Listed Articles

Handito Joewono: InnovAstra Tidak Bisa Kekal

Handito Joewono: InnovAstra Tidak Bisa Kekal

Hidup ini ajang kompetisi. Bukan untuk saling membunuh, tetapi untuk berlomba menjadi yang lebih baik dibandingkan kompetitor. Karenanya jangan matikan kompetisi. Biarkan kompetitor tetap hidup, bahkan tidak perlu dipermasalahkan bila kompetitor terus maju, asalkan kita jauh lebih maju.

Prinsip seperti itu pulalah yang ditangkap dari ajang InnovAstra. Manajemen Astra menyelenggarakan kompetisi besar-besaran di internal Astra agar masing-masing individu, kelompok, unit kerja dan antar anak perusahaan saling berkompetisi menjadi yang lebih baik dan kemudian dari tahun ke tahun ke tahun didorong untuk menjadi makin baik sesuai dengan filosofi Kaizen. “Tema kompetisi “improvement and innovations” sangat efektif untuk mendongkrak perbaikan kinerja, baik yang bersifat non keuangan maupun keuangan,” ujar Handito Joewono, Chief Strategy Consultant dan President Arrbey, saat diminta komentarnya tentang ajang InnovAstra yang digelar saban tahun.

Menurutnya, tentu tidak ada karyawan yang tidak ingin ketemu dewan direksi, apalagi yang hirarki levelnya masih jauh dari kantor pusat. Tidak ada juga karyawan ‘waras’ yang tidak ingin nilai PA (Performance Appraisal) nya baik sehingga berkesempatan mendapat penghargaan atau promosi lebih dini. Gairah maju menjadi energi positif yang tersebar di segenap penjuru perusahaan dan tentu akan efektif untuk menggerakkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Esensi dari kegiatan kompetisi InnovAstra menjadi semakin bermakna karena mengakar pada corporate culture yang sudah terbentuk sejak ‘jaman dahulu kala’ di Astra bahwa penghargaan kepada insan pengelola perusahaan mendapat prioritas utama. Sebagai ‘alumni’ Astra di era ‘jadul’ lebih dari dua puluh tahun lalu, Handito juga merasakan konsistensi implementasi corporate culture Astra tersebut dari dulu sampai saat ini.

“Program kompetisi InnovAstra yang ditempatkan dalam kerangka aplikasi corporate culture seperti dilakukan di Astra akan menjadi program yang efektif, efisien dan sinerjik untuk menjamin pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan,” ungkap Handito.

Dalam kerangka konsep The 5 Arrows of Strategic Development, pertumbuhan perusahaan dilakukan melalui tahapan-tahapan Understanding, Crafting the Strategy, Commencing, Enhancing dan Reviewing yang tidak ada titik putusnya selama perusahaan masih beroperasi. Dalam konteks Astra, kegiatan kompetisi InnovAstra merupakan upaya tiada habisnya dari langkah “Enhancing”. Tentu saja setiap kegiatan enhancing haruslah kemudian di-review. Artinya, kegiatan kompetisi InnovAstra tidak bisa menjadi program yang kekal abadi. Kalau peningkatan kinerja yang dihasilkan dari InnovAstra tidak lagi naik signifikan, maka perlu dikembangkan program atau cara lain untuk membuat pertumbuhan kinerja terus berkelanjutan. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved