Technology

Komitmen Royal Philips Turunkan Angka Kematian Ibu

Melihat tingginya angka tersebut, Royal Philips meluncurkan Mobile Obstetrical Monitoring (MOM). MOM adalah solusi berbasis ponsel pintar ini didesain untuk mengidentifikasi secara dini komplikasi kehamilan berisiko dan membantu memperbaiki angka kematian ibu. MOM akan mulai diperkenalkan di Indonesia, India, dan Afrika.

Solusi pencatatan kehamilan ini memungkinkan para bidan di area terpencil, untuk mengirim data pengukuran vital, data observasi, dan gambar ultrasonik mobile kepada dokter kebidanan dan kandungan ke rumah sakit yang lebih besar, serta bekerja sama dengan mereka agar dapat menentukan perawatan yang lebih tepat dan cepat selama periode kehamilan. Layanan ini menggunakan dua aplikasi ponsel. Aplikasi yang pertama memungkinkan bidan untuk mengumpulkan data vital seperti berat badan, tekanan darah, suhu tubuh, lalu menyelaraskannya ke portal web MOM. Aplikasi yang kedua digunakan oleh dokter untuk melihat data vital dan meninjau perkembangan sang ibu. Dokter spesialis di rumah sakit di daerah bisa mengakses data ini melalui portal web MOM untuk memantau kondisi kesehatan para ibu dan mengidentifikasi kehamilan dengan risiko tinggi melalui sebuah antarmuka berupa dashboard. Pelatihan dan edukasi juga menjadi bagian dari layanan ini.

Angka kematian ibu di Indonesia yang lebih besar dari yang diperkirakan, sebagian diakibatkan oleh sulitnya akses di daerah pedesaan, yang membuat ibu hamil sulit menemui dokter spesialis. Dengan aplikasi MOM yang terpasang pada ponsel pintar, para bidan dapat menyusun riwayat kesehatan para ibu hamil dengan mengumpulkan data hasil pemeriksaan dan uji fisik di puskesmas atau observasi langsung dengan mendatangi rumah para ibu hamil. Analisa data oleh dokter yang tersimpan dalam portal situs khusus, mengidentifikasi ibu hamil yang berisiko tinggi mengalami komplikasi dan memberikan skor tingkat risiko yang nantinya menjadi pertimbangan bagi dokter kebidanan dan kandungan dalam proses pengambilan keputusan.

Philips bekerja sama dengan Telkom AdMedika, anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia, untuk memungkinkan solusi MOM menjangkau area yang luas di seluruh Indonesia. PT Telkom Indonesia dipilih karena jaringan Telkomsel sudah menjangkau daerah-daerah terpencil. Jaringan yang kuat dan keahlian di bidang distribusi platform cloud menjadi poin yang penting untuk menjamin agar solusi ini dapat berjalan efektif sebagai telehealth berbasis aplikasi mobile. Kedepannya, Royal Philips akan bekerja sama dengan clinical partber untuk mendukung kebutuhan dari sisi medis

Solusi MOM ini merupakan bagian dari strategi Philips untuk menyediakan solusi layanan perawatan terkoneksi dengan jangkauan lokasi lebih luas, serta memungkinkan perawatan terintegrasi yang terfokus pada perorangan, disesuaikan untuk menjawab kebutuhan lokal. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved