Technology Capital Market & Investment Trends

Strategi Metrodata Memacu Bisnis Gaming

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), melalui anak usahanya PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) menambah mitra baru dengan menjadi distributor resmi Team Group Inc. Adapun, Team Group Inc merupakan perusahaan asal Taiwan yang bergerak dalam industri semikonduktor dengan bisnis utama manufaktur komponen elektronik, komputer dan perdagangan peralatan periferal, bahan elektronik biasa, dan perdagangan produk elektronik.

Kerja sama ini bertujuan untuk memenuhi permintaan gaming console, PC dan notebook yang terus meningkat diikuti dengan permintaan komponen komputer. Susanto Djaja, Presdir Metrodata Electronics mengatakan perubahan terhadap berbagai pola kehidupan di masa pandemi ini, yang mana salah satunya adalah dalam hal teknologi. Perubahan ini telah memberikan dampak dengan meningkatnya permintaan produk-produk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang bahkan terdapat kelangkaan bahan baku produk TIK, seperti semikonduktor chip yang digunakan untuk PC dan notebook.

Permintaan produk ini juga meningkat seiring dengan adanya tren gaming sebagai hiburan saat beraktivitas di rumah. “Maka dengan upaya menjadi one-stop solution untuk produk gaming, kami terus menambah kemitraan, yaitu dengan Team Group Inc untuk memasarkan memory, flash & components, yaitu T-Force, T-Create, Team Flash Card, dan Team USB Flash Drive yang akan menyasar segmen pengguna standard, gamers, dan creators,” ujar Susanto di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan laporan Newzoo, pasar gaming diestimasikan mencapai US$ 189,3 miliar pada 2021 sehingga hal ini menjadi peluang MTDL untuk terus bertumbuh. Ronaldy Suhendra, Distribution Product Director SMI, menyampaikan pihaknya menyodorkan manfaat lebih bagi mitra bisnis berupa peluang bisnis yang dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan dengan menyediakan saluran bisnis kepada Team Group Inc agar dapat didistribusikan di seluruh Indonesia, mulai dari pasar TI tradisional hingga pasar modern di e-commerce dan kanal digital.

SMI akan menjalankan strategi Go to Market Framework sejalan dengan pengembangan pengenalan pasar serta pendayagunaan peluang kanal penjualan yang menjangkau lebih dari 150 kota di 20 wilayah strategis di Indonesia melalui dukungan lebih dari 5.200 channel partners, serta memastikan dapat memberikan ragam layanan produk dan solusi dengan kualitas kelas dunia. Sebelumnya, MTDL melalui SMI menjalin kemitraan bisnis sebagai distributor resmi untuk produk Razer Gaming Gear & Peripherals dari Razer yang merupakan perusahaan teknologi merek gaya hidup gamers.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved