Home » Listed Articles » Akibat Kelangkaan BBM, Ekspektasi Kenaikan Inflasi Meningkat

Akibat Kelangkaan BBM, Ekspektasi Kenaikan Inflasi Meningkat

Dilatarbelakangi kekhawatiran tersebut, Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) melemah sebesar 2,3% menjadi 91,6. Kedua komponen IKK turun yaitu Indeks Situasi Sekarang (ISS) jatuh 3,4% menjadi 72,2 dan Indeks Ekspektasi (IE) juga melemah sebesar 1,7% menjadi 109,1.

Di Juli, kelangkaan BBM masih terjadi di banyak daerah di Indonesia, sehingga mendorong peningkatan inflasi dan pelemahan kurs rupiah pada bulan bersangkutan. Dengan melonjaknya harga minyak dan dampak dari peningkatan inflasi serta depresiasi nilai tukar rupiah, masyarakat merasa khawatir terhadap keadaan ekonomi saat ini.

Memang, kelangkaan BBM telah memukul kehidupan masyarakat sehari-hari dan menurunkan daya beli mereka. Berkenaan dengan persoalan kelangkaan BBM, konsumen lebih menyalahkan pemerintah kendati persoalaan ini sebenanya dipicu oleh melambungnya harga minyak dunia. Indeks Kepercayaan Konsumen terhadap Pemerintah (IKKP) jatuh sebesar 4,4% menjadi 122,7, di mana komponen IKKP yang mengukur kemampuan pemerinah dalam mengendalikan inflasi jatuh signifikan sebesar 10,6% menjadi 94,1.

SHARE SOCIAL MEDIA

Category: Listed Articles  |  Comment (RSS)  |  Trackback

LEAVE A REPLY


− 1 = six