Trends

Pertumbuhan Bisnis Kedai Kopi

Pertumbuhan Bisnis Kedai Kopi

Gaya hidup minum kopi saat ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat, khususnya milenial. Hal ini tentunnya turut menumbuhkan industri kedai kopi dalam negeri. Dikutip dari bisnis.com[ menurut Chairman Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Syafrudin, hingga akhir 2019 pertumbuhan kedai kopi diprediksi mencapai 15%—20% dibandingkan 2018 yang hanya mencapai 8%—10%. Sedangkan kontribusi kedai kopi terhadap serapan kopi produksi dalam negeri diprediksi mencapai 25%—30%.

Data International Coffee Organization (ICO) menunjukkan, konsumsi kopi indonesia selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Hal ini juga sejalan dengan pertumbuhan produksi kopi dalam negeri yang pada akhir tahun 2017 lalu mencapai 666.692 ton.

Channel penjualan kedai kopipun kini semakin berkembang. Tidak hanya tersedia di kedai kopi konvensional pinggir jalan, kini kedai kopi juga bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan dan mal-mal besar. Bahkan beberapa minimarket saat ini juga mulai menjual produk minuman kopi dengan brand mereka sendiri. Selain itu, berkembangnya tekhnologi juga membuat kedai kopi kini bisa dipesan melalui aplikasi seluler.

Pertumbuhan bisnis ini didukung juga dengan berbagai penawaran kedai kopi yang semakin beragam. Data Nielsen menunjukan bahwa penawaran kedai kopi kini dilakukan melalui beberapa saluran seperti SMS, Grabfood/Gofood, Instagram, Facebook dan media sosial lainnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved