Majalah SWA Online http://swa.co.id swa.co.id Thu, 03 Sep 2015 17:48:39 +0000 en-US hourly 1 Asuransi Jiwa Tumbuh Positif di Tengah Perlambatan Ekonomihttp://swa.co.id/business-research/asuransi-jiwa-tumbuh-positif-di-tengah-perlambatan-ekonomi http://swa.co.id/business-research/asuransi-jiwa-tumbuh-positif-di-tengah-perlambatan-ekonomi#comments Thu, 03 Sep 2015 17:36:36 +0000 http://swa.co.id/?p=119758 Di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional, industri asuransi jiwa Indonesia membukukan kinerja positif. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menjelaskan, meningkatnya pertumbuhan total pendapat premi di kuartal kedua tahun 2015 sebesar 26,6% menjadi Rp 67,82 triliun. Peningkatan total pendapatan premi tersebut dipengaruhi oleh pertumbuhan bisnis baru sebesar 28,2% menjadi Rp 39,19 triliun dan premi lanjutan sebesar 24,4% menjadi 28,63 triliun. HalRead More

The post Asuransi Jiwa Tumbuh Positif di Tengah Perlambatan Ekonomi appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
IMG_3361

Di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional, industri asuransi jiwa Indonesia membukukan kinerja positif. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menjelaskan, meningkatnya pertumbuhan total pendapat premi di kuartal kedua tahun 2015 sebesar 26,6% menjadi Rp 67,82 triliun. Peningkatan total pendapatan premi tersebut dipengaruhi oleh pertumbuhan bisnis baru sebesar 28,2% menjadi Rp 39,19 triliun dan premi lanjutan sebesar 24,4% menjadi 28,63 triliun.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar kesadaran masyarakat akan manfaat asuransi sebagai sarana proteksi keuangan jangka panjang. “Tidak dapat dimungkiri kondisi ekonomi yang melemah memengaruhi industri nasional, termasuk asuransi jiwa. Namun, kami beruntung industri ini justru tumbuh positif. Ini menunjukkan bahwa industri ini masih dipercaya oleh masyarakat,” ujar Hendrisman Rahim, Ketua Umum AAJI.

Pertumbuhan total aset di kuartal kedua tahun ini juga menunjukkan pertumbuhan positif, naik 23,2% menjadi Rp 368,52 triliun. Peningkatan jumlah total aset industri asuransi jiwa dipengaruhi oleh peningkatan jumlah investasi sebesar 21%, mencapai Rp 320,51 triliun. Di tengah melemahnya ekonomi di Indonesia, instrumen investasi seperti reksadana, deposito, dan properti menjadi pilihan industri asuransi jiwa di Indonesia.

Komitmen asuransi jiwa dalam menyediakan perlindungan kepada konsumen ditunjukkan melalui peningkatan pembayaran klaim dan manfaat. Pada kuartal kedua 2015, AAJI mencatat peningkatan pembayaran klaim dan manfaat sebesar 31,6% dengan nilai mencapai Rp 43,16 triliun.

Total pembayaran klaim dan manfaat yang ditujukan untuk polis yang ditebus (surrender) pada periode ini tumbuh sebesar 32,1% mencapai Rp 19,63 triliun. Namun, pertumbuhan ini masih lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan pada kuartal pertama 2015 yang mencapai 69,5%.

Klaim penarikan sebagian (partial withdrawal) turut mengalami pertumbuhan 23,7% dibanding tahun lalu, mencapai Rp 10,69 triliun. Pertumbuhan di kuartal kedua ini masih lebih rendah dibandingkan dengan kuartal pertama 2015 yang mencapai 61,0%. Penebusan maupun penarikan sebagian tersebut disebabkan oleh adanya kebutuhan akan tersedianya dana tunai yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah untuk kebutuhan lainnya.

Dari pencapaian total pendapatan premi, 414,5% merupakan kontribusi dari jalur keagenan, diikuti oleh jalur bancassurance sebesar 36,7%, dan saluran pemasaran lain menyumbang 18,8%.

Jumlah tenaga pemasar dalam industri jika di Indonesia tumbuh sebesar 20,7% menjadi 452.836 orang. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki minat di profesi keagenan. Berdasarkan pertumbuhan ini AAJI optimis target 500.000 agen dapat tercapai di akhir tahun.

Untuk memajukan perkembangan bisnis asuransi jiwa, AAJI berkomitmen untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya memiliki asuransi untuk jangka panjang. AAJI juga menargetkan pertumbuhan pendapat premi meningkat 20%-30% hingga akhir tahun 2015.

Edukasi mengenai microinsurance juga akan lebih dikembangangkan lagi meningat masyarakat dengan pendapatan rendah cukup banyak. “Melambatnya pertumbuhan ekonomi terlihat dari gejolak di pasar modal yang secara tidak langsung membawa pengaruh terhadap industri asuransi jiwa di Indonesia. Kami berharap kondisi ekonomi akan kembali pulih dan membaik,” jelas Hendrisman. (EVA)

The post Asuransi Jiwa Tumbuh Positif di Tengah Perlambatan Ekonomi appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-research/asuransi-jiwa-tumbuh-positif-di-tengah-perlambatan-ekonomi/feed 0
Jurus Investasi Properti Irwanto Oentunghttp://swa.co.id/portfolio/jurus-investasi-properti-irwanto-oentung http://swa.co.id/portfolio/jurus-investasi-properti-irwanto-oentung#comments Thu, 03 Sep 2015 17:25:28 +0000 http://swa.co.id/?p=119757 Investasi properti di Indonesia merupakan bisnis yang banyak diminati akhir akhir ini. Banyak alasan orang memilih bisnis ini, salah satunya potensi keuntungan menggiurkan bisa memulainya dengan tanpa modal. Faktor lain, instrumen ini cocok untuk investasi  jangka panjang. Dalam menjalankan bisnis ini tentunya tidak mudah. Sebab, diperlukan kecermatan dan ketelitian. Misalnya, lingkungan yang nyaman, lokasi yang strategi serta legalitas. Apabila salahRead More

The post Jurus Investasi Properti Irwanto Oentung appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Investasi properti di Indonesia merupakan bisnis yang banyak diminati akhir akhir ini. Banyak alasan orang memilih bisnis ini, salah satunya potensi keuntungan menggiurkan bisa memulainya dengan tanpa modal. Faktor lain, instrumen ini cocok untuk investasi  jangka panjang.

Pollux

Dalam menjalankan bisnis ini tentunya tidak mudah. Sebab, diperlukan kecermatan dan ketelitian. Misalnya, lingkungan yang nyaman, lokasi yang strategi serta legalitas.

Apabila salah  memilih properti yang akan dipasarkan tentu akan mendatangkan kegagalan. Namun sudah banyak juga orang yang merasakan keuntungan dalam bisnis properti ini salah satunya Irwanto Oentung yang sudah bergelut di bidang ini sejak tahun 1990-an.

Presiden Direktur Pollux Kemang Superblock ini menjelaskan hal-hal yang paling penting dalam membangun bisnis properti. Menurutnya, setiap pengusaha properti memiliki resep masing-masing untuk mengolah proyeknya. Semua berpikiran untuk menjual proyeknya secara cepat dengan profit besar. Untuk itu, semua akan berlomba-lomba untuk menawarkan sesuatu yang spesifik agar pembeli tertarik.

Adanya persaingan atau kompetisi adalah wajar. Walaupun demikian, perlu diterapkan prinsip Sun Zu yaitu, sebelum terjun ke medan pertempuran, haruslah menganalisa keadaan pasar dan kekuatan kompetitor agar dapat sukses.

“Yang harus diperhatikan pada umumnya, properti mengisyaratkan 3 faktor penting, yaitu lokasi, lokasi, dan lokasi !,” tegasnya.

Pria lulusan Magister Management dari Universitas Esa Unggul, Jakarta ini juga menambahkan, masih ada faktor lain yang penting yaitu menganalisa segmentasi pasar dan jumlah penduduk. Selain itu, dalam membangun bisnis properti ini tentu memiliki resiko yang sangat tinggi sehingga pengusaha yang akan terjun ke bisnis properti ini perlu keberanian untuk mengambil risiko, untuk keluar dari comfort zone.

“Saya memiliki prinsip investasi sistem piramida. Dengan sistem piramida, investasi akan mengikuti proporsi tertentu yang akan menjamin agar aset kita tidak hilang di saat krisis,” lanjutnya.

Sebuah survei dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa penjualan properti hunian di kuartal 1 tahun 2015 mengalami penurunan signifikan dalam perbandingan quarter-to-quarter (q/q). Hasil dari penjualan di kuartal pertama tahun 2015 mencatat pertumbuhan 26,6% dibandingkan dengan 40,1% di kuartal ke-4 tahun 2014. Sementara itu, tingkat pencairan pijaman hipotek di bank-bank untuk rumah dan apartemen di kuartal 1 tahun 2015 naik hanya 0,12% (q/q) dibandingkan kuartal sebelumnya. (EVA)

The post Jurus Investasi Properti Irwanto Oentung appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/portfolio/jurus-investasi-properti-irwanto-oentung/feed 0
Sheryl Sheinafia Ditunjuk sebagai Brand Ambassador Garnier Pure Activehttp://swa.co.id/business-strategy/marketing/peluncuran-new-brand-ambassador-garnier-pure-active http://swa.co.id/business-strategy/marketing/peluncuran-new-brand-ambassador-garnier-pure-active#comments Thu, 03 Sep 2015 16:42:26 +0000 http://swa.co.id/?p=119771 Sebagai salah satu aktris dengan segudang bakat Sheryl Sheinafia kini didaulat sebagai Brand Ambassador Garnier Pure Active. Wanita berusia 18 tahun ini dianggap memiliki talenta luar bisa dan kepribadian sebagai seorang Garnier Girl sejati. Ia dianggap mencerminkan wanita seusianya yang aktif, energik, dan masih berusia remaja. “Penampilan merupakan sesuatu hal yang amat penting pada remaja, namun di usia 15-18 tahunRead More

The post Sheryl Sheinafia Ditunjuk sebagai Brand Ambassador Garnier Pure Active appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Sebagai salah satu aktris dengan segudang bakat Sheryl Sheinafia kini didaulat sebagai Brand Ambassador Garnier Pure Active. Wanita berusia 18 tahun ini dianggap memiliki talenta luar bisa dan kepribadian sebagai seorang Garnier Girl sejati. Ia dianggap mencerminkan wanita seusianya yang aktif, energik, dan masih berusia remaja.

“Penampilan merupakan sesuatu hal yang amat penting pada remaja, namun di usia 15-18 tahun masalah remaja biasanya berada di seputar jerawat. Masalah jerawat ini cukup mengganggu penampilan dan rasa percaya diri mereka,” ujar Reny K. Agustia, Marketing Manager Garnier Indonesia.

(ki-ka) Reny K. Agustia, Marketing Manager Garnier Indonesia, Sheril Sheinafia, dan Belinda Gunadi

dari kiri ke kanan: Reny K. Agustia, Marketing Manager Garnier Indonesia, Sheril Sheinafia, dan Belinda Gunadi

Perkembangan teknologi membuat para remaja  mencari informasi di internet. Seringkali mereka mencari cara bagaimana menghilangkan jerawat membandel atau bekas jerawat.

Penampilan fisik merupakan salah satu tolak ukur remaja dalam menilai penampilan remaja, terutama perempuan. Keluhan fisik, memiliki dampak yang cukup besar bagi perkembangan mereka. Kepercayaan diri semasa remaja akan ikut terbawa hingga saat dewasa.

Penelitian menunjukkan bahwa semakin parahnya tingkat jerawat membuat persepsi remaja terhadap dirinya dapat menjadi semakin buruk. Emosi negatif dapat meningkat dan mereka akan semakin kesulitan dalam menjalankan peran sosial mereka.

Permasalahan ini pun dijadikan sebagai suatu peluang bagi Garnier, untuk masuk ke dalam market anak muda. Brand asal Perancis ini pun kembali meluncurkan produk baru, yaitu New Garnier Pure Active. Produk yang pertama kali muncul di tahun 1904 ini diharapkan menjadi solusi bagi wanita muda Indonesia yang bermasalah dengan jerawat. Produk ini dikeluarkan dalam berbagai varian dengan kemasan yang baru dan dilengkapi dengan krim pelembab.

Ada New Garnier Active 12 in 1 foam/scrub dalam kemasan baru yang diperkaya dengan herbaclear & salicylic acid untuk membersihkan kulit wajah. Lalu ada juga new garnier active 12 in 1 anti acne whitening cream dengan whitening vitamin, perlite, dan salicylic acid dan uv/uvb filter. Krim ini berfungsi untuk mencerahkan wajah, menyamarkan jerawat dan bekas jerawat, serta mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Angka 12 menjadi angka yang paling substansial bagi brand yang berada di bawah naungan L’Oreal ini, karena ada 12 masalah utama pada wajah berminyak dan berjerawat. Kedua belas masalah tersebut antara lain, jerawat, bekas jerawat, minyak berlebih, pori tersumbat, warna kulit tidak rata, pori besar, kulit tidak halus, wajah kusam, kulit agak gelap, efek paparan sinar UV/UVB, bintik hitam, dan komedo.

Gaya hidup remaja yang aktif dengan level hormon yang belum stabil dan cenderung tinggi menyebabkan munculnya ke 12 masalah tersebut. Selain itu, polusi juga menjadi penyebab munculnya jerawat pada remaja.

Menurut Belinda Gunadi, Group Product Manager Garnier Skin Care, PT L’Oreal Indonesia, herbaclear akan menjadi senjata andalan produk berwarna biru ini.

Bagi Sheryl Sheinafia, New Garnier Pure Active merupakan salah satu produk yang cocok digunakan di dalam maupun luar ruangan. Ia pun tak hanya aktif bermusik namun juga menyukai olahraga seperti basket. Bagi gadis kelahiran Jakarta 4 Desember 1996 ini, produk tersebut sangat membantu dirinya dalam menghadapi masalah jerawat. (EVA)

 

The post Sheryl Sheinafia Ditunjuk sebagai Brand Ambassador Garnier Pure Active appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/peluncuran-new-brand-ambassador-garnier-pure-active/feed 0
Asia Wakili 9% Pariwisata Medis di Pasar Globalhttp://swa.co.id/business-strategy/management/asia-wakili-9-pariwisata-medis-di-pasar-global http://swa.co.id/business-strategy/management/asia-wakili-9-pariwisata-medis-di-pasar-global#comments Thu, 03 Sep 2015 16:25:14 +0000 http://swa.co.id/?p=119779 Para turis medis memilih untuk melakukan pariwisata ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan yang meliputi berbagai jenis, misalnya perawatan gigi, bedah elektif, bedah kosmetik, hingga perawatan kesuburan. Pariwisata medis ini mengubah wajah penyediaan jasa dan konsumsi perawatan kesehatan. Hal ini sebagai salah satu efek dari globalisasi dan biaya perjalanan yang semakin murah. Makin populernya pariwisata unik ini menonjolkan privatisasi perawatan kesehatan. SelainRead More

The post Asia Wakili 9% Pariwisata Medis di Pasar Global appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Media Briefing PWC tentang Pariwisata Medis

Media Briefing PWC tentang Pariwisata Medis

Para turis medis memilih untuk melakukan pariwisata ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan yang meliputi berbagai jenis, misalnya perawatan gigi, bedah elektif, bedah kosmetik, hingga perawatan kesuburan. Pariwisata medis ini mengubah wajah penyediaan jasa dan konsumsi perawatan kesehatan. Hal ini sebagai salah satu efek dari globalisasi dan biaya perjalanan yang semakin murah.

Makin populernya pariwisata unik ini menonjolkan privatisasi perawatan kesehatan. Selain itu dengan adanya kemajuan teknologi informasi. memberikan akses informasi dan peningkatan kualitas logistik serta efisiensi biaya.

“Pada tahun 2012 Asia mewakili 9 persen pasar global untuk pariwisata medis. Diperkirakan antara tahun 2012-2020 pasar tersebut akan semakin signifikan,” ujar Vish Padmanabhan, Advisory dari PwC Consultant Indonesia. Tahun 2008 industri ini meliputi sekitar 35 negara yang melayani lebih dari satu juta turis medis tiap tahunnya. Angka tersebut meningkat menjadi 3 juta turis medis pada 2011.

Sebagai contoh di Singapura. Negara maju ini sejak lama dikenal sebagai pemrakarsa industri pariwisata medis di Asia.  Singapura memiliki pasar transplantasi organ, perawatan kanker, bedah jantung, dan perawatan kesuburan. Terbukti  tahun 2011, biaya pengeluaran medis yang dihabiskan oleh para turis mencapai US$ 784 juta.

Negara lainnya juga memiliki keunggulan medis berbeda, seperti India sebagai pemimpin bedah ortopedi dan jantung. Kemudian Korea Selatan yang mengkhususkan pada sel punca dan bedah tulang belakang. Sementara itu, pemain baru yaitu Malaysia, menawarkan pembedahan hemat biaya dan pemeriksaan komprehensif dengan menggunakan mHealth.

Indonesia juga sedang berbenah diri untuk mampu menjadi destinasi pariwisata medis. Perubahan signifikan pada sistem perawatan kesehatan, khususnya Jaminan Kesehatan Nasional. Selain itu adanya rencana kerja e-Health yang akan dimulai pada tahun 2015 hingga 2019 merupakan agenda penting untuk reformasi pada sektor kesehatan ini.

“Karena globalisasi perawatan kesehatan dan kompetisi meningkat, rumah sakit dan pemerintah berinvestasi untuk menghasilkan perawatan kesehatan yang berkualitas. Mendapatkan keunggulan daya saing dan pangsa pasar menjadi keinginan bagi setiap negara tersebut,” tutup Vish.(EVA)

The post Asia Wakili 9% Pariwisata Medis di Pasar Global appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/asia-wakili-9-pariwisata-medis-di-pasar-global/feed 0
Pembentukan dan Pengembangan Pengetahuan dalam Bisnis Keluargahttp://swa.co.id/column/pembentukan-dan-pengembangan-pengetahuan-dalam-bisnis-keluarga http://swa.co.id/column/pembentukan-dan-pengembangan-pengetahuan-dalam-bisnis-keluarga#comments Thu, 03 Sep 2015 15:54:32 +0000 http://swa.co.id/?p=119808   Kebanyakan perusahaan raksasa di Indonesia awalnya, bahkan hingga kini adalah perusahaan keluarga, yaitu perusahaan yang didirikan, dimiliki, dan sebagian dikelola oleh pendiri dan keluarganya. Dari sudut pandang manajemen pengetahuan, entitas bisnis adalah kumpulan dari pengetahuan. Studi mengenai perusahaan keluarga di Indonesia menunjukkan adanya kekhasan dalam pembentukan dan pengembangan pengetahuan dalam perusahaan keluarga dibandingkan perusahaan yang tidak dimiliki oleh keluarga.Read More

The post Pembentukan dan Pengembangan Pengetahuan dalam Bisnis Keluarga appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
 

Kebanyakan perusahaan raksasa di Indonesia awalnya, bahkan hingga kini adalah perusahaan keluarga, yaitu perusahaan yang didirikan, dimiliki, dan sebagian dikelola oleh pendiri dan keluarganya.

Dari sudut pandang manajemen pengetahuan, entitas bisnis adalah kumpulan dari pengetahuan. Studi mengenai perusahaan keluarga di Indonesia menunjukkan adanya kekhasan dalam pembentukan dan pengembangan pengetahuan dalam perusahaan keluarga dibandingkan perusahaan yang tidak dimiliki oleh keluarga.

Seperti yang sudah umum diketahui, ada dua macam pengetahuan, yaitu pengetahuan eksplisit dan pengetahuan terbatinkan (tacit knowledge). Pengetahuan eksplisit dalam bentuk dokumen, rumus, resep, video, buku, artikel, dan sejenisnya mudah disimpan, juga bisa mudah diajarkan atau diberikan ke pihak lain.

Ningky Sasanti Munir

Ningky Sasanti Munir

Pengetahuan terbatinkan sebaliknya, tersimpan hanya pada pemiliknya, sangat sulit diajarkan apalagi diberikan ke pihak lain, misalnya gaya melukis, gaya menulis, cara bertutur-kata, keahlian memasak, keluwesan dalam menari, penghayatan saat memainkan musik, atau gaya memimpin orang. Padahal, yang membuat suatu perusahaan unggul dibandingkan pesaingnya justru pengetahuan terbatinkan ini.

Pada perusahaan keluarga, pengetahuan terbatinkan merupakan cikal bakal bisnis. Misalnya di industri jamu di Indonesia, kemahiran meracik jamu datang dari orang tua, terutama sang ibu, yang berusaha menjaga kesehatan keluarganya dengan meracik jamu.

Contohnya adalah produsen jamu PT Jamu Jago yang memproduksi jamu produksi rumahan sejak tahun 1918, atau PT Nyonya Meneer yang mengawali bisnis pada tahun 1919. Pengetahuan terbatinkan ini dikuasai oleh pendiri dan keluarganya, serta menjadi aset strategis yang tak ternilai.

Seperti yang disampaikan di awal, suatu entitas bisnis terdiri dari banyak pengetahuan. Bidang bisnis utama yang digeluti biasa disebut bisnis inti (core business). Misalnya bisnis produsen jamu, produsen makanan dan minuman, kontraktor, pedagang batik, dan sebagainya.

Bisnis inti sebuah perusahaan terdiri dari pengetahuan inti (core knowledge). Ada tiga tingkat pengetahuan inti dalam entitas bisnis: pengetahuan dasar, pengetahuan lanjut, dan pengetahuan inovatif.

Pengetahuan dasar (basic knowledge), seperti namanya, adalah pengetahuan yang harus dimiliki oleh semua orang yang bergerak dalam bisnis tersebut. Sederhananya, untuk bergerak dalam bisnis jamu maka orang harus memiliki antara lain, pengetahuan mengenai bahan baku jamu, cara membuat jamu, cara mengemas jamu, dan cara menyajikan jamu.

Contoh lain adalah pengetahuan mengenai kacang (goreng) yang menjadi bisnis inti PT Garuda Food Putra Putri Jaya (GPPJ), pengetahuan mengenai bisnis batik yang menjadi bisnis inti PT Batik Danar Hadi sejak tahun 1967. Demikian pula pengetahuan yang dimiliki produsen teh Sosro (PT Sinar Sosro) yang mengawali bisnis tehnya tahun 1940 dengan berdagang daun teh kering.

Seringkali pebisnis sukses menyampaikan dalam ‘kisah sukses’-nya bahwa ketika memulai bisnis ia tidak memiliki pengetahuan apa-apa mengenai bisnisnya. Hanya modal nekat. Pernyataan itu tidak salah, karena pengetahuan mengenai bisnisnya dibangun melalui pengalaman jatuh-bangun mengelola bisnisnya.

Bisa juga kalau dari awal berbisnis sudah memiliki pengetahuan, misalnya dengan menempuh jalur waralaba (franchise). Karena pada dasarnya waralaba merupakan pengetahuan-pengetahuan eksplisit, yang dikemas sedemikian rupa sehingga nyaris seperti buku resep. Kalaupun belum ahli, ada yang ahli ‘betulan’ siap mengajar dan memandu.

Tidak ada perbedaan berarti antara pengetahuan dasar yang dimiliki oleh satu perusahaan dengan perusahaan lain dalam satu industri. Bila pelaku bisnis hanya menguasai pengetahuan dasar bisnisnya, dia tidak akan menjadi pebisnis besar, apalagi unggul. Tanpa keunikan, konsumen sulit mengenalinya di antara belantara produsen produk yang sama. Bahkan konsumen bisa beralih ke produk subtitusinya.

Misalnya daripada mengkonsumsi jamu, konsumen lebih memilih obat bebas atau obat tradisional berbahan herbal (fitofarmaka). Pengetahuan dasar ini sangat besar muatan pengetahuan eksplisitnya sehingga pada saat suksesi relatif mudah mewariskannya pada para penerus.

Pengetahuan lanjut (advanced knowledge), adalah pengetahuan yang membuat suatu bisnis berbeda dengan pesaing-pesaingnya dan bisnisnya bisa berkelanjutan (sustainable). Kembali pada contoh jamu, pengetahuan lanjut dapat berupa pengetahuan atas bahan, proses produksi, pengemasan, dan penyajian yang membuatnya berbeda.

Sesuai studi yang dilakukan terhadap konsumen jamu di pulau Jawa tahun 2013, diketahui bahwa produk jamu yang dipilih konsumen adalah jamu produksi perusahaan besar/ modern, dengan kandungan herbal, murah, dan berkhasiat.

Kalau produknya makanan, biasanya keunikan strategis yang dihasilkan oleh pengetahuan lanjut adalah rasa. Sama-sama mie ayam, namun kuahnya lebih sedap, baksonya lebih gurih, dan aromanya menerbitkan air liur. Akibatnya konsumen jadi kangen pada produk tersebut, dan lebih memilihnya dibandingkan produk dari produsen lain.

Hal yang perlu diperhatikan pada pengetahuan lanjut, muatan pengetahuan terbatinkan semakin besar dibandingkan pengetahuan dasar. Diperlukan semangat, kecintaan atau passion serta waktu belajar yang panjang untuk membangun pengetahuan terbatinkan dalam bisnis.

Dalam situsnya, dikisahkan bagaimana keluarga Sosrodjojo dari PT Sinar Sosro terus berupaya memperluas pemasaran produk tehnya dengan berbagai cara menyeduh dan mengemas sampai akhirnya tiga dekade sejak mengawali bisnisnya, tahun 1970 keluarga Sosrodjojo berhasil menelurkan produk teh dalam kemasan botol. Tidak heran bila salah satu tag-line Sosro tahun 1997 adalah “Ahlinya Teh.”

Dapat dibayangkan kesulitan untuk mewariskan pengetahuan terbatinkan yang dibangun melalui proses yang panjang kepada generasi penerus bisnis keluarga. Di banyak perusahaan keluarga di Indonesia, khususnya di Jawa, pengetahuan terbatinkan lebih mudah diteruskan bila keluarga memiliki kebiasaan berdiskusi mengenai bisnis dalam suasana informal dan memperkenalkan generasi penerus sedini mungkin mengenai bidang bisnis keluarga.

Pengetahuan lanjut kalau tidak terus disempurnakan lambat laun dapat ditiru atau dimiliki oleh perusahaan lain – misalnya melalui proses akuisisi produk atau perusahaan. Bila sudah banyak perusahaan dalam satu industri memiliki pengetahuan lanjut yang mirip, maka pengetahuan tersebut merosot menjadi hanya pengetahuan dasar.

Hal yang bisa mengakselerasi pembentukan pengetahuan lanjut sudah disebutkan sebelumnya: semangat, kecintaan, dan kerja keras. Dalam perusahaan pada umumnya dikenal sebagai budaya organisasi. Khusus pada perusahaan keluarga, percepatan pembentukan pengetahuan lanjut dapat dilakukan dengan memanfaatkan nilai-nilai keluarga, hubungan akrab dan tentunya kepercayaan (trust) antar anggota keluarga.

Bila untuk membangun pengetahuan lanjut diperlukan waktu serta upaya yang panjang, apalagi untuk membangun pengetahuan inovatif (innovative knowledge), yaitu pengetahuan yang membuat pelaku bisnis pemiliknya bisa memimpin pasar.

Muatan pengetahuan terbatinkan mendominasi pengetahuan inovatif. Selain itu, pengetahuan inovatif juga bisa merupakan kombinasi antara pengetahuan-pengetahun lain yang terintegrasi menjadi pengetahuan baru.

Kembali pada contoh produsen teh dalam botol, pada tingkat pengetahuan inovatif, produsen tidak lagi hanya menguasai pengetahuan inti untuk memproduksi barang atau jasanya, melainkan pengetahuan-pengetahuan lain yang membuat produknya hadir untuk pelanggan dengan lebih efektif dan efisien. Misalnya sistem distribusi, pengelolaan kegiatan pemasaran, pengelolaan sumberdaya manusia, pengelolaan kegiatan riset dan inovasi, dan sebagainya.

Kemampuan perusahaan keluarga untuk membangun pengetahuan inovatif dipengaruhi oleh karakteristik keluarga pemilik dan pengelola perusahaan. Kalau perusahaan dimiliki oleh keluarga yang senang belajar, berani mengambil risiko, senang bereksperimen, kreatif, ditambah keinginan untuk menjadi yang terbaik atau dominan di industrinya, maka perusahaan cenderung memiliki kemampuan tinggi untuk melakukan inovasi.

Faktor lain adalah kualitas kompetensi sumberdaya manusianya. Perusahaan keluarga yang mempekerjakan terlalu banyak anggota keluarga yang tidak kompeten akan menurunkan kemampuan perusahaan melakukan inovasi.

Pembentukan pengetahuan inovatif juga dapat dipercepat dengan memasukkan para profesional yang bukan anggota keluarga untuk memegang posisi kunci. Para profesional ini diharapkan membawa berbagai pengetahuan baru ke perusahaan melalui pengalaman profesionalnya di perusahaan sebelumnya.

Dengan menggunakan sudut pandang pengetahuan, perusahaan keluarga dapat melakukan audit terhadap kualitas pengetahuan yang dimilikinya. Juga melakukan perencanaan suksesi pengetahuan, khususnya pengetahuan terbatinkan pada anggota keluarga penerus.

Oleh : Dr. Ningky Sasanti MunirKoordinator Kelompok Keahlian Manajemen Strategi | PPM Manajemen

 

The post Pembentukan dan Pengembangan Pengetahuan dalam Bisnis Keluarga appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/column/pembentukan-dan-pengembangan-pengetahuan-dalam-bisnis-keluarga/feed 0
Tangerang Beri Karpet Merah untuk Investorhttp://swa.co.id/business-strategy/management/tangerang-beri-karpet-merah-untuk-investor http://swa.co.id/business-strategy/management/tangerang-beri-karpet-merah-untuk-investor#comments Thu, 03 Sep 2015 14:45:50 +0000 http://swa.co.id/?p=119786 Jakarta masih menjadi magnet perekonomian nasional. Kota-kota di sekitarnya, seperti Tangerang, berusaha memberi “lebih banyak” daripada sang ibukota negara. “Semua yang mau investasi di sini, kami kasih red carpet. Artinya, kami kasih kemudahan. Kami banyak memberi masukan ke pemerintah pusat karena regulasinya ada di pusat,” kata Walikota Kotamadya Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah. Kini, bukan zamannya lagi birokrasi yang berbelit-belit. IaRead More

The post Tangerang Beri Karpet Merah untuk Investor appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Jakarta masih menjadi magnet perekonomian nasional. Kota-kota di sekitarnya, seperti Tangerang, berusaha memberi “lebih banyak” daripada sang ibukota negara.

“Semua yang mau investasi di sini, kami kasih red carpet. Artinya, kami kasih kemudahan. Kami banyak memberi masukan ke pemerintah pusat karena regulasinya ada di pusat,” kata Walikota Kotamadya Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah.

Kini, bukan zamannya lagi birokrasi yang berbelit-belit. Ia meminta teman-temannya di birokasi bisa berpikir lebih efektif dan efisien. Dengan latar belakang sebagai pengusaha, ia paham betul sulitnya mengurus perizinan di Tangerang.

“Dari sisi birokrasi, pengurusahan izin sudah online untuk beberapa layanan, seperti SPPL (lingkungan) karena saya baru jadi walikota. Tahun ini, kami anggarkan untuk online aplikasi IMB. Semua sudah satu atap,” katanya.

Wali Kota Tangerang Kota Arief Rachadiono Wismansyah

Walikota Kotamadya Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah

Itu semua demi mewujudkan Tangerang “Hidup”, yakni layak Huni, layak Investasi, layak Investasi, kota Pintar. Kota Tangerang merupakan satu-satunya kota di Banten dan Jabodetabek yang mendapat Piala Adipura Kencana dua kali berturut-turut pada 2013 dan 2014.

Selanjutnya, visi layak investasi diwujudkan dengan mengundang sebanyak mungkin pebisnis lokal maupun mancanegara untuk menanamkan modalnya. Ini sejalan dengan rencana Arief mencanangkan Tangerang Kota 1.000 industri dan Sejuta Jasa.

Deretan pabrik sudah banyak terlihat di kota ini, seperti Gajah Tunggal, Yuasa, Toto, Osram, Cussons, Indofood, dan Argo Pantes, di mana sebagian besar adalah perusahaan multinasional. Deretan pengembang top seperti Alam Sutera, Modern Land, Tangerang City, dan Transmart, sudah lebih dulu mewarnai Tangerang.

“Mengapa harus di Tangerang? Penerbangan hampir semua kantor pusatnya di Tangerang seperti Air Asia, Garuda Indonesia, Sriwijaya. Hanya Lion Air yang masih di Gajah Mada. Tangerang sangat strategis dari sisi pengembangan bisnis karena lebih dekat kemana-mana,” kata dia.

Tangerang juga satu-satunya kota di luar Jakarta yang memiliki 6 ruas tol, yaitu tol Jakarta-Merak, tol Alam Sutera-Bandara, tol Balaraja-Bandara, tol Tangerang-Sunter. Ingat, salah satu penentu sukses dalam berbisnis adalah lokasi, lokasi, dan lokasi.

Saat ini, Tangerang sedang mengembangkan kawasan bisnis baru di CBC seluas 7 hektar. Lokasinya nanti dekat pintu masuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta demi kemudahan akses. Dijamin, kemacetan panjang yang banyak dikeluhkan pengusaha di seputaran Semanggi tak akan terjadi. (Reportase: Herning Banirestu)

The post Tangerang Beri Karpet Merah untuk Investor appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/tangerang-beri-karpet-merah-untuk-investor/feed 0
Bika Ambon Larizo, Asli Jogja Sejak 1999http://swa.co.id/entrepreneur/bika-ambon-larizo-asli-jogja-sejak-1999 http://swa.co.id/entrepreneur/bika-ambon-larizo-asli-jogja-sejak-1999#comments Thu, 03 Sep 2015 09:38:46 +0000 http://swa.co.id/?p=119669 Nama Bika Ambon Larizo, dari hasil survai yang dilakukan Majalah SWA, kini berada di papan atas dalam bisnis oleh-oleh di Yogyakarta. Larizo menyalip nama-nama yang selama ini telah dikenal luas sebagai produsen makanan khas daerah. Kejelian dalam berbisnis pasangan suami-istri Samuel Nata dan Wulantika ini memang patut diacungi jempol. Pasangan suami istri yang terbilang pendatang baru dari Jakarta tersebut, kiniRead More

The post Bika Ambon Larizo, Asli Jogja Sejak 1999 appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Nama Bika Ambon Larizo, dari hasil survai yang dilakukan Majalah SWA, kini berada di papan atas dalam bisnis oleh-oleh di Yogyakarta. Larizo menyalip nama-nama yang selama ini telah dikenal luas sebagai produsen makanan khas daerah.

Kejelian dalam berbisnis pasangan suami-istri Samuel Nata dan Wulantika ini memang patut diacungi jempol. Pasangan suami istri yang terbilang pendatang baru dari Jakarta tersebut, kini menjadi salah satu pengusaha makanan yang terbilang sukses di Jogja.

Bika Ambon Larizo merupakan bukti kesuksesan mereka dalam menjalankan bisnis makanan khas di kota yang identik dengan bakpia ini.

Dilihat dari pertumbuhannya, Bika Ambon Larizo memang terbilang fenomenal. Perusahaan yang dirintis sejak 1999 silam dari sebuah kios di Jl. Kaliurang, Km 14, kini telah berkembang menjadi banyak cabang.

bika ambon larizo

Di Jogja sendiri, ada 8 cabang yang tersebar di beberapa sudut dari Kabupaten Sleman, Kota Jogja dan Kabupaten Bantul. Belakangan ini Larizo sudah mengepakkan sayap hingga ke Jawa Tengah, tepatnya di Magelang, Semarang dan Solo.

“Semua statusnya cabang, kami belum mengembangkan waralaba, semua tumbuh dengan baik,” kata Manajer Toko Larizo, Irwan.

Menurut dia, Larizo hanya memiliki 5 karyawan untuk produksi dan penjaga toko saat berdiri tahun 1999 silam. Kini, Larizo memiliki 300 karyawan yang terdiri dari penjaga toko dan bagian produksi yang terpusat di kawasan Monjali, Jogja.

Sebelum membuka usaha bika ambon, Samuel Nata dan Wulantika menekuni bisnis abon yang cukup sukses di Jakarta. Kerusuhan tahun 1998 di Jakarta yang membuat mereka hijrah ke Jogja.

Sesampai di kota Jogja, mereka tetap tertarik menggeluti bisnis makanan. Dan mereka tertarik membuka toko bika ambon. Mereka yakin bisnis ini akan berhasil karena selera orang Jogja yang cenderung menyukai makanan manis.

Keyakinan mereka memang terbukti. Bika Ambon Larizo bisa diterima lidah orang Jogja. Bisnis mereka berkembang pesat. Setelah sukses membuka cabang beberapa lokasi di Kota Pelajar, mereka ekpansi ke wilayah Jawa tengah.

Menurut Irwan, salah satu keunggulan dari Bika Ambon Larizo adalah konsep menggunakan bahan alami, tanpa pengamet dan pemanis buatan. “Konsep ini yang membuat Bika Ambon Larizo bisa diterima masyarakat dan mereka menjadi pelanggan setia kami,” kata dia. (Reportase: Gigin W Utomo)

The post Bika Ambon Larizo, Asli Jogja Sejak 1999 appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/entrepreneur/bika-ambon-larizo-asli-jogja-sejak-1999/feed 0
Pemerintah Dorong Perikanan Budidaya Berkelanjutanhttp://swa.co.id/business-strategy/management/pemerintah-dorong-perikanan-budidaya-berkelanjutan http://swa.co.id/business-strategy/management/pemerintah-dorong-perikanan-budidaya-berkelanjutan#comments Thu, 03 Sep 2015 08:07:19 +0000 http://swa.co.id/?p=119753 Pembangunan perikanan budidaya yang mandiri, berdaya saing, dan berkelanjutan memerlukan dukungan dari semua pihak. Untuk mendukung keberlanjutan usaha perikanan budidaya, perlu upaya penerapan pendekatan terhadap lingkungan dalam pengembangan perikanan budidaya atau disebut dengan Ecosystem Approach for Aquaculture (EAA). Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan perjanjian kerjasama dengan World Wide Foundation (WWF) dalam rangka pengelolaan perikananRead More

The post Pemerintah Dorong Perikanan Budidaya Berkelanjutan appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Pembangunan perikanan budidaya yang mandiri, berdaya saing, dan berkelanjutan memerlukan dukungan dari semua pihak. Untuk mendukung keberlanjutan usaha perikanan budidaya, perlu upaya penerapan pendekatan terhadap lingkungan dalam pengembangan perikanan budidaya atau disebut dengan Ecosystem Approach for Aquaculture (EAA).

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan perjanjian kerjasama dengan World Wide Foundation (WWF) dalam rangka pengelolaan perikanan budidaya yang berkelanjutan, bertanggung jawab dan berdasarkan ekosistem di Indonesia.

“Perjanjian kerjasama ini mendorong pembangunan perikanan budidaya yang berkelanjutan karena menekankan budidaya ikan yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab melalui penerapan Cara Budidaya Ikan yang Baik,” kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto dalam rilisnya.

perikanan budidaya

Menurut dia, penyusunan pedoman umum EAA merupakan salah satu cara untuk meningkatkan dampak positif atau meminimalisir dampak negatif kegiatan perikanan budidaya terhadap lingkungan.

Usaha perikanan budidaya yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan akan juga menghasilkan keberhasilan usaha. Karena perikanan budidaya tidak bisa terlepas dari kondisi lingkungan baik lingkungan budidaya maupun lingkungan di sekitarnya.

“Penyusunan Pedoman Umum EAA harus memenuhi prinsip keberlanjutan ekosistem dan tercapainya kesejahteraan masyarakat secara bersamaan,” ujar dia.

Untuk mendorong penerapan EAA di sentra-sentra perikanan budidaya, pemerintah akan mengembangkan kawasan percontohan perikanan budidaya yang berbasis ekosistem. Beberapa kawasan minapolitan layak dikembangkan sebagai kawasan percontohan dengan komoditas unggulan masing-masing kawasan seperti lele, udang, patin atau yang lain.

Sehingga, tidak perlu memulai semuanya dari awal. Kawasan minapolitan berbasis perikanan budidaya sudah terbukti mampu berkembang baik dari segi ekonomi maupun produksi, hanya perlu ditingkatkan ke arah perikanan budidaya yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab.

“Sinergi dengan intansi terkait, stake holder dan juga pelaku usaha, perlu terus di dorong dalam mewujudkan perikanan budidaya yang berkelanjutan,” katanya.

Untuk itu masukan dari semua pemangku kepentingan dalam penyusunan pedoman umum EAA ini sangat diperlukan, sehingga nantinya ini adalah merupakan hasil kesepakatan bersama untuk memperkuat perikanan budidaya nasional dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terhindar dari konflik kepentingan dan selalu memperhatikan lingkungan.

The post Pemerintah Dorong Perikanan Budidaya Berkelanjutan appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/pemerintah-dorong-perikanan-budidaya-berkelanjutan/feed 0
Gaya Garuda Dorong Pertumbuhan Industri Pariwisatahttp://swa.co.id/business-strategy/management/gaya-garuda-tingkatkan-pariwisata-ri http://swa.co.id/business-strategy/management/gaya-garuda-tingkatkan-pariwisata-ri#comments Thu, 03 Sep 2015 07:14:39 +0000 http://swa.co.id/?p=119741 Untuk mendorong pertumbuhan industri pariwisata Indonesia dan Australia, Garuda Indonesia dan Tourism Australia kerjasama promosi pemasaran dan pariwisata. Kedua pihak sepakat untuk mempromosikan layanan penerbangan Garuda Indonesia dari dan menuju berbagai destinasi di Australia seperti Sydney, Melbourne dan Perth. Kerjasama tersebut merupakan perpanjangan dari kerjasama sebelumnya, dimana pada tahun 2014 Garuda Indonesia dan Tourism Australia berupaya untuk mempererat hubungan keduaRead More

The post Gaya Garuda Dorong Pertumbuhan Industri Pariwisata appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Untuk mendorong pertumbuhan industri pariwisata Indonesia dan Australia, Garuda Indonesia dan Tourism Australia kerjasama promosi pemasaran dan pariwisata. Kedua pihak sepakat untuk mempromosikan layanan penerbangan Garuda Indonesia dari dan menuju berbagai destinasi di Australia seperti Sydney, Melbourne dan Perth.

Kerjasama tersebut merupakan perpanjangan dari kerjasama sebelumnya, dimana pada tahun 2014 Garuda Indonesia dan Tourism Australia berupaya untuk mempererat hubungan kedua negara dengan mempromosikan penerbangan Garuda Indonesia dari dan menuju Australia melalui media konvensional dan media sosial.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Handayani mengharapkan kerjasama tersebut dapat meningkatkan tingkat keterisian penumpang Garuda Indonesia dari dan menuju Australia. Dengan market share Garuda Indonesia pada rute Australia pada tahun ini sebesar 27,7 persen, Australia merupakan pasar potensial bagi Garuda Indonesia.

Kedekatan Indonesia dan Australia secara geografis membuat banyaknya pengguna jasa di antara kedua negara untuk berkunjung baik untuk keperluan bisnis, wisata, pendidikan maupun kesehatan,” kata dia dalam rilisnya.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Handayani (kiri) bertukar piagam kerjasama dengan Regional General Manager South/ South East Asia & Gulf Countries Tourism Australia, Michael Newcombe

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Handayani (kiri) bertukar piagam kerjasama dengan Regional General Manager South/ South East Asia & Gulf Countries Tourism Australia, Michael Newcombe

Menurut dia, kerjasama ini juga dapat memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa Garuda Indonesia dengan menawarkan rute Kangaroo Road yaitu koneksi yang nyaman penerbangan dari Australia menuju Amsterdam dan London, dimana penerbangan dilakukan pada sore hari dari Australia, tiba sebelum tengah malam di Jakarta untuk lanjutkan penerbangan ke Amsterdam dan tiba di Amsterdam pagi hari, sehingga perjalanan dapat dimanfaatkan untuk istirahat di dalam pesawat.

Regional General Manager South/ South East Asia & Gulf Countries Tourism Australia, Michael Newcombe mengatakan Indonesia merupakan salah satu pasar besar dengan pertumbuhan yang paling pesat. “Ini dapat mendukung kerjasama kedua negara yang telah terjalin baik selama ini,” kata dia.

Saat ini, Garuda Indonesia melayani penerbangan langsung dari dan menuju Australia sebanyak 33 penerbangan per minggu yang dilayani dari Denpasar dan Jakarta ke sejumlah kota di Australia seperti Melbourne, Sydney dan Perth.

Penerbangan dari Denpasar menuju Melbourne, Sydney dan Perth dilayani satu kali setiap harinya. Sementara penerbangan dari Jakarta menuju Melbourne, Sydney dan Perth dilayani empat kali dalam seminggu.

Seluruh penerbangan Garuda Indonesia tersebut dilayani dengan konsep layanan “Garuda Indonesia Experience” yang merupakan konsep layanan yang menyajikan seluruh aspek-aspek terbaik dari Indonesia kepada para pengguna jasa dalam seluruh penerbangan baik pre, in maupun post flight.

The post Gaya Garuda Dorong Pertumbuhan Industri Pariwisata appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/gaya-garuda-tingkatkan-pariwisata-ri/feed 0
BebeExplora Dukung Eksplorasi Anakhttp://swa.co.id/business-strategy/marketing/bebeexplora-dukung-eksplorasi-anak http://swa.co.id/business-strategy/marketing/bebeexplora-dukung-eksplorasi-anak#comments Thu, 03 Sep 2015 05:47:43 +0000 http://swa.co.id/?p=119726 Eksplorasi balita merupakan kegiatan yang paling penting untuk tumbuh kembang anak. Sebab ini merupakan landasan bagi anak dalam proses belajar dan tumbuh kembangnya. Sayangnya, ruang untuk bereksplorasi sangat minim di ibu kota. Melalui kampanye BebeExplora, Bebelac mengajak ibu dan anak untuk lebih bebas bereksplorasi. Kegiatan BebeExplora akan di adakan pada tanggal 19-20 September di Gandaria City dan juga tanggal 26-27Read More

The post BebeExplora Dukung Eksplorasi Anak appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
IMG_3338

Eksplorasi balita merupakan kegiatan yang paling penting untuk tumbuh kembang anak. Sebab ini merupakan landasan bagi anak dalam proses belajar dan tumbuh kembangnya. Sayangnya, ruang untuk bereksplorasi sangat minim di ibu kota.

Melalui kampanye BebeExplora, Bebelac mengajak ibu dan anak untuk lebih bebas bereksplorasi. Kegiatan BebeExplora akan di adakan pada tanggal 19-20 September di Gandaria City dan juga tanggal 26-27 September di Kota Kasablanka. BebeExplora akan menyediakan berbagai macam permainan yang dapat mengasah keterampilan, IQ, EQ, dan keterampilan anak.

Berdasarkan penelitan yang dilakukan oleh tim peneliti Bebelac, 7 dari 10 ibu mengajak anak bereksplorasi dengan cara belajar sambil bermain agar anak tumbuh cerdas. Perkembangan dan pertumbuhan fisik anak di usia 5 tahun sangatlah pesat.

Di waktu ini, orang tua berperan penting untuk memberikan asupan nutrisi yang tepat dan benar untuk anak. Selain itu, orang tua juga harus mengerti tahapan perkembangan sosial dan emosi sehingga orang tua dapat memberikan motivasi yang tepat agar pertumbuhan anak optimal dari sisi nutrisi, sosial, maupun emosi.

“Susu dapat memberikan nutrisi dan gizi yang tepat dalam masa pertumbuhan anak. Gizi dan nutrisi ini berguna agar anak dapat beraktivitas dan memiliki perkembangan kecerdasan dan emosial sesuai dengan usia tumbuh kembangnya,” kata Dr.dr. Saptawati Bardosono Msc, Ahli Gizi Anak.

“Bebelac mengandung Bebenutri+ minyak ikan (Omega 3), Fos Gos 1:9, 12 vitamin dan 9 mineral yang dapat membantu perkembangan fisik dan kreativitas anak sesuai dengan tahapannya secara optimal,” jelas Ade Umiyani Savitri, Marketing Manager Bebelac, PT Nutricia Indonesia Sejahtera.

Danish Rahman, Marketing Director Nutricia, mengatakan, BebeExplora merupakan lanjutan kampanye sebelumnya seperti Bebe Star. Tujuannya adalah untuk mengedukasi para orang tua untuk lebih meluangkan waktu dengan anaknya. Hubungan interpersonal antara orang tua dan anak sangatlah penting. Ke depannya kampanye dengan tema seperti ini akan terus dilakukan.

Verauli, M.Psi., Psi, Psikolog, menambahkan, di usia 6 tahun pertama anak, umumnya disebut sebagai The Play Years. Kegiatan eksplorasi yang dilakukan melalui bermain mendukung berbagai aspek tumbuh kembang anak seperti fisik dan senso-motor, kognitif (berkaitan dengan kecerdasan, kemampuan berbahasa, dan kreativitas), dan perkembangan psikososial (emosi positif, rasa percaya diri, dan keterampilan sosial).

Ia menambahkan bahwa anak yang kurang bereksplorasi, ke depannya akan lebih pasif dan diam dibandingkan dengan anak yang sering bereksplorasi. “Eksplorasi sebaiknya dilakukan secara langsung, bukan melalui gadget. Karena jika hanya melalui gadget, komikasi hanya satu arah. Sedangkan jika secara langsung komunikasi berlangsung 2 arah. Selain itu, komunikasi antara orang tua dan anak akan lebih personal,” jelasnya. (EVA)

The post BebeExplora Dukung Eksplorasi Anak appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/bebeexplora-dukung-eksplorasi-anak/feed 0
Canun dan Fufu, Pasangan Belia Konsultan Pernikahanhttp://swa.co.id/youngsterinc/headline-youngsterinc/canun-dan-fufu-pasangan-belia-konsultan-pernikahan http://swa.co.id/youngsterinc/headline-youngsterinc/canun-dan-fufu-pasangan-belia-konsultan-pernikahan#comments Thu, 03 Sep 2015 03:54:22 +0000 http://swa.co.id/?p=119467 Siapa bilang pasangan belia tak layak menjadi konsultan pernikahan? Ihksanun Kamil Pratama (25 tahun) dan Foezi Citra Cuaca Elmart (26 tahun) membuktikannya. Sejoli yang lebih dikenal dengan panggilan Canun dan Fufu ini dijuluki “Romantic Couple Trainer”. Sejak tiga tahun lalu, Canun & Fufu fokus membantu memperbaiki kualitas pernikahan, dengan cara memberikan pelatihan pernikahan, untuk umum, komunitas, ataupun perusahaan. Dengan membawakan materiRead More

The post Canun dan Fufu, Pasangan Belia Konsultan Pernikahan appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Siapa bilang pasangan belia tak layak menjadi konsultan pernikahan? Ihksanun Kamil Pratama (25 tahun) dan Foezi Citra Cuaca Elmart (26 tahun) membuktikannya. Sejoli yang lebih dikenal dengan panggilan Canun dan Fufu ini dijuluki “Romantic Couple Trainer”.

Sejak tiga tahun lalu, Canun & Fufu fokus membantu memperbaiki kualitas pernikahan, dengan cara memberikan pelatihan pernikahan, untuk umum, komunitas, ataupun perusahaan. Dengan membawakan materi “Sukses Karier Sukses Keluarga”, pasangan unik ini telah mengadakan pelatihan di PT Frisian Flag, Al-Ma’soem, Astra-Honda Motor, Samsung, Tupperware, PLN, PT Shafco Enterprise (Shafira), dll. Alhamdulillah, kami sudah keliling Indonesia, kecuali Sulawesi dan Papua,” kata Fufu, lulusan Kebidanan D-3 Poltekkes Kemenkes Bandung.

Selain memberikan pelatihan, pasutri ini juga membuka konseling pribadi di Butterfly Act, di bilangan Sukaluyu, Bandung. Di luar semua itu, Canun & Fufu pun membuat komunitas bernama Romantic Couple Community, wadah bagi suami-istri dan calon suami-istri yang ingin mendapatkan pernikahan harmonis. Selain mengisi di komunitasnya sendiri, keduanya sering diundang di berbagai komunitas seperti Pejuang Subuh, Smart Indonesia Parenting (SIP) dan Pejuang Jilbab. “Itu di seluruh Indonesia, kira-kira ada 30-an komunitas, dan mereka selalu meminta kami sebagai pengisi acara,” ujar Canun, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung.

Dina Fitri Aliana, Ketua SIP, mengatakan, komunitasnya sudah tiga kali mengundang Canun dan Fufu ke Lampung. “Kami memilih Teh Fufu dan Kang Canun karena terinspirasi dari buku mereka, Jodoh Dunia Akhirat, yang sekarang sudah jadi best seller. Kami intens bicara terkait pernikahan, hambatan menemukan jodoh, dan sebagainya dari buku mereka,” kata wanita berusia 23 tahun ini.

Canun & Fufu mulai serius menjadi konsultan pernikahan dan keluarga setelah menikah pada 6 April 2012. “Jadi, waktu kami akad nikah, saat itulah kami launching buku Menikah itu Mudah,“ ujar Canun. Dan, setelah buku pertama itu diluncurkan, mulai ada permintaan untuk mengisi seminar dan memberikan konseling pernikahan.

Nah, sejak buku kedua, Jodoh Dunia Akhirat, diluncurkan pada 2013, permintaan seminar dan konseling semakin banyak. Hal ini sejalan dengan suksesnya buku yang diminati pembaca tersebut. “Buku tersebut diterbitkan oleh Mizan. Dalam dua bulan sudah masuk national best seller, sekarang jadi mega bestseller di toko buku,” ujar Canun bangga. Semenjak itu, setiap keduanya mengadakan seminar, pesertanya selalu membludak, seperti seminar “Jodoh Impian 2014” yang dihadiri 1.300 lebih peserta.

Fufu sebenarnya fokus di rumah, tetapi untuk beberapa hal, misalnya public training yang mengharuskan berdua, Fufu pasti ikut. “Saya juga sudah terjun di dunia training setelah menikah. Belajar pada para trainer senior seperti Kang Harry, Jamil Azzaini dengan ikut komunitas pelatihannya, dan Pak Tung Desem Waringin,” kata ibu seorang anak ini.

Menurut Fufu, dia dan suaminya menjalani profesinya selama ini lebih ke arah konsultan pernikahan, marriage leader dengan terapinya. Misalnya, banyak orang yang susah mendapat jodoh dan ada juga yang susah nikah. “Itu kan pasti berhubungan dengan masalah masa. Lalu, diterapi. (Pasutri) dengan pernikahan yang berkonflik juga kami terapi, lebih ke arah emotional healing, itu menjadi diferensiasinya,” ujarnya.(*)

Aulia Dhetira dan Dede Suryadi

The post Canun dan Fufu, Pasangan Belia Konsultan Pernikahan appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/youngsterinc/headline-youngsterinc/canun-dan-fufu-pasangan-belia-konsultan-pernikahan/feed 0
ABB Memasarkan Produk Robot Industrial Baruhttp://swa.co.id/technology/abb-memasarkan-produk-robot-industrial-baru http://swa.co.id/technology/abb-memasarkan-produk-robot-industrial-baru#comments Wed, 02 Sep 2015 12:28:39 +0000 http://swa.co.id/?p=119612 ABB, perusahaan teknologi dan robotik yang bermarkas di Swiss memperkenalkan produk robotik barunya yang diberi nama Yumi. Lilik Suharmawan, Local Business Unit Manager bidang Robotic Discrete Automation and Motion Division ABB Indonesia, menerangkan bahwa robot baru ini didesain agar bisa digunakan langsung di dekat manusia karena aman dan dilengkapi fitur-fitur yang mendukung keselamatan kerja. Ukurannya yang relatif kecil untuk ukuranRead More

The post ABB Memasarkan Produk Robot Industrial Baru appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
ABB, perusahaan teknologi dan robotik yang bermarkas di Swiss memperkenalkan produk robotik barunya yang diberi nama Yumi. Lilik Suharmawan, Local Business Unit Manager bidang Robotic Discrete Automation and Motion Division ABB Indonesia, menerangkan bahwa robot baru ini didesain agar bisa digunakan langsung di dekat manusia karena aman dan dilengkapi fitur-fitur yang mendukung keselamatan kerja. Ukurannya yang relatif kecil untuk ukuran robot industri memang sesuai dengan tujuan robot ini dibuat, yaitu membantu manusia di bidang industri yang membutuhkan presisi seperti pembuatan mainan, pemasangan chip pada PCB atau pemasangan kabel-kabel kecil yang rumit.

Ukuran Yumi disesuaikan dengan tubuh manusia atas tujuan keamanan dan efisiensi

Ukuran Yumi disesuaikan dengan tubuh manusia atas tujuan keamanan dan efisiensi

“Yumi adalah produk yang safe dan colaborative, tidak perlu ada pagar yang membatasi robot ini dengan manusia, sangat aman,” jelasnya.

Kecepatan geraknya tidak tinggi karena kami membuat robot ini agar bisa mengimbangi kecepatan kerja manusia. Ini karena kami yakin, kolaborasi yang baik antara manusia dan robot dalam sebuah industri akan meningkatkan produktivitas hingga return of investment bisa dengan mudah dicapai.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa manusia memerlukan istirahat diantara sesi produksi untuk mengisi ulang stamina dan ini bisa memengaruhi produktivitas, terkadang juga faktor manusiawi lain seperti sakit jika dihitung-hitung bisa juga berpengaruh. Hambatan-hambatan ini bisa ditanggulangi dengan keterlibatan robot tersebut dalam produksi. Selain itu, berbeda dengan kebanyakan robot-robot industri lainnya, Yumi memiliki dual hand yang dua-duanya aktif dan fleksibel dan diklaim bisa memberikan hasil yang lebih baik dan efisien dibandingkan robot sekelas yang hanya menggunakan 1 lengan.

Selain menekankan bahwa robot ini aman dan mampu maningkatkan produktivitas, dia juga menjelaskan bahwa robot ini mudah untuk digunakan dan tidak memerlukan skill khusus untuk mengoperasikannya. “Berbeda dengan pandangan umum bahwa robot itu sangat teknikal dan butuh program yang rumit untuk diaplikasikan, Yumi ini sangat user friendly. Tidak perlu coding lagi,” ujarnya. Dia menegaskan bahwa manusia bisa seperti mengajari robot ini. Misalnya seorang pekerja memutuhkan salah satu tangan Yumi untuk memegang sebuah komponen di satu titik, pekerja itu bisa mengatur gerakan Yumi untuk secara konstan berada di titik itu saat si pekerja membutuhkannya. Ini karena di lengannya, robot itu memiliki semacam kamera dan sensor yang bisa melihat dan memproses gerakan manusia sebagai perintah.

Untuk fitur-fitur yang ditawarkan itu, ABB memasang harga mulai dari US$ 40.000. Belum diketahui penyesuaian harga yang diberlakukan untuk pasar Indonesia nanti akan seperti apa mengingat kondisi kurs yang melemah. Meski sudah bisa dipesan, Robot ini sendiri belum ada di Indonesia. Lilik menerangkan bahwa Yumi sedang dalam perjalanan dan akan dipamerkan di JIExpo Kemayoran pada tanggal 16-19 September 2015 nanti. (EVA)

The post ABB Memasarkan Produk Robot Industrial Baru appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/technology/abb-memasarkan-produk-robot-industrial-baru/feed 0
Jerman Fest 2015 Segera Hadir di Indonesiahttp://swa.co.id/corporate/corporate-action/jerman-fest-2015-segera-hadir-di-indonesia http://swa.co.id/corporate/corporate-action/jerman-fest-2015-segera-hadir-di-indonesia#comments Wed, 02 Sep 2015 12:12:36 +0000 http://swa.co.id/?p=119638 Tahun 2015 merupakan tahun yang istimewa bagi hubungan Indonesia dan Jerman. Hubungan ini ditandai dengan persahabatan dan kerja sama erat antar dua negara dari berbagai sektor seperti sektor ekonomi, politik, budaya dan pendidikan. Melengkapi hubungan tersebut, Indonesia akan menjadi perhatian publik Jerman pada bulan Oktober 2015 sebagai tamu kehormatan di Frankfurt Book Fair. Frankfurt Book Fair sendiri merupkan  pekan rayaRead More

The post Jerman Fest 2015 Segera Hadir di Indonesia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Tahun 2015 merupakan tahun yang istimewa bagi hubungan Indonesia dan Jerman. Hubungan ini ditandai dengan persahabatan dan kerja sama erat antar dua negara dari berbagai sektor seperti sektor ekonomi, politik, budaya dan pendidikan. Melengkapi hubungan tersebut, Indonesia akan menjadi perhatian publik Jerman pada bulan Oktober 2015 sebagai tamu kehormatan di Frankfurt Book Fair.

Frankfurt Book Fair sendiri merupkan  pekan raya terbesar di bidangnya di seluruh dunia. Selain Frankfurt Book Fair, pada waktu yang bersamaan, kota kota besar Indonesia akan menjadi tuan rumah dari serangkaian acara Jerman Fest. Indonesia diberikan kehormatan sebagai tuan rumah ke-4 atas perhelatan bergengsi yang diberikan langsung oleh Kedutaan Besar Jerman.

“Atas kepentingan yang meningkat, Indonesia menjadi negara tamu kehormatan di Frankfurt Book Fair pada bulan Oktober. Dalam konteks ini, kami sebagai penyelenggara mempertimbangkan sebaiknya ada sebuah acara di Indonesia yang mencerminkan hal di atas. Tapi tidak hanya terbatas pada paparan budaya saja, melainkan pada sektor lain yang menghadirkan gambaran komprehensif dengan hubungan bilateral dua negara,” ujar Georg Witschel, Duta Besar Jerman untuk Indonesia.

Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel menjelaskan acara Jerman Fest

Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel menjelaskan acara Jerman Fest

Sebagai inisiatif dari Kementerian Luar Negeri, Jerman Fest akan dihelat selama tiga hari dengan menggandeng beberapa mitra seperti Goethe-Institute, Kedutaan Besar Jerman, serta EKONID.

“Berdasarkan hubungan bilateral yang baik dan terpercaya, baik Jerman maupun Indonesia merupakan negara penting di wilayahnya dan bagian dari negara G-20. Keduanya bersedia dan siap untuk membentuk masa depan dengan menghadapi tantangan yang ada di hadapan kita,” lanjutntya.

Jerman Fest rencananya akan dibuka tanggal 5 September dengan pemutaran film bisu mahakarya Fritz Lang berjudul “Metropolis”. Selain itu, pertunjukan seni yang variatif juga bertujuan untuk mempelajari hal hal terkait dengan kebudayaan, ekonomi, pengetahuan, dan politik. “Kerja sama dan inovasi adalah moto dari Jerman Fest. Yang berpartisipasi adalah para pelaku dari Jerman maupun Indonesia. Namun tetap terbuka untuk masyarakat umum,” ungkap Heinrich Blomeke, Direktur Goethe Intitute.

Jerman Fest memang dirancang untuk mendorong pertukaran informasi yang bermanfaat antara Jerman dengan Indonesia. Jan Roennfeld, Direktur Pelaksana EKONID menyampaikan kegiatan ini diharapkan menjadi fondasi yang kokoh untuk masa depan kedua negara.

“Indonesia sedang berada dalam proses transisi menuju modernisasi dan urbanisasi. Teknologi modern akan dibutuhkan untuk mengembangkan lebih banyak nilai tambah perekonomian dan barang berkualitas tinggi disertai dengan kondisi lingkungan yang komperhensif,” ujar Jan menutup pembicaraan. (EVA)

The post Jerman Fest 2015 Segera Hadir di Indonesia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/corporate/corporate-action/jerman-fest-2015-segera-hadir-di-indonesia/feed 0
Walikota Bekasi Janji Kurangi Macet & Banjirhttp://swa.co.id/business-strategy/management/walikota-bekasi-janji-kurangi-macet-banjir http://swa.co.id/business-strategy/management/walikota-bekasi-janji-kurangi-macet-banjir#comments Wed, 02 Sep 2015 11:58:20 +0000 http://swa.co.id/?p=119649 Macet adalah hal yang biasa di Kota Bekasi. Dengan 1,3 juta kendaraan bermotor sementara panjang jalan hanya 2,3 juta kilometer, tak mengherankan kemacetan sering terjadi di Bekasi. Namun, Walikota Bekasi, Rahmat Effendi tak mau membiarkan warganya terus larut dalam kemacetan berkepanjangan. “Kemacetan memang luar biasa karena jumlah kendaraan yang banyak. Ada 19 titik kemacetan dan secara bertahap kami kurangi denganRead More

The post Walikota Bekasi Janji Kurangi Macet & Banjir appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Macet adalah hal yang biasa di Kota Bekasi. Dengan 1,3 juta kendaraan bermotor sementara panjang jalan hanya 2,3 juta kilometer, tak mengherankan kemacetan sering terjadi di Bekasi. Namun, Walikota Bekasi, Rahmat Effendi tak mau membiarkan warganya terus larut dalam kemacetan berkepanjangan.

“Kemacetan memang luar biasa karena jumlah kendaraan yang banyak. Ada 19 titik kemacetan dan secara bertahap kami kurangi dengan membuat jalan baru, pelebaran jalan raya, dan perbaikan infrastruktur yang ada,” ujar dia.

Selain pajak bumi & bangunan, hotel & restoran, pajak kendaraan bermotor juga salah satu sumber pendapatan asli daerah. Itulah kenapa solusi yang efektif harus segera diambil untuk mengatasi masalah macet. Masalah banjir juga masih menghantui Bekasi. “Ada 46 titik banjir di Bekasi dan secara bertahap akan kami kurangi,” kata dia.

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi

Dari riset SWA, Pemerintah Kota Bekasi, mengalokasikan anggaran Rp 56 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Bekasi 2015 untuk membangun dan merehabilitasi 16 jembatan di wilayah setempat.

Perbaikan jembatan tersebut dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini baru sekitar empat jembatan yang sudah dikerjakan. Selebihnya masih dalam proses lelang dan pengerjaan. Targetnya selesai pada akhir tahun ini.

Jembatan tersebut diperbaiki karena sering menjadi biang kemacetan serta banjir. Jembatan, kata dia, bakal dilebarkan serta ditinggikan. Sehingga memperlancar arus lalu lintas, dan aliran sungai.

Beberapa jembatan sudah selesai dikerjakan, seperti Jembatan Kali Lengkak yang berada di Jalan Agus Salim dan Jembatan Perumnas III yang berlokasi di Jalan Nusantara. Keduanya berada di wilayah Kecamatan Bekasi Timur.

Pembangunan tahap kedua masih dalam pengerjaan, yakni Jembatan Kartini, yang berada di Jalan RA Kartini-Bekasi Timur, Jembatan IKIP yang berlokasi di Jatibening-Pondokgede, Jembatan Jatimulya-Bekasi Timur, lalu Jembatan Mangseng yang berada di Jalan Raya Lingkar Utara-Bekasi Utara, Jembatan Nasio yang berada di Jalan Raya Raya Jatimekar-Jatiasih.

Selama pembangunan jembatan tersebut, Pemkot Bekasi berkoordinasi dengan dinas perhubungan melakukan rekayasa arus lalu lintas. Misalnya, di IKIP di Jalan Raya Jatibening Baru, kendaraan roda empat dialihkan melalui Jalan Ratna, sedangkan untuk kendaraan roda dua dialihkan melalui Perumahan Jatibening Baru.

Hal yang sama juga dilakukan selama pembangunan jembatan Pengasinan. Kendaraan dari arah Tol Bekasi Timur dialihkan ke Perumahan Jatimulya atau Perumahan Pondok Hijau Permai. (Reportase: Aulia Dhetira)

The post Walikota Bekasi Janji Kurangi Macet & Banjir appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/walikota-bekasi-janji-kurangi-macet-banjir/feed 0
NICE Systems Tingkatkan Produktivitas Agen Hingga 20 Persenhttp://swa.co.id/business-strategy/management/nice-systems-tingkatkan-produktivitas-agen-hingga-20-persen http://swa.co.id/business-strategy/management/nice-systems-tingkatkan-produktivitas-agen-hingga-20-persen#comments Wed, 02 Sep 2015 11:53:37 +0000 http://swa.co.id/?p=119629 Semakin ketatnya persaingan di bisnis perbankan, membuat bank-bank di Indonesia harus memutar otak untuk memperbarui pelayanan terbaik bagi para nasabahny. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas mereka. Salah satunya melalui penerapan Customer Relationship Management (CRM) yang membantu bank memahami perilaku dan karakteristik nasabah, untuk kemudian menyediakan layanan yang bersifat kustomisasi. Melihat kebutuhan ini, Permata Bank bekerja sama denganRead More

The post NICE Systems Tingkatkan Produktivitas Agen Hingga 20 Persen appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Penerapan Solusi NICE di PT Bank Permata, Tbk Dinobatkan Sebagai Best CRM Project oleh The Asian Banker

Penerapan Solusi NICE di PT Bank Permata, Tbk Dinobatkan Sebagai Best CRM Project oleh The Asian Banker

Semakin ketatnya persaingan di bisnis perbankan, membuat bank-bank di Indonesia harus memutar otak untuk memperbarui pelayanan terbaik bagi para nasabahny. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas mereka.

Salah satunya melalui penerapan Customer Relationship Management (CRM) yang membantu bank memahami perilaku dan karakteristik nasabah, untuk kemudian menyediakan layanan yang bersifat kustomisasi.

Melihat kebutuhan ini, Permata Bank bekerja sama dengan NICE Systems untuk membantu menyediakan solusi software dalam menerapkan CRM. “Solusi dari NICE membantu perusahaan untuk merekam, menganalisa, dan menerapkan wawasan dari Big Data – baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur –secara real-time. Data-data ini berasal dari berbagai sumber, termasuk panggilan telepon, aplikasi moobile, chat, media sosial, video, dan data transaksi,” kata Bianto Surodjo, Direktur Perbankan Retail di Permata Bank.

NICE dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan dan keuntungan bisnis. Selain itu perusahaan yang menerapakn sistem ini dapat mencegah terjadinya kejahatan finansial, melindungi tenaga kerja dan aset perusahaan.

Permata Bank menggunakan solusi Customer Experience dari NICE untuk mengotomatisasi pengawasan panggilan di contact center mereka, meningkatkan efisiensi operasional, mendorong optimisasi bisnis, dan mempersiapkan para agennya untuk menangani interaksi pelanggan. Salah satu manfaat terbesar yang dirasakan adalah meningkatnya produktivitas agen hingga mencapai 20%, di mana telah membantu para agen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, sambil tetap mampu menekan biaya secara signifikan. (EVA)

The post NICE Systems Tingkatkan Produktivitas Agen Hingga 20 Persen appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/nice-systems-tingkatkan-produktivitas-agen-hingga-20-persen/feed 0
Tunjukkan Eksistensi, KLN Luncurkan Content Experiencehttp://swa.co.id/business-strategy/management/tunjukkan-eksistensi-kln-luncurkan-content-experience http://swa.co.id/business-strategy/management/tunjukkan-eksistensi-kln-luncurkan-content-experience#comments Wed, 02 Sep 2015 11:49:26 +0000 http://swa.co.id/?p=119641 Perusahaan konten digital gaya hidup dan hiburan, Kapan Lagi Network (KLN) menunjukkan eksistensinya sebagai perusahaan digital terbesar di Indonesia. Untuk pertama kalinya, perusahaan yang dirintis oleh ‘Arek Malang’  Steve Christian pada tahun 2003 itu, menghelat acara KLN Content Experience (KLN CX). Dalam perhelatan tersebut, KLN meluncurkan produk-produk baru yang inovatif dari para talenta KLN, di aantaranya: Brilio.net dan InFeed. Brilio.netRead More

The post Tunjukkan Eksistensi, KLN Luncurkan Content Experience appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Ben Soebiakto (kiri) Chief Marketing Officer KLN

Ben Soebiakto (kiri) Chief Marketing Officer KLN

Perusahaan konten digital gaya hidup dan hiburan, Kapan Lagi Network (KLN) menunjukkan eksistensinya sebagai perusahaan digital terbesar di Indonesia. Untuk pertama kalinya, perusahaan yang dirintis oleh ‘Arek Malang’  Steve Christian pada tahun 2003 itu, menghelat acara KLN Content Experience (KLN CX). Dalam perhelatan tersebut, KLN meluncurkan produk-produk baru yang inovatif dari para talenta KLN, di aantaranya: Brilio.net dan InFeed.

Brilio.net merupakan sebuah laman online yang menyasar kaum millenial (kelahiran antara 1980-2000an). Dengan slogan “stories worth sharing” Brilio.net menjadi fasilitas berbagi cerita yang terverifikasi dan tersusun untuk para netizen. Sedangkan, InFeed merupakan sebuah platform digital advertising yang memudahkan perusahaan untuk membuat content advertising dengan mudah.

Chief Marketing Officer KLN, Ben Soebiakto, menjelaskan, kemunculan InFeed merupakan jawaban di era persaingan global. Bersama para talent inhouse KLN, Ben membuktikan bahwa anak bangsa Indonesia mampu membuat produk inovatif sendiri dan bisa menjadi platform digital advertising yang siap head to head dengan Google atau Facebook di masa akan datang.

“Kami optimis InFeed akan menjadi rujukan dan platform digital advertising yang membanggakan bagi masyarakat Indonesia di masa akan datang,” ujar Ben saat konferensi pres di Jakarta (1/9).

Rencananya, KLN CX akan terus diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya. Agar dapat menjadi tempat unjuk gigi para kreator konten digital di Indonesia dan menjadi wadah tukar pendapat para pemain industri akan tren konten digital di masa depan.

KLN CX terinspirasi dari acara kaliber dunia seperti Apple WWDC dan Google I/O yang juga digunakan sebagai wadah pengenalan layanan terbaru dari perusahaan-perusahaan besar tersebut.

Di ajang KLN CX itu pula, KLN memperkenalkan logo barunya yang lebih menarik. Sebagai perusahaan yang dikenal dengan informasi selebriti ini juga memperkenakan serial realitas daring (online) Anak Artis. Program yang tayang perdana mulai 2 September 2015 itu akan tayang tiap Senin dan Rabu di www.anakartis.com. (EVA)

The post Tunjukkan Eksistensi, KLN Luncurkan Content Experience appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/tunjukkan-eksistensi-kln-luncurkan-content-experience/feed 0
Pantene Gaet Konsumen dengan Formula Baruhttp://swa.co.id/business-strategy/marketing/pantene-gaet-konsumen-dengan-formula-baru http://swa.co.id/business-strategy/marketing/pantene-gaet-konsumen-dengan-formula-baru#comments Wed, 02 Sep 2015 11:44:52 +0000 http://swa.co.id/?p=119589 Aktivitas menjadi kian padat dengan ritme yang cepat dan tingkat mobilitas yang tinggi. Tingkat polusi dan stres pun semakin meningkat sehingga rambut menjadi lebih cepat rusak dan kusam. Melihat permasalahan ini Pantene pun melakukan kerja sama dengan Nasa, agar mampu melakukan inovasi yang dibutuhkan rambut konsumen. “Nasa melakukan penelitian yang mendalam mengenai molekul, kami pun tertarik untuk mengembangkan molekul yangRead More

The post Pantene Gaet Konsumen dengan Formula Baru appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Aktivitas menjadi kian padat dengan ritme yang cepat dan tingkat mobilitas yang tinggi. Tingkat polusi dan stres pun semakin meningkat sehingga rambut menjadi lebih cepat rusak dan kusam. Melihat permasalahan ini Pantene pun melakukan kerja sama dengan Nasa, agar mampu melakukan inovasi yang dibutuhkan rambut konsumen.

“Nasa melakukan penelitian yang mendalam mengenai molekul, kami pun tertarik untuk mengembangkan molekul yang mampu masuk kedalam rambut dan akar-akarnya. Biasanya, shampoo itu kan hanya membersihkan bagian luar saja, namun melihat padatnya aktivitas wanita masa kini serta tingginya polusi, maka dibutuhkan produk shampoo yang mampu mengembangkan molekul hingga ke akarnya, “jelas Junita Kartikasari, Senior Brand Communication Manager P&G Asia Pacific.

Raline Shah, bintang iklan Pantene

Raline Shah, bintang iklan Pantene

Jadi, lanjut Junita, rasanya akan kurang apabila shampoo hanya berfungsi pada bagian luar saja. Belum lagi rambut yang diwarna, dicatok, membuat rambut jadi lebih cepat rusak. Alhasil P&G ingin mengembangkan suatu inovasi shampoo Pantene yang tidak hanya mampu membersihkan tetapi juga menutrisi dari dalam.

Menurutnya,  kerja sama ini dilakukan sejak 2010. Setelah itu dikembangkan oleh Hair Research Institute Pantene. Penemuan ini pun akhirnya membawa pada penemuan Histidine, yaitu molekul yang ditemukan secara alami pada serat rambut.

Dr. Colin D’Silva, Associate Director Communiations Prestige-Sci comm Hair Care & Color, Asia Pacific, menjelaskan bahwa Pantene telah mempelajari perbedaan rambut dan kulit dan menemukan dua poin penting.  Poin pertama, sel-sel kulit memiliki proses purifikasi alami, sedangkan ambut tidak. Kedua, molekul histidine, memiliki peran dam pengangkatan mineral oksidatif.

Sehingga brand yang ditemukan di Swiss pada tahun 1940 pun berinisiatif untuk mengirim Histidine ke dalam inti serta rambut. Hasilnya molekul ini pun mampu bekerja sebagai anti oksidan dan meresap ke dalam lapisan kutikula. Molekul ini pin mampu membersihkan endapan mineral oksidatif dan melindungi kesehatan alami serta struktur rambut.

Oleh karena itu Histidine pun masuk kedalam formula kondisioner Pantene Pro-v. Formula ini diharapkan mampu mmberikan hasil rambut yang sehat dab berkilau pada konsumen, khususnya wanita. Histiden  sendiri resmi diperkenalkan Pantene kepada publik tahun 2015 ini.

Brand di bawah naungan P&G ini selalu melakukan invosi sejak pertama kali ditemukan. Pada 1960, penemu shampoo Pantene, Hoffman La-Roche dengan Dr Gustav menemukan ramuan Pro-V dan menetapkan landasan Pro-v Science. Hingga saat ini, brand yang sudah ekspansi ke seluruh dunia ini, selalu melakukan inovasi untuk semakin meningkatkan jumlah konsumen. (EVA)

The post Pantene Gaet Konsumen dengan Formula Baru appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/pantene-gaet-konsumen-dengan-formula-baru/feed 0
Fashion Indonesia Harus Siap Berkompetisi di Pasar Globalhttp://swa.co.id/business-strategy/marketing/fashion-indonesia-harus-siap-berkompetisi-di-pasar-global http://swa.co.id/business-strategy/marketing/fashion-indonesia-harus-siap-berkompetisi-di-pasar-global#comments Wed, 02 Sep 2015 10:20:54 +0000 http://swa.co.id/?p=119596 Melihat kondisi perekonomian Indonesia yang melemah, sistem ekonomi perlu dialihkan dari sektor non riil menjadi sektor yang lebih riil seperti UKM dan Industri kreatif. Di industri kreatif, fashion merupakan industri yang masih terbuka lebar untuk ekspansi ke berbagai negara, sekaligus jarang dilirik. Di samping itu, pada akhir Desember 2015 akan diterapkan regulasi pasar bebas ASEAN. Dengan regulasi ini, produk fashionRead More

The post Fashion Indonesia Harus Siap Berkompetisi di Pasar Global appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Melihat kondisi perekonomian Indonesia yang melemah, sistem ekonomi perlu dialihkan dari sektor non riil menjadi sektor yang lebih riil seperti UKM dan Industri kreatif. Di industri kreatif, fashion merupakan industri yang masih terbuka lebar untuk ekspansi ke berbagai negara, sekaligus jarang dilirik. Di samping itu, pada akhir Desember 2015 akan diterapkan regulasi pasar bebas ASEAN. Dengan regulasi ini, produk fashion dari negara lain dapat masuk ke pasar domestik dengan mudah. Begitu pula sebaliknya, buatan dalam negeri dapat kesempatan untuk masuk ke pasar global.

Untuk itulah fashion Indonesia dituntut untuk semakin siap berkompetensi dengan produk dari manca negara. Produk fashion Indonesia memiliki kesempatan untuk dapat menembus pasar luar negeri karena banyaknya bakat bakat dari desainer muda Indonesia. Selain itu diarahkan untuk memperkuat sektor business to busness (B2B) yang potensial untuk dikembangkan di pasar ekspor.

(no.2 dari kiri) Ali Charisma, Presiden Direktur Indonesia Fashion Week di tengah tengah model dan desainer wanita

(no.2 dari kiri) Ali Charisma, Presiden Direktur Indonesia Fashion Week di tengah tengah model dan desainer wanita

“Perkembangan industri fashion di Indonesia sangat potensial. Fashion tumbuh seiring dengan munculnya brand baru. Kementerian Perindustrian mendukung fashion. Namun saat ini fashion masih belum menjadi industri yang masif. Beberapa dukungan dilakukan antara lain pemanfaatan SDM dalam fashion, memfasilitasi para pelaku industri fashion, teknologi peralatan dan mesih, standar SNI dan promosi,” ujar Euis Saedah, Dirjen Kementrian Perindustrian.

Sejak diselenggarakan pertama kali, Indonesian Fashion Week memberikan kesempatan kepada desainer maupun label Indonesia yang telah siap secara kualitas untuk mempromosikan produknya ke pasar global melalui pameran dagang di Paris dengan tajuk “Who’s Next”.

“Dalam mengangkat fashion Indonesia, salah satu layer yang harus dilakukan adalah membuat produk fashion yang bisa diekspor. Untuk itu produknya harus menarik buyer. Di sana juga diharapkan dapat diterima di pasar dunia,” ujar Ali Charisma, Presiden Direktur Indonesia Fashion Week.

Dukungan dari Kementerian Perindustrian memiliki tujuan yang sama dengan Ali. Ia berharap dengan fasilitas mengikiti pameran ini, akan muncul desainer kreatif yang ikut mewarnai fashion Indonesia. “Dukungan ini supaya dapat melahirkan produk fashion Indonesia yang berkualitas dan punya daya jual lebih baik di pasar ekspor,” ujar Euis.

Ali juga berharap desainer yang mengikuti pameran ini mendapatkan label dan pengalaman yang besar untuk memajukan industri fashion Indonesia. “Kami harap produk produk ini dapat diterima oleh buyer luar negeri. Jika diterima berarti lampu hijau untuk industri fashion Indonesia,” Ali menegaskan. (EVA)

The post Fashion Indonesia Harus Siap Berkompetisi di Pasar Global appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/fashion-indonesia-harus-siap-berkompetisi-di-pasar-global/feed 0
Bayar Tiket Garuda, Di Indomaret Aja!http://swa.co.id/business-strategy/management/bayar-tiket-garuda-di-indomaret-aja http://swa.co.id/business-strategy/management/bayar-tiket-garuda-di-indomaret-aja#comments Wed, 02 Sep 2015 09:05:13 +0000 http://swa.co.id/?p=119640 Satu lagi inovasi dari PT Garuda Indonesia Tbk. Calon penumpang kini bisa membayar tiket di seluruh gerai Indomaret. Ini untuk memudahkan pengguna jasa dalam melakukan transaksi pembelian tiket. Perseroan juga menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk memperluas kanal pembayaran. Sejalan dengan program peningkatan layanan yang terus dilaksanakan, khususnya dalam memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa dalam melakukan transaksi pembelian tiketRead More

The post Bayar Tiket Garuda, Di Indomaret Aja! appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Satu lagi inovasi dari PT Garuda Indonesia Tbk. Calon penumpang kini bisa membayar tiket di seluruh gerai Indomaret. Ini untuk memudahkan pengguna jasa dalam melakukan transaksi pembelian tiket. Perseroan juga menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk memperluas kanal pembayaran.

Sejalan dengan program peningkatan layanan yang terus dilaksanakan, khususnya dalam memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa dalam melakukan transaksi pembelian tiket Garuda Indonesia, maka melalui kerja sama online payment dengan Telkom Indonesia, kini proses pembayaran tiket Garuda Indonesia dapat dilakukan di seluruh gerai Indomaret. Layanan ini telah beroperasi sejak bulan Juli 2015 lalu.

GFFwebspendmilesflygarudaindonesia

Para penumpang Garuda Indonesia dapat melakukan proses pembayaran dan pengeluaran tiket secara real time dengan menggunakan kode reservasi (kode booking) yang telah didapatkan melalui reservasi di website maupun contact center Garuda.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Handayani mengatakan peluncuran layanan pembayaran tiket di Indomaret ini merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan.

”Didukung dengan banyaknya gerai Indomaret, kami berharap seluruh pelanggan semakin mudah dan nyaman menjangkau Garuda Indonesia. Terutama, pada lokasi-lokasi yang tidak terjangkau internet dan ATM,” kata dia dalam rilisnya.

Direktur Enterprise & Bussiness Service Telkom Muhammad Awaluddin menjelaskan, Telkom melalui entitas usahanya Infomedia dan Finnet berusaha mendukung Garuda Indonesia untuk memperluas channel pembayaran melalui channel Contact Center dan bertindak sebagai payment aggregator.

Indomaret merupakan channel pembayaran nonbank pertama untuk Garuda Indonesia. Telkom akan mendukung Garuda Indonesia untuk memperluas channel pembayaran yang lain.

“Sinergi BUMN ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah Garuda Indonesia sebagai penyedia layanan transportasi udara dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, terutama dengan peran strategis Indomaret dengan gerai yang tersebar di tanah air,” katanya.

Direktur Marketing PT. Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf menambahkan kerja sama ini merupakan wujud Indomaret memegang komitmen kemudahan pelanggan. Layanan pembayaran tiket di Indomaret memudahkan penumpang Garuda Indonesia karena Indomaret ada di mana-mana.

“Untuk tahap awal kerja sama, kami melayani pembayaran kode booking yang diperoleh melalui call center Garuda 8041807807. Dalam waktu dekat, layanan ini ditambah untuk pembayaran kode booking yang diperoleh via website Garuda,” ujar dia.

Layanan tersebut melengkapi berbagai layanan yang telah tersedia di Indomaret seperti pembayaran tagihan langganan listrik, token listrik pra-bayar, tagihan telepon dan air, kredit motor, hingga konser pertunjukan. Indomaret kini tengah menyiapkan promosi menarik untuk setiap transaksi pembayaran tiket Garuda.

The post Bayar Tiket Garuda, Di Indomaret Aja! appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/bayar-tiket-garuda-di-indomaret-aja/feed 0
KPR Fix & Cap, Solusi Mencicil Rumah di Tengah Ketidakpastian Ekonomihttp://swa.co.id/beritabca/bca/kpr-fix-cap-solusi-mencicil-rumah-di-tengah-ketidakpastian-ekonomi http://swa.co.id/beritabca/bca/kpr-fix-cap-solusi-mencicil-rumah-di-tengah-ketidakpastian-ekonomi#comments Wed, 02 Sep 2015 04:00:02 +0000 http://swa.co.id/?p=119340 Harus diakui, di kala iklim perekonomian penuh ketidakpastian seperti saat ini, sedikit banyak membuat masyarakat gamang untuk memutuskan membeli rumah. Namun, faktanya demand perumahan di Indonesia tetap lebih tinggi dibandingkan suplai. Pergerakan harga yang lambat di sektor properti pun menjadi peluang bagi para pemilik uang tunai untuk segera membeli. Berapapun unit rumah yang Anda beli saat ini, ketika pasar mengalamiRead More

The post KPR Fix & Cap, Solusi Mencicil Rumah di Tengah Ketidakpastian Ekonomi appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Harus diakui, di kala iklim perekonomian penuh ketidakpastian seperti saat ini, sedikit banyak membuat masyarakat gamang untuk memutuskan membeli rumah. Namun, faktanya demand perumahan di Indonesia tetap lebih tinggi dibandingkan suplai. Pergerakan harga yang lambat di sektor properti pun menjadi peluang bagi para pemilik uang tunai untuk segera membeli. Berapapun unit rumah yang Anda beli saat ini, ketika pasar mengalami rebound, nilai propertinya akan terus meningkat.

KPR Fix & Cap

KPR Fix & Cap

Demikian pula membeli rumah melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Berbeda dengan kondisi properti di tahun 2008 yang terkena imbas krisis subprime mortgage di Amerika, kondisi saat ini masih jauh lebih baik. Kala itu, suku bunga KPR melonjak dan perbankan mengantisipasi risiko dengan membatasi pinjaman. Saat ini, perbankan justru terus menggenjot penjualan dengan suku bunga yang relatif stabil. Maka jika Anda hendak membeli rumah dengan KPR, sekaranglah saatnya.

Salah satu bank yang inovatif menawarkan KPR adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Memasuki usianya yang ke-58, BCA meluncurkan penawaran khusus berupa Program KPR Fix & Cap untuk kebutuhan pembelian, renovasi, maupun refinancing untuk rumah/ruko/apartemen, baik dalam kondisi baru maupun second (bekas).

Melalui KPR Fix & Cap, nasabah akan mendapatkan kepastian suku bunga untuk KPR sebesar 8,88% eff.p.a fix (tidak berubah) selama 3 tahun pertama. Setelah bunga fix 3 tahun berakhir, nasabah dapat memilih bunga Cap selama 2 tahun atau 3 tahun berikutnya. sebesar 9,99% eff.p.a.

Meski bunga bank di luar melesat tinggi, dengan KPR Fix & Cap, nasabah memiliki kepastian bunga selama 5 atau 6 tahun sesuai kebutuhan. Dengan masa fixyang cukup lama ini, nasabah mendapatkan ketenangan dan keleluasaan dalam mengatur cash flow maupun pengeluaran rumah tangga, sehingga angsuran terasa ringan dan tidak memberatkan.

Setelah periode Fix & Cap berakhir, nasabah akan dikenakan bunga floating yang ditentukan sesuai bunga pasar yang berlaku, dengan peninjauan yang dilakukan setiap 6 bulan sekali. Nasabah tidak perlu khawatir, karena bunga floating yang diberlakukan KPR BCA relatif rendah dan stabil. Jadi, nasabah tetap dapat menikmati cicilan ringan hingga kredit lunas.

Harus diingat, KPR merupakan produk jangka panjang, sehingga nasabah harus memperhitungkan angsuran dengan cermat. Pilihan bunga yang paling rendah bukanlah jawabannya. Solusi yang paling tepat adalah memilih program KPR yang mampu menawarkan jangka waktu dan bunga floating yang stabil dan rendah, sebagaimana yang ditawarkan KPR Fix & Cap dari BCA. Bunga yang rendah membuat nasabah tenang dalam mengangsur setiap bulan dan melakukan perencanaan keuangan jangka panjang.

Selalu ada jalan untuk membuat impian jadi nyata. Anda bisa mendapatkan dana tunai untuk pembelian rumah idaman dengan persyaratan mudah. Program KPR Fix & Cap dari BCA berlaku terbatas dari 3 Agustus 2015 hingga 30 Oktober 2015. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi kantor cabang BCA terdekat. Informasi lebih lanjut hubungi Halo BCA 1500888 / www.bca.co.id / mention akun Twitter @HaloBCA.

BCA Senantiasa di Sisi Anda.

 


 

The post KPR Fix & Cap, Solusi Mencicil Rumah di Tengah Ketidakpastian Ekonomi appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/beritabca/bca/kpr-fix-cap-solusi-mencicil-rumah-di-tengah-ketidakpastian-ekonomi/feed 0
Chile Bidik Top 10 Eksportir Makananhttp://swa.co.id/business-strategy/management/chile-bidik-top-10-eksportir-makanan http://swa.co.id/business-strategy/management/chile-bidik-top-10-eksportir-makanan#comments Wed, 02 Sep 2015 02:55:06 +0000 http://swa.co.id/?p=119602 Chile hanya berpenduduk 18 juta jiwa. Tapi, mereka telah menjadi salah satu pemain penting dalam industri makanan di dunia. Bahkan, negara Amerika latin itu merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia dengan kontribusi sektor makanan lebih dari 10% terhadap produk domestik bruto (PDB). Ini semua berkat komitmen pemerintah dan swasta. Mereka kini menjadi pemasok terpercaya makanan dengan lima keunggulan.Read More

The post Chile Bidik Top 10 Eksportir Makanan appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Chile hanya berpenduduk 18 juta jiwa. Tapi, mereka telah menjadi salah satu pemain penting dalam industri makanan di dunia. Bahkan, negara Amerika latin itu merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia dengan kontribusi sektor makanan lebih dari 10% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Ini semua berkat komitmen pemerintah dan swasta. Mereka kini menjadi pemasok terpercaya makanan dengan lima keunggulan. Yaitu, terjamin kualitasnya, aman, jelas asal-usulnya, bergaransi internasional, dan alami. Dengan sentuhan inovasi, kebanyakan produk tradisional Chile mampu disulap menjadi komoditas ekspor yang menjanjikan.

“Chile menargetkan masuk dalam top 10 eksportir di sektor makanan ini pada tahun 2020,” kata Duta Besar (Dubes) Chile untuk Indonesia Eduardo Ruiz Asmussen pada kegiatan event “Flavor of Chile” di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

chile

Beberapa produk ekspor andalan diantaranya blueberry, anggur, plum, apel kering, salmon Pasifik, alpukat, ceri segar, raspberry beku dan masih banyak lagi. Pada tahun tahun 2014, total ekspor makanan dari Chile mencapai US$ 16,2 miliar dari total ekspor Chile US$ 75,6 miliar.

“Tujuan utama ekspor mereka adalah Amerika Serikat, Jepang dan Tiongkok. Jika dilihat berdasarkan benua, ekspor terbesar Chile itu adalah Asia, Oceania dan Timur tengah,” ujarnnya.

Menurut Eduardo, selama 2014, ekspor barang dari Chile yang ditujukan untuk pasar Indonesia mencapai US$ 211 juta (Rp 91,6 miliar). Meskipun angkanya turun, terlihat ada kenaikan signifikan dalam ekspor produk pertanian (13%), produk laut (14%), dan anggur (20%)

“Beberapa komoditas ekspor ke Indonesia adalah, salmon atlantik beku, anggur segar, minyak ikan, anggur botol, dan buah berry beku, jenis minyak lain dan produk derivasinya,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Departemen Ekonomi Chile di Indonesia Juan Enrique Moya mengatakan, Chile memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif yang memungkinkan untuk menghasilkan makanan yang berkualitas dibandingkan para pesaingnya. “Semua faktor ini membuat Chili pemasok yang dapat diandalkan makanan yang aman dan berkualitas,” katanya.

Kualitas pasokan makanan yang diproduksi di Chile telah mendapat pengakuan dunia. Indeks Keamanan Pangan Dunia 2014 yang dikeluarkan The Economist Intelligence Unit, menempatkan negara dengan ibukota Santiago ini sebagai leader di Amerika Latin.

Chile kini tengah mengembangkan produk baru dengan orientasi menembus pasar utama dunia, seperti produk gourmet yakni minyak zaitun, makanan laut, dan air mineral rasa, selai, jeli anggur, buah dan kentang asli, beberapa jenis madu, anggur premium, pisco, dan microbrews.

The post Chile Bidik Top 10 Eksportir Makanan appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/chile-bidik-top-10-eksportir-makanan/feed 0
Inovasi Baru Pancious dengan Cita Rasa Khas Amerikahttp://swa.co.id/business-strategy/marketing/inovasi-baru-pancious-dengan-cita-rasa-khas-amerika http://swa.co.id/business-strategy/marketing/inovasi-baru-pancious-dengan-cita-rasa-khas-amerika#comments Wed, 02 Sep 2015 01:30:58 +0000 http://swa.co.id/?p=119592 Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup berkembang di Indonesia, salah satunya yaitu western culinary. Inovasi dan penemuan baru pun banyak diciptakan untuk menggaet konsumen baru maupun lama. Pancious pun tak ingin ketinggalan, sebagai salah satu dining yang sudah berkecimpung selama 8 tahun di Indonesia, mereka pun kembali mengeluarkan inovasi terbaru. Konsep terbaru yang dibawa adalah Brooklyn American Cakery. CakeRead More

The post Inovasi Baru Pancious dengan Cita Rasa Khas Amerika appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup berkembang di Indonesia, salah satunya yaitu western culinary. Inovasi dan penemuan baru pun banyak diciptakan untuk menggaet konsumen baru maupun lama. Pancious pun tak ingin ketinggalan, sebagai salah satu dining yang sudah berkecimpung selama 8 tahun di Indonesia, mereka pun kembali mengeluarkan inovasi terbaru.

Konsep terbaru yang dibawa adalah Brooklyn American Cakery. Cake ini nantinya diharapkan dapat menjadi pelopor kue khas Amerika. “Kami yakin kami dapat terus berinovasi untuk menghasilkan berbagai kuliner dengan mutu tinggi. Hal ini didukung dengan tim R&D kami yang cukup solid,” jelas Fransisca Tjong, Marketing Director Pancious Group.

Ia pun menambahkan bahwa Brooklyn hadir sebagai salah satu penyemarak sajian Pancious dengan menyajikan kue tentik khas Amerika. Penggunaan material kue ini pun menggunakan manisan, kacang-kacangan dengan berbagai rempah yang kaya akan rasa.

varian baru dari Brooklyn American Cakery

varian baru dari Brooklyn American Cakery

Kue ini tersedia dalam dua ukuran yaitu 6 cm x 6 cm dengan diameter 16 cm dan 24 cm. Ada lima varian rasa yang ditawarkan, yaitu Chocolate marshmallow, Brooklyn salted caramel honeycomb, lemon meringue, carrot crumble, dan banana palm.

Kue ini ditargetkan untuk keluarga ataupun individu, baik untuk acara fomrla maupun nonformal. Agar mempermudah oembelian konsumen, kue ini adapt dibeli di gerai-gerai pancious di Jakarta serta Serpong atau memesan langsung di website.

Dining yang tersebar di Jakarta, Bandung, dan Surabaya ini juga sengaja menyediakan jasa pemesanan dan pengantaran kue. Pemesanan dan pengantaran ini dilakukan sebagai salah strategi Pancious dalam menggaet pelanggan. Selain itu, kualitas pun menjadi salah satu kunci utama dalam menjaga kepercayaan konsumen. Salah satunya dengan memastikan bahwa produk yang dikirim haruslah fresh from the oven, dengan waktu pengiriman maksimal 2 jam dari kitchen hingga tiba di tangan konsumen,  Box pun dibuat dari kualitas khusus dan diantar dengan insulated ice box, serta pengendara yang memiliki standar berkendara dengan baik.

Pelanggan pun disarankan untuk melakukan pemesanan dua hari sebelum tanggal pengiriman atau pengambilan. Selain itu, demi memuaskan konsumen kue juga bisa dihiasi dengan ucapan tertulis yang dibatasi 30 karakter. (EVA)

 

The post Inovasi Baru Pancious dengan Cita Rasa Khas Amerika appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/inovasi-baru-pancious-dengan-cita-rasa-khas-amerika/feed 0
Upaya Accu-Chek Atasi Komplikasi Diabeteshttp://swa.co.id/business-strategy/marketing/upaya-accu-chek-atasi-komplikasi-diabetes http://swa.co.id/business-strategy/marketing/upaya-accu-chek-atasi-komplikasi-diabetes#comments Wed, 02 Sep 2015 01:00:14 +0000 http://swa.co.id/?p=119625 Diabetes atau yang dikenal dengan penyakit gula ini memiliki tingkat prevalensi cukup tinggi. Di Indonesia sebanyak 13 provinsi memiliki angka prevalensi lebih tinggi dari prevalensi nasional, yaitu DI Aceh, Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, dan Lampung. Berdasarkan data Riskesdas pada tahun 2007, prevalensi diabetes 5,7 persenRead More

The post Upaya Accu-Chek Atasi Komplikasi Diabetes appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Diabetes atau yang dikenal dengan penyakit gula ini memiliki tingkat prevalensi cukup tinggi. Di Indonesia sebanyak 13 provinsi memiliki angka prevalensi lebih tinggi dari prevalensi nasional, yaitu DI Aceh, Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, dan Lampung. Berdasarkan data Riskesdas pada tahun 2007, prevalensi diabetes 5,7 persen dan pre-diabetes 10,2 persen.

Para Pembicara di acara Roche Indonesia 2015

Para Pembicara di acara Roche Indonesia 2015

Menurut American Diabetes Association tahun 2008, di Amerika Serikat
,biaya langsung yang dibelanjakan untuk perawatan diabetes telah mencapai kurang lebih 10% dari total belanja kesehatan nasional, atau sekitar 4000-7000 US$ (setara dengan Rp 54 – 95 juta) rata-rata per pasien per tahun.

Bagi kebanyakan pasien, penyakit diabetes tidak mengganggu kenyamanan hidup hingga akhirnya muncul komplikasi. Komplikasi inilah yang menimbulkan penderitaan berkepanjangan bagi pasien
baik secara fisik maupun mental. Komplikasi akibat diabetes dapat menimbulkan serangan jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, impotensi pada pria, dan gangguan sirkulasi darah serta sistem syaraf sehingga bisa menimbulkan amputasi pada kaki yang terluka.

Melihat fakta tersebut, Roche Indonesia sebagai perusahaan layanan kesehatan dengan keahlian utama di bidang diagnostik dan farmasi, meningkatkan upaya mengenalkan sejak awal agar masyarakat
melakukan pengecekan dan moitoring kadar gula dalam darah.

“Accu–Chek memiliki seperangkat alat yang berisi meter untuk menampilkan hasil,strip untuk mengukur kadar gula darah, dan softclix sebagai alat tembak dari jarum untuk mengeluarkan darah.
Nantinya hasil tes dapat disimpan dan dipindahkan ke dalam perangkat komputer,” ujar dr. Benny Kurniawan, Marketing Manager PT Roche Indonesia.

dr. Tri Juli Edi Tarigan, SpP.PD-KEMD, FINASIM menambahkan bahwa monitoring gula darah ini dapat dilakukan pasien secara mandiri (SMBG) sehingga data yang sudah terkumpul dapat membantu dokter untuk menyesuaikan terapi. Menurutnya dokter dan pasien perlu dibekali pengetahuan tentang urgensi monitoring gula darah dan bagaimana mempraktikannya sehari-hari. (EVA)

The post Upaya Accu-Chek Atasi Komplikasi Diabetes appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/upaya-accu-chek-atasi-komplikasi-diabetes/feed 0
Ikea Rilis Katalog Baru 2016 Serentak di Duniahttp://swa.co.id/corporate/corporate-action/ikea-rilis-katalog-baru-2016-serentak-di-dunia http://swa.co.id/corporate/corporate-action/ikea-rilis-katalog-baru-2016-serentak-di-dunia#comments Tue, 01 Sep 2015 13:48:26 +0000 http://swa.co.id/?p=119563 Ikea, merek distributor funiture dari Swedia ini merilis katalog baru(1/9). Eliza Fazia yang merupakan Marketing Manager IKEA menjelaskan bahwa pada bulan September setiap tahunnya, perusahaan tersebut memang selalu merilis katalog baru dengan tema tertentu untuk diaplikasikan sepanjang tahun di setiap toko Ikea di dunia. Peluncuran katalog ini pun dilakukan secara serentak pada tanggal yang sama di seluruh dunia. Pada tahunRead More

The post Ikea Rilis Katalog Baru 2016 Serentak di Dunia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Ikea, merek distributor funiture dari Swedia ini merilis katalog baru(1/9). Eliza Fazia yang merupakan Marketing Manager IKEA menjelaskan bahwa pada bulan September setiap tahunnya, perusahaan tersebut memang selalu merilis katalog baru dengan tema tertentu untuk diaplikasikan sepanjang tahun di setiap toko Ikea di dunia. Peluncuran katalog ini pun dilakukan secara serentak pada tanggal yang sama di seluruh dunia. Pada tahun ini, tema yang diusung oleh ikea dalam katalognya adalah seputar makanan. Mulai dari alat-alat rumah tangga yang berguna dalam proses penanaman sayur di rumah, memasak di dapur, sampai pembuangan sisa makanan, semuanya disajikan dalam katalog tersebut.

Eliza Fazia menjelaskan tentang katalog baru Ikea

Eliza Fazia menjelaskan tentang katalog baru Ikea

“Tema ini kami angkat karena kami mengetahui bahwa kegiatan makan bisa menghadirkan kehangatan bagi keluarga, ada momen-momen istimewa bisa tercipta setiap hari sambil menikmati makanan di area favorit rumah untuk berkumpul, makan bersama, dan berbagi cerita dengan bebas,” jelasnya. Dapur dan ruang keluarga bisa menjadi salah satu area untuk melakukan kegiatan bersama tersebut.

Selain menjelaskan tentang filosofi tema katalog Ikea untuk tahun 2016 tersebut,  Eliza juga menjelaskan tentang visi Ikea yang menjadi alasan di balik teraturnya peluncuran katalog mereka. Dia menjelaskan bahwa visi Ikea adalah menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi semua orang. Dengan adanya katalog, maka akan memudahkan tujuan ini tercapai karena pelanggan akan mampu melihat-lihat barang yang ada di toko Ikea tanpa harus langsung pergi ke Alam Sutera, Tangerang, tempat tokonya berada.

Toko Ikea ini baru berdiri selama satu tahun di Indonesia. Meski begitu, produk-produk Ikea sendiri sudah beredar di Indonesia selama kurang-lebih 25 tahun melalui jasa distributor. Mengenai toko ini Tony Mampu, Country Government Relation Manager Ikea, menjelaskan bahwa nantinya akan ada toko-toko Ikea lain di daerah Jabodetabek karena faktor aktivitas ekonominya yang tinggi. “Toko kami yang di Tangerang itu memang sudah sangat standar Ikea di dunia. Tempatnya dekat dengan akses tol. Selain itu Alam Sutera juga banyak ditempati oleh segmen usia yang termasuk ke target pasar kami. Inilah alasannya kami membangun toko pertama kami di tempat itu,” jelasnya.

Barang-barang yang ada di toko tersebut bisa dilihat melalui katalog tersebut. Katalog ini, menurut Eliza, terdiri dari 324 halaman dan dicetak sebanyak 219 juta eksemplar, diterjemahkan kedalam 34 bahasa untuk didistribusikan di 49 negara di dunia. Untuk lebih memudahkan konsumen, katalog Ikea juga hadir dalam format digital dan tersedia dalam versi Android maupun IOS.

Di dalam aplikasi katalog tersebut, konsumen dapat mengakses fitur-fitur menarik seperti fitur menempatkan perabotan di dalam ruangan dalam bentuk augmented reality sehingga konsumen dapat menyusun ruangan virtual yang disusun menggunakan perabotan dari Ikea. Fitur semacam ini diklaim dapat membantu dan menginspirasi konsumen dalam membangun ruangan yang diinginkan untuk dibentuk nantinya. (EVA)

The post Ikea Rilis Katalog Baru 2016 Serentak di Dunia appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/corporate/corporate-action/ikea-rilis-katalog-baru-2016-serentak-di-dunia/feed 0
Twitter Luncurkan Audience Platformhttp://swa.co.id/technology/twitter-luncurkan-audience-platform http://swa.co.id/technology/twitter-luncurkan-audience-platform#comments Tue, 01 Sep 2015 13:43:16 +0000 http://swa.co.id/?p=119568 Indonesia termasuk dari salah satu pengguna Twitter terbanyak di dunia. Kehadirannya menjadi ‘social soundtrack’ kehidupan sehari-hari bagi pengguna di Indonesia. Mulai dari cara mudah mengakses informasi yang real-time, terhubung dengan pengguna lain, hingga tempat ekspresi dan aktualisasi diri terhadap segala hal yang terjadi saat ini. Sejak dibukanya kantor resmi Twitter di Indonesia, pada bulan Maret 2015, banyak inisiatif yang telahRead More

The post Twitter Luncurkan Audience Platform appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Roy Simangunsong (kiri), Country Business Head Twitter Indonesia

Roy Simangunsong (kiri), Country Business Head Twitter Indonesia

Indonesia termasuk dari salah satu pengguna Twitter terbanyak di dunia. Kehadirannya menjadi ‘social soundtrack’ kehidupan sehari-hari bagi pengguna di Indonesia. Mulai dari cara mudah mengakses informasi yang real-time, terhubung dengan pengguna lain, hingga tempat ekspresi dan aktualisasi diri terhadap segala hal yang terjadi saat ini.

Sejak dibukanya kantor resmi Twitter di Indonesia, pada bulan Maret 2015, banyak inisiatif yang telah dikerjakan di Indonesia. Mulai dari Peta Jakarta yang bekerja sama dengan Pemda DKI Jakarta, kampanye Ramadhan yang menghasilkan 20% percakapan global berasal dari Indonesia, hingga gerakan “Nyalakan Indonesia” dengan tagar #RI70 yang berhasil mencapai 440.000 Tweet.

Hal tersebut diungkapkan oleh Parminder Singh, Managing Director, Twitter Asia Tenggara, India, serta Timur Tengah dan Afrika Utara. Sebagai bentuk komitmennya di Indonesia, menurut Singh, Twitter meluncurkan Audience Platform.

“Kehadiran Audience Platform, mulai sekarang pengiklan dapat dengan mudah memperluas jangkauan Promoted Video dan Tweet engagement mereka ke Twitter Audience Platform dengan hanya satu kali klik,” ungkap Singh saat konferensi pers di Jakarta (1/9/).

Twitter Audience Platform adalah sebuah platform yang mudah dan efektif bagi para pengiklan untuk menjangkau audiens mereka, baik di Twitter maupun di ribuan aplikasi lainnya yang tergabung dalam  MoPub, bursa mobile ad terbesar di dunia. Terobosan Twitter ini, dapat membantu pengiklan untuk memperluas jangkauan audiens serta meningkatkan engagement.

“Indonesia adalah salah satu pasar terpenting bagi Twitter. Kami akan terus berinvestasi di sini, salah satunya dengan meluncurkan Twitter Audience Platform di Indonesia agar para pengiklan dapat memperluas jangkauan audiens mereka, baik di Twitter maupun di luar Twitter, hingga ke lebih dari 700 juta orang di seluruh dunia,” ucap Singh.

Sementara itu, Roy Simangunsong Country Business Head Twitter yang baru akan melakukan kerja sama dengan seluruh pengguna, partner serta komunitas lokal di Indonesia untuk menjadikan Twitter lebih bermanfaat dan mudah diakses sebagai platform percakapan langsung yang bersifat publik.

“Kami memiliki beragam rencana menarik untuk Indonesia dan saya tidak sabar untuk dapat segera mulai bekerja sama dengan advertiser guna menghubungkan mereka dengan para pengguna dan partner untuk berbagai momen penting di Indonesia,” ucap Roy. (EVA)

The post Twitter Luncurkan Audience Platform appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/technology/twitter-luncurkan-audience-platform/feed 0
Princess Cruises Gencar Memasarkan Layanan Pesiarhttp://swa.co.id/business-strategy/marketing/princess-cruises-gencar-memasarkan-layanan-pesiar http://swa.co.id/business-strategy/marketing/princess-cruises-gencar-memasarkan-layanan-pesiar#comments Tue, 01 Sep 2015 13:33:45 +0000 http://swa.co.id/?p=119550 Wisata dengan menggunakan kapal pesiar tidak terdengar lazim bagi orang Indonesia. Pasalnya, masih ada stigma bahwa wisata dengan menggunakan moda ini merupakan liburan yang mahal dan hanya kelas eksklusif yang memiliki akses terhadap kapal pesiar. Princess Cruises hadir di pasar Indonesia dan Asia Tenggara dengan tujuan menghilangkan stigma tersebut. Perusahaan kapal pesiar asal Amerika itu kini menyediakan roundtrip cruises yangRead More

The post Princess Cruises Gencar Memasarkan Layanan Pesiar appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Wisata dengan menggunakan kapal pesiar tidak terdengar lazim bagi orang Indonesia. Pasalnya, masih ada stigma bahwa wisata dengan menggunakan moda ini merupakan liburan yang mahal dan hanya kelas eksklusif yang memiliki akses terhadap kapal pesiar. Princess Cruises hadir di pasar Indonesia dan Asia Tenggara dengan tujuan menghilangkan stigma tersebut. Perusahaan kapal pesiar asal Amerika itu kini menyediakan roundtrip cruises yang berangkat dari Singapura dan berpesiar di kawasan Asia Tenggara. Pelabuhan yang dikujungi adalah pelabuhan-pelabuhan yang terkenal juga sebagai daerah wisata mancanegara seperti Penang, Langkawi, Phuket, Ko Samui, Benoa, dan Port Kelang.

Farriek Tawfik, Direktur Princess Cruises untuk Asia Tenggara, menjelaskan bahwa pasar kapal pesiar di Indonesia sendiri sudah mengalami peningkatan sebesar 7,7% semenjak tahun 2012 kendati stigma bahwa berpesiar adalah jenis liburan yang royal masih sering terdengar di kalangan masyarakat luas. Dia menjelaskan bahwa usaha-usaha yang dilakukan oleh Princess Cruises akan berfokus pada menjangkau dan menyesuaikan produk serta layanan kapal pesiar untuk beragam konsumen di Indonesia.

“Indonesia merupakan pasar penting dalam rencana ekspansi kami di Asia Tenggara, dan kami melihat terdapat minat yang stabil dari kelas menengah yang terus meningkat hingga pelancong multi generasi dan generasi millenial. Saat ini kami bekerjasama dengan agen-agen perjalanan kami untuk merancang penawaran-penawaran di atas kapal yang sesuai dengan preferensi konsumen Indonesia,” jelas Farriek. Dalam usahanya merangkul pasar Indonesia, Princess Cruises pun menyediakan layanan pesiar ke Alaska, Mediterania, dan kepulauan Inggris yang diklaim sebagai tujuan-tujuan populer bagi konsumen Indonesia.

Sapphire Princess, salah satu kapal pesiar miliki Princess Cruises

Sapphire Princess, salah satu kapal pesiar miliki Princess Cruises

Sedangkan untuk menyentuh segmen kelas menengah serta orang-orang yang belum pernah berpesiar sebelumnya, Princess Cruises menawarkan pesiar Asia dan Asia Tenggara dengan rentang waktu yang relatif sebentar. Farriek menganjurkan bahwa untuk para pemula dalam liburan pesiar ini, sebaiknya mengambil paket 3 atau 4 hari sebagai percobaan. Hal ini karena bagi pemula, dikhawatirkan akan cepat merasa bosan jika berlama-lama di kapal pesiar. “Tapi dengan mengenal dulu konsep apa itu berpesiar, kami harap orang-orang baru akan menyukainya. Karena jika telah mencobanya, konsumen akan menyadari bahwa berpesiar ini lebih praktis dan menyenangkan daripada berlibur menggunakan pesawat terbang,” jelas Farriek.

Farriek menjelaskan, dengan kisaran harga Rp 5 juta saja, seorang wisatawan sudah mampu merasakan pesiar selama 3 hari dari Singapore ke Penang lalu ke Kuala Lumpur dan kembali ke Singapura. Dia menjelaskan bahwa wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan lagi tentang hotel dan makanan karena Rp 5 juta itu sudah mencakup aspek-aspek tersebut. Dia menjelaskan bahwa liburan semacam ini, mustahil didapat dengan harga yang sama jika menggunakan pesawat terbang. “Wisatawan dalam 3 hari sudah mengunjungi 3 kota berbeda di Asia tenggara, tidak perlu mencari hotel lagi. Bisa dibilang, berpesiar ini sama dengan membayar hotel berjalan. Saat malam anda tidur, pagi hari bangun sudah ada di kota lain,” jelasnya. Tapi tentu saja wisatawan Indonesia masih harus memikirkan biaya transportasi ke Singapura karena kapal pesiar Princess Cruises berlabuh di sana.

Dampak ekonomi dari setiap musim homeporting di Asia Tenggara, menurut perkiraan Princess Cruises dapat mencapai angka US$ 50 juta. Ini termasuk pengeluaran penumpang dan awak di setiap pelabuhan, komisi agen perjalanan dan biaaya pemasaran. “Kami melihat pertumbuhan dan permintaan yang luar biasa di Indonesia untuk musim homeporting di wilayah ini dan kami berharap agar peningkatan jadwal dan penawaran di atas kapal dapat terus memberikan daya tarik untuk penumpang Indonesia yang kami hargai,” ujar Farriek. (EVA)

The post Princess Cruises Gencar Memasarkan Layanan Pesiar appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/princess-cruises-gencar-memasarkan-layanan-pesiar/feed 0
L’Oréal Ajak Tampil Berani dengan Lipstick Merahhttp://swa.co.id/business-strategy/marketing/loreal-ajak-perempuan-indonesia-tampil-berani-dengan-lipstick-merah http://swa.co.id/business-strategy/marketing/loreal-ajak-perempuan-indonesia-tampil-berani-dengan-lipstick-merah#comments Tue, 01 Sep 2015 12:36:37 +0000 http://swa.co.id/?p=119548 Mengusung tagline #RedItOut, L’Oréal Paris meluncurkan Color Richie Pure Reds Star Collection, 6 lipstick bernuansa merah yang merupakan pilihan para brand ambassador L’Oréal Paris. Warna merah memiliki arti yang berbeda di setiap negara. Misalnya, di Prancis, warna merah melambangkan keromantisan dan kebahagian. Perempuan Prancis memakai lipstick merah dalam kegiatan mereka sehari-hari. Tujuannya agar aura kebahagiaan mereka terpancar setiap hari. DiRead More

The post L’Oréal Ajak Tampil Berani dengan Lipstick Merah appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Foto 2Mengusung tagline #RedItOut, L’Oréal Paris meluncurkan Color Richie Pure Reds Star Collection, 6 lipstick bernuansa merah yang merupakan pilihan para brand ambassador L’Oréal Paris.

Warna merah memiliki arti yang berbeda di setiap negara. Misalnya, di Prancis, warna merah melambangkan keromantisan dan kebahagian.

Perempuan Prancis memakai lipstick merah dalam kegiatan mereka sehari-hari. Tujuannya agar aura kebahagiaan mereka terpancar setiap hari. Di Indonesia, warna merah melambangkan keberanian. Namun, perempuan Indonesia masih jarang memakai lipstick merah dalam kegiatan sehari-hari. Masih ada anggapan bahwa lipstick merah hanya untuk dipakai di pesta pernikahan atau acara-acara khusus. Padahal lipstick merah dapat secara instan membangkitkan kepercayaan diri dan juga keberanian perempuan. Misalnya ketika akan melakukan presentasi di depan klien, rapat, berbicara di depan umum, berkumpul bersama keluarga dan sahabat, dan masih banyak lagi.

Tagline #RedItOut bukan hanya sekedar tagline, melalui tagline ini L’Oréal ingin meng-empower perempuan Indonesia agar lebih berani dengan memakai lipstick merah. “Kami ingin menunjukkan kepada perempuan Indonesia bahwa lipstick merah bisa dipakai sehari-hari. Selain itu, kami ingin mengajak perempuan Indonesia agar lebih berani mengekspresikan rasa percaya diri mereka,” ujar Antania Hanjani, Product Manager Makeup L’Oréal Paris Indonesia. Hasil akhir yang matte namun melembabkan menjadi salah satu keunggulan dari Color Richie Pure Reds Star Collection ini. “Kandungan velvet cream dan warna merah yang nyata sehingga sangat nyaman dipakai sehari-hari merupakan kekuatan dari produk ini,” jelas Antania.

IMG_3322

Untuk membantu konsumen menemukan warna merah yang cocok dengan kepribadian dan juga warna kulit, L’Oréal menyediakan Red Finder yang dapat diakses melalui miscrosite. Keenam nuansa warna merah dari rangkaian Color Richie Pure Reds Star Collection yaitu, pertama Pure Brick. Lipstick ini memiliki nuansa warna merah bata. Lipstick yang dipilih oleh Aishwarya Rai ini memiliki arti dare to be passionate. Kedua, Pure Rouge.

Lipstick ini memiliki nuansa warna merah murni. Lipstick yang dipilih oleh Freida Pinto ini memiliki arti dare to dream. Ketiga, Pure Amaranthe. Lipstick ini memiliki nuansa warna pink fushia. Lipstick yang dipilih oleh Gong Li ini memiliki arti dare to be in love. Keempat, Pure Fire. Lipstick ini memiliki nuansa warna orange. Lipstick yang dipilih oleh Ling Bing Bing ini memiliki arti dare to take risk. Kelima, Pure Vermeil. Lipstick ini memiliki nuansa warna coral. Lipstick yang dipilih oleh Fan Bing BIng ini memiliki arti dare to explore. Keenam, Pure Garnet. Lipstick ini memiliki nuansa warna keunguan. Lipstick yang dipilih oleh Sonam Kapoor ini memiliki arti dare to be different.

Untuk pemakaian lipstick bewarna merah, Adi Adrian, L’Oréal Paris Official Makeup Artist menyarankan agar memulaskan bedak atau foundation terlebih dahulu di bibir. Setelah itu, baru memakai lipstick. Tujuannya agar lipstick lebih awet. “Bisa juga dipulas 2 kali. Setelah pemakaian pertama, lipstick dihapus, lalu dipulas lagi,” tambahnya.

Color Richie Pure Reds Star Collection dijual dengan harga Rp 155.300 dan dapat ditemukan di seluruh department store dan juga counter L’Oréal di Indonesia. (EVA)

The post L’Oréal Ajak Tampil Berani dengan Lipstick Merah appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/loreal-ajak-perempuan-indonesia-tampil-berani-dengan-lipstick-merah/feed 0
Majukan Daerah, Kembangkan Industri Kreatifhttp://swa.co.id/business-strategy/management/majukan-daerah-kembangkan-industri-kreatif http://swa.co.id/business-strategy/management/majukan-daerah-kembangkan-industri-kreatif#comments Tue, 01 Sep 2015 10:33:14 +0000 http://swa.co.id/?p=119333 Indonesia punya lebih dari 14 ribu pulau dengan keanekaragaman budaya dan kearifan lokal yang tentunya menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung. Sejumlah wilayah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, lebih diuntungkan karena memiliki kekayaan sumber daya alam seperti komoditas perkebunan, pertambangan, minyak dan gas bumi. Namun, daerah lain di Indonesia tak perlu berkecil hati. “Daerah-daerah yang lain ituRead More

The post Majukan Daerah, Kembangkan Industri Kreatif appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Indonesia punya lebih dari 14 ribu pulau dengan keanekaragaman budaya dan kearifan lokal yang tentunya menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung.

Sejumlah wilayah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, lebih diuntungkan karena memiliki kekayaan sumber daya alam seperti komoditas perkebunan, pertambangan, minyak dan gas bumi. Namun, daerah lain di Indonesia tak perlu berkecil hati.

“Daerah-daerah yang lain itu harus mencari apa uniqueness yang potensial untuk mendorong bisnis. Pemetaaan kompetensi daerah itu yang penting, karena masing-masing daerah pasti memiliki potensi yang unik,” kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Indonesia Atmajaya, A. Prasetyantoko.

Dalam banyak kasus, lanjut dia, yang menjadi motor penggerak adalah kreativitas penduduknya. Kalau dibingkai lebih besar lagi, industri kreatif harus didorong demi kemajuan suatu daerah.

“Itu adalah modal utama. Satu, budaya. Dua, uniqueness yang masing-masing daerah berbeda-beda. Tiga, karakter lokal. Inilah yang menjadi modal untuk membangun industri kreatif,” kata dia.

 Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, A. Prasetyantoko

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, A. Prasetyantoko

Pemimpin daerah seperti Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini tengah banyak menjadi sorotan karena mampu menonjolkan kreativitas untuk membangun wilayahnya. Sosok pemimpin seperti ini yang dibutuhkan untuk memajukan daerah.

“Karakteristik pemimpin itu akan memberi warna karena birokrasi di Indonesia itu belum ada karakternya. Etos kepemimpinannya belum jadi. Sehingga, begitu ada pemimpin yang bisa memberi warna, birokrasi akan mengikuti,” katanya.

Kepala Ekonom BTN ini menilai Banyuwangi juga berkembang pesat dengan salah satu motor penggerak adalah sang bupati, Abdullah Azwar Anas. Dengan kreativitas, daerah bisa mengeksplorasi bakat-bakat dan potensi lokal untuk dikembangkan.

“Banyuwangi yang hari-hari ini terlihat progresif di bidang pariwisata dan IT. Mereka berani mencanangkan sebagai smart city, karena infrastruktur dan IT-nya bagus. Nah, itu salah satu cara yang bagus untuk mengundang investasi,” kata dia.

Selanjutnya, kreativitas akan mendorong tumbuh-kembang kewirausahaan (entrepreneurship) dengan balutan inovasi dan profesionalisme. Jika sudah banyak wirausahawan baru bermunculan, bisnis di daerah akan semakin berkembang pesat.

Hanya saja, industri kreatif tidak akan bisa berjalan tanpa didukung ketersediaan infrastruktur. Ia menyayangkan potensi wisata di Tanah Air yang belum optimal menggaet banyak jumlah turis domestik maupun mancanegara.

“Yang paling konkrit, Raja Ampat. Jarang turis ke sana, kenapa? Penerbangan ke sana jarang. Hotel juga belum terlalu banyak. Infrastruktur ini biasanya terkait cost. Kalau infrastrukturnya buruk, cost akan semakin mahal,” ujar dia. (Reportase: Destiwati Sitanggang)

The post Majukan Daerah, Kembangkan Industri Kreatif appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/majukan-daerah-kembangkan-industri-kreatif/feed 0
Tiket.com Kebanjiran Booking 10 Ribu Tiket Tiap Harihttp://swa.co.id/business-strategy/marketing/tiket-com-kebanjiran-booking-10-ribu-tiket-tiap-hari http://swa.co.id/business-strategy/marketing/tiket-com-kebanjiran-booking-10-ribu-tiket-tiap-hari#comments Tue, 01 Sep 2015 10:20:30 +0000 http://swa.co.id/?p=119515 Tiket.com, alah satu perusahaan travel online yang sudah berumur empat tahun dengan penjualan tiket pesawat, hotel, kereta api, car rental, event, dan atraksi dengan lebih dari 10.000 booking tiket per hari kini menghadirkan fasilitas terbarunya berupa Loyalty Card dan Virtual Card Tiket.com untuk seluruh pengguna fasilitas travel online-nya. “Kedua inovasi kartu Tiket.com tersebut dihadirkan untuk meningkatkan layanan penggunanya dan mendorongRead More

The post Tiket.com Kebanjiran Booking 10 Ribu Tiket Tiap Hari appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Tiket.com, alah satu perusahaan travel online yang sudah berumur empat tahun dengan penjualan tiket pesawat, hotel, kereta api, car rental, event, dan atraksi dengan lebih dari 10.000 booking tiket per hari kini menghadirkan fasilitas terbarunya berupa Loyalty Card dan Virtual Card Tiket.com untuk seluruh pengguna fasilitas travel online-nya.

20150827_144641_resized

“Kedua inovasi kartu Tiket.com tersebut dihadirkan untuk meningkatkan layanan penggunanya dan mendorong pertumbuhan tingkat perjalanan wisata maupun bisnis di Indonesia melalui teknologi informasi,” ujar Gaery Undarsa, Managing Director Tiket.com.

Bekerja sama dengan Bank BCA, fasilitas Loyalty Card tentunya diharapkan bisa meningkatkan layanan pengguna dan mendorong pertumbuhan tingkat perjalanan wisata di Indonesia. Selain itu para konsumen bisa mendapatkan kemudahan dan fasilitas yang lebih dengan bertransaksi di Tiket.com.

Melalui program ini konsumen bisa mendapatkan diskon di merchant-merchant yang bekerja sama dengan Tiket.com, baik itu restauran, tempat hiburan, hingga potongan biaya parkir.

“Kami sangat menghargai kerja sama yang terjalin dengan Tiket.com ini. Memang sejak awal kami selalu mendukung Tiket.com baik secara perbankan maupun dalam bentuk kerja sama lainnya,” kata Senior General Manager Head of Consumer Card BCA Santoso.

Tiket.com ini telah mampu mengembangkan penjulaan tiket secara on line untuk jenis penjualan tiket pesawat, hotel, kereta api, car rental, event, dan atraksi dengan lebih dari 10.000 booking tiket per hari dan Dari segi penjualan Tiket.com berhasil meningkatkan revenue dari tahun ke tahun di mana di tahun keduanya Tiket.com telah berhasil menjadi perusahaan yang menghasilkan transaksi mencapai 1,9 juta tiket di akhir tahun 2014.

Saat ini Tiket.com sudah berpartner dengan 14 airlines besar domestik dan regional dan memiliki lebih dari 180.000 jaringan hotel lokal dan internasional. Selama 4 tahun saat ini Tiket.com telah memiliki pertumbuhan data server sebesar 4000 GigaBytes guna memberikan layanan bisnis yang makin lenngkap diantaranya pesawat, hotel, kereta api, event, dan konser. Dari sisi layanan, Tiket.com telah melengkapi pengembangan aplikasinya di semua platform. Mulai dari layanan customer service 24 jam, aplikasi di Android, IOS, dengan dukungan 250 karyawan. (EVA)

The post Tiket.com Kebanjiran Booking 10 Ribu Tiket Tiap Hari appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/marketing/tiket-com-kebanjiran-booking-10-ribu-tiket-tiap-hari/feed 0
Kota Denpasar, Fokus Ekonomi Kreatifhttp://swa.co.id/business-strategy/management/kota-denpasar-fokus-ekonomi-kreatif http://swa.co.id/business-strategy/management/kota-denpasar-fokus-ekonomi-kreatif#comments Tue, 01 Sep 2015 10:15:01 +0000 http://swa.co.id/?p=119420 Kota Denpasar resmi berdiri tahun 1992 setelah sebelumnya merupakan Ibukota Kabupaten Badung. Dengan luas 127,78 km2 atau 2,27% dari total wilayah Provinsi Bali, Kota Denpasar menjadi daerah tingkat II terkecil di Bali yang terbagi menjadi 4 kecamatan dengan 43 desa/kelurahan. Sebagai kota yang miskin sumber daya alam namun mempunyai interaksi sosial ekonomi yang lebih tinggi daripada 8 daerah tingkat duaRead More

The post Kota Denpasar, Fokus Ekonomi Kreatif appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
Kota Denpasar resmi berdiri tahun 1992 setelah sebelumnya merupakan Ibukota Kabupaten Badung. Dengan luas 127,78 km2 atau 2,27% dari total wilayah Provinsi Bali, Kota Denpasar menjadi daerah tingkat II terkecil di Bali yang terbagi menjadi 4 kecamatan dengan 43 desa/kelurahan.

Sebagai kota yang miskin sumber daya alam namun mempunyai interaksi sosial ekonomi yang lebih tinggi daripada 8 daerah tingkat dua yang lain, Denpasar menjelma menjadi kota kreatif namun tak meninggalkan kearifan lokal.

“Kami concern pada penguatan ekonomi kerakyatan yang berlandaskan ekonomi kreatif. Saya memang senang dalam tatanan mikro menengah, bagaimana membuat penguatan-penguatan yang dilandasi kreativitas,” ujar Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, yang dilantik 11 Agustus 2010 silam.

Rai Mantra, panggilan akrabnya, mengakui sejak awal memang merancang dan menggerakkan pembangunan kota Denpasar dengan kreativitas sebagai landasan utama. Dalam dua tahun pertama, mantan Ketua Hipmi Bali itu berhasil membawa Kota Denpasar meraih berbagai penghargaan tingkat Nasional.

Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra

Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra

Penghargaan baginya bukan tujuan. Namun, menjadikan warga Denpasar mandiri dengan daya kreasi, inovasi, dan jiwa kewirausahaan adalah tujuan utama hingga akhir masa jabatannya 11 Agustus 2015 lalu.

Dia memulai gerakan ekonomi kreatif dengan menjabarkan apa itu kreatif, kreativitas, dan bagaimana cara membangkitkannya. Kemudian, memetakan potensi kreatif yang ada dan mengaplikasikannya di masyarakat.

“Untuk mempercepat tingkat pertumbuhan, kita harus memiliki daya kreativitas yang tinggi. Semua orang harus kreatif agar bisa kuat dalam iklim persaingan dunia yang semakin ketat ini, tidak hanya pemerintah yang kreatif, masyarakat pun harus kreatif.”

Lewat British Council yang memberi masukan tentang konsep ekonomi kreatif dan bagaimana membangun sebuah creative city, dari sebuah kota yang tidak mempunyai value menjadi punya value berharga, Rai Mantra berhasil menghidupkan kembali kawasan jalan Gajah Mada yang sudah lama “mati suri” menjadi heritage city.

Caranya, dengan membangkitkan kembali sejarah kawasan yang berkaitan erat dengan Puputan Badung dan pernah menjadi pusat interaksi antara masyarakat Bali dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia.

Ekonomi kreatif menurut dia tidak hanya mencakup sektor ekonomi, tapi lebih luas dari itu. Sektor pertanian dan perikanan dengan kreativitas tinggi bisa dikembangkan sehingga memiliki daya saing dan merebut perhatian, serta bahkan menguasai pasar.

Menjadikan Denpasar kota kreatif berwawasan budaya dalam keseimbangan menuju keharmonisan, menurut Rai Mantra lalu ditetapkan menjadi visi Denpasar. Kreativitas bisa lebih dipahami jika ada satu landasan filosofi yang berakar dari kultur yang mereka kenal, bukan dari kultur baru.

“Bagaimana kita secara kreatif mengeksploitasi kearifan lokal dan mensinergikannya dengan perangkat modern untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan diterima oleh orang banyak,” katanya. (Reportase: Silawati)

The post Kota Denpasar, Fokus Ekonomi Kreatif appeared first on Majalah SWA Online.

]]>
http://swa.co.id/business-strategy/management/kota-denpasar-fokus-ekonomi-kreatif/feed 0