Home » Listed Articles » NSN Tingkatkan Kapasitas Jalur Komunikasi Bawah Laut RI

NSN Tingkatkan Kapasitas Jalur Komunikasi Bawah Laut RI

Share :

    Jalur bawah-laut sepanjang 354 kilometer di Indonesia yang sangat penting bagi konektivitas internasional telah ditingkatkan kapasitasnya oleh Nokia Siemens Networks (NSN). PT Telekomunikasi Indonesia (PT Telkom), kini memperoleh manfaat dari bandwidth 40 Gigabit per detik (40G) per kanal dalam kabel bawah laut JaSuKa (Jawa-Sumatera-Kalimantan) antara Dumai dan Dangas, dengan menggunakan kembali aset-aset yang ada.

     

    Nokia Siemens Networks menyediakan peralatan jaringan optiknya untuk menyediakan koneksi 40G terpanjang di dunia tanpa amplifier di tengah-tengahnya. Dengan empat kanal 40G—atau panjang gelombang cahaya—yang saat ini beroperasi, kapasitas daya tampung informasi maksimal koneksi tersebut telah meningkat 16 kali lipat. Jalur tersebut membawa trafik suara dan data tetap (fixed) dan bergerak (mobile) dari PT Telkom dan operator-operator utama lain di Indonesia. Banyak dari mereka menggunakan elemen-elemen arsitektur Liquid Netdari Nokia Siemens Networks.

     

    Inisiatif ini merupakan bagian dari visi kami untuk mengembangkan Nusantara Super Highway yang akan memberikan broadband ‘yang sebenarnya’ bagi 90% ibu kota kabupaten di seluruh kepulauan Indonesia pada 2015. Kami mengupgade jaringan terrestrial kami menjadi 40G untuk mengatasi peningkatan kebutuhan akan aplikasi dan layanan yang membutuhkan bandwidth tinggi. Kabel bawah laut JaSuKa sangat penting bagi konektivitas internasional dan kami merasa sudah waktunya untuk meningkatkan kapasitas juga,” kata David Bangun, Executive General Manager, Telecommunication Infrastructure Division, PT Telekomunikasi Indonesia.

     

    Indonesia mengalami peningkatan yang cepat dalam layanan broadband. Dengan penetrasi broadband tetap dan bergerak yang terus meningkat dan digelarnya layanan-layanan baru, para operator perlu memastikan hadirnya konektivitas setiap saat bagi pengguna,” kata Salman Zafar, Head of PT Telkom Customer Team, Nokia Siemens Networks. “Dengan berinvestasi di jalur optik bawah laut yang membawa trafik telekomunikasi internasional, baik trafik bergerak maupun tetap, PT Tellkom siap memenuhi peningkatan kebutuhan tersebut.”

     

    Nokia Siemens Networks menyediakan solusi dense wavelength division multiplexing (DWDM), yang terdiri dari platform jaringan optikal hiT 7300, yang merupakan bagian dari arsitektur Liquid Transportdari Nokia Siemens Networks. Platform hiT 7300 bertujuan memberikan penghematan biaya baik dengan mengadopsi teknik-teknik no dispersion compensation (DCM-free) pada jaringan serat optik baru atau hanya dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan DWDM terpasang milik operator tersebut. Opsi kedua memungkinkan operator memanfaatkan kapasitas yang lebih tinggi tanpa pengukuran serat optik yang mahal dan memakan waktu seperti yang diperlukan dalam sistem-sistem konvensional.

     

    Tool perencanaan jaringan dari Nokia Siemens Networks menyederhanakan fase pendesainan proyek dan sistem manajemen jaringannya mengelola jaringan backbone JaSuKa. Berdasarkan kontrak tersebut, Nokia Siemens Networks juga menyediakan layanan implementasi seperti survei, instalasi, komisioning dan integrasi untuk peralatan DWDM. Perusahaan ini menggunakan keahlian manajemen proyeknya yang komprehensif untuk penggelaran jaringan secara cepat, sehingga membantu operator meraih imbal investasi yang ditargetkan.

     

    Share :

      SHARE SOCIAL MEDIA

      LEAVE A REPLY


      eight + 1 =