Howard Ken Lukminto, Satria Penerus Grup Sekar | SWA.co.id

Howard Ken Lukminto, Satria Penerus Grup Sekar

Sudah tiga tahun terakhir ini Howard Ken Lukminto terjun langsung di bisnis keluarganya. Putra sulung Harry Lukminto, pemilik Grup Sekar, ini mendarat di Indonesia pada 2013, setelah menimba ilmu di luar negeri.

Howard Ken LukmintoSebelum kembali ke Tanah Air, Howard sempat menjajal karier di Negeri Abang Sam sebagai Analis Finansial Walt Disney Company selama setahun. Pengalamannya di sana ia bawa pulang sebagai bagian masukan di PT Sekar Bumi Tbk., khususnya tentang bagaimana Walt Disney menggunakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP). “Saya melihat bahwa di Sekar Bumi perlu juga ERP, karena ada pabrik, kantor dan para buyer dari luar negeri,” ujarnya.

Atas idenya itu, ia kemudian ditunjuk sebagai pemimpin proyek untuk implementasi program baru tersebut. Ketika baru masuk, jabatan yang diberikan kepada Howard hanya sebagai staf keuangan. Namun, dalam posisinya tersebut ia menjadi orang yang sangat memperhatikan masalah sistem dan standard operasional procedure (SOP).

Setelah dinilai cukup mendalami seluk-beluk bisnis Sekar Bumi, akhirnya Howard diberi kepercayaan baru, yaitu sebagai Business Development Officer PT Sekar Bumi Tbk. dan sebagai direktur di PT Bumi Pangan Utama. Ada beberapa proyek yang sedang digarapnya. Salah satunya, proyek joint venture pembuatan produk baru dengan mitra dari Jepang yang rencananya diluncurkan pada awal 2017.

Dari sang ayah ia mengaku banyak menarik pelajaran, khususnya bagaimana cara kerja dan cara menangani orang. Pada awal masuk ke perusahaan, tidak ada arahan khusus yang diberikan ayahnya kepadanya. Ia dilempar langsung untuk terjun ke lapangan. “Pak Harry bukan tipe micro-manager. Beliau melihat dari jauh perkembangan saya, dan jika ada saran, ia akan katakan langsung kepada saya,” kata Howard mengungkap pola komunikasi antara dirinya dan sang ayah.

Meskipun awalnya mengalami gegar budaya lantaran tinggal lama di luar negeri, perlahan-lahan Howard mulai bisa beradaptasi. Contoh dari pengalamannya sendiri, dulu ia biasa menghubungi para pemasok lewat surat elektronik, agar mudah, cepat dan praktis. “Tetapi, kalau di sini, berbeda. Lebih baik bertemu langsung atau face to face,” ujarnya.

Kini berbagai inovasi ia siapkan untuk memberikan kontribusi lebih jauh di Sekar Bumi. Ia tengah membangun tim baru yang akan aktif melakukan program digital marketing. Maklum, ke depan, menurutnya, Sekar Bumi akan mulai memperbesar porsi pasar domestik lewat kehadiran pabrik baru. Harapannya, dengan adanya pabrik baru tersebut porsi pasar ekspor dan domestik bisa 60:40. “Untuk local market saya benar-benar ingin mendorong, supaya mereknya lebih menonjol,” ia menegaskan. (*)

Profil Singkat

Nama: Howard Ken Lukminto

Pendidikan:

Accounting and Finance, Bentley University, Boston (S-1)

Business Administration, Finance and Entrepreneurship, Loyola Marymount University (S-2)

Karier:

– Analis Finansial The Walt Disney Company (Januari-Desember 2010)

– Manajer SAP Project PT Sekar Bumi Tbk. (2014-2015)

Business Development Officer PT Sekar Bumi Tbk. (2013-sekarang)

– Direktur di PT Bumi Pangan Utama (Desember 2015- sekarang)

Editor : Sri Niken Handayani
Journalist : Bernadeta Pintarti

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Tahun 2017 Industri Telko Harus Tumbuh Sehat

Digitalisasi merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan daya saing ekonomi negara ini. Hal ini disampaikan Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika...

Close