Strategy zkumparan

Samudera Indonesia Gandeng PSA Singapore Dorong Inovasi Logistik

PT Samudera Indonesia Tangguh atau Samudera Indonesia menandatangani kerja sama strategis dengan PSA Corporation Ltd untuk inovasi di bidang logistik. Gabungan pengalaman, keahlian, jaringan yang dimiliki Samudera Indonesia dan jaringan pasar global yang dimiliki PSA dianggap akan dapat melahirkan inovasi dalam efisiensi dan terbentuknya rantai pasok konektivitas kargo.

“Indonesia sebagai perekonomian terbesar di Asia Tenggara memiliki potensi pertumbuhan luar biasa ketika berhasil mengurai penyumbatan kelancaran infrastruktur logistiknya,” kata Direktur Utama Samudera Indonesia, Bani M. Mulia. Dia menambahkan, selain melakukan kerja sama layanan pelayaran ke pelabuhan Singapura, pihaknya juga akan berkolaborasi untuk melakukan investasi logistik dan digital.

Kolaborasi yang terjalin mencakup pengembangan jalur perdagangan antara Indonesia, Asia Tenggara, dan dunia untuk menyediakan layanan multimoda, freight forwarding, pergudangan & trade financing. Keduanya juga akan mengembangkan innovasi rantai pasok di sektor cold chain & e-commerce. Dalam mengembangkan masa depan supply chain management, PSA dan Samudera Indonesia akan mengeksplorasi penggunaan platform digital, salah satunya Calista. Platform ini akan dapat menggabungkan layanan logistik, perizinan dan keuangan bagi para pelanggan.

Hal ini diyakini akan meningkatkan kualitas konektivitas kargo, dan terciptanya ekosistem logistik yang lincah, efisien, dan transparan. Di sisi lain, Regional CEO Southeast Asia PSA, Ong Kim Pong, mengatakan bahwa kolaborasi tersebut merupakan cara untuk membangun konektivitas logistik yang tangguh dan memiliki daya tahan dalam menjawab tantangan masa depan.

“PSA senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kapabilitas dan mendorong koordinasi rantai pasok, memperkuat reputasi Singapura sebagai hub logistik dan pengelolaan rantai pasok yang efisien,” kata dia menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved