Management Strategy

18 Perusahaan Raih Sertifikat AEO dari Bea Cukai

18 Perusahaan Raih Sertifikat AEO dari Bea Cukai

Dengan diberlakukannya MEA, mulai banyak perusahaan Indonesia yang memberlakukan standar pelayanan global. Hal ini tentunya agar perusahaan Indonesia bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan asing. Oleh karena, pemerintah pun mengapresiasi dengan berbagai cara, salah sarunya memberikan sertifikat Authorized Economic Operator (AEO) kepada 18 perusahaan di Indonesia.

Penerimaan AEO - PLS (1)

Sertifikat ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Salah satu penerimanya adalah PT Pusaka Lintas Samudra (PIS), anak perusahaan Kamadjaja Logistics. Sertifikat ini diberikan langsung oleh Bambang Brodjonegoro, Menteri Keuangan RI.

Sertifikat ini sendiri merupakan sertifikat yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang memenuhi standar pengamanan dan fasilitas perdagangan global (WCO SAFE Framework of Standards / FoS) yaitu fasilitas perdagangan iternasional yang telah mendapatkan pengakuan oleh administrasi kepabeanan nasional.

Peluncuran AEO sendiri merupakan salah satu langkah untuk memudahkan prosedur pengiriman barang ekspor impor dengan biaya logistik serendah mungkin. Sertifikat ini akan mempermudah serta mempercepat perolehan pelayanan transaksi ekspor impor antar perusahaan di negara lain yang juga menerapkan sistem AEO. Dengan adanya pelayanan ini, proses pengeluaran barang pun dapat dilakukan tanpa penelitian dokumen dan pemeriksaan fisik.

Pengurusan barang di kepabeanan pun bisa berlangsung dalam hitungan menti, sehingga mempersingkat waktu transit dan mengurangi biaya penumpukan. Proses yang cepat ini pun akan mempermudah perusahaan-perusahaan Indonesia untuk lebih diterima di negara-negara tujuan ekspor.

“Dengan sertifikasi AEO ini kami sebagai penyedia jasa kepabeanan berharap bisa lebih mudah dan efisien dalam pelayanan transaksi ekspor dan impor. Apalagi dengan berlakunya MEA 2016 saat ini. Sehingga pada akhirnya biaya logistik di Indonesia dapat lebih ditekan lagi,” jelas Ivy Kamadjaja, Deputy CEO Kamadjaja Logistics.

Sertifikat ini bukanlah satu-satunya pengakuan atas prestasi yang diperoleh perusahaan yang berdiri pada 7 Januari 1968 tersebut. Sebelumnya PT Kamadjaja Logistics masuk dalam kategori TOP 25 Logistics Providers di Indonesia (SWA Version), dan TOP 250 Indonesia Local companies (SWA Version) – 4 tahun berturut-turut sejak 2011.

Pada 19 Maret 2015 PT Kamadjaja Logistics juga memenangkan kompetisi Outstanding Corporate Innovator (OCI) Indonesia Award 2015, kategori Platinum winner, dari Product Development Management Association (PDMA) Indonesia. Perusahaan logistic dengan 24 Distribution Center, yang tersebar di 17 kota utama di Indonesia dan 355 destination points, ini juga pernah meraih rekor MURI sebagai Perusahaan Logistik yang dilengkap jaringan pengiriman laut terbanyak di Indonesia, pada 15 Maret 2013. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved