Listed Articles

Bisnis Menggeliat, 'Di Kota Kita' Raih BEP dalam 9 Bulan

Bisnis Menggeliat, 'Di Kota Kita' Raih BEP dalam 9 Bulan

Didirikan oleh PT Think Indigo Asia pada Mei 2011, situs diskon harian Di Kota Kita berhasil memanfaatkan tren internet yang dirasakan masyarakat Indonesia. Menawarkan informasi diskon di berbagai merchant dalam dua bahasa, situs ini berhasil meraih break-even point (BEP) hanya dalam kurun 9 bulan.

“Kami tidak hanya menawarkan potongan harga kepada penduduk Indonesia tetapi juga orang asing yang berkunjung kesini namun ingin menikmati layanan yang ditawarkan para merchant lokal. Selain itu, kami berusaha untuk maintenance hubungan dengan konsumen maupun pihak merchant. Kami secara rutin berdiskusi, mengadakan makan malam dan sebagainya. Karena itu, kami berhasil meraih BEP dalam kurun 9 bulan,” kata Elie Agzarian, Chief Operating Officer PT Think Indigo Asia. Sayangnya, Elie menolak beberkan nilai modal yang dikeluarkan untuk membuat situs tersebut.

Ada tiga model bisnis yang dimiliki oleh Di Kota Kita sebagai acuan yaitu 3 C (Community, Commitment dan Convenience). Community meliputi sudut pandang dan komentar pelanggan terhadap penawaran serta pengalaman konsumen. “Kami menyadari bahwa banyak pesaing yang lebih dulu masuk ke pasar daily deals. Mereka bahkan sudah memiliki pangsa pasar besar seperti Deal Keren dan Groupon. Namun, kami tetap optimis karena Di Kota Kita tidak cuma menawarkan potongan harga tetapi juga komunitas. Kami sangat menghargai dan memelihara hubungan dengan anggota. Caranya? Kami mengadakan berbagai aktivitas yang dapat menyatukan komunitas Di Kota Kita,” tutur Elie.

Kedua, komitmen. Ini berarti, perusahaan menonjolkan komitmen untuk membantu para rekan bisnis mengembangkan sayap dan menarik lebih banyak pelanggan serta memenuhi kebutuhan masyarakat. “Kami menyadari bahwa pengguna internet telah tumbuh dengan sangat pesat. Selain itu, di Indonesia, para pengguna internet memiliki ekspektasi yang besar bahwa internet tidak hanya menimbulkan efek kegembiraan tetapi juga mempengaruhi mereka dalam lingkup finansial. Karena itu, penawaran diskon ini membantu konsumen melakukan penghematan sekaligus merasakan pengalaman menyenangkan.”

Ketiga, convenience. Di Kota Kita memungkinkan konsumen membeli dan menukarkan voucher mereka dalam jangka waktu 24 jam. Dengan peningkatan jumlah pelanggan dan juga merchant secara signifikan, perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan. Layanan customer services beroperasi selama 7 hari (khusus untuk Sabtu dan Minggu, konsumen dapat menghubungi perusahaan pada pukul 10:30 – 15:30 WIB). Ada pula layanan SMS tanpa batasan waktu ke 0815-1140-1321.

“Bagi kami, pengguna voucher tidak cuma menginginkan potongan harga setinggi mungkin tetapi juga kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi. Inilah yang kami janjikan,” kata Elie berpromosi.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved