Trends Economic Issues zkumparan

Kementerian ESDM Kembali Lelang WK Migas

Kementerian ESDM Kembali Lelang WK Migas

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membuka lelang Wilayah Kerja Migas Tahap II tahun 2021. Ada 8 wilayah kerja blok migas yang ditawarkan, terdiri dari satu wilayah kerja eksploitasi dengan mekanisme penawaran langsung, tiga willayah kerja eksplorasi dengan mekanisme penawaran langsung dan empat wilayah kerja eksplorasi dengan mekanisme lelang reguler.

Tutuka Ariadji, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam event IOG 2021 di Bali Nusa Dua, Senin(29/11/2021), mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa perbaikan untuk memberi keuntungan yang lebih baik. Di antaranya perbaikan profit split kontraktor dengan mempertimbangkan faktor risiko Wilayah Kerja, Signature Bonus terbuka untuk ditawar, FTP menjadi 10% shareable, dan penerapan harga DMO 100% selama kontrak.

Selain itu, memberikan fleksibilitas bentuk kontrak (PSC Cost Recovery atau PSC Gross Split), ketentuan baru relinquishment (tidak ada pengembalian sebagian area di tahun ke-3 kontrak), kemudahan akses data melalui mekanisme membership Migas Data Repository (MDR), serta pemberian insentif dan fasilitas perpajakan sesuai peraturan yang berlaku.

“Kami mengundang Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang bergerak pada industri hulu minyak dan gas bumi yang memiliki kemampuan keuangan dan teknis, mampu memenuhi syarat minimum Komitmen Pasti, memenuhi syarat dan ketentuan pokok lelang Wilayah Kerja, serta memiliki kinerja dan track record yang baik untuk dapat berpartisipasi pada lelang Wilayah Kerja Migas Konvensional Tahap II Tahun 2021,” ujarnya.

Penawaran langsung akan dimulai dengan akses bid document pada 29 November 2021 hingga 11 Januari 2022. Lalu pemasukan dokumen partisipasi pada 11-12 Januari 2022. Sementara untuk lelang reguler, akses bid document mulai 29 November 2021 sampai 24 Maret 2022. Pemasukan dokumen partisipasi pada 24-25 Maret 2022. Bagi Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang berminat, registrasi dan akses Bid Document dilakukan melalui website online lelang Wilayah Kerja Migas sesuai dengan jadwal yang ada.

Adapun rincian dari blok migas yang ditawarkan antara lain satu Wilayah Kerja Eksploitasi yang ditawarkan dengan mekanisme penawaran langsung adalah Bertak Pijar Puyuh di Sumatera Selatan. Lalu, tiga blok migas eksplorasi dengan menaknisme penawaran langsung yakni North Ketapang di Daratan dan Lepas Pantai Jawa Timur; Agung I di Lepas Pantai Bali dan Jawa Timur; dan Agung III di Lepas Pantai Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur.

Selanjutnya, empat blok migas eksplorasi yang ditawarkan dengan mekanismen reguler yakni West Palmerah di Daratan Sumatera Selatan dan Jambi; Paus di Lepas Pantai Natuna; Maratua II di Daratan dan Lepas Pantai Kalimantan; serta Karaeng di Daratan dan Lepas Pantai Sulawesi Selatan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved