Home » Listed Articles » Kiat Cigna Jadi ‘Raksasa’ Telemarketing Asuransi

Kiat Cigna Jadi ‘Raksasa’ Telemarketing Asuransi

Share

Sebagai perusahaan asuransi yang ‘besar’ dengan jalur distribusi telemarketing, mengingat kontribusinya sekitar 70%-80%, Cigna mengaku optimis untuk terus menggeliat di 2012. Beberapa strategi yang diterapkan Cigna berhubungan dengan teknologi, Sumber Daya Manusia (SDM) dan media.

 

Kami ingin mengubah pandangan masyarakat bahwa asuransi bukan sekadar produk melainkan sarana peace of mind. Jika berbicara soal pemasaran asuransi, kami ingin mengubah pola ‘menjual asuransi’ menjadi ‘membeli asuransi’. Ini berarti, masyarakat benar-benar menyadari bahwa mereka membutuhkan asuransi,” ujar Vice President Affinity Business Asuransi Cigna, Alpha Omega G. Aquino.

 

Hal pertama yang disiapkan Cigna adalah teknologi. Database nasabah milik Cigna, hasil kerja sama dengan 20 bank Indonesia, akan ‘dikawinkan’ dengan teknologi Predictive Dialed System (PDS). Ini memungkinkan sales telemarketing tidak perlu repot-repot memilih satu per satu calon nasabah. Untuk teknologi ini, Cigna rela menggelontorkan setidaknya Rp 20 miliar. “Database itu memungkinkan kami melakukan consumer profiling sehingga rasio kesuksesan kami untuk menemukan nasabah yang memang menginginkan asuransi pun semakin besar,” kata Alpha lagi. Tak heran, rata-rata, sales telemarketing Cigna bisa mengantongi Rp 5 juta hingga Rp 7 juta per bulan.

 

Unsur kedua adalah Sumber Daya Manusia. Ini berarti, Cigna menyiapkan tenaga sales telemarketing yang bersertifikat profesional. Mereka bekerja di tiga in house Cigna yaitu Mampang, Menara Kadin dan BSD. “Tak hanya itu, karena kami menyadari bahwa lokasi juga menjadi pertimbangan bagi kualitas tenaga sales maka kami memiliki dua tambahan tempat yaitu di Gedung Mustika Ratu dam Cilandak. Dengan begitu, para sales bisa mengurangi tenaga yang habis di jalan,” kata Alpha.

 

Ketiga, media. Cigna memahami bahwa media, baik televisi, cetak maupun media internet, berperan besar dalam menyosialisasikan peran asuransi. Karena itu, Cigna memanfaatkan direct response TV. Yang menarik, dalam kampanye menggunakan media ini, dalam kurun 8-9 minggu, Cigna memperoleh 50 ribu telepon dari konsumen. Dari segi pemanfaatan internet, Cigna beriklan di beberapa media, Google dan memanfaatkan situs resmi mereka. Rata-rata per hari, pengunjung situs mencapai 13 ribu hingga 15 ribu orang.

 

SHARE SOCIAL MEDIA

LEAVE A REPLY


+ two = 7