Listed Articles

Komoditi Fair China Guangxi 2014 ke-4 Kembali Digelar di Jakarta

Komoditi Fair China Guangxi 2014 ke-4 Kembali Digelar di Jakarta

Indonesia selalu menjadi pasar yang legit bagi China. Tidak hanya produk-produk impor Negeri Ginseng itu yang membanjiri pasar negara kita, tapi juga pameran produsen Tiongkok. Salah satunya adalah pameran “Komoditi Fair China Guangxi 2014”. Pameran yang akan digelar 26-28 November 2014 di Jakarta International Exhibition Center, Jakarta ini adalah yang k-4 kalinya.

Perlu diketahui Indonesia adalah salah satu dari 200 negara yang menjadi mitra dagang penting bagi Guangxi. Tahun 2013 perdagangan Guangxi dan Indonesia sebesar US$ 10,2 miliar. Guangxi mengekspor ke Indonesia US$ 1,9 miliar dan mengimpor sebesar US$ 8,3 miliar. Surplus perdagangan Indonesia terhadap Guangxi mencapai US$ 6,4 miliar. Guangxi mengimpor batubara dari Indonesia, kelapa sawit, bijih, dan damar. Sedangkan Guangxi mengekspor ke Indonesia bahan bakar otomotif dan penerbangan, asam fosfat, kulit, keramik, talc, mesin teknik, dan layar LED.

Guangxi-SWAonline

(tengah) Li Shou, Director of Mechanic, Electronic and Hi-Tech Industry Departemen of Commerce of Guangxi Zhuang Autonomous Region

“Guangxi memiliki hubungan khusus dengan Indonesia sejak tahun 2003 dengan ditetapkannya Tiongkok Free Trade Area,” ujar Richard Tan, Executive Board Chairman Perhimpunan Pengusaha Indonesia Tionghoa. Menurutnya, Guangxi memiliki tiga syarat yang membuatnya memiliki otonomi khusus. Pertama, Guangxi berbatasan langsung dengan Vietnam, Kamboja. Kedua, memiliki tiga pelabuhan laut. Ketiga, memiliki pelabuhan udara yang cukup banyak.

Komoditi Fair China Guangxi 2014 akan menghadirkan 67 perusahaan dari Guangxi. Bebarapa sektor yang memeriahkan pameran seperti otomotif, mesin kontruksi, kendaraan pertanian, keramik, mesin peralatan mekanik, produk elektronik, mineral dan kimia, karya seni, makanan dan hasil ternak, tekstil, pakaian, biofarmasi dan produk perangkat lunak.

Menurut Li Shou, Director of Mechanic, Electronic and Hi-Tech Industry Departemen of Commerce of Guangxi Zhuang Autonomous Region, pameran ini tidak hanya mengekspos produk Guangxi, tetapi juga mencari platform kerja sama. “Tujuan pameran ini bukan untuk mengejar nilai transaksi tertentu, tapi untuk memperkenalkan Guangxi ke Indonesia. Selain itu, untuk membantu produk Indonesia dan mempromosikannya agar bisa masuk ke pasar Tiongkok melalui Guangxi dan memperluas produk Indonesia di Tiongkok,” papar Li Shou.

Dijelaskan Li Shou, pameran tahun ini diadakan oleh Department of Commerce of Guangxi Chuang dan Biro Guangxi International Expo, Guangxi Golden Globe Expo dan Indonesia International Expo. Mendapat dukungan dari Kementrian Perindustrian Indonesia, Indonesia Chinese Chamber of Commerce, Kadin Indonesia, Indonesia and China Business Council, Asosiasi Pameran Industri Indonesia dan dan Kedutaan Besar China departemen ekonomi.

Yang menarik, pameran ini akan dihadiri oleh pemimpin sektor ekonomi utama di Indonesia, para pemimpin asosiasi industri, pejabat Kedutaan Besar China. Sedangkan skala pameran: Area seluas 2.764 meter persegi, 71 stan, dan cahaya ruangan mencakup 395 meter persegi.

Apa saja perbedaan pameran tahun 2014 denga beberapa tahun sebelumnya? “Dibandingkan dengan tiga pameran sebelumnya, produk pameran dengan kelas yang lebih tinggi dan lebih banyak ragam. Di antaranya otomotif, mesin konstruksi, kendaraan pertanian, keramik dan mesin peralatan mekaniknya, produk elektronik, mineral dan kimia, karya seni, makanan dan hasil ternak, tekstil dan pakaian, bio-farmasi, produk perangkat lunak, dan kategori lainnya,” jelas Li Shou.

Dari 67 perusahaan Guangxi yang berpartisipasi kebanyakan merupakan perusahaan industri terkemuka. Dongfeng Liuzhou Motor Company, berdiri pada 1954, adalah produsen mobil pertama di Guangxi. Dengan produksi utama Dongfeng Chenglong, Dongfeng Balong, Dongfeng Populer, dan Dongfeng Dragon.

Lebih dari 200 macam otomotif berat maupun ringan seperti MPV, produksi tahunan 65.000 kendaraan umum, mobil pribadi 80.000. Merek dan penjualannya di China termasuk yang terbaik. Penjualan keluar negeri meliputi Vietnam, Indonesia, Filipina, Myanmar dan negara ASEAN lainnya. Juga ke Timur Tengah, Afrika Utara, Amerika Latin, dan lain-lain.

Guangxi Liugong Machinery (GLM) adalah top 500 perusahaan manufaktur di China, didirikan pada 1958. GLM menjadi perusahaan industri mesin konstruksi China pertama yang terdaftar di Guangxi. Disebut sebagai pelopor industri mesin konstruksi China. GLM memimpin produk untuk wheel loader, crawler excavator, road roller, forklift truck, road machinery dan produk lainnya.

YC Diesel Machinery adalah perusahaan terbesar Cina yang memproduksi mesin diesel. Berdiri 1951 di kota Yulin. Kapasitas produksinya per tahun mencapai 800.000 unit. Produk utamanya mesin diesel dan generator genset. Terdiri dari mesin berat, sedang, ringan, mikro dan 15 seri lainnya. Produknya menjadi tenaga penggerak pilihan utama untuk truk, bus, mesin konstruksi, mesin pertanian di China. Penjualannya selama bertahun-tahun selalu menjadi peringkat terdepan dalam negeri. Saat ini, produk YC Diesel di luar negeri mencapai hampir 20 ribu unit dan terjual di lebih dari 180 negara.

Sumpo Electric Vehicle adalah satu-satunya pabrik manufaktur yang memproduksi kendaraan bertenaga listrik di Guangxi. Terletak di Nanning. Total investasinya sebesar 15 miliar RMB. Keunggulan terbesar kendaraan listrik adalah penghematan energi dan perlindungan lingkungan dengan harga terjangkau.

Tujuan Pameran

Tujuan pameran ada . Pertama, negosiasi di pameran. Pameran ini tak hanya mengekspos produk Guangxi, tapi juga mencari platform kerja sama. Peserta pameran kali ini adalah perusahaan importir ke Indonesia atau perusahaan yang ingin mengimpor produknya ke Indonesia. Diharapkan buyer Indonesia secara aktif bernegosiasi bisnis saat mencari produk yang cocok. Guangxi juga bersedia membantu produk Indonesia dan mempromosikannya agar bisa masuk ke pasar China melalui Guangxi dan memperluas produk Indonesia di China.

Tujuan kedua, adil komprehensif. Artinya, pameran ini menyatukan berbagai macam kategori peralatan mesin, produk elektronik, mineral dan kimia, karya seni, makanan dan hasil ternak, tekstil dan pakaian, bio-farmasi, produk perangkat lunak, produk unggulan dan produk terbaru di Guangxi. Hal ini melambangkan komprehensif kapasitas produksi dan kualitas.

Ketiga, mengusahakan pelayanan kerja sama secara tepat. Penyelenggara pameran menerbitkan majalah dan membuat pendahuluan pengenalan seputar pameran. Pengusaha Indonesia bisa mendapatkan majalah pameran di pintu depan gedung expo dan di meja informasi.

Keempat, membuat promosi iklan. Persiapan pameran, pencarian investor dan perencanaan konten lainnya menggunakan fitur yang jelas sehingga berdampak signifikan. Penyelenggara berupaya mendapatkan hasil yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Mempromosikan pameran ini melalui media untuk memperluas kerjasama ekonomi dan perdagangan antara Guangxi dan Indonesia.

Potensi Guangxi

Secara geografis Guangxi berada di Tiongkok bagian selatan merupakan salah satu salah satu dari lima suku minoritas provinsi daerah otonomi Tiongkok. Total populasi Guangxi sekitar 52 juta penduduk, sedangkan luas tanah 236.700 kilometer persegi, terdiri dari 14 kota, tiga pesisir pantai dan 9 bantaran sungai.

Potensi Guangxi beragam, di antaranya sumber daya alam, sumber daya kehutanan, sumber daya laut, perairan, dan kekayaan daya tarik wisata. Prekonomian Guangxi 12 tahun berturut-turut bertahan dengan tingkat pertumbuhan 10 persen tiap tahunnya. Tahun 2013 mencapai US$ 226 miliar, meningkat 10,3 persen dibanding tahun sebelumnnya. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved