Home » Listed Articles » Solusi Gadai Ala Danamon Syariah

Solusi Gadai Ala Danamon Syariah

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. melalui unit usaha syariahnya mengajak masyarakat khususnya umat muslim di Indonesia memanfaatkan “Solusi Emas”, sebuah layanan beragunan (gadai) emas yang berbasis syariah.

Hadirnya Solusi Emas menunjukkan posisi Danamon sebagai bank universal yang siap melayani kebutuhan nasabah di setiap segmen, terutama segmen mass market. Tujuan dari layanan ini adlah membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan karena memberi kemudahan akses terhadap pembiayaan,” kata Henry Ho, Presiden Direktur Danamon di Jakarta, Senin (23/7).

Menurut Henry Ho, sejak diluncurkan 3 Agustus 2011 lalu, ternyata minat dan kebutuhan masyarakat terhadap layanan Solusi Emas cukup baik. Untuk itu, Danamon tahun 2012 ini berencana memperluas layanannya di berbagai daerah.

Hingga saat ini terdapat 141 cabang Solusi Emas Danamon Syariah yang tersebar di Jabodetabek, Karawang, Cikarang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Bali, NTB, Sulawesi dan Sumatera. “Sampai akhir tahun nanti, kami akan menambah sembilan cabang Solusi Emas lagi yakni di Bali dan Tegal, jawa tengah, Batam dan Tanjung Pinang,” tambahnya.

Solusi Emas bisa dimanfaatkan masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan nasabah yang sifatnya mendesak, seperti untuk biaya pendidikan, biaya pengobatan, tambahan modal usaha, dll, sesuai tag line-nya “Dengan Emas, Beban Lepas”.

Keunggulan dari layanan ini adalah persyaratan pengajuan gadainya yang mudah, cukup dengan KTP dan tentunya emas yang akan digadaikan. Setelah mengisi formulir aplikasi, emas ditaksir, kemudian dalam 15 menit kebutuhan si penggadai sudah bisa dipenuhi.

Jenis emas yang bisa digadaikan di Solusi Emas Danamon Syariah juga beragam. Mulai dari emas kuning, emas putih, emas koin, emas lantakan, emas dalam bentuk lainnya seperti pin emas, tusuk konde emas. Maksimal pembiayaan yang diberikan juga cukup besar yakni hingga Rp 250 juta.

Pilihan jangka gadai emas mulai dari 4 bulan, kemudian bisa diperpanjang ke 6 bulan hingga 12 bulan. Pelunasannya bisa pada saat jatuh tempo atau bisa pula dicicil per bulan dengan cara auto debet.

Keunggulan lainnya adalah Solusi Emas tidak mengenal sistem bunga gadai. Pihak penggadai hanya dikenakan biaya administrasi minimal Rp 7 ribu hingga maksimal Rp 50 ribu plus biaya pemeliharaan/titip/ijaroh. Biaya pemeliharan ini dihitung secara harian dan akan dibayar pihak penggadai saat jatuh tempo.

Singkatnya, Solusi Emas ini selain bisa memberikan solusi bagi kebutuhan keuangan yang mendesak, bisa pula menjadi solusi bagi kaum muslim untuk menghindari riba bunga gadai yang biasa diterapkan di gadai konvensional. Dengan gadai emas berbasis syariah, maka umat muslim bisa mendapatkan barokah. (EVA)

SHARE SOCIAL MEDIA

LEAVE A REPLY


− five = 1