Listed Articles

Perkawinan Perbankan dan Teknologi di Ambit MyMoney

Perkawinan Perbankan dan Teknologi di Ambit MyMoney

Pemikiran sebagian besar masyarakat jika berbicara soal dunia perbankan, selain uang tentunya, adalah kerahasiaan dan keamanan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akses dan ekspektasi layanan perbankan semakin tinggi. Inilah yang disadari oleh SunGard dengan memperkenalkan Ambit MyMoney. Apakah itu?

Ambit MyMoney merupakan sebuah platform teknologi yang memungkinkan konsumen perbankan memiliki kontrol atas total uang yang mereka miliki, mengetahui rincian uang yang keluar dan masuk di akun bank, merencanakan ‘masa depan’ keuangan melalui track record dana yang ada serta ‘memamerkan’ informasi umum soal transaksi perbankan di jejaring sosial, Facebook dan Twitter.

“Memang, jika mendengar fitur informasi perbankan muncul di Facebook dan Twitter, konsumen akan khawatir soal kebocoran informasi transaksi. Tapi, Ambit MyMoney memungkinkan konsumen memilih informasi mana saja yang bisa dipublikasikan di Facebook. Selain itu, informasi yang dimunculkan pun bersifat umum. Soal kemungkinan Anda ingin menabung untuk liburan ke luar negeri, misalnya,” kata Vice President Product Management SunGard, Jo Wright.

Yang menarik, platform Ambit MyMoney yang menargetkan pihak perbankan selaku pengguna (selanjutnya, pihak perbankan yang akan memperkenalkan Ambit MyMoney ke nasabah), hanya hadir di Timur Tengah dan Asia Tenggara. Menurut Jo, kawasan yang ‘dirajai’ negara berkembang tersebut merupakan ekosistem yang memiliki daya serap teknologi sangat tinggi. Konsumen pun memiliki ekspektasi yang besar untuk mengakses transaksi perbankan mereka melalui multiplatform seperti smartphone, laptop maupun tablet.

Selain itu, Ambit MyMoney memungkinkan nasabah merinci keluar masuknya dana di akun perbankan mereka meski ‘hobi’ menarik uang via ATM. Di Ambit MyMoney, nasabah dapat merinci secara manual transaksi yang mereka lakukan melalui uang tunai. Selain itu, Ambit MyMoney menampilkan persentase transaksi dalam bentuk pie chart. Sebagai contoh, dalam sebulan, Anda melakukan transaksi perbankan 30% untuk pembayaran makanan dan menonton bioskop, ini berarti masuk ke lingkup entertainment. Selanjutnya, 10% untuk pembayaran kartu kredit berarti ini masuk ke lingkup transaksi kartu kredit. Dan seterusnya.

“Tampilan yang mudah memungkinkan konsumen memahami area mana saja yang paling banyak menyerap uang mereka, untuk hiburan misalnya,” kata Jo terkait fitur manajemen keuangan. Selain itu Ambit MyMoney memungkinkan nasabah mengatur keuangan di masa depan. Platform tersebut memiliki fitur jadwal tabungan layaknya fitur reminder di smartphone. Selain itu, ada pula fitur grafik untuk melihat fluktuasi transaksi keuangan nasabah.

“Pada akhirnya, ini akan memicu kedekatan antara nasabah dan pihak perbankan karena transaksi dapat dipantau kapanpun dan dimanapun oleh nasabah. Selain itu, pihak bank dapat memahami kebutuhan konsumen dengan lebih personal,” kata Jo lagi.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved