Business Research Trends

Kemendag Apresiasi Mayora Raih ASEAN Business Award 2020

Rangkaian produk Mayora Indah yang popular di pasar domestik, regional dan global

Kementerian Perdagangan RI mengapresasi keberhasilan PT Mayora Indah Tbk memboyong ASEAN Business Award (ABA) 2020 yang berlangsung di Vietnam. Penghargaan yang diraih untuk kategori Priority Integration Sector (Agri based Products). ABA adalah ajang penghargaan internasional tahunan yang diselenggarakan oleh ASEAN Business Advisory Council (ASEAN BAC) sejak tahun 2007.

Penghargaan ABA merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan di kawasan ASEAN yang dinilai telah berhasil membangun bisnis serta memperkuat posisinya di berbagai sektor industri.

Tahun 2020 ABA kembali diadakan di Hanoi, Vietnam pada tanggal 11 November lalu. Ajang ini di ikuti oleh lebih dari 300 perusahaan ternama di kawasan ASEAN dengan memperebutkan 10 jenis kategori penghargaan yaitu: Priority Integration Sectors; SMEs Excellence; Young Entrepreneurs; Woman Entrepreneurs; Family Business; Skills Development; Friends of ASEAN; Inclusive Business; Combating Covid-19 dan Country Star of the Year.

Penyelenggaraan ABA 2020 memiliki makna khusus dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana kondisi pandemi Covid-19 membuat konsep acara pun dilakukan secara offline terbatas dan online.

Selain mempertahankan tradisi pemberian penghargaan, ABA ke-13 tersebut juga turut menunjukkan solidaritas kepada seluruh negara ASEAN. Yakni atas kontribusi secara signifikan mereka dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi global. Acara yang dibuka oleh Madame Nguyen Thi Nga, Chair of ABA 2020 dihadiri pula secara virtual oleh Presiden dan Perdana Menteri dari negara-negara ASEAN.

Perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) raksasa asal Indonesia ini dinilai berhasil dalam hal pertumbuhan pendapatan dan laba bersih, inovasi produk, tanggung jawab sosial perusahaan dan ketenagakerjaan

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan RA, Kasan mengapresiasi penghargaan ABA 2020 untuk kategori Priority Integration Sector (Agri based Products) yang diraih oleh Mayora ini. “Meski dalam situasi pandemi, Mayora masih bisa memperluas ekspor makanan dan minuman ke pasar,” ungkapnya dalam siaran pers di Jakarta (11/1/2021).

Kasan meyakini bahwa penghargaan ini bisa berhasil karena strategi pengembangan inovasi dan diversifikasi produk tepat yang dilakukan oleh Mayora. Lebih lanjut, ia menyebut merek produk Mayora, seperti Danish, Kopiko, serta Beng-Beng dan Torabika dikenal baik dan bisa bersaing di dunia. “Saya harap kita bisa memiliki sinergi yang lebih baik lagi dalam meningkatkan ekspor Indonesia di sektor non migas pada masa mendatang. Semoga Mayora semakin sukses di pasar global,” ujarnya.

Ricky Afrianto, Global Marketing Director PT Mayora Indah Tbk mengaku, kesempatan ini adalah pertama kalinya Mayora mengikuti penghargaan ABA dan langsung menjadi salah satu pemenangnya. “Ini menunjukkan pengakuan dari bangsa lain terhadap perusahaan kami di mana Mayora Indah tetap mampu bertahan dan terus memberikan kontribusi di masa pandemi ini,” katanya.

Penghargaan ini, sebut Ricky juga merupakan inisiatif baik untuk membangun dan memperkuat perusahaan-perusahaan di ASEAN agar dapat bersaing secara sehat. “Kami menyadari ASEAN Business Award merupakan perhelatan akbar dan bangga bisa berpartisipasi pada acara ini. Sekaligus membuktikan bahwa perusahaan kami mampu bersaing di panggung regional dan global,” jelasnya.

Keberhasilan ini diakui Ricky tak luput dari kontribusi seluruh pelanggan, masyarakat, pemegang saham dan pemangku kepentingan. Ini merupakan bukti kecintaan kita terhadap produk asli Indonesia yang berkualitas dan telah teruji. “Penghargaan ini tidak hanya membuat kami bangga, namun yang terpenting juga akan mengingatkan pada tujuan kami untuk memberikan kebaikan serta kebahagiaan kepada seluruh masyarakat dunia, ” tegas Ricky.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved