Profile Editor's Choice

Bagus Binatoro, Fokus Kepada User Experience

Bagus Binatoro, Fokus Kepada User Experience

IMG_0555

Bagus Binatoro lahir di Jakarta 3 November 1965. Pria lulusan Universitas Parahyangan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik jurusan Bisnis Administrasi ini menjabat sebagai Chief of Operating Officer MNC Tencent. Ia bertugas mengembangkan aplikasi pesan WeChat di Indonesia. Bagaimana tanggung jawab dan rencananya di tahun 2015? Berikut penuturannya dengan wartawan SWA Online:

Bagaimana perjalanan karier Anda sebelum bergabung dengan MNC Tencent?

Perjalan karir saya dimulai di bank. Saya memegang di bagian kartu kredit. Lalu saya pindah di airlines, sekitar 7 tahun saya bergabung di sana. Lalu saya kembali lagi ke bank, terakhir di Citibank. Selanjutnya saya masuk di perusahaan IT. Terakhir saya bergabung di MNC. Awalnya saya bertugas di bagian Okezone, tapi di tahun 2013, MNC joint venture dengan Tencent. Saya ditunjuk untuk menjadi Chief of Operating Officer MNC Tencent.

Apa saja tanggung jawab Anda sebagai Chief of Operating Officer MNC Tencent?

Karena MNC Tencent merupakan perusahaan joint venture, jadi Tencent di Cina sendiri berfokus di program development. Sedangkan MNC main focusnya adalah marketing promotion. Tugas saya adalah bagaimana agar aplikasi ini dapat diterima oleh pengguna di Indonesia. Saya juga bertanggung jawab terhadap operation di kantor seperti human resource, finance, dan perizininan.

Apa saja produk dari MNC Tencent?

Untuk saat ini baru ada WeChat. Namun, tahun ini kami akan merilis produk baru.

Bagaimana perkembangan WeChat di Indonesia?

Sejak kami rilis pertama kali di 28 Februari 2013, responsenya Alhamdulilah luar biasa. Jauh di atas yang kami perkirakan. Ketika kami meluncurkan iklan WeChat pertama kali, pemain lain juga ikut mengeluarkan iklan.

Berapa jumlah pengguna WeChat di Indonesia?

WeChat user di Indonesia merupakan yang terbesar kedua setelah Cina. Orang Indonesia sangat additive dengan hal-hal yang baru, jadi WeChat mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. WeChat user di seluruh dunia berkisar 500 juta. Untuk user di luar Cina sekitar 70 juta. User WeChat di Indonesia meningkat 895% dari tahun lalu.

Apa yang membedakan WeChat dengan messaging apps lainnya?

WeChat berfokus kepada user experience. Kepuasan pelanggan menjadi no 1. Kami sangat menjaga privasi dari user kami. Spamming sangat kita hindari. Kami sudah mempelajari bahwa sebagian besar user tidak nyaman dengan spamming. Isu keamanan juga menjadi yang utama bagi kami, kami memiliki firewall yang berlapis dan lokasi server kami tidak hanya di satu temapt. Tetapi ada di beberapa negara. WeChat mempersilahkan user untuk berkomunikasi dengan teman atau kolega secara langsung, one-to-one basis.

Bagaimana demografi pengguna WeChat?

WeChat user didominasi oleh pria sebanyak 67%, sedangkan pengguna perempuan sebanyak 33%. 49% pengguna WeChat berusia 25-34 tahun.

Apa alasan users memakai messaging apps?

Dari survei yang kami adakan, 69% mengatakan messaging apps lebih cepat digunakan untuk menyampaikan pesan daripada menggunakan jejaring sosial, 56% mengatakan messaging apps mudah digunakan.

Bagaimana strategi MNC Tencent untuk mengembangkan WeChat?

Kami menggandeng mitra-mitra (merchant). Melalui fitur Official Account, kami membantu mereka untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat dimodifikasi sesuai keinginan mereka. Banyak perusahaan yang approach kami menanyakan bisa ga mereka membuat aplikasi di WeChat yang bisa mereka modifikasi sendiri. Kami menjawab tantanga mereka dengan merilis Official Account. Melalui Official Account, merchant dapat berkomunikasi secara langsung dengan customernya, menyampaikan produk terbaru atau memberi info penawaran kepada pelanggan.

Bagaimana aktifitas pengguna WeChat di Indonesia?

Sebagian besar aktifitas WeChat di Indonesia adalah sharing moments. Orang Indonesia sangat suka berbagi foto. Selain itu mereka juga aktif mengirimkan sticker. Kami selalu mengupdate sticker kami setiap minggu. Dalam satu minggu kami mengeluarkan 2 sticker, 1 sticker artis lokal 1 sticker animasi. Mayoritas sticker kami gratis.

Apakah untuk pembuatan sticker MNC Tencent bekerja sama dengan developer lokal?

Untuk pembuatan sticker kami bekerja sama dengan beberapa developer lokal. Jumlahnya kurang dari 10, karena kami sangat ketat dalam menyeleksi.

Apa rencana MNC Tencent di 2015?

Kami berfokus kepada aplikasi yang akan kami luncurkan di Q2 mendatang.

Apa target ke depannya?

Target kami semua pengguna smartphone di Indonesia menggunakan WeChat. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved