Property

Bangun Thamrin Nine, Putragaya Wahana Gelontorkan Dana Rp 8 Triliun

Dalam waktu dekat di Jakarta akan muncul gedung pencakar langit tertinggi di Indonesia yaitu Thamrin Nine sebagai ikon baru Kota Jakarta yang terletak di antara Jl. Jend. Sudirman dan Jl. M.H. Thamrin, dekat Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Menurut Direktur Utama PT Putragaya Wahana, Alvin Gozali, pengembangan terbaru Thamrin Nine ini meliputi enam gedung pencakar langit, yakni Autograph Tower, dengan ketinggian 385 meter. “Auto Autograph Tower merupakan gedung tertinggi di Indonesia dan akan dilengkapi dengan perkantoran serta Menara Observasi dan Sky Garden yang dapat diakses publik, Hotel Bintang 6, dan Waldorf Astoria Hotel,” katanya.

Selain itu, lanjut Alvin, Luminary Tower, gedung pencakar langit dengan ketinggian 300 meter ini terdiri dari perkantoran yang dilengkapi dengan Pan Pacific Hotel (Bintang-5), Park Royal Hotel (Bintang-4), dan Park Royal Serviced Suites.

Dan, Retail Arcade (podium penghubung antara kedua tower), lifestyle center yang dilengkapi berbagai fasilitas hiburan dan gaya hidup, seperti Amphitheater, Bioskop IMAX, restoran, bowling, billiard, dan lain-lain. Serta, Le Parc: The Mansion, The Townhomes, dan The Terraces Tower. Gedung ini mencakup hunian mewah bertingkat sedang dengan konsep “Garden of Eden”.

Menjawab pertanyaan SWA, menurut Alvin, paling tidak Putragaya Wahana bisa menjual sekitar 50% dari unit komersial dan residence yang ada, mengingat investasi yang semula dianggarkan Rp 7 triliun, tapi karena saat pandemi covid seperti sekarang untuk membangun Thamrin Nine paling tidak membutuhkan dana Rp 8 triliun. “Ini biaya konstruksi, di luar tanah, mengingat harga tanah di kawasan Thamrin sudah sulit dihitung,” tutur Alvin.

Direktur Proyek PT Putragaya Wahana, Herman Bunjamin, menambahkan Tower Autograph dan Luminary dirancang oleh Kohn Pedersen Fox (KPF), arsitek kenamaan dari Amerika yang telah berhasil mendesain gedung-gedung tertinggi dan ikonik di dunia, antara lain Shanghai World Financial Center, International Commerce Centre – Hong Kong, Lotte World Tower – Seoul, Civic Tower – Beijing, One Vanderbilt – New York, dan masih banyak lagi.

Sedangkan Le Parc didesain oleh WATG yang juga memiliki banyak pengalaman merancang hunian dan hotel mewah di seluruh dunia, termasuk The Venesian dan The Mansion di Las Vegas, serta beberapa resort eksklusif oleh Shangrila, Four Seasons, Grand Hyatt, Ritz-Carlton, serta brand mewah berkaliber internasional lainnya.

Herman menambahkan, ketinggian Autograph Tower yang mencapai 385 meter akan menyaingi ketinggian Empire State Building di New York dengan tinggi 381 meter, namun dapat juga dibilang memiliki kesamaan sebagai lokasi pertama Waldorf Astoria Hotel dibuka di negara tersebut.

Menurut Herman, Autograph Tower pada pertengahan Oktober lalu telah mengadakan seremonitopping-off yang dilakukan di lantai 70 gedung tersebut, yang menandakan bahwa konstruksi telah dilakukan hingga bagian atap gedung. Sedangkan konstruksi lanjutan hingga lantai 75 masih akan diteruskan hingga proses serah terima yang ditargetkan akan dilakukan April 2021.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved