Berita BCA Berita BCA

Orang Terkaya Dunia Ini Berbagi Resep Ampuh Atur Uang

Orang Terkaya Dunia Ini Berbagi Resep Ampuh Atur Uang

Siapa tak kenal Warren Buffet. Miliarder ini merupakan salah satu sosok panutan dalam bisnis dan investasi. Buffet punya pemahaman berharga mengenai perputaran uang. Go Banking Rates pun merangkumnya.

Source: http://smart-money.co/finansial/orang-terkaya-dunia-ini-berbagi-resep-ampuh-atur-uang/

Source: http://smart-money.co/finansial/orang-terkaya-dunia-ini-berbagi-resep-ampuh-atur-uang/

Jangan pernah habiskan uang

Nasehat terpenting Buffet adalah, jangan pernah habiskan uangmu. Aturan sama juga berlaku saat ingin investasi. Menghabiskan seluruh uang hanya akan menyusahkan nantinya. Pastikan tetap memiliki cukup uang sebagai simpanan.

Beli barang bernilai tinggi dengan harga murah

Harga barang tak ditentukan sebanyak apa uang yang dikeluarkan, melainkan dari sebagus apa nilai produk yang kamu dapat. Jangan sampai kamu menghabiskan uang untuk hal mahal namun nilainya tak seberapa.

Buffet bilang, terus cari kesempatan mendapat barang bernilai bagus yang murah.

Biasakan untuk atur uang

Perilaku manusia kebanyakan ditentukan kebiasaan mereka. Banyak orang gagal mengatur keuangan karena sudah biasa menghamburkannya. Kunci sederhana menjaga keuangan yang baik adalah membiasakan diri menabung.

Bagi Buffet, menabung adalah kebiasaan, tak mudah dilakukan.

Hindari utang, terutama kartu kredit

Buffet membangun seluruh kekayaannya dari usaha kerasnya, bukan pijaman bank. Dalam pidatonya pada 1991 di Notre Dame, Buffet bilang, untuk menjadi kaya tak terlalu butuh pinjaman.

Pintar-pintarlah memanfaatkan keadaan dan kamu pasti bisa mencari uang tanpa perlu pinjaman.

Sediakan uang tunai

Hal lain untuk menjamin keselamatan keuangan adalah selalu menyediakan uang tunai. Hal ini bisa membuatmu lebih mudah mengatur pengeluaran karena uang memiliki wujud nyata yang dapat dilihat, dibanding hanya sebagai nominal di buku tabungan.

Investasi pada diri sendiri

Aset paling berharga seorang individu adalah diri mereka sendiri. Selain investasi di lingkungan, investasikanlah untuk diri sendiri dengan terus meningkatkan kemampuan diri. Demikian, kemampuanmu bisa bermanfaat di masa yang akan datang.

Belajar tentang uang

Salah satu hal agar keuanganmu bisa lebih baik adalah belajar mengelola risiko keuangan. Hal ini bisa kamu capai dengan terus menerus berlatih dan membaca agar ilmu terus berkembang.

“Tiap ingin tidur, pastikan telah memiliki kemampuan lebih baik dibanding saat bangun di pagi hari,” pungkasnya.

Source: http://smart-money.co/finansial/orang-terkaya-dunia-ini-berbagi-resep-ampuh-atur-uang/


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved