Finsen Sius, dan Juara 3 adalah Jose Gracia.

Pemberian Hadiah oleh Kepala KCU Pekanbaru Ibu Wong Fong Lan dan Kepala Operasional Cabang KCU Pekanbaru Bapak Hermin kepada para pemenang Kids Singing Celebration With BCA. Juara 1 adalah Shem Edbert, Juara 2 Finsen Sius, dan Juara 3 adalah Jose Gracia.

Pemberian Hadiah oleh Kepala KCU Pekanbaru Ibu Wong Fong Lan dan Kepala Operasional Cabang KCU Pekanbaru Bapak Hermin kepada para pemenang Kids Singing Celebration With BCA. Juara 1 adalah Shem Edbert, Juara 2 Finsen Sius, dan Juara 3 adalah Jose Gracia.


Salah satu acara paling dinantikan pengunjung adalah Dance Celebration Moment With BCA. Ini adalah para pemenangnya. Juara 1 adalah Power Flow, Juara 2 adalah NUB, dan Juara 3 adalah D’Crown.

Salah satu acara paling dinantikan pengunjung adalah Dance Celebration Moment With BCA. Ini adalah para pemenangnya. Juara 1 adalah Power Flow, Juara 2 adalah NUB, dan Juara 3 adalah D’Crown.

Salah satu acara paling dinantikan pengunjung adalah Dance Celebration Moment With BCA. Ini adalah para pemenangnya. Juara 1 adalah Power Flow, Juara 2 adalah NUB, dan Juara 3 adalah D’Crown.


Setelah melalui proses penjurian yang cukup alot, akhirnya dewan juri Kak Oca dan Kak Noven mengumumkan pemenang dari Teens Batik Celebration Moment With BCA. Para juaranya antara lain, Juara 1 adalah Ananda Robert, Juara 2 adalah Nadyla AY, dan Juara 3 adalah Fitri Valentine.

Setelah melalui proses penjurian yang cukup alot, akhirnya dewan juri Kak Oca dan Kak Noven mengumumkan pemenang dari Teens Batik Celebration Moment With BCA. Para juaranya antara lain, Juara 1 adalah Ananda Robert, Juara 2 adalah Nadyla AY, dan Juara 3 adalah Fitri Valentine.

Setelah melalui proses penjurian yang cukup alot, akhirnya dewan juri Kak Oca dan Kak Noven mengumumkan pemenang dari Teens Batik Celebration Moment With BCA. Para juaranya antara lain, Juara 1 adalah Ananda Robert, Juara 2 adalah Nadyla AY, dan Juara 3 adalah Fitri Valentine.


Ini adalah penampilan dari tim Power Flow dalam Dance Celebration Moment With BCA. Dengan kostum yang bling bling dan power yang bagus, grup ini berhasil membawa gelar juara.

Ini adalah penampilan dari tim Power Flow dalam Dance Celebration Moment With BCA. Dengan kostum yang bling bling dan power yang bagus, grup ini berhasil membawa gelar juara.

Ini adalah penampilan dari tim Power Flow dalam Dance Celebration Moment With BCA. Dengan kostum yang bling bling dan power yang bagus, grup ini berhasil membawa gelar juara.


Vidi Aldiano tampil sebagai bintang tamu pada Gebyar Tahapan BCA 2015 di Mal SKA Pekanbaru. Disamping itu, Vidi Aldiano juga melakukan meet and greet dengan para pemenang Dubsmash Competition dengan hashtag #RayakanPekanbaru #RayakanMomen.

Vidi Aldiano tampil sebagai bintang tamu pada Gebyar Tahapan BCA 2015 di Mal SKA Pekanbaru. Disamping itu, Vidi Aldiano juga melakukan meet and greet dengan para pemenang Dubsmash Competition dengan hashtag #RayakanPekanbaru #RayakanMomen.

Vidi Aldiano tampil sebagai bintang tamu pada Gebyar Tahapan BCA 2015 di Mal SKA Pekanbaru. Disamping itu, Vidi Aldiano juga melakukan meet and greet dengan para pemenang Dubsmash Competition dengan hashtag #RayakanPekanbaru #RayakanMomen.


The post #RayakanMomen Gebyar Tahapan BCA Mal SKA Pekanbaru appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/beritabca/gallery-bca/rayakanmomen-gebyar-tahapan-bca-mal-ska-pekanbaru/feed 0
Yayasan Putera Sampoerna Jaring 100 Siswa Berprestasi http://swa.co.id/corporate/csr/yayasan-putera-sampoerna-jaring-100-siswa-berprestasi http://swa.co.id/corporate/csr/yayasan-putera-sampoerna-jaring-100-siswa-berprestasi#comments Fri, 28 Aug 2015 09:23:35 +0000 http://swa.co.id/?p=119351 Yayasan milik Putera Sampoerna, Putera Sampoerna Foundation (PSF) melanjutkan misinya dalam menyediakan akses pendidikan berkualitas di Sampoerna Academy bagi siswa-siswi berprestasi. Hal itu ditunjukkan dengan menerima 100 siswa/i berprestasi dari 12 propinsi di Indonesia, untuk belajar di Sampoerna Academy Boarding School, Bogor untuk tahun ajaran 2015-16. Siswa-siswi terpilih tersebut akan mengenyam pendidikan berkualitas tingkat SMA dan berstandar internasional selama 3Read More

The post Yayasan Putera Sampoerna Jaring 100 Siswa Berprestasi appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Yayasan milik Putera Sampoerna, Putera Sampoerna Foundation (PSF) melanjutkan misinya dalam menyediakan akses pendidikan berkualitas di Sampoerna Academy bagi siswa-siswi berprestasi.

Hal itu ditunjukkan dengan menerima 100 siswa/i berprestasi dari 12 propinsi di Indonesia, untuk belajar di Sampoerna Academy Boarding School, Bogor untuk tahun ajaran 2015-16. Siswa-siswi terpilih tersebut akan mengenyam pendidikan berkualitas tingkat SMA dan berstandar internasional selama 3 tahun ke depan.

Para siswa/i terpilih itu telah melewati serangkaian proses seleksi ketat, yang meliputi pra-seleksi pendataan dokumen, tes potensi akademis, tes wawancara, Focus Group Discussion hingga kunjungan langsung ke rumah calon siswa (home visit).

Hairun Gani, Head of Sampoerna Academy Boarding School memberi sambutan dalam acara pengukuhan 100 siswa baru Sampoerna Academy Boarding School,  Rabu  (26/8) di Bogor.

Hairun Gani, Head of Sampoerna Academy Boarding School memberi sambutan dalam acara pengukuhan 100 siswa baru Sampoerna Academy Boarding School di Bogor.

“Putera Sampoerna Foundation berkomitmen memberi akses pendidikan berkualitas bagi siswa-siswi berprestasi di Indonesia guna menjadi pemimpin yang berkaliber tinggi. Sampoerna Academy merupakan salah satu konsep kunci untuk mendukung dan mewujudkan komitmen kami,” ujar Hairun Gani, Head of Sampoerna Academy Boarding School dalam rilisnya.

“Penerimaan siswa berprestasi merupakan bagian dari wujud nyata Putera Sampoerna Foundation untuk mencetak sumber daya manusia berkualitas melalui peningkatan kualitas pendidikan.”

Putera Sampoerna Foundation memahami kualitas pendidikan Indonesia masih perlu ditingkatkan agar dapat berkompetisi secara global. Faktanya, dari 40 negara yang termasuk dalam laporan Learning Curve Pearson 2014, Indonesia menempati peringkat terakhir dalam hal pencapaian pendidikan. Bahkan, Indonesia hanya menempati peringkat ke-64 dari 65 negara yang termasuk dalam peringkat pendidikan global PISA dalam bidang matematika dan sains.

Sejak didirikan pada tahun 2001, Putera Sampoerna Foundation fokus memberikan akses pendidikan berkualitas bagi siswa-siswi berprestasi dari keluarga pra sejahtera guna mencetak generasi penerus bangsa yang berkaliber tinggi, serta dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan dapat berkompetisi secara global.

Sejak Sampoerna Academy didirikan sudah memperoleh dukungan penuh dari berbagai mitra di Indonesia. Putera Sampoerna Foundation bersama lebih dari 34 mitra/donor terus memberikan dana bantuan pendidikan selama tiga tahun penuh kepada siswa-siswi berprestasi dari berbagai provinsi di Indonesia agar mereka dapat meneruskan pendidikan berkualitas di Sampoerna Academy Boarding School (SABS) – Bogor, sebuah sekolah berstandar internasional di bawah bendera Sampoerna Schools System.

Dana bantuan pendidikan (student assistance) ini diberikan selama tiga tahun penuh kepada siswa-siswi Indonesia terpilih yang memiliki prestasi baik akademik dan maupun non-akademik, yakni dengan melihat pentingnya karakter kepemimpinan yang kuat sebagai harapan di masa depan mereka dapat berkontribusi balik secara positif bagi komunitasnya.

“Kami berharap akan lebih banyak lagi mitra, baik korporasi, pemerintah maupun individu yang memiliki kesadaran terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar Hairun Gani. (Eddy Dwinanto Iskandar)

The post Yayasan Putera Sampoerna Jaring 100 Siswa Berprestasi appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/corporate/csr/yayasan-putera-sampoerna-jaring-100-siswa-berprestasi/feed 0
Wow, Omset Bisnis Waralaba Capai Rp120 Triliun per Tahun http://swa.co.id/business-strategy/marketing/wow-omset-bisnis-waralaba-capai-rp120-triliun-per-tahun http://swa.co.id/business-strategy/marketing/wow-omset-bisnis-waralaba-capai-rp120-triliun-per-tahun#comments Fri, 28 Aug 2015 08:19:26 +0000 http://swa.co.id/?p=119257 Menurunnya daya beli masyarakat tentu saja berpengaruh bagi beberapa sektor industri. Namun, sektor waralaba masih menjadi pilihan utama bagi para pelaku usaha. Hal ini didukung dengan tingkat konsumsi masyarakat serta pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang lumayan besar. Dalam kondisi ini, usaha waralaba masih diprediksi tumbuh sebesar 15 hingga 20 persen hingga akhir tahun. Berdasarkan data Kemendag dan asosiasi, tercatatRead More

The post Wow, Omset Bisnis Waralaba Capai Rp120 Triliun per Tahun appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
bisnis-waralaba-masih-menjanjikan
Menurunnya daya beli masyarakat tentu saja berpengaruh bagi beberapa sektor industri. Namun, sektor waralaba masih menjadi pilihan utama bagi para pelaku usaha. Hal ini didukung dengan tingkat konsumsi masyarakat serta pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang lumayan besar. Dalam kondisi ini, usaha waralaba masih diprediksi tumbuh sebesar 15 hingga 20 persen hingga akhir tahun. Berdasarkan data Kemendag dan asosiasi, tercatat ada 23.000 gerai waralaba dari 12.000 pelaku usaha di Indonesia memiliki omset lebih dari Rp120 triliun di tahun 2014. Tentu saja tahun 2015 ini diharapkan tumbuh lebih banyak.

Sistem waralaba banyak dipilih karena anggapan masyarakat mengenai waralaba sebagai pembuka pintu menuju kekayaan paling mudah. Bagi para investor, sistem waralaba memiliki keuntungan dalam mengembangkan brand secara luas. Dari segi franchisor, mereka hanya perlu menyiapkan modal usaha tanpa harus melakukan startup, karena bisnis waralaba yang dilakukan sudah berkembang dan memiliki nama. Untuk itulah mengapa bisnis waralaba membutuhkan networking dan branding yang kuat serta luas.

Levita Supit, Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia menyatakan bahwa kerja sama antara franchisee dan franchisor dibutuhkan guna mendapatkan bisnis yang kuat. “Franchisee dan franchisor harus saling membantu, guna kelangsungan bisnis keduanya. Pada intinya, mereka saling mebutuhkan satu sama lain,” ujar Levita.

Meski demikian, sebelum membeli waralaba, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kemampuan melakukan investasi serta pemilihan waralaba secara sehat dan terpercaya. Intuk itulah, dalam Indonesia Franchise Confrence melakukan sharing mengenai peluang bisnis waralaba di Indonesia.

“Nanti akan diberikan pengaran oleh para investor waralaba bagaimana cara untuk mengembangkan usaha. Bagaimana pentingnya support operasional, management keuangan yang menguntungkan, serta membangun jaringan agar bisnis waralaba menjadi sukses,” kata Levita. (EVA)

The post Wow, Omset Bisnis Waralaba Capai Rp120 Triliun per Tahun appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/wow-omset-bisnis-waralaba-capai-rp120-triliun-per-tahun/feed 0
Sejuta Pesona Selandia Baru http://swa.co.id/business-strategy/management/sejuta-pesona-selandia-baru http://swa.co.id/business-strategy/management/sejuta-pesona-selandia-baru#comments Fri, 28 Aug 2015 06:45:21 +0000 http://swa.co.id/?p=119329 Selandia Baru kini menjadi prioritas dalam daftar kunjungan wisatawan asal Indonesia. Regional Manager TNZ untuk Asia Tenggara & Asia Selatan Steven Dixon, mengatakan, wisatawan Indonesia yang datang ke Selandia Baru meningkat sekitar 6% setiap tahunnya. “Kami menganggap Indonesia sebagai salah satu pasar utama. Melalui berbagai kegiatan pemasaran, perdagangan dan kehumasan, kami berusaha untuk membantu masyarakat Indonesia merealisasikan liburan impian merekaRead More

The post Sejuta Pesona Selandia Baru appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Selandia Baru kini menjadi prioritas dalam daftar kunjungan wisatawan asal Indonesia. Regional Manager TNZ untuk Asia Tenggara & Asia Selatan Steven Dixon, mengatakan, wisatawan Indonesia yang datang ke Selandia Baru meningkat sekitar 6% setiap tahunnya.

“Kami menganggap Indonesia sebagai salah satu pasar utama. Melalui berbagai kegiatan pemasaran, perdagangan dan kehumasan, kami berusaha untuk membantu masyarakat Indonesia merealisasikan liburan impian mereka ke Selandia Baru,” katanya.

Ada beragam tempat wisata menarik di negeri Kiwi ini. Beberapa diantaranya:

Milford Sound

Menelusuri sungai dengan kapal pesiar, menaiki perahu kayak ataupun kano, mencoba white water dan bermain kayak di laut serta menaiki kapal pesiar mewah di beberapa tempat paling ikonis di Selandia Baru seperti Milford Sound & Fiordland.

Fiordland merupakan surga bagi berbagai spesies burung dan binatang laut di Selandia Baru. Teluk yang terdapat di sana merupakan habitat bagi anjing laut, penguin Fiordland dan juga beraneka ragam spesies paus.

Bersantai di kapal pesiar serta menjelajahi teluk dengan menaiki kayak tours memberikan pengalaman tak terlupakan untuk mengunjungi binatang liar di habitat aslinya.

Fox Glacier (Foto: http://www.newzealand.com/id)

Fox Glacier (Foto: http://www.newzealand.com/id)

Franz Joseph Glacier

Karenakan salju yang turun dengan lebat, Franz Josef adalah satu dari beberapa gletser di Selandia Baru yang masih terus berkembang dari segi ukuran. Kebanyakan dari gletser di sisi timur Pegunungan Alpen Selatan kini banyak yang menciut dikarenakan fenomena pemanasan global.

Para turis yang tidak ingin mendaki dapat juga mengunjungi Huwakai Glacier Centre di desa utama Franz Josef yang dilengkapi dengan tembok panjat tebing setinggi 10 meter di dalam ruangan tertutup.

Tembok ini merupakan satu-satunya di belahan bumi selatan dan memberikan pengalaman bagi para pemanjat untuk merasakan sedikit pengalaman memanjat gletser seperti yang dilakukan di alam bebas.

Auckland

Auckland merupakan kota metropolis di mana semua sudut kota dan jalanan yang ada dapat memberikan pengalaman berbeda. Kreativitas dan inovasi dari berbagai sisi desain tecermin dari beragam arsitektur, desain interior dan fashion serta karya seni yang terdapat di tempat umum.

Setiap komunitas di sana memiliki identitas dan gaya hidup masing-masing, mulai dari tempat-tempat di dalam kota, butik-butik terkini hingga jajaran kafe yang memberikan kesan kasual serta kota pesisir pantai yang santai. Di Auckland terdapat juga coffee culture yang berkembang pesat.

Bayangkan memesan flat white, sebuah produk legendaris yang diciptakan oleh penduduk lokal Selandia Baru-kualitas dan pilihan produk-produk olahan lokal memberikan sebuah nuansa kuliner yang berbeda di tangan para koki andal yang sudah diakui dunia.

Lake Taupo

Menurut kepercayaan legenda Māori, North Island di Selandia Baru merupakan pusat dari segalanya. Wilayahnya mencakup danau air tawar terbesar di Australasia. Danau tersebut tercipta karena adanya ledakan vulkanik, dan daerah sekitarnya dipenuhi dengan mata air panas, lumpur dan uap panas yang memancar keluar dari lapisan bawah bumi.

Pahatan batu Māori di atas tebing di Southern End of Mine Bay adalah sebuah tempat wisata kontemporer yang tidak boleh terlewatkan. Pemahat senior Matahi Whakataka-Brightwell menggambarkan Ngatoroirangi, seorang navigator Māori legendaris yang memimpin orang-orang pertama yang menginjakkan kaki mereka di sana.

Dua buah desain yang terinspirasi oleh Celtic berhasil merepresentasikan angin selatan dan juga putri duyung. Terletak di sebuah tempat terpencil yang hanya dapat diakses melalui air, pahatan tersebut dapat dikunjungi dengan menaiki perahu dan kayak.

Itu adalah beberapa destinasi yang ditampilkan dalam kampanye bertema Everyday a Different Journey (Setiap Hari Pengalaman Berbeda). “Peluncuran kampanye lokal di Indonesia ini bertujuan untuk lebih mendekatkan dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk berlibur ke Selandia,” kata Steven.

Selanjutnya, setiap keluarga dapat mengikuti kompetisi dengan mengunggah sebuah video yang menjelaskan mengapa Selandia Baru menjadi pilihan terbaik bagi perjalanan wisata keluarga mereka selanjutnya.

Video ini harus diunggah ke microsite Tourism New Zealand, www.newzealand.com/nzfamilytrip menggunakan tagar #NZFamilyTrip mulai dari 27 Agustus hingga 9 Oktober 2015.

Satu keluarga beruntung di Indonesia akan memenangkan sebuah perjalanan ke Selandia Baru bersama #NZFamilyTrip, kompetisi media sosial Tourism New Zealand.

The post Sejuta Pesona Selandia Baru appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/sejuta-pesona-selandia-baru/feed 0
Bidikan Lenovo Vibe Shot untuk Fotografer dan Gadgetgrafer http://swa.co.id/technology/bidikan-lenovo-vibe-shot-untuk-fotografer-dan-gadgetgrafer http://swa.co.id/technology/bidikan-lenovo-vibe-shot-untuk-fotografer-dan-gadgetgrafer#comments Fri, 28 Aug 2015 05:37:46 +0000 http://swa.co.id/?p=119283 Pecinta fotografi khususnya anak-anak muda, namun tidak mempunyai kamera canggih, kini tidak perlu khawatir lagi lantaran Lenovo akan memanjakannya dengan produk unggulan terbaru: Lenovo Vibe Shot. Produk anyar ini  dirancang secara khusus untuk konsumen yang hobi fotografi dan mereka yang menyukai desain-desain yang apik dengan kamera utama 16MP dan layar Full HD 5 inci. “Target pasar kami ada dua macam,Read More

The post Bidikan Lenovo Vibe Shot untuk Fotografer dan Gadgetgrafer appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Pecinta fotografi khususnya anak-anak muda, namun tidak mempunyai kamera canggih, kini tidak perlu khawatir lagi lantaran Lenovo akan memanjakannya dengan produk unggulan terbaru: Lenovo Vibe Shot. Produk anyar ini  dirancang secara khusus untuk konsumen yang hobi fotografi dan mereka yang menyukai desain-desain yang apik dengan kamera utama 16MP dan layar Full HD 5 inci.

20150826_134733_resized

“Target pasar kami ada dua macam, design trendsetter dan gadgetgrapher. Kedua target ini adalah orang-orang yang punya passion di bidang fotografi, tapi mereka bukan fotogtafer,” kata Miranda Waroka, Marketing Manager MIDH Lenovo Indonesia.

Ditujukan untuk fotografer pemula, salah satu fitur unggulan Vibe Shot ada pada salah satu fitur unggulan dalam mode auto adalah fungsi Smart Compostition yang memiliki kemampuan mendeteksi gambar secara otomatis dan panduan “point & shoot” di layar. Hal ini bisa membuat para pecinta fotografi pemula lebih menggugah kreativitas mereka.

Dirancang khusus untuk mengambil foto-foto yang brilian, Vibe Shot dilengkapi dengan tombol shutter khusus, yang dapat digunakan secara cepat untuk mengaktifkan fungsi kamera guna mengambil gambar secara sempurna. Bahkan sistem on-board infrared aouto-focusing (AF) yang dimiliki Vibe Shot dua kali lebih cepat dari autofocus konvensional.

“Kualitas kamera memang salah satu aspek utama yang dicari para konsumen Indonesia ketika hendak membeli sebuah smartphone. Lenovo VIBE Shot merupakan smartphone yang tidak hanya stylish namun juga sangat bertenaga, sehingga menjadikannya pilihan sempurna bagi konsumen Indonesia yang menginginkan smartphone dan kamera sekaligus dalam satu perangkat,” Adrie M. Suhadi, Country Lead Smartphone Division Lenovo Indonesia, menegaskan.

Lenovo Vibe Shot akan dipasarkan mulai awal September. Lenovo telah membuka preorder hingga 31 Agustus Vibe Shot dengan harga Rp 4,99 juta. Preorder bisa dilakukan di Blibi.com, Lazada.com dan Dinomarket.com. (EVA)

The post Bidikan Lenovo Vibe Shot untuk Fotografer dan Gadgetgrafer appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/technology/bidikan-lenovo-vibe-shot-untuk-fotografer-dan-gadgetgrafer/feed 0
Centro Bagikan 173 Buku kepada Yayasan 1001 Buku http://swa.co.id/corporate/csr/centro-bagikan-173-buku-kepada-yayasan-1001-buku http://swa.co.id/corporate/csr/centro-bagikan-173-buku-kepada-yayasan-1001-buku#comments Fri, 28 Aug 2015 05:20:56 +0000 http://swa.co.id/?p=119297 Centro melalui program “Centro Berbagi Buku” menggandeng Yayasan 1001 menyerahkan 173 buku dan uang senilai puluhan juta rupiah untuk membantu pendidikan Indonesia serta meningkatkan kemampuan membaca anak di Tanah Air. Berdasarkan hasil studi organisasi pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNESCO menyebutkan bahwa peringkat kemampuan membaca anak Indonesia berada di urutan kedua terbawah di dunia. Terkait hal tesebut Centro DepartementRead More

The post Centro Bagikan 173 Buku kepada Yayasan 1001 Buku appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Centro melalui program “Centro Berbagi Buku” menggandeng Yayasan 1001 menyerahkan 173 buku dan uang senilai puluhan juta rupiah untuk membantu pendidikan Indonesia serta meningkatkan kemampuan membaca anak di Tanah Air.

20150826_163227_resized

Berdasarkan hasil studi organisasi pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNESCO menyebutkan bahwa peringkat kemampuan membaca anak Indonesia berada di urutan kedua terbawah di dunia. Terkait hal tesebut Centro Departement Store bekerja sama dengan Yayasan 1001 buku sebagai organisasi nirlaba yang telah membantu pendidikan anak melalui pembentukan komunitas taman bacaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“PT Tozy Sentosa (TS) memiliki program tahunan di bidang pendidikan dan berusaha untuk bersumbangsih pada komunitas di area kami berbisnis. Kali ini, melalui Centro Berbagi Buku yang melibatkan karyawan dan pelanggan dari Centro Departement Store serta karyawan berharap dengan kegiatan ini bisa membantu pendidikan di Indonesia dan meningkatkan minat dan kemampuan baca anak,” ujar Gui Cheng Hock, Group Chief Operating Officer PT Tozy Sentosa.

Rangkaian kegiatan yang melibatkan beberapa pihak internal maupun eksternal dalam pengumpulan dana. TS melalui pengumpulan buku pendidikan dan pembelian kupon educare senilai Rp 10.000 dari konsumen selama 15 Juni sampai dengan 2 Agustus 2015 di 11 toko Centro Departement Store berhasil menyumbang 173 buku dari karyawan, Rp10 juta dari  TS dan Rp 95,79 juta dari partisipasi pelanggan Centro Departement Store.

Seluruh sumbangan disalurkan melalui Yayasan 1001 buku yang dilakukan pada Rabu, 26 Agustus 2015 di Centro Departemen Store, Plaza Semanggi yang diserahkan secara simbolis oleh Pelly Sianova sekalu advertising & Promotion Sr. Manager kepada perwakilan dari Yayasan 1001 buku. (EVA)

The post Centro Bagikan 173 Buku kepada Yayasan 1001 Buku appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/corporate/csr/centro-bagikan-173-buku-kepada-yayasan-1001-buku/feed 0
Iveco 682 Heavy Duty Ramaikan Pasar Truk Indonesia http://swa.co.id/business-strategy/management/iveco-682-heavy-duty-ramaikan-pasar-truk-indonesia http://swa.co.id/business-strategy/management/iveco-682-heavy-duty-ramaikan-pasar-truk-indonesia#comments Fri, 28 Aug 2015 04:35:41 +0000 http://swa.co.id/?p=119317 Iveco, produsen truk asal Turin, Italia, resmi meluncurkan Truck Heavy Duty Iveco 682 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di Indonesia Convention Exhibition di BSD City, Tangerang, 22 Agustus lalu. Iveco bermitra dengan PT Chakra Jawara, salah satu anak perusahaan dari Tiara Marga Trakindo (TMT) untuk penjualan dan layanan pelanggan di Indonesia. Marco Quaranta, Product Manager IvecoRead More

The post Iveco 682 Heavy Duty Ramaikan Pasar Truk Indonesia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Iveco, produsen truk asal Turin, Italia, resmi meluncurkan Truck Heavy Duty Iveco 682 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di Indonesia Convention Exhibition di BSD City, Tangerang, 22 Agustus lalu.

Iveco bermitra dengan PT Chakra Jawara, salah satu anak perusahaan dari Tiara Marga Trakindo (TMT) untuk penjualan dan layanan pelanggan di Indonesia. Marco Quaranta, Product Manager Iveco untuk Australia, New Zealand, Asia Tenggara dan Jepang, mengungkapkan, pihaknya memandang pasar Indonesia merupakan salah satu pasar yang menjanjikan.

“Iveco 682 yang kami luncurkan adalah penggabungan dari semua pengetahuan dan pengalaman Iveco dalam hal mendisain dan memproduksi kendaraan truck sehingga dapat memberikan solusi optimal dalam kekuatan, irit konsumsi bahan bakar, dan kualitas, dengan harga yang sangat kompetitif,” ujar Marco dalam rilisnya.

iveco

Direktur PT. Chakra Jawara, Teophilus Bambang Wira (kiri)

Direktur PT. Chakra Jawara Teophilus Bambang Wira mengatakan, selaku pemegang lisensi eksklusif truk Iveco di Indonesia, perseroan siap memberikan layanan pelanggan yang optimal. Sebanyak 300 karyawan yang ada di Jakarta dan cabang di Balikpapan, Pekanbaru, Samarinda, Banjarmasin dan Papua siap memberi pelayanan terbaik.

“Selain itu dengan jaringan sistem informasi, semua cabang kami memiliki akses ke program elektronik. Aplikasi Sistem dan Produk terintegrasi (SAP), yang dirancang untuk efektivitas pengelolaan persediaan suku cadang, dan jadwal operasional,” katanya.

Menurut dia, Chakra Jawara berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan Iveco 682 di seluruh negeri. Semua pusat layanan hanya akan menyediiakan Iveco Genuine Parts dan berwenang untuk memverifikasi klaim garansi proses.

Juga terdapat pelayanan perbaikan untuk kerusakan kecil dan besar serta refinishing dan touch-up. Berkat jaringan layanan, pelanggan akan mendapatkan keuntungan dari garansi Iveco Asli Parts untuk menjaga performa kendaraan mereka dan bisnis mereka yang terbaik dalam jangka panjang.

PT. Chakra Jawara menawarkan paket dukungan produk yang komprehensif untuk semua pelanggan yang telah dirancang untuk memaksimalkan produktivitas dan pemanfaatan peralatan untuk produk Iveco.

After Sales Service PT. Chakra Jawara terdiri dari tiga Departemen yaitu, Service, Parts dan Pelatihan. Semua tenaga pelayanan adalah teknisi terampil dan telah berhasil menyelesaikan kursus pelatihan produk Iveco.

Iveco 682 sendiri saat ini ditawarkan dengan konfigurasi sistem penggerak 6×4 (GCW 60 ton) varian untuk model kepala traktor. Truk juga disajikan dalam konfigurasi sistem penggerak 6×4 (GVW 33 ton) varian untuk Tipper dan model Mixer Beton.

Model Traktor tersedia dalam kabin Sleeper dengan atap tinggi . Akses masuk ke kabin sangat mudah karena desiannya yang ergonomis. Sedangkan untuk model Tipper dan Mixer model tersedia dalam desain kabin dengan atap rendah. Aspek aerodinamis telah dikembangkan untuk mengurangi faktor Cx, sehingga dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.

The post Iveco 682 Heavy Duty Ramaikan Pasar Truk Indonesia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/iveco-682-heavy-duty-ramaikan-pasar-truk-indonesia/feed 0
Diplomat Success Challenge 2015 Jaring 6 Ribuan Proposal http://swa.co.id/business-strategy/management/diplomat-success-challenge-2015-jaring-6-ribuan-proposal http://swa.co.id/business-strategy/management/diplomat-success-challenge-2015-jaring-6-ribuan-proposal#comments Fri, 28 Aug 2015 04:22:24 +0000 http://swa.co.id/?p=119397 Program kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) 2015 yang digelar oleh rokok Wismilak Diplomat dan Wismilak Foundation baru saja menyelesaikan tahapan seleksi awal. Hasilnya setelah diluncurkan pada 12 Juni 2015, terjaring ribuan proposal yang menghasilkan 90 challenger kuat. “Tahun ini kami kebanjiran peminat, ada 6.600an proposal yang terjaring masuk,” ujar Surjanto Yasaputera yang menjadi Ketua Dewan Komisioner DSC 2015. JumlahRead More

The post Diplomat Success Challenge 2015 Jaring 6 Ribuan Proposal appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Program kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) 2015 yang digelar oleh rokok Wismilak Diplomat dan Wismilak Foundation baru saja menyelesaikan tahapan seleksi awal. Hasilnya setelah diluncurkan pada 12 Juni 2015, terjaring ribuan proposal yang menghasilkan 90 challenger kuat. “Tahun ini kami kebanjiran peminat, ada 6.600an proposal yang terjaring masuk,” ujar Surjanto Yasaputera yang menjadi Ketua Dewan Komisioner DSC 2015. Jumlah ini meningkat drastis, yakni lebih dari sepuluh kali lipat dibanding tahun lalu.

Peminat datang dari berbagai latar belakang. Selain mahasiswa dan mereka yang baru lulus kuliah, juga ada banyak professional yang mengirim proposal usaha. Hal ini menandakan bahwa kompetisi ini menjangkau berbagai segmen. Proposal yang masuk pun sangat beragam. Jenis usaha paling diminati adalah perdagangan yang mencapai (41%), diikuti oleh kuliner (27%), industri kreatif (14%) dan agro industri (8%). Minat di bidang teknologi hijau, energi dan pariwisata jumlahnya masih belum signifikan.

Diplomat

Berdasarkan domisili peserta, kompetisi wirausaha ini dibagi menjadi tiga area, yakni kawasan Indonesia Timur, Tengah dan Barat. Jumlah peserta paling banyak datang dari Central Region (Kalimantan, DIY dan Jawa Tengah) yakni sebanyak 55%, diikuti oleh peserta dari West Region (Sumatera, Kep. Riau, DKI Jakarta dan Jawa Barat), sebanyak 26% dan selebihnya 19%, dari East Region (Sulawesi, Jawa Timur dan Indonesia Timur).  Di antaranya bahkan ada peserta dari luar negeri yang ikut berkompetisi.

Seleksi awal dilakukan oleh satu tim yang terdiri dari 10 orang, mereka meneliti proposal yang masuk. “Pertama kali kami melihat kelengkapan administrasi yang diminta dalam proposal, ada beberapa proposal yang tidak bisa diloloskan karena tidak lengkap,termasuk tidak adanya perhitungan cash flow” ujar pria yang akrab disapa Pak Sur, itu. Ada juga sejumlah proposal yang harus didiskualifikasi karena tidak menggunakan format yang telah disediakan.

Setelah memeriksa kelengkapan, panitia masih disibukkan meneliti akurasi ribuan proposal yang lolos. “Salah satu tolak ukurnya adalah cash flow atau kinerja keuangan. Kami memang tidak menuntut perhitungan keuangan yang sempurna, namun proposal yang sama sekali tidak disertai perhitungan keuangan, sudah pasti langsung dicoret,” ujarnya menambahkan. Feasibility sebuah proposal usaha memang langsung tergambar dari rencana keuangan, terutama dari perhitungan modal yang diperlukan serta keuntungan yang akan dihasilkan.

Selain kelayakan usaha, kriteria penilaian antara lain juga mencakup keunikan ide, potensi pasar, prospek pertumbuhannya, sampai orisinalitas bentuk usaha. Dampak positif terhadap masyarakat sekitar, termasuk adanya unsur pemberdayaan juga menjadi nilai tambah. “Ide yang unik dan menarik tidak hanya terkait produk atau jasa yang ditawarkan, namun bisa juga dari proses bisnisnya. Mungkin produknya biasa saja yang sudah kita kenal sehari-hari, tapi bisa menjadi baru dan menarik kalau dipasarkan dengan cara baru,” kata Pak Sur menjelaskan.

Panitia mengatakan dengan tegas bahwa format proposal tidak boleh dikurangi atau diubah sistematikanya. Namun proposal boleh ditambah dan dilengkapi, antara lain dengan bagan dan foto atau gambar mengenai detil produk. Beberapa bahkanmenambahkan foto-foto proses produksi. Pak Sur mengaku bahwa“ Tambahan foto produk sangat membantu tim seleksi dalam membuat keputusan, sebab langsung terlihat jelas, jadi memudahkan penilaian.”

Proses seleksi awal yang berjalan beberapa hari ini meloloskan 90 proposal untuk tiga kawasan kompetisi, East, Central dan West Region. “Di tiap region atau kawasan ada 30 kandidat, yang untuk selanjutnya kami sebut challenger, mereka semua langsung dikontak untuk mengikuti tahapan selanjutnya yakni audisi,” ujar Pak Sur. Mereka yang lolos tidak terbatas pada kegiatan wirausaha yang sudah berjalan, namun juga yang masih dalam bentuk idea atau konsep usaha.

Pada tahap audisi, seluruh challenger yang lolos diminta hadir menyajikan proposal usahanya di depan dewan juri. Untuk peserta dari Indonesia Barat, presentasi akan diadakan tanggal pada 19 Agustus 2015, bertempat di Hotel Aston Tropicana, Bandung. Challenger dari Indonesia Tengah diminta hadir di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta pada tanggal 21 Agustus 2015. Sedangkan untuk Indonesia Timur, presentasi challenger diadakan di Hotel Novotel, Surabaya pada tanggal 23 Agustus 2015.

Saat presentasi, setiap challenger diberi waktu 10 menit untuk memaparkan rencana usahanya. Setelah presentasi, dewan juri yang terdiri dari 3 orang akan mengajukan pertanyaan untuk menguji. Karena itu Pak Sur menghimbau agar para challenger  yang terpilih mempersiapkan diri, membuat bahan presentasi yang menarik dan mengesankan.

Mereka yang lolos dari tahap audisi di depan dewan juri ini akan diundang untuk seleksi tahap selanjutnya, yakni Market Challenge. “Intinya, para challenger akan dihadapkan pada berbagaikasus bisnis yang harus mereka jawab. Nanti saya jelaskan jika waktunya sudah dekat,” tambah Pak Sur.

Di akhir perbincangan Ketua Dewan Komisioner Diplomat Success Challenge mengucapkan terimakasih kepada seluruh peminat yang telah mengirimkan proposal usahanya. “Kepada yang belum terpilih, mereka masih bisa mengikuti kompetisi ini di tahun depan, jangan lupa dengan tips yang tadi sudah saya jelaskan, terutama mengenai kelengkapan proposal,” katanya mengingatkan. (EVA)

The post Diplomat Success Challenge 2015 Jaring 6 Ribuan Proposal appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/diplomat-success-challenge-2015-jaring-6-ribuan-proposal/feed 0
AKR Land Tepati Janji Topping Off Fasilitas Gallery West http://swa.co.id/business-strategy/management/akr-land-tepati-janji-topping-off-fasilitas-gallery-west http://swa.co.id/business-strategy/management/akr-land-tepati-janji-topping-off-fasilitas-gallery-west#comments Fri, 28 Aug 2015 04:12:45 +0000 http://swa.co.id/?p=119311 AKR Land Development tengah berbahagia. Pengembang property ternama itu pun merayakan kebahagiaannya dengan menggelar syukuran di lantai 10 Gedung Parkir Gallery West, Kamis, (27/8). “Kali ini acara syukuran kami terkait dengan topping off dua bangunan fasilitas yang ada di Gallery West,” ujar Widijanto, Managing Director AKR Land Development dalam rilisnya. Fasilitas yang dimaksud adalah gedung parkir serta kolam renang. AcaraRead More

The post AKR Land Tepati Janji Topping Off Fasilitas Gallery West appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
AKR Land Development tengah berbahagia. Pengembang property ternama itu pun merayakan kebahagiaannya dengan menggelar syukuran di lantai 10 Gedung Parkir Gallery West, Kamis, (27/8).

“Kali ini acara syukuran kami terkait dengan topping off dua bangunan fasilitas yang ada di Gallery West,” ujar Widijanto, Managing Director AKR Land Development dalam rilisnya.

Fasilitas yang dimaksud adalah gedung parkir serta kolam renang. Acara ini ditandai dengan peletakkan semen dan pemotongan tumpeng oleh Direksi AKR Land. Pada kesempatan yang sama juga dibarengi dengan peluncuran Premium Elegant Suites, yakni unit baru apartemen di lantai 18.

Gedung parkir yang merupakan fasilitas bagi penghuni Gallery West ini terdiri dari 10 lantai. Setiap lantai yang luasnya 3.600 m2 mampu menampung 125 mobil.

SAMSUNG CSC

Bangunan Gedung Parkir Gallery West dirancang sesuai standar kemanan dan kenyamanan. Akses antar lantai mempunyai kemiringan 4 derajat, sangat nyaman untuk mobil sedan sekalipun.

Gedung parkir ini juga mempunyai aerasi maksimal karena mempunyai banyak bukaan, sehingga udara bebas mengalir. Dalam hal penerangan, seluruh langit-langit dilengkapi dengan lampu-lampu standar yang akan memudahkan para pengendara menemukan slot parkirnya.

Selain lahan parkir, syukuran ini juga untuk menandai topping off kolam renang, yakni panjang 8m X lebar 22m dengan kedalaman antara 120 cm sampai 210 cm.

Kolam renang yang terletak di lantai 11 ini merupakan fasilitas bagi penghuni dan juga terbuka bagi pengunjung Gallery West. Barbeque di pinggir kolam renang akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

AKR Land sebagai pemilik Gallery West juga akan melakukan penjualan perdana unit baru apartemen yang ada di lantai 18.

“Selain desainnya yang unik jumlah unitnya juga sangat terbatas,” ujar Widijanto yang kerap disapa Wid itu. “Ada beberapa pilihan dengan luas lantai mulai dari  35,5m2 – 78,7m2, dari one bedroom sampai three bed room,” tambahnya.

Ia yakin unit-unit yang dirancang dengan upgrade specifications di lantai ini akan menjadi daya tarik tambahan bagi mereka yang mencari hunian strategis dengan konsep galeri seni yang sangat menarik.

Komplek Gallery West sendiri seluruhnya berdiri di atas tanah seluas 2 hektar. Selain gedung fasilitas dan kolam renang yang tengah diselesaikan, secara keseluruhan AKR Land Development merencanakan untuk membangun 2 tower, yakni apartemen, perkantoran dan hotel serta sebuah museum MACAN dan commercial area.

Wid menyebutkan, salah satu kekuatan Gallery West dari segi investasi adalah lokasinya yang sangat strategis, yakni kavling no. 5 yang berada persis di pinggir jalan Panjang, Kebon Jeruk dan sangat dekat dengan pintu tol Kebon Jeruk yakni exit tol Kebon Jeruk-KM 2.

Dengan selesainya gedung parkir dan kolam renang, pembangunan kompleks Gallery West berikutnya adalah menyelesaikan office tower dan apartment.

AKR Land kembali menekankan komitmennya untuk memberikan yang terbaik bagi customer, bahwa pembangunan Gallery West tetap sesuai jadual. Serah terima unit kepada customer akan dilakukan mulai bulan Juni 2016. (Eddy Dwinanto Iskandar)

The post AKR Land Tepati Janji Topping Off Fasilitas Gallery West appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/akr-land-tepati-janji-topping-off-fasilitas-gallery-west/feed 0
Samsung Galaxy Note 5, Bertumpu Pada Kekuatan Catatan http://swa.co.id/business-strategy/management/samsung-galaxy-note-5-bertumpu-pada-kekuatan-catatan http://swa.co.id/business-strategy/management/samsung-galaxy-note-5-bertumpu-pada-kekuatan-catatan#comments Fri, 28 Aug 2015 03:56:52 +0000 http://swa.co.id/?p=119300 Buku-buku best seller mahakarya penulis kenamaan, semacam Robert T. Kiyosaki, Dr. Aidh al-Qarni, Habiburrahman El Shirazy, Stephen R. Covey, Dewi Lestari, dan Asma Nadia, semuanya berawal dari sebuah catatan kecil penuh makna. Ide-ide kreatif penulisan bisa muncul di mana saja. Saat tengah berada di tengah kemacetan Jakarta, saat bermain bersama buah hati, atau bahkan saat tengah menyendiri di teras rumah.Read More

The post Samsung Galaxy Note 5, Bertumpu Pada Kekuatan Catatan appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Buku-buku best seller mahakarya penulis kenamaan, semacam Robert T. Kiyosaki, Dr. Aidh al-Qarni, Habiburrahman El Shirazy, Stephen R. Covey, Dewi Lestari, dan Asma Nadia, semuanya berawal dari sebuah catatan kecil penuh makna.

Ide-ide kreatif penulisan bisa muncul di mana saja. Saat tengah berada di tengah kemacetan Jakarta, saat bermain bersama buah hati, atau bahkan saat tengah menyendiri di teras rumah. Inilah pentingnya catatan yang akan menjadi rangkaian cerita penuh makna.

Ini juga yang melandasi PT Samsung Electronics meluncurkan Samsung Galaxy Note 5. Salah satu fitur unggulan, S Pen, membawa konsumen pada kesuksesan yang dimulai dari sebuah catatan.

Salah satu fungsi baru stylus ini adalah memungkinkan pengguna untuk menulis di layar tanpa perlu mengaktifkan ponsel. Caranya tinggal tarik pena kemudian tulis seperti di atas kertas dan bisa langsung disimpan.

DSC_2646

“Samsung Galaxy Note 5 tak sekadar smartphone. Namun, sebuah gaya hidup yang menginspirasi orang banyak, mengeluarkan hal yang terbaik dari mereka, dan melakukan lebih dari yang biasa dilakukan oleh sebuah smartphone,” kata Yoo Young Kim, President PT. Samsung Electronics Indonesia dalam rilisnya.

Spesifikasi Galaxy Note 5 terbilang tinggi karena sudah menggunakan prosesor Exynos 7420 buatan Samsung, jenis octa core yang terdiri atas 2.1 GHz quad core dan 1.5 GHz quad core yang mendukung kinerja 64 bit. Prosesor ini didukung oleh RAM 4 GB dan memori internal 32 GB atau 64 GB.

Generasi kelima Note ini didesain dengan layar seluas 5,7 inci beresolusi 1.440 x 2.560 pixel. Bentuk panel belakangnya dibuat melengkung agar lebih nyaman digenggam. Galaxy Note 5 sudah bisa dipesan di situs galaxylaunchpack.com hingga 6 September mendatang seharga Rp 9.999.000.

Samsung mengklaim ponsel ini dapat menghasilkan foto kualitas baik dengan dukungan kamera belakang 16 megapixel dengan optical image stabilizer (OIS) dan kamera depan 5 megapixel dengan wide angle untuk keperluan selfie.

Galaxy Note 5 menawarkan fungsi multitasking dan menyeluruh untuk konsumen dari semua fitur yang ada di dalamnya. Tak hanya untuk pelaku bisnis tetapi juga seluruh lapisan masyarakat.

The post Samsung Galaxy Note 5, Bertumpu Pada Kekuatan Catatan appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/samsung-galaxy-note-5-bertumpu-pada-kekuatan-catatan/feed 0
Royal Enfield Optimis Sukses di Pasar Indonesia http://swa.co.id/business-strategy/marketing/royal-enfield-optimis-sukses-di-pasar-indonesia http://swa.co.id/business-strategy/marketing/royal-enfield-optimis-sukses-di-pasar-indonesia#comments Fri, 28 Aug 2015 02:52:58 +0000 http://swa.co.id/?p=119221 Sepeda motor bisa dibilang adalah moda transportasi yang paling umum dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat. Tentu saja setiap produsen motor akan tergiur dengan besarnya market sepeda motor di Indonesia. Besarnya market sepeda motor ini bisa jadi karena faktor versatility dari moda transportasi tersebut. Desainnya secara alami membuat moda transportasi ini bisa melewati medan-medan sempit yang mampu membuat pengendaranya melintasi jalananRead More

The post Royal Enfield Optimis Sukses di Pasar Indonesia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Sepeda motor bisa dibilang adalah moda transportasi yang paling umum dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat. Tentu saja setiap produsen motor akan tergiur dengan besarnya market sepeda motor di Indonesia. Besarnya market sepeda motor ini bisa jadi karena faktor versatility dari moda transportasi tersebut.

Desainnya secara alami membuat moda transportasi ini bisa melewati medan-medan sempit yang mampu membuat pengendaranya melintasi jalanan ramai di kota dengan relatif mudah. Selain itu, bisa digunakan sebagai leisure transportation di akhir pekan yang sering kita lihat dilakukan oleh komunitas maupun individu penggemar moto touring.

Tidak jarang juga masyarakat yang menggemari Moto GP, sehingga memiliki, mengendarai, dan memodifikasi motor ala racing sudah menjadi semacam aktualisasi diri bagi penggemar balap.

Potensi market sepeda motor yang besar ini bisa dilihat dari maraknya jumlah pemain. Persaingan pasar motor di negeri ini terutama didominasi oleh merek-merek Jepang yang menyediakan motor-motor cc rendah maupun tinggi untuk menjawab permintaan. Ada juga merek-merek barat dan india yang sudah masuk ke Indonesia.

Melihat persaingan yang ketat tersebut, Royal Enfield tidak gentar. Mereka tetap berniat menjajal pasar ini dengan optimis dan yakin bahwa apa yang akan mereka tawarkan adalah sesuatu yang berbeda dari apa yang telah disediakan oleh pemain-pemain lain.

Abijith Singh Brar, menjelaskan tentang filosofi Royal Enfield

Abijith Singh Brar, menjelaskan tentang filosofi Royal Enfield

Meski bermarkas di India, brand Royal Enfield adalah brand asli Inggris. Abhijit Singh Brar, Head-Marketing Royal Enfield, menyatakan bahwa motor-motor produksi sekarang pun memiliki desain yang mirip dengan motor-motor produksi Royal Enfield lama yang diproduksi di Inggris.

Menjaga desain motornya agar tetap klasik nampaknya menjadi salah satu senjata utama Royal Enfield. Banyak motor yang beredar di pasaran Indonesia yang dibuat untuk memenuhi keinginan agar berkendara cepat atau mengebut. Mereka dibuat agar menjadi super cepat, super berat, dan mereka juga super mahal. “Kami tidak menawarkan aspek yang mengintimidasi seperti itu. Yang kami tawarkan melalui motor kami adalah pengalaman yang kami sebut pure motorcycling. Dengan menjaga filosofi pure motorcycling ini juga kami bisa bertahan hingga saat ini setelah lebih dari 100 tahun berdiri,” ujar Abhijit.

Menurut Abhijit, selalu ada ruangan di dalam pasar motor yang menawarkan pengalaman berkendara yang lebih sederhana. menarik, dan menyenangkan. Inilah pure motorcycling yang dia maksud. Dia menekankan bahwa motor-motor Royal Enfield yang diciptakan selama ini selalu berpegang teguh pada filososfi tersebut. Dia mengklaim, bahwa berbeda dengan produsen motor lainnya, mereka tidak mencoba menciptakan motor yang super cepat dan mewah serta bersifat intimidatif. Yang mereka coba usahakan adalah membuat motor yang mudah digunakan, menyenangkan untuk dikendarai dan secara harga pun mudah dijangkau.

Produsen motor ini pun melihat ada gap di pasar motor Indonesia. Gap itu terlihat dari sisi cc yang tersedia di pasaran. Mereka melihat bahwa banyak motor di bawah 250 cc dan di atas 750 cc beredar di pasar Indonesia. Ukuran diantara 250 cc dan 750 cc ini masih belum banyak atau mungkin bahkan tidak ada yang menggarap. Di sinilah mereka coba mengisi kekosongan tersebut.

Konsep yang ditawarkan memang menarik, namun yang perlu dikhawatirkan adalah berapa harga yang akan dipasang pada motor-motor ini agar merek ini bisa menjual. Abhijit menerangkan bahwa Royal Enfield masih ingin mengukur kemampuan pasar Indonesia sebelum memasang harga pada motor-motornya. “Harga untuk motor-motor kami akan kami umumkan bersamaan dengan dibukanya gerai resmi kami pada kuartal akhir 2015 ini. Kami masih mau meneliti pasar dan mendengarkan apa yang pasar butuhkan untuk bisa kami sesuaikan dengan harganya nanti,” jelasnya.

Sebagai pertimbangan, beberapa motor 250 cc di Indonesia memiliki harga Rp 50juta hingga Rp 60juta-an. Sedangkan untuk motor-motor 750cc, memiliki kisaran harga ratusan juta rupiah. Jika mengikuti tren harga berdasarkan kapasitas cc ini, maka bisa diprediksi harga yang akan ditawarkan oleh Royal Enfield nantinya berkisar antara Rp 70juta hingga Rp 100juta-an karena merek ini akan bermain di nomor 250-750 cc. Sebenarnya bermain di angka ini bisa dinilai sebagai langkah yang cukup berani bagi pemain baru karena motor dengan ukuran di atas 250 cc, menurut PMK Nomor 90/PMK.03/2015 tentang perubahan atas PMK Nomor 253/PMK.03/2015 pasal 1 ayat 2 butir f, kini sudah termasuk sebagai kelas barang sangat mewah dan oleh karenanya dapat dikenakan tarif PPh pasal 22. Sehingga penjualan motor di atas 250 cc akan terkena PPh 5% dari harga jual dan ini tidak termasuk PPn dan PpnBM. (EVA)

The post Royal Enfield Optimis Sukses di Pasar Indonesia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/royal-enfield-optimis-sukses-di-pasar-indonesia/feed 0
Pengusaha Harus Lebih Serius Menggarap e-Marketing http://swa.co.id/business-strategy/marketing/pengusaha-harus-lebih-serius-menggarap-e-marketing http://swa.co.id/business-strategy/marketing/pengusaha-harus-lebih-serius-menggarap-e-marketing#comments Fri, 28 Aug 2015 01:03:00 +0000 http://swa.co.id/?p=119278 Masuknya era digital menuntut semua kalangan menjadi lebih inovatif dan terbuka untuk technologi. Internet saat ini sudah bukan lagi barang langka dan sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Dengan penambahan huruf E yang merupakan kependekan dari elektronik, menjadikan sebuah sistem menjadi lebih baru. Saat ini di beberapa sektor sudah menggunakannya, seperti e-government, e-KTP, e-business, e-commerce dan sebagainya. Di dunia pemasaranRead More

The post Pengusaha Harus Lebih Serius Menggarap e-Marketing appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Masuknya era digital menuntut semua kalangan menjadi lebih inovatif dan terbuka untuk technologi. Internet saat ini sudah bukan lagi barang langka dan sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Dengan penambahan huruf E yang merupakan kependekan dari elektronik, menjadikan sebuah sistem menjadi lebih baru. Saat ini di beberapa sektor sudah menggunakannya, seperti e-government, e-KTP, e-business, e-commerce dan sebagainya.

Di dunia pemasaran pun tidak mau ketinggalan. Saat ini pemasaran sebuah produk juga sudah memanfaatkan sistem ini yang biasa di sebut dengan eMark atau eMarketing. Hal ini memang cukup memberikan manfaat bagi para pengusaha untuk memperkenalkan produk mereka ke masyarakat, hanya saja hal ini belum secara penuh dapat di manfaatkan oleh masyarakat.

20150827_105140_500x281

Menurut Adhi Trisnanto, seorang Konsultan dan Trainer Bisnis Uninet, salah satu juri Indonesia eMark Award 2015,  eMarketing akan menjadi penting tergantung dari konstumer sebuah industrl. Jika industri tersebut memiliki konsumen kalangan anak muda atau gen Y, hal ini akan sangat penting untuk peningkatan bisnis mereka. Namun sebaliknya jika memang konsumen mereka bukanlah kalangan pengguna internet ataui smartphone, maka hal ini menjadi pelengkap dalam sebuah bisnis.

“Kalau menurut saya, perusahaan harus membuat sebuah bagian atau divisi tersendiri untuk mengelola eMark ini. Karena sampai saat ini masih banyak perusahaan yang beranggapan kalau eMark ini adalah bagian dari IT division. Menurut saya hal itu tidak benar, sebaiknya para pengusaha saat ini lebih memperhatikan hal ini dan membuat suatu divisi khusus yang mengangani eMark ini,” lanjut Adhi.

Saat ini para pengusaha memang semakin banyak memanfaatkan sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya. Hanya saja, sampai saat ini mereka masih belum menunjukkan pengaruh bisnis terhadap perusahaannya. Kebanyakan dari mereka masih mementingkan jumlah kunjungan ke web tersebut dibandingkan dengan keuntungan bagi perusahaan. (EVA)

The post Pengusaha Harus Lebih Serius Menggarap e-Marketing appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/pengusaha-harus-lebih-serius-menggarap-e-marketing/feed 0
Joseph T. Wulianadi, Misi Joger untuk Menghibur http://swa.co.id/profile/joseph-t-wulianadi-misi-joger-untuk-menghibur http://swa.co.id/profile/joseph-t-wulianadi-misi-joger-untuk-menghibur#comments Fri, 28 Aug 2015 01:00:32 +0000 http://swa.co.id/?p=119189 “Kalau suka Joger berarti Anda waras.  Kalau tidak suka Joger berarti Anda lebih waras.” Pernahkah Anda mendengar kata-kata tersebut? Ya, hanya di Bali dan hanya di “Pabrik Kata-kata Joger” saja. Joseph Theodorus Wulianadi atau lebih dikenal Mr. Joger membuka toko pertamanya, di Jl. Sulawesi 37, Denpasar, dengan nama ‘Art & Batik Shop Joger’ pada 1981 silam. Kata Joger sendiri adalahRead More

The post Joseph T. Wulianadi, Misi Joger untuk Menghibur appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
“Kalau suka Joger berarti Anda waras.  Kalau tidak suka Joger berarti Anda lebih waras.” Pernahkah Anda mendengar kata-kata tersebut? Ya, hanya di Bali dan hanya di “Pabrik Kata-kata Joger” saja.

Joseph Theodorus Wulianadi atau lebih dikenal Mr. Joger membuka toko pertamanya, di Jl. Sulawesi 37, Denpasar, dengan nama ‘Art & Batik Shop Joger’ pada 1981 silam. Kata Joger sendiri adalah gabungan potongan nama depannya dengan nama depan teman sekolahnya di Jerman, Gerhard Seeger,

Selain unik dan tidak umum, kata Joger, menurut Yos (panggilan akrab Mr. Joger) merupakan penghargaannya pada teman sekolahnya itu yang memberi US$ 20.000 sebagai hadiah pernikahannya dngan Ery Kusdarijati. “Kata baru yang tak memiliki arti apa-apa, murni singkatan berdasarkan niat baik. Kebaikan adalah filosofi Joger,” ujar kakek dua cucu ini.

Joseph Theodorus Wulianadi atau lebih dikenal Mr. Joger

Joseph Theodorus Wulianadi atau lebih dikenal Mr. Joger

Dari awal Yos mengaku selalu berusaha berniat baik, hal ini ditunjukkannya dengan menjual souvenir agar wisatawan senang membawa oleh-oleh setelah berwisata di Bali, produk yang dijualnya bukan dari Bali saja tetapi dia juga menerima produk dari provinsi lain.

Niat baik itu kemudian membuatnya menjadi kreatif sehingga munculah ide untuk mengumpulkan kata-kata unik yang kemudian di wujudkannya menjadi baju kaos dengan kata-kata yang unik. Kemampuan Yos mempermainkan kata-kata itulah kemudian membuatnya identik dengan T shirt maupun souvenir-souvenir dengan disain kata-kata unik khas Joger.

“Saya bukan ahli bahasa dan juga bukan orang pintar namun punya keberanian untuk mengemukakan niat baik melalui karyanya yang jelek-jelek. Bukan salah saya kalau kemudian banyak anggota masyarakat yang jatuh hati dan secara rutin menyumbang duit ke Joger,” kata kelahiran 9 September 1951 ini.

Berkat pinjaman gedung dari ibundanya, Anna Maria Kanginadi, Yos mampu membuka toko pertamanya. Lima tahun berselang, Art & Batik Shop Joger kedua, di. Jl. Sulawesi 41 Denpasar pun berdiri.

Dengan hibah sebidang tanah dari Ibunya juga, Yos membuka ‘Joger ketiga’ yang di beri nama ‘Joger Handicraft Centre’ di Jl. Raya Kuta. Namun, pada akhir tahun 1989, Yos menutup dua dari tiga tokonya, yang waktu itu sebenarnya sangat menguntungkan.

“Kami memutuskan lebih suka punya sedikit yang cukup, daripada punya banyak (uang) tapi kurang (waktu)”. Tahun 1990, Yos mengganti nama tokonya menjadi ‘Pabrik Kata-kata Joger’.

Apa kehebatan Joger? “Merk Joger tidak hebat, Joger itu jelek. Kalaupun hebat itu karena jeleknya. Memang, agak aneh. Saya kan hanya berusaha bersikap jujur,” ujarnya.

Karena itu, dia tidak menganggap perlu melakukan promosi malah dispromosi seperti “Bali bagus, Joger jelek. Kami hanya berniat baik. Kalaupun ada hubungan dispromosi dengan meningkatnya omset, itu hanya akses karena orang lain yang membaca menjadi terhibur,” ujarnya. (Reportase: Silawati)

The post Joseph T. Wulianadi, Misi Joger untuk Menghibur appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/profile/joseph-t-wulianadi-misi-joger-untuk-menghibur/feed 0
Pertunjukan Perdana Lego Ninjago™ Digelar Legoland Malaysia http://swa.co.id/business-strategy/marketing/pertunjukan-perdana-lego-ninjago-digelar-legoland-malaysia http://swa.co.id/business-strategy/marketing/pertunjukan-perdana-lego-ninjago-digelar-legoland-malaysia#comments Fri, 28 Aug 2015 00:43:49 +0000 http://swa.co.id/?p=119389 Legoland® Malaysia Resort mengajak Anda untuk memasuki dunia Ninjago™ untuk pertama kalinya dalam sejarah dengan tontonan langsung berjudul Lego ‘Ninjago and The Realm of Shadows’ ( Lego – ‘Ninjago dan Alam Bayangan’). Pertunjukkan panggung orang-orangannya terinspirasi dari serial TV yang sangat populer, yaitu ‘Ninjago – Masters of Spinjitzu’, dan dibuat hidup oleh pedalangan, video mapping, ilusi, efek panggung, semua karakterRead More

The post Pertunjukan Perdana Lego Ninjago™ Digelar Legoland Malaysia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Legoland® Malaysia Resort mengajak Anda untuk memasuki dunia Ninjago™ untuk pertama kalinya dalam sejarah dengan tontonan langsung berjudul Lego ‘Ninjago and The Realm of Shadows’ ( Lego – ‘Ninjago dan Alam Bayangan’). Pertunjukkan panggung orang-orangannya terinspirasi dari serial TV yang sangat populer, yaitu ‘Ninjago – Masters of Spinjitzu’, dan dibuat hidup oleh pedalangan, video mapping, ilusi, efek panggung, semua karakter dan musik.

Ada enam figur yang akan tampil dalam pertunjukkan selama 20 menit ini, masing-masing boneka setinggi lebih-kurang 1,2 meter dan dibuat dengan tangan terampil oleh orang-orang yang ahli. Selain naskah yang ditulis penulis Hollywood pemenang penghargaan Kevin and Dan Hageman (yang juga menulis untuk The Lego Movie and the Ninjago™ TV series), pertunjukkan tersebut diwujudkan oleh sebuah tim internasional dengan anggota yang berasal dari tujuh negara.

General Manager Legoland Resort Malaysia, Mark Germyn, mengungkapkan, “Kami menjadi Legoland Park pertama di dunia yang menggelar atraksi ini dengan ukuran yang besar. Saya telah melihat sendiri persiapan yang dilakukan di belakang layar, kami yakin bahwa pengunjung akan terhibur – gabungan teknologi dan pedalangan tradisional Bunraku merupakan sesuatu yang inovatif dan ceritanya pasti seru bagi anak-anak.”

Pertunjukan Lego Ninja

Pertunjukan Lego Ninjago

Cerita aslinya berlatar di dunia fiksi Ninjago di mana kekuasaan terbagi dua antara Ninjago dan Dark Island, yang dikuasai sang Overlord. Ada pula alam bawah tanah di mana makhluk-makhluk jahat seperti Lord Garmadon dan Skulkins tinggal. Di alam bawah tanah ini, terdapat berbagai tempat keramat yang dimana banyak benda yang tersembunyi atau terlupakan bisa ditemukan. Saat takdir dunia terganggu oleh ancaman besar, semua bergantung pada Ninjago untuk menyelamatkannya apapun pengorbanan yang diperlukan. Kisahnya telah diceritakan dalam kesepuluh episode musim tayang terbaru yang tayang pada 2015. Sementara itu, pertunjukkan langsungnya akan menjadi ‘episode yang hilang’ atau episode kesebelas.

Dalam pertunjukan langsungnya, para Ninja – Kai, Nya, Zane, Cole, Jay dan Lloyd – diberi misi untuk melindungi Bandit, seekor YinYang Dragon, yang diramal akan menjadi Light Dragon yang sangat kuat. Penonton dan para Ninja harus bekerja sama untuk melindungi Ninjago dari Clouse yang jahat dan prajurit Shadow Minions-nya yang bertekad menculik Bandit dan menjatuhkan Ninjago ke dalam Realm of Shadows atau dunia bayangan.

Atraksi yang disuguhkan akan membawa penggemar Lego Ninjago™ ke dalam sebuah petualangan, bersiaplah untuk terpukau. Saksikan bagaimana pejuang Ninjago melawan dan menang atas kekuatan jahat lewat kerja sama dan akal. Pelajaran yang bisa dibawa pulang dari pertunjukkannya benar-benar menginspirasi kita. Lego Ninjago™ dan The Realm of Shadows akan melakukan pertunjukan pertama di Legoland® Malaysia Resort pada 28 Agustus 2015 di Lego City Stage yang ber-AC. Pertunjukan akan digelar setiap hari.

Sekadar informasi, Legoland® Malaysia Resort adalah sebuah destinasi liburan keluarga yang memiliki lebih dari 70 wahana, seluncuran, pertunjukkan dan atraksi cocok untuk keluarga dengan anak berusia 2-12 tahun. Sedangkan Merlin Entertainments adalah pemain dunia hiburan di luar rumah. Sebagai operator atraksi pengunjung nomor 1 di Eropa dan kedua di dunia, Merlin saat ini mengelola 109 atraksi dan 12 hotel/4 lokasi liburan yang tersebar di 23 negara dan 4 benua.

Di Asia, Merlin memiliki 13 atraksi, di antaranya museum Madame Tussauds di Bangkok, Shanghai, Tokyo, Hong Kong, Singapura, dan Beijing dan Wuhan di China; Legoland Malaysia Resort yang luar biasa, dengan taman hiburan, hotel dan wahana air yang dimilikinya; aquaria terbaik di dunia di Busan, Bangkok dan Shanghai – atraksi yang menegaskan posisi perusahaan sebagai operator akuarium global terbesar di dunia; Legoland Discovery Centre di Tokyo dan Osaka, Jepang; satu lagi akan dibuka pada 2015 di Istanbul. Legoland Park juga akan dibuka di Dubai pada 2016, dan di Jepang dan Korea Selatan pada 2017. (EVA)

The post Pertunjukan Perdana Lego Ninjago™ Digelar Legoland Malaysia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/pertunjukan-perdana-lego-ninjago-digelar-legoland-malaysia/feed 0
Tahun 2016, BonChon Chicken akan Menambah 20 Outlet Baru http://swa.co.id/business-strategy/marketing/tahun-2016-bonchon-chicken-akan-menambah-20-outlet-baru http://swa.co.id/business-strategy/marketing/tahun-2016-bonchon-chicken-akan-menambah-20-outlet-baru#comments Fri, 28 Aug 2015 00:37:56 +0000 http://swa.co.id/?p=119372 Setelah mengeluarkan sistem waralaba BonChon Chicken pada awal tahun 2014, PT Michelindo Food International (MFI) sebagai pemegang hak cipta BonChon Chicken di Indonesia telah berhasil mengembangkan lebih dari 20 cabang di seluruh Indonesia, yang dapat ditemui di Jakarta, Tangerang, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Banjarmasin, Makassar, dan Batam. Antusiasme masyarakat di kota-kota tersebut terlihat sangat tinggi. Hal ini terbukti dari banyaknyaRead More

The post Tahun 2016, BonChon Chicken akan Menambah 20 Outlet Baru appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Setelah mengeluarkan sistem waralaba BonChon Chicken pada awal tahun 2014, PT Michelindo Food International (MFI) sebagai pemegang hak cipta BonChon Chicken di Indonesia telah berhasil mengembangkan lebih dari 20 cabang di seluruh Indonesia, yang dapat ditemui di Jakarta, Tangerang, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Banjarmasin, Makassar, dan Batam.

Suasana pembukaan outlet baru BonChon Chicken

Suasana pembukaan outlet baru BonChon Chicken

Antusiasme masyarakat di kota-kota tersebut terlihat sangat tinggi. Hal ini terbukti dari banyaknya antrian yang terlihat pada setiap pembukaan cabang baru BonChon Chicken di setiap kota. Rasa saus yang unik, ditambah dengan kualitas yang diberikan, membuat BonChon mudah diterima oleh lidah masyarakat setempat. Ditambah dengan konsep yang berbeda dari resto ayam goreng lainnya, BonChon berhasil membuat sebuah bentuk gaya hidup sehat tidak hanya di kalangan anak muda setempat, tetapi juga sebagai resto keluarga dan para pekerja.

“Saat ini BonChon berkembang di pasar food & beverages di Indonesia. Terlebih lagi jika dilihat, pencapaian ini dapat kami raih dalam waktu 3 tahun. Kemudian sejak tahun 2014 saat kami mulai memperkenalkan sistem waralaba di pasar Indonesia, kami berhasil membuka 7 cabang franchise di Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Banjarmasin, Makassar, dan Batam,” kata CEO PT Michelindo Food International, Michelle E. Surjaputra.

Ke depan, Michelle optimistis dengan semua dukungan baik dari para penggemar BonChon Chicken dan mitra usaha waralaba. Tahun 2016 rencananya akan membuka lebih dari 20 cabang kembali, di mana 5 cabang dioperasikan oleh Michelindo, dan 15 lainnya oleh franchise.

Bonchon-Menu

BonChon Chicken juga telah memiliki layanan pesan antar (delivery service) yang bisa langsung di akses oleh customer di nomor 15000-51. Atau melalui sistem aplikasi Android melalui play store. Hal ini tentu saja mempermudah para penggemar BonChon, untuk dapat memesan menu favorit mereka di mana pun dan kapan pun.

Adapun menu yang ditawarkan oleh BonChon seperti ayam goreng dengan saus khas Korea Selatan yang terbuat dari sari buah-buahan, bibimbap, burger, kentang goreng, bonstix, kimchi soup, Udon dengan saus toppoki, Mochi ice cream, dan masih banyak lagi. Dengan harga berkisar mulai Rp8.000 sampai 120.000, BonChon Chicken mampu menghadirkan pengalaman makan yang berbeda.

Dijelaskan Michelle, MFI memiliki hak cipta untuk Bonchon Chicken di Indonesia. Dimulai pada tanggal 14 Februari 2012, dan saat ini sudah ada 20 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Banjarmasin, dan Batam . BonChon menawarkan kesegaran, kerenyahan, dan gaya hidup sehat khas ayam goreng Korea dalam bentuk fast casual.

BonChon saat ini memiliki lebih dari 100 cabang di seluruh dunia. Di tahun 2014, BonChon akan berekspansi ke Brunei dan China. Tahun 2025 BonChon diprediksikan akan memiliki lebih dari 20.000 cabang di seluruh Indonesia. (EVA)

The post Tahun 2016, BonChon Chicken akan Menambah 20 Outlet Baru appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/tahun-2016-bonchon-chicken-akan-menambah-20-outlet-baru/feed 0
Sebanyak 55 Perusahaan Raih GCG Award http://swa.co.id/business-research/sebanyak-55-perusahaan-raih-gcg-award http://swa.co.id/business-research/sebanyak-55-perusahaan-raih-gcg-award#comments Thu, 27 Aug 2015 23:24:32 +0000 http://swa.co.id/?p=119290 Untuk pertama kalinya Economic Review menggelar acara Indonesia Good Corporate Governance Award 2015. Dalam sambutannya, Nana Irlisa, Ketua Penyelenggara GCG Award, menyampaikan bahwa sebagai bentuk apresiasi kinerja perusahaan-perusahaan di Indonesia dan untuk meningkatkan prestasi dan peran penting perusahaan dalam pembangunan ekonomi nasional, maka pihaknya bekerja sama Sinergi Daya dan IPMI International Business School,  menggelear acara ini. Akhirnya, dipilih 55 perusahaanRead More

The post Sebanyak 55 Perusahaan Raih GCG Award appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Nana Irlisa (tengah) bersama para peraih GCG Award Versi Economic Review

Nana Irlisa (tengah) bersama para peraih GCG Award Versi Economic Review

Untuk pertama kalinya Economic Review menggelar acara Indonesia Good Corporate Governance Award 2015. Dalam sambutannya, Nana Irlisa, Ketua Penyelenggara GCG Award, menyampaikan bahwa sebagai bentuk apresiasi kinerja perusahaan-perusahaan di Indonesia dan untuk meningkatkan prestasi dan peran penting perusahaan dalam pembangunan ekonomi nasional, maka pihaknya bekerja sama Sinergi Daya dan IPMI International Business School,  menggelear acara ini. Akhirnya, dipilih 55 perusahaan dengan GCG terbaik di Indonesia.

“Dalam penilaian ini, kami gunakan buku annual report 2014, website dan informasi lainnya sebagai referensi, masukan dan kelengkapan data dalam penilaian,” ujar Nana yang juga sebagai pendiri Majalah Economic Review.

Kategori dibagi menjadi tiga, yaitu, perusahaan dengan predikat sangat baik berjumlah 24 perusahaan. Kategori ini diborong oleh industri perbankan, di antaranya: PT Bank Tabungan Negara (BTN), PT Bank Mandiri (persero) Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank BCA, dan PT Bank Ekonomi Raharja, Tbk. Sektor lainnya terdiri dari Pembiayaan, Asuransi, Pertabangan, Jalan Tol, Telekomunikasi, Properti dan Real Estate serta Industri.

Untuk perusahaan dengan predikat baik, terdapat 20 perusahaan. Yang berbeda dari predikat ini, terdapat kategori Perdagangan, Jasa dan Investasi (Advertising, printing dan media). Yang dimenangkan oleh PT Surya Citra Media Tbk (SCTV). Sebagai satu-satunya perusahaan media yang mendapatkan pengahargaan GCG Versi Economic Review tahun 2015.

Dan sisanya predikat cukup baik ada 11 perusahaan. Yang semuanya di peroleh dari sektor keuangan. 10 perusahaan asuransi diantaranya: PT Harta Aman Pratama, Tbk, PT Asuransi Central Asia (ACA) dan PT AXA Life. Dan sisanya, 1 perusahaan pembiayaan, yaitu: PT Indosurya Finance. (EVA)

The post Sebanyak 55 Perusahaan Raih GCG Award appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-research/sebanyak-55-perusahaan-raih-gcg-award/feed 0
Ini Dia Wajah Baru CEO Sinarmas MSIG Life http://swa.co.id/profile/ini-dia-wajah-baru-ceo-sinarmas-msig-life http://swa.co.id/profile/ini-dia-wajah-baru-ceo-sinarmas-msig-life#comments Thu, 27 Aug 2015 11:24:10 +0000 http://swa.co.id/?p=119178 Selama 30 tahun berkecimpung di ranah asuransi, Sinarmas MSIG Life kali ini membuat kejutan, yaitu memperkenalkan wajah baru di Sinarmas MSIG Life, Premraj Thuraisingam sebagai CEO sekaligus Presiden Direktur yang baru. Premraj mengawali karier sebagai seorang guru. Pria asal Singapura ini diketahui telah malang melintang di dunia asuransi selama puluhan tahun. “Pengalaman dan prestasi juga yang menjadi pertimbangan kami untukRead More

The post Ini Dia Wajah Baru CEO Sinarmas MSIG Life appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Foto 3Selama 30 tahun berkecimpung di ranah asuransi, Sinarmas MSIG Life kali ini membuat kejutan, yaitu memperkenalkan wajah baru di Sinarmas MSIG Life, Premraj Thuraisingam sebagai CEO sekaligus Presiden Direktur yang baru.

Premraj mengawali karier sebagai seorang guru. Pria asal Singapura ini diketahui telah malang melintang di dunia asuransi selama puluhan tahun.

“Pengalaman dan prestasi juga yang menjadi pertimbangan kami untuk mengajak Bapak Premraj Thuraisingam bergabung dalam keluarga besar Sinarmas MSIG Life sebagai Presiden Direktur yang baru. Kami percaya serta optimis keunggulan beliau akan semakin memperkuat Sinarmas MSIG Life, serta membawa laju performa bisnis perusahaan menjadisemakin cepat dan positif. Tidak hanya di paruh akhir 2015, tetapi juga di masa mendatang,” papar Indra Widjaja, Presiden Komisaris Sinarmas MSIG Life.

Sosok Premraj telah malang melintang di industri asuransi jiwa selama hampir 20 tahun. Pengalaman profesionalnya merentang mulai dari bidang agency & partnership distribution, product management, marketing, communications, sales, hingga bancassurance. Wawasan pasarnya semakin kaya dengan kiprah karir yang tak hanya menetap di satu negara. Dia pun pernah dipercaya menduduki berbagai jabatan di perusahaan-perusahaan asuransi besar di beberapa negara Asia, seperti Singapura, Hong Kong, Vietnam plus Indonesia.

“Sebuah kehormatan bagi saya untuk dapat memimpin sebuah perusahaan besar yang menjunjung nilai-nilai luhur,serta berkomitmen kuat kepada para konsumennya, yakni menjadi insurance for your loved ones. Bangga sekali bisa dipercaya dan bergabung dengan Sinarmas MSIG Life yang memiliki tim solid dengan pengalaman selama 30 tahun di industri asuransi jiwa Indonesia,” ungkap Premraj.

Pemraj mengaku bahwa dalam menjalankan bisnis asuransi di Indonesia, dirinya akan mengedepankan kerja sama dari berbagai pihak dalam perusahaan untuk mempersembahkan yang terbaik pada pelanggan. “Bersama-sama, kami akan bahu membahu melanjutkan fokus perusahaan untuk terus berinovasi dalam produk dan layanan kami guna memenuhi kebutuhan finansial para nasabah dan calon nasabah. Tak terkecuali menguatkan performa perusahaan yang telah membukukan capaian positif di semester awal 2015,” dia menguraikan.

Untuk meningkatkan kinerja bisnis perusahaan pada semester II tahun 2015, Sinarmas MSIG Life telah menyiapkan berbagai strategi. Salah satunya dengan meningkatkan layanan kepada pelanggan, perusahaan akan meningkatkan kualitas dari customer service, yakni menyiapkan tempat khusus bagi nasabah di kantor baru Sinramas MSIG Life Tower guna memberikan kemudahan dan kualitas pelayanan secara maksimal. Untuk sementara, di tahun ini perusahaan tidak menyiapkan portofolio baru. Namun lebih mengarah kepada pelayanan yang diberikan. (EVA)

The post Ini Dia Wajah Baru CEO Sinarmas MSIG Life appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/profile/ini-dia-wajah-baru-ceo-sinarmas-msig-life/feed 0
Waspadai Ancaman Baru Kejahatan Siber di Dunia Usaha http://swa.co.id/technology/waspadai-ancaman-baru-kejahatan-siber-di-dunia-usaha http://swa.co.id/technology/waspadai-ancaman-baru-kejahatan-siber-di-dunia-usaha#comments Thu, 27 Aug 2015 11:17:38 +0000 http://swa.co.id/?p=119233 Di kuartal II tahun 2015, Trend Micro sebagai perusahaan perangkat lunak keamanan, merilis laporan yang mengungkap adanya bentuk ancaman keamanan baru yang membidik sektor publik seperti rumah sakit, penerbangan, perbankan, pajak, telekomunikasi dan juga lembaga pemerintah. “Kami melihat adanya pergeseran peta ancaman keamanan seiring semakin canggihnya dan kreatifnya para penjahat siber dalam memanfaatkan taktik serangan lama untuk mendukung aksi kejahatanRead More

The post Waspadai Ancaman Baru Kejahatan Siber di Dunia Usaha appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Di kuartal II tahun 2015, Trend Micro sebagai perusahaan perangkat lunak keamanan, merilis laporan yang mengungkap adanya bentuk ancaman keamanan baru yang membidik sektor publik seperti rumah sakit, penerbangan, perbankan, pajak, telekomunikasi dan juga lembaga pemerintah.

“Kami melihat adanya pergeseran peta ancaman keamanan seiring semakin canggihnya dan kreatifnya para penjahat siber dalam memanfaatkan taktik serangan lama untuk mendukung aksi kejahatan siber mereka hingga lebih dahsyat lagi,” ungkap Andreas Kagawa, Country Manager Trend Micro Indonesia.

andreas kagawa - trendmicro

Menurutnya, para hacker alias peretas menempuh berbagai pendekatan yang lebih strategis dan sangat pilih-pilih dalam aksinya dengan tujuan supaya aksi infeksi serangan yang mereka lancarkan kian efektiv. “Serangannya pun kini hampir di semua sektor dan skala usaha mulai dari skala UKM hingga perusahaan raksasa,” lanjutnya. Andreas mencontohkan data yang dirilis Trend Micro Incorporated, di dunia, salah satu Malware yakni Cryptowall lebih banyak menyerang UKM (66 %), kemudian perusahaan (16 %) dan ketiga dalah konsumen (11 %).

Oleh karena itu, saat ini sangat penting bagi perusahaan dan pebisnis untuk memberikan perhatian bagi sistem keamanan, mulai dari SDM, teknologi hingga alokasi dana khusus untuk menjaga sistem keamanan teknologi informasi dalam organisasinya. Selain pihak lembaga swasta, lembaga pemerintah pun kini mulai menyadari betapa serius dampak yang ditimbulkan oleh kejahatan siber menyusul terjadinya aksi pembobolan data secara besar-besaran yang melanda kantor Internal Revenue Services (IRS) Amerika Serikat di bulan Mei 2015 dan Office of Personnel Management (OPM) Amerika Serikat pada Juni 2015.

Di Indonesia sendiri, Trend Micro telah memblokir hampir 4,6 juta upaya akses pengguna di Indonesia ke situs-situs berbahaya selama kuartal kedua tahun 2015. jumlah tersebut menurun bila dibandingkan dengan yang tercatat di kuartal sebelumnya, yakni sebanyak 5,1 juta klik. Trend Micro juga memblokir 23,5 juta email yang ditengarai bermuatan spam dan memblokirnya sebelum sampai di inbox pengguna di wilayah Indonesia. Angka ini meningkat dari kuartal sebelumnya dengan 18,5 juta spam yang berhasil diblok di wilayah yang sama. Selain itu juga ada 700 ribu file berbahaya pun sudah diblokir atau 0,6 % dari total malware yang menghampiri seluruh kawasan Asia Pasifik.

Menurut Andreas, di Indonesia, virus Sality masih mendominasi jajaran top Malware atau sekitar 19 % dari seluruh Malware yang menginfeksi selama kuartal kedua tahun 2015. Disusul kemudian Gamarue, Virux, dan RAMNIT yang jumlahnya tercatat masih signifikan.

Saat ini di Indonesia, sudah umum perusahaan dan pebisnis menyimpan data menggunakan komputasi awan, ternyata teknologi ini pun punya celah untuk diserang peretas. Oleh karena itu Andreas menyarankan ada tiga hal yang wajib dijalankan oleh perusahaan dan pebisnis yang menggunakan komputasi awan untuk menyimpan data, “Komputasi awan ibarat rumah yang dibangun dengan tembok baja dan dilengkapi pintu yang kuncinya sangat canggih tetapi kalau pemiliknya tidak disiplin misalnya menaruh kunci sembarangan atau teledor tidak menutup pintu maka maling akan mudah untuk masuk,” jelasnya. Hal kedua adalah pemilik komputasi awan wajib mengganti pasword minimal 6 bulan sekali untuk menghindari kejahatan. Ketiga pemilik komputasi awan harus disiplin mengikuti semua syarat dan ketentuan dalam komputasi awan miliknya. (EVA)

The post Waspadai Ancaman Baru Kejahatan Siber di Dunia Usaha appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/technology/waspadai-ancaman-baru-kejahatan-siber-di-dunia-usaha/feed 0