CSR Corner zkumparan

Kawan Lama Gelar Kompetisi Metrologi

Kawan Lama Gelar Kompetisi Metrologi
Kompetisi Metrologi Kawan Lama 2019. (Foto : Kawan Lama).

PT Kawan Lama Sejahtera dan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Kompetisi Metrologi Kawan Lama untuk pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat nasional 2019. Sebanyak 15 peserta dari 425 peserta kompetisi mengikuti babak final yang digelar di kantor pusat Kawan Lama, Jakarta Barat, pekan ini.

Kompetisi ini merupakan salah satu bentuk dukungan dalam pengembangan kompetensi para siswa di bidang metrologi atau pengukuran. Acara ini didukung oleh brand alat ukur asal Jepang, Mitutoyo. Kawan Lama sebagai distributor peralatan teknik, seperti alat ukur dan mesin-mesin kebutuhan industri dan komersial berpartisipasi aktif untuk mendukung pelajar yang menimba ilmu pada program keahlian Teknik Mesin dan Otomotif.

Kompetisi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan dunia pendidikan, khususnya menciptakan tenaga kerja yang cakap dan berkeahlian tinggi di bidang metrologi atau pengukuran. “Dengan Kompetisi Metrologi ini, kami membantu Kemendikbud dalam mengembangkan dan mempersiapkan sumber daya manusia. Apalagi dengan perubahan yang cepat, mengharuskan adanya peningkatan kompetensi dari sumber daya manusia dalam ilmu metrologi, terutama mereka yang mengambil jurusan Teknik Mesin dan Otomotif. Apabila tidak menguasai ilmu tersebut, maka saat nanti masuk dunia kerja, mereka tidak bisa mengukur dengan presisi suatu benda,” ujar Henry Louis Budisusetija, Business Solution Director Kawan Lama Sejahtera di Jakarta, Jum’at (22/2/2019).

Hal senada juga diungkapkan oleh Saryadi Guyatno, Kepala Subdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerja Sama Industri Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut Saryadi, di dalam struktur kurikulum Kemendikbud, metrologi merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa SMK ketika mereka lulus nanti, terutama untuk jurusan Teknik Mesin dan Otomotif.

Untuk itulah, kompetensi para siswa SMK di bidang metrologi pun diuji di babak final ini. Hasilnya, keluar tiga nama pemenang yang memperoleh jumlah nilai tertinggi dari total skor tes teori dan praktik, berdasarkan penilaian juri dari kalangan praktisi metrologi, Kawan Lama, dan Mitutoyo, maka pemenang kompetisi ini adalah Mahameru Adjie Firdani (SMK St. Mikael Surakarta), Hidayatul Faizin (SMKN 1 Magelang), dan Feri Wahyuono (SMK PGRI 1 Wlingi).

Revolusi Industri 4.0

Sebelumnya, Kawan Lama menyediakan solusi berbasis sistem Internet of Things (IoT) untuk menyongsong revolusi industri keempat atau industri 4.0 yang mengubah proses bisnis beralih ke digital dari analog. “Untuk menjawab perubahan tersebut, perusahaan harus bisa beradaptasi agar bisa survive. Kawan Lama menghadirkan solusi dengan memberikan support lewat teknologi seperti robotic, automation, sehingga ke depannya bisa menjadi partner bagi para perusahaan industri,” ungkap Tony Sartono, Komisaris Kawan Lama Sejahtera.

Oleh sebab itu, untuk menghadapi Industri 4.0, Kawan Lama sudah menyiapkan ragam solusi untuk sektor industri manufaktur di Indonesia, diantaranya dengan merancang konsep teknis dalam 2D & 3D, untuk mendukung konsumen dalam implementasi IoT dan otomasi agar sejalan dengan Industri 4.0. Kedua, dalam industri manufaktur, mesin merupakan bagian penting dalam proses produksi. Itulah sebabnya, perawatan mesin menjadi faktor terpenting. Untuk mendukung kelancaran proses produksi, maka pemeliharaan dalam mesin industri harus memiliki sistem Predictive Maintenance dan Preventive Maintenance lewat IoT.

Sistem Predictive Maintenance dapat menganalisa hasil kerja dari semua sistem yang ada pada mesin serta peralatan industri yang beroperasi. Kemudian, Kawan Lama menyediakan sistem Preventive Maintenance yang menawarkan sistem pemeliharaan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada mesin. Ketiga, untuk merespons permintaan pasar lebih cepat dan meningkatkan efisiensi, Kawan Lama juga mengembangkan sistem Automation, yakni dengan mengotomatisasi ASRS (Automatic Storage and Retrieval System) adalah sistem yang digunakan untuk menyimpan atau mengambil barang pada rak bersusun, dengan tujuan mempersingkat waktu dalam proses penyimpanan dan pengambilan barang.

AGV (Automatic Guided Vehicle) merupakan mobil robot yang dapat berjalan sesuai jalur yang ditentukan dan sesuai dengan kebutuhan. Terdapat juga Shuttle System, Palletizing, Arc Welding, Painting System, Material Handling, dan beberapa kolaborasi lainnya. Sistem otomatisasi ini membuat mesin dapat beroperasi mandiri dan saling terintegrasi.

Adanya otomatisasi industri tersebut, proses produksi juga sepenuhnya dapat berlangsung secara digital, sehingga dapat terhubung satu sama lain lewat sensor serta software yang mendukung mesin-mesin yang didistribusikan oleh Kawan Lama. “Di era Industri 4.0, yang dibutuhkan oleh customer adalah more speed, cheaper dan simpler. Dengan teknologi automation, maka perusahaan dapat memenuhi tiga kebutuhan customer tersebut, sehingga proses produksi di industri manufaktur khususnya, dapat lebih efektif dan efisien,” terang Tony.

Perusahaan ini juga menyediakan KlikMRO.com sebagai e-commerce yang menawarkan produk-produk kebutuhan industri dan komersial untuk memenuhi implementasi strategi Industri 4.0 di Indonesia. Selain memiliki vending machine dan mobile app dengan ragam fitur andalannya, kini klikMRO memperkenalkan teknologi terbarunya bernama TAPzNOW (Toko Alat Perkakas Zaman Now).

TAPzNOW merupakan platform yang memudahkan para pelaku bisnis dan industri untuk berbelanja kebutuhan produk MRO (maintenance, repair, operation) lewat layanan IoT dengan leadtime delivery nol detik. “Pada era e-commerce sekarang ini, internet telah mengubah banyak hal dalam keseharian kita. Cara pembelian telah dipermudah dengan kemampuan yang ditawarkan oleh internet. Itu berarti cara bisnis untuk pemenuhan kebutuhan barang dan produk pun turut berubah. TAPzNOW menjawab perubahan yang terjadi di era Industri 4.0 ini,” ungkap Agustina Iftariani, CEO klikMRO.com.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved