Home » Listed Articles » Bank Mandiri Akan Bangun Layanan Pengiriman Uang di Malaysia

Bank Mandiri Akan Bangun Layanan Pengiriman Uang di Malaysia

Layanan remittance di Malaysia akan dikelola oleh Mandiri International Remittance (MIR), anak perusahaan Bank Mandiri yang khusus didirikan untuk mengembangkan bisnis remittance Bank Mandiri. Dengan sistem teknologi berbasis web, MIR akan melakukan operasional layanan pengiriman uang untuk menambah 30 kota kantong TMKI yang tersebar di Malaysia.

Ijin yang didapat Bank Mandiri sendiri sejalan dengan strategi Bank Mandiri utuk meningkatkan pendapatan fee based dari layanan remittance dari Malaysia ke Indonesia, Singapura atau negara lain yang sudah terdapat cabang Bank Mandiri. Dengan beroperasinya MIR, Bank Mandiri akan menjadi bank komersial pertama di Indonesia yang membuka layanan remittance di Malaysia.

Pemilihan Malaysia sebagai lokasi pengembangan bisnis remittance Bank Mandiri cukup beralasan mengingat jumlah TKI yang berada di Malaysia saat ini berdasarkan data Bank Dunia mencapai 2 juta jiwa lebih. Selain itu jumlah TKI yang diberangkatkan ke Malaysia meningkat rata-rata 15% setiap tahunnya.

Thomas menambahkan, bisnis remittance khususnya dari TKI masih berpotensi dan cenderung dapat bertahan di masa krisis. Hal ini dapat terlihat dari data BI yang menunjukkan peningkatan total pengiriman uang dari USD 6 miliar pada tahun 2007 menjadi USD 8,24 miliar, pada tahun 2008, atau meningkat 37,33%.

SHARE SOCIAL MEDIA

Category: Listed Articles  |  Comment (RSS)  |  Trackback

LEAVE A REPLY


+ 8 = eleven