Home » Listed Articles » Inilah Rahasia Kepuasan Pelanggan Oli Federal

Inilah Rahasia Kepuasan Pelanggan Oli Federal

Share :

    Direktur Marketing PT Federal Karyatama (FK), Rudy Hartono, menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan kepuasan pelanggan oli motor Federal meningkat. Pertama, pihaknya memproduksi oli yang dapat memenuhi tuntutan spesifikasi mesin motor konsumen. ”Sampai dengan pengembangan mesin motor Honda mutakhir yang diproduksi PT Astra Honda Motor tahun 2011, kami telah mendapatkan sertifikasi oli yang sesuai standar R & D Honda Jepang,” ujarnya. FK juga telah mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2008 pada 2010, dan secara konsisten berkomitmen menjalankan sistem manajemen mutu berdasarkan sertifikasi tersebut.

    Faktor kedua, Rudy mengaku FK sangat menjaga dan meningkatkan kualitas produknya melalui pembangunan pabrik yang modern dengan menerapkan teknologi robotik pertama di dunia untuk pelumas. Federal membangun Lube Oil Blending Plant (LOBP) dengan teknologi TVMC (Turbo Venturi Molecule Chrusher) dan membangun fasilitas laboratorium pelumas dengan standar internasional. Selain itu, Federal juga membangun jaringan pengecer khusus Oli Federal, yaitu Federal Oil Center yang saat ini telah mencapai 3.000 outlet yang tersebar secara nasional.

    FK melakukan survei CS pada bulan Juni- Juli tahun 2009, 2010 dan 2011 di tingkat outlet dan konsumen dengan 1.000 responden (300 outlet dan 700 konsumen) diambil secara acak di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Banjarmasin. ”Dengan skala kepuasan 1 s/d 6 terhadap pelayanan kami berturut- turut tercapai 72 persen, 80 persen dan 81persen,” ujar Rudy.

    Hingga kini, FK mempunyai jaringan lebih dari 40 dealer dan 3.000 jaringan oulet khusus Federal Oil Center di seluruh Indonesia untuk dapat melayani kebutuhan konsumen dan untuk menangani dan menyelesaikan keluhan/klaim dari konsumen yang kurang puas. Selain itu Federal juga menjalin komunikasi dengan konsumen secara on-line melalui portal www. federaloil.co.id serta www.biker pintar.com. Di tingkat pusat dan diler ada tim khusus yang bertugas untuk melayani pelanggan, yaitu tim Product Sales Promotion (PSP).

    Diakui Rudy, peningkatan kepuasan pelanggan selama 1 tahun terakhir juga diikuti dengan peningkatan kinerja penjualan. Hal ini dapat dilihat dari total penjualan di tahun 2010 yang meningkat 4.7 persen dibanding tahun sebelumnya. Di tahun ini dari Januari-Agustus 2011, total penjualan meningkat 21.7 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2010.

    Ke depannya, FK ingin menyediakan produk oli sepeda motor yang sesuai untuk kondisi iklim dan ramah lingkungan di Indonesia dan meningkatkan jumlah outlet Federal Oil Center dengan penyebaran yang merata dan seimbang di seluruh wilayah nusantara. Lalu mulai tahun 2012 secara bertahap Federal juga akan menyelenggarakan pelatihan untuk seluruh Mekanik dan ”Front line People” Oli Federal Center dalam rangka meningkatkan pelayanan ke konsumen. (EVA)

    Share :

      SHARE SOCIAL MEDIA

      One Comment

      1. bayu says:

        Bisa minta tolong CP buat bekerjasama untuk outlet federal oil? Saya rasa saya berminat untuk bekerjasama dikarenakan daerah saya blum ada. Terimakash

      LEAVE A REPLY


      five × 1 =