Home » Listed Articles » Aqua Tetap Memimpin Pasar AMDK

Aqua Tetap Memimpin Pasar AMDK

Menurut data Aspadin (Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia), saat ini diperkirakan ada sekitar 400 perusahaan AMDK yang menjajakan tak kurang dari 600 merek. Banyaknya merek tersebut lantaran setiap perusahaan AMDK punya lebih dari satu merek, atau memproduksi second brand.

Contohnya, Aqua juga memproduksi Vit. Hadirnya second brand tersebut untuk merespon tuntutan pasar yang menginginkan air minum berstandar tapi dengan harga terjangkau, daripada membeli air isi ulang.

Hasil riset MARS Indonesia yang dimuat dalam “Indonesian Consumer Profile 2008″ menunjukkan tetap berkuasanya Aqua. Selama dua tahun berturut-turut, yaitu 2006 dan 2007, Aqua yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississipi itu agaknya terlalu kuat untuk dikalahkan oleh para kompetitornya, seperti Club, Ades, Total, 2Tang, Aquaria dan lain-lain.

Seperti pada 2007 total market share Aqua bertengger pada posisi 91,4%, jauh mengungguli Club yang Cuma meraih porsi 1,8%, Vit 1,7%, Ades 1,2%, Aquaria 0,4%, 2 Tang 0,3% dan Total 0,2%. Sedangkan tahun 2006, perolehannya sedikit lebih tinggi yaitu pada posisi 92,7%.

SHARE SOCIAL MEDIA

Category: Listed Articles  |  Comment (RSS)  |  Trackback

LEAVE A REPLY


+ 1 = nine