Rumah Menjadi Sangat Mahal, Ini Penyebabnya | SWA.co.id

Rumah Menjadi Sangat Mahal, Ini Penyebabnya

Menurut Anda, rumah seperti apakah yang memiliki nilai jual tinggi dan membuatnya berharga sangat mahal? Rumah yang sangat potensial dijadikan hunian tinggal atau investasi. Rumah yang hingga saat ini banyak diincar pembeli karena menawarkan banyak keuntungan.

Namun, jumlah rumah yang masuk ciri-ciri bernilai jual tinggi sangat terbatas. Itulah mengapa penjual berani memasang harga mahal dan tetap laris dibeli.

Rumah besar dan mewah tidak selamanya bernilai jual tinggi. Bila rumah besar dan mewah, namun berada di pelosok daerah yang terpencil pastinya sulit laku dan membuatnya memiliki harga yang tidak terlalu mahal.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa alasan mengapa suatu rumah dikatakan memiliki nilai jual yang tinggi :

  1. Pernah Menjadi Tempat Tinggal Artis

Rumah tinggal yang pernah ditempat seorang publik figur, selebriti, atau orang ternama lainnya memiliki pengaruh cukup berarti pada nilai jual. Baik selebriti lokal maupun hollywood umumnya menawarkan harga tinggi pada propertinya. Menariknya, rumah tersebut tetap laris dibeli, diburu dan cenderung mudah laku.

Hal serupa juga berlaku untuk rumah yang pernah difilmkan. Terlebih bila film tersebut cukup populer. Hunian jadi memiliki kelebihan tersendiri yang mempengaruhi meningkatnya nilai jual.

  1. Strategis

Hampir semua pembeli ingin mendapatkan hunian idaman di lokasi yang strategis. Tempat tinggal yang umumnya berada di perkotaan, dekat jalan raya, akses yang mudah, bebas bencana, dan masih banyak lagi.

Letak strategis ini berkaitan erat dengan kemudahan aktivitas dan gaya hidup pemilik rumah. Misalnya rumah dekat dengan lokasi kerja, sekolahan, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

  1. Fungsional

Rumah fungsional berkaitan dengan bangunan yang artistik, kondisi lingkungan aman, nyaman, dan menyehatkan. Misalnya, rumah berkonsep ramah lingkungan, membawa sejuta manfaat, dsb.

Rumah fungsional memudahkan pembeli untuk tak terlalu banyak merenovasi. Rumah terjamin dari segi visual dan manfaat secara keseluruhan. Apalagi bila bangunan berada di kawasan strategis, yang pastinya banyak dicari dan relatif mahal.

  1. Punya Kenangan Sejarah

Seperti barang antik, rumah lawas biasanya dijual cukup mahal. Terlebih bila bangunan rumah masih kokoh dan memiliki gaya arsitektur unik era-60an misalnya. Rumah bangunan Belanda, rumah tradisional, dan masih banyak lagi bangunan unik lainnya.

Bahkan beberapa rumah yang memiliki sejarah kelas, seperti rumah bekas pembunuhan pun cukup menarik minat beli sejumlah orang. rumah lawas yang menarik karena dinilai unik, khas, bernilai sejarah, memiliki filosofi tersendiri, dan berkarakter.

(sumber : Rumahku.com)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Tun Musa: WIEF Hanya Membicarakan Bisnis

Bermula dari sebuah forum ekonomi di Organization of the Islamic Conference (IOC) yang digelar pada 15 Oktober 2003 di Putrajaya...

Close