Trends Economic Issues

Blok Rokan Bisa Mulai di Explorasi Pertamina Tahun 2020

Oleh Editor
Blok Rokan Bisa Mulai di Explorasi Pertamina Tahun 2020
Explorasi Migas di Blok Rokan Riau (Istimewa)
Explorasi Migas di Blok Rokan, Riau (Istimewa)

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) saat ini sedang mengawal proses transisi antara PT Pertamina (Persero) dengan PT Chevron Pacific Indonesia di Wilayah Kerja (WK) Blok Rokan agar dapat berjalan baik. Deputi Operasi SKK Migas, Fatar Yani Abdurrahman, mengungkapkan Pertamina bisa melakukan eksplorasi di Blok Rokan paling lambat awal tahun 2020.

“Kita harapkan di akhir tahun ini atau awal tahun Pertamina bisa mulai pengeboran,” kata Fatar usai diskusi di kawasan Gondangdia, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2019.

Dia menambahkan, pihaknya sedang menyiapkan sejumlah skema bisnis antara SKK Migas, Pertamina serta Chevron, “kita ada beberapa model bisnis yang akan kita lalukan,” ujar Fatar.

Menurut Fatar, saat ini Blok Rokan sedang mengalami penurunan produksi migas setiap tahunnya. Sejatinya, dengan melaksanakan Enchanced Oil Recovery (EOR), produksi Rokan bisa mencapai 400.000 barel per day.

Namun, menurut Fatar, kontraktor sebelumnya enggan mengambil langkah EOR akibat anjloknya harga minyak beberapa tahun lalu. Kondisi ini didukung dengan berakhirnya masa kontrak Chevron pada 2021 nanti.

Fatar mengakui, kontraktor eksisting cenderung enggan melakukan investasi besar-besaran menjelang berakhirnya masa kontrak. “Ini menjadi tugas kontraktor baru, makanya kita (SKK Migas) kejar, biar transisi ini berjalan,” ujarnya.

Adapun detail skema bisnis baru di Blok Rokan, kata Fatar, baru akan disampaikan jika telah memperoleh keputusan. Dia menjelaskan bahwa saat ini Pertamina sedang sibuk menangani insiden gelembung gas yang berada di sumur YYA-1area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) yang berada di Karawang, Jawa Barat. “Pertamina masih sibuk dengan ONWJ, sehingga belum diputuskan,” ujar dia.

Sumber: Tempo


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved