Technology Trends zkumparan

Metrodata Distribusikan Solusi IoT Intel

Metrodata Distribusikan Solusi IoT Intel
Building the Internet of Things
Foto: Istimewa

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) mengembangkan solusi terpadu Internet of Things (IoT) untuk mendukung developer lokal. Upaya ini dilakukan melalui PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), entitas anak dari MTDL, yang bekerjasama dengan Intel Corporation. Dalam kerjasama ini, SMI menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia dan yang pertama kali ditunjuk Intel Corporation sebagai Intel IOT Solution Aggregator.

Melalui SMI, Intel akan mempercepat pengembangan solusi IoT, diantaranya Intel Market Ready Solutions dan Intel RFP Ready Kits. Agus Honggo Widodo, Presiden Direktur SMI yang juga merangkap sebagai Direktur MTDL, mengpresiasi Intel Corporation yang menunjuk SMI menyediakan layanan Intel IOT Solution Aggregator di Indonesia. “Nilai lebih ini akan kami berikan kepada mitra bisnis dan pelanggan kami dalam bentuk penyediaan solusi IoT yang mereka perlukan melalui one stop solution,” ungkap Agus di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, sebagai Intel IoT Aggregator, SMI akan mencari solusi lokal baru yang dapat diajukan ke Intel sebagai Market Ready Solution, khususnya solusi computer vision. “Bersama Intel Corporation kami berkolaborasi meluncurkan Artificial Intelligence of Things (AIoT) dengan memulai Kompetisi OpenVINO yang terbuka bagi para developer lokal,” ucapnya.

Untuk memahami platform Intel OpenVINO yang akan jadi dasar aplikasi IOT, maka SMI memulai rangkaian workshop bertema “Intel Vision Technology dan OpenVINO Toolkit” guna memberi arahan bagi para peserta kompetisi di Jakarta. Selanjutnya workshop akan dilaksanakan di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Tahapan selanjutnya adalah peserta diminta untuk mengirimkan proposal untuk diseleksi menjadi 15 besar peserta. Kemudian para peserta tersebut akan diundang ke Jakarta untuk melakukan presentasi hingga mendapat 3 besar peserta. Lalu pengumuman pemenang kompetisi OpenVIN akan dumumkan di Agustus 2019. Solusi yang memenuhi kualifikasi akan di distribusikan oleh SMI dan akan diajukan ke Intel sebagai Intel Market Ready Solutions.

Selain itu, Intel AI: In Production menawarkan beragam kelengkapan mulai dari piranti lunak hingga development kit agar bisnis klien SMI dapat mengembangkan berbagai solusi Artificial Intelligence dalam waktu singkat. SMI merupakan satu-satunya perusahaan yang meluncurkan pelatihan OpenVINO di Indonesia, menyusul Kontes dan Kompetisi bagi aplikasi enterprise, startup, B2B (Business to Business), B2G (Business to Government) hingga G2C (Government to Customers).

Peran SMI pun akan semakin strategis karena dapat mendukung percepatan transformasi digital bagi industri lokal di sektor electronics, computers, machinery, infrastructure, retail dan penerapan smart building, bidang healthcare, transportation serta logistics. SMI telah memiliki solusi terpadu IoT ke arah Industry 4.0 yang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. SMI juga mampu menyediakan ‘on-boarded full Intel IOTG (Internet of Things Group) silicon product line’ atau lini produk IOTG mulai dari processors, memory, storage dan networks building blocks.

SMI merealisasikan komitmennya terhadap AIoT dengan menyediakan ruang teknologi experience centre yang terletak di kantor pusat APL Tower Lantai 42. Dalam ruang tersebut akan dipamerkan terknologi end-to-end terkini yang dengan mudah dapat diakses. Mulai dari edge sensors, gateway, network infrastructure, hingga cloud serta berbagai rangkaian piranti keras hingga piranti lunak yang dapat full-fledge IoT dan penyebaran AI. Intel mendukung pusat teknologi melalui portofolionya dan ekosistem sehingga SMI dapat membantu akses teknologi Indonesia yang terbarukan dari berbagai belahan dunia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved