Technology Trends

Visa PayWave Sediakan Pembayaran Contactless di Indonesia

Visa PayWave Sediakan Pembayaran Contactless di Indonesia

Guna mempermudah dan mempercepat pemegang kartu dalam melakukan pembayaran di supermarket, restoran, tempat hiburan, dan sejumlah merchant lainnya di seluruh Indonesia, Visa menghadirkan Visa payWave, sebuah teknologi pembayaran nirsentuh (contacless). Asiknya, untuk transaksi di bawah Rp1 juta, pemegang kartu hanya perlu melambaikan kartu Visa payWave dari jarak dekat pada mesin pembaca untuk melengkapi transaksi.

Sejalan dengan pengembangan solusi digital di Indonesia, Visa yakin teknologi contactless dapat memudahkan pembayaran yang dilakukan di Indonesia maupun di luar negeri, dan juga akan membantu mempercepat inisiatif pemerintah menuju masyarakat non-tunai melalui dengan adanya pilihan pembayaran dengan teknologi contactless ini.

Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, mengatakan, Visa memahami masyarakat yang selalu menginginkan kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari. “Kami percaya bahwa teknologi Visa payWave akan meningkatkan pengalaman kemudahan bertransaksi bagi nasabah dan merchant. Visa payWave mampu mempersingkat waktu saat melakukan transaksi sebab nasabah tidak perlu lagi menghitung uang kembalian dan merchant tidak perlu lagi kesulitan mengelola uang tunai. Selain itu, Visa payWave memiliki tingkat keamanan yang sama seperti kartu chip EMV Visa lainnya.”

(ke-3 dari kiri) Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia

(ke-3 dari kiri) Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia

Didukung oleh Visa Consumer Attitude Study 2015 , bahwa lebih dari 80% responden Indonesia tertarik dengan tren pembayaran contacless, dan teknologi Visa payWave hingga saat ini sudah menjadi daya tarik tersendiri dan sudah diterima sebagai alat pembayaran di lebih dari 790 outlet merchant. Saat ini, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) dan UOB Indonesia merupakan sejumlah bank yang telah menerbitkan kartu dengan teknologi Visa payWave, dan masih banyak bank lain yang akan mengadopsi teknologi tersebut.

“Karena semakin banyak masyarakat Indonesia yang menginginkan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran barang maupun jasa, Visa dengan senang hati menghadirkan Visa payWave kepada masyarakat Indonesia yang mampu meningkatkan efisiensi dalam bertransaksi. Kami yakin bahwa Visa payWave dapat menjadi awal dalam mengembangkan teknologi pembayaran contacless berbentuk wearable dan melalui ponsel. Kedepannya, kami berharap dapat bekerja lebih dekat dengan nasabah, merchant, dan juga rekan-rekan bank dalam meningkatkan penerimaan kartu Visa payWave di seluruh Indonesia,” jelas Ellyana.

Saat ini, Visa payWave dapat digunakan di sejumlah merchant dan outlet makanan & minuman seperti Hypermart, Food Mart, Hoka-Hoka Bento, Kitchenette, Pizza E Birra, Cinemaxx, Blitz dan 7-Eleven, serta masih banyak lagi yang akan bergabung ke depannya.

Visa adalah perusahaan teknologi pembayaran global yang menghubungkan konsumen, bisnis, bank dan pemerintahan di lebih dari 200 negara dan teritori untuk menyediakan pembayaran elektronik yang cepat, aman dan terpercaya. Visa mengoperasikan salah satu jaringan pemrosesan data global – Visa Net – yang mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik dengan perlindungan dari penipuan bagi konsumen dan pembayaran terjamin untuk merchant.

Perlu diketahui Visa bukan bank dan Visa tidak menerbitkan kartu, menaikkan batas kredit atau menetapkan harga dan biaya bagi konsumen. Walaupun demikian, inovasi Visa memungkinkan bank-bank rekanannya untuk menawarkan lebih banyak pilihan kepada konsumen: membayar saat ini juga dengan kartu debit, membayar di muka dengan kartu prabayar, atau membayar di kemudian hari dengan produk kartu kredit. (***)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved