Kiprah Generasi Ketiga Dexa di e-Commerce Kesehatan

Terlahir sebagai anak tunggal dari keluarga yang serba ada tak membuat T. Robyn Soetikno malas-malasan. Putri pengusaha farmasi Ferry Soetikno (Grup Dexa Medica) ini mengembangkan bisnis di bidang e-commerce lewat GoApotik.com.

T. Robyn SoetiknoSebelum di GoApotik, kelahiran 19 Oktober 1993 ini sempat dikader di bisnis keluarganya, Grup Dexa. Agustus 2015, sekembalinya dari kuliah di luar negeri, dia bergabung dengan Dexa, terlibat dalam peluncuran Herbakof, obat herbal milik Dexa Medica. Dia juga sempat ditempatkan di bagian distribusi agar lebih tahu detail penjualan obat.

Penyuka dunia psikologi ini mengaku ingin langsung balik ke Indonesia dan membuat usaha sendiri begitu selesai kuliah di Sarah Lawrence College, New York (S-1) dan International Management of Health di Imperial College London (S-2). Tak mengherankan, setelah digembleng di Dexa, tak lama kemudian pada awal 2016 Robyn merintis bisnis di bawah PT Global Urban Esensial (GUE). “Perusahaan ini awalnya di bawah PT Anugerah Arkon Medika, perusahaan distribusi milik Dexa. Tetapi itu tidak lama, (GUE) lalu berdiri sendiri, dipisahkan,” katanya.

GUE memiliki dua kegiatan bisnis: online market place dan informasi kesehatan. Yang pertama dijalankan lewat GoApotik. Di sini konsumen bisa bertransaksi membeli tiga jenis obat: resep dokter, bebas dan herbal. Sekitar 70 apotek di Jadetabek menjadi mitranya. Sekalipun demikian, e-commerce ini juga bisa melayani pembeli dari luar kota karena konsepnya marketplace. “Ordernya (memang) di apotek Jadetabek yang ada di portal GoApotik, (tetapi) untuk tujuan alamat kirim tergantung pemesan, bisa ke seluruh Indonesia,” Robyn menjelaskan.

Rencananya, tahun ini apotek yang akan digandeng kian diperluas ke wilayah lain di Indonesia. Yang terdekat, akan merangkul Bandung dan Surabaya. Untuk menopang lancarnya operasi, GUE didukung 30 anggota tim, termasuk untuk membangun awareness melalui media sosial seperti Twitter, Instagram dan Facebook.

Kegiatan kedua GUE diimplementasikan lewat GUESehat, yang membidangi portal informasi kesehatan. “Kami mulainya dari komunitas,” ujar Robyn. Di GUESehat, artikel-artikel kesehatan terkini disajikan, terutama menyasar generasi milenial. Saat ini GUESehat sudah memiliki lima orang sebagai tim pengelola yang banyak menulis tentang kesehatan medis, kesehatan wanita, anak, serta sex and relationship. Mereka merangkul tujuh blogger dengan berbagai latar belakang.

Robyn menolak jika dikatakan modal bisnisnya dari orang tua. Menurutnya, di GUE ada angel investor lain yang dia tak mau sebutkan namanya. “Bapak saya menjadi mentor, tetapi lebih ke garis besar. Beliau mendekatkan saya dengan beberapa orang lama di Dexa sehingga bisa sharing pengalaman dunia farmasi,” ungkapnya.

Yang pasti, generasi ketiga Dexa ini punya mimpi besar GUE akan segera bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia, khususnya dalam dunia kesehatan. Di sisi lain, dia juga ingin segera me-monetize bisnisnya, baik dari iklan maupun listing fee (apotek yang berjualan di situsnya). “Dari November 2016 hingga bulan ini sudah ada 1.000 transaksi. Kami akan dorong untuk terus meningkatkan transaksi,” tutur Robyn penuh semangat. Dia yakin, bila semuanya berjalan lancar, targetnya untuk break-even point dalam lima tahun ke depan bisa tercapai.(*)

Editor : Bernadeta Pintarti

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Telkom Bukukan Triple Double Digit Growth 2016 yaitu untuk Pendapatan, EBITDA dan Laba Bersih

Bisnis Data, Internet dan IT Mengalami Persentase Pertumbuhan Tertinggi. Jakarta, 7 Maret 2017 - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (IDX:...

Close