Brands IBBA

FIF Group, Digitalisasi Pacu Kualitas Layanan Konsumen

FIF Group, Digitalisasi Pacu Kualitas Layanan Konsumen
Margono Tanuwijaya, CEO FIF Group.

PT Federal International Finance Group (FIF Group) mengakselerasi kesadaran akan merek (brand awareness) dan memacu pemasaran di kanal digital agar pelayanan dan produk kian melekat di benak konsumen. FIF Group berimprovisasi dan berinovasi dengan menyodorkan aneka macam fitur yang memudahkan akses konsumen menikmati produk dan layanan di masa pandemi ini. Digitalisasi ini menjangkau konsumen FIF Group yang mencapai 5 juta orang.

Margono Tanuwijaya, CEO FIF Group, mengatakan bahwa digitalisasi merupakan titik strategis yang menunjang operasional di internal perusahaan, serta memudahkan akses 5 juta nasabah. Salah satu manfaat digitalisasi itu adalah memudahkan nasabah membayar angsuran kendaraan bermotor di platform digital, Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, anjungan tunai mandiri (ATM), dan AstraPay (e-wallet atau aplikasi dompet digital berbasis mobile).

“FIF memiliki aplikasi FIF mobile customer, fiturnya memudahkan transaksi customer, mensimulasikan kredit, mengecek saldo, dan lain-lain lewat aplikasi tersebut. Kemudian kami juga berkolaborasi dengan AstraPay. Kami meyakini bahwa pembayaran seamless sangat dibutuhkan oleh customer,” kata Margono. Aplikasi FIF Group di Google Play Store diunduh 500 ribu kali per 10 November 2021.

Manajemen FIF Group tak menampik bahwa dampak pandemi Covid-19 memengaruhi laju industri pembiayaan. FIF Group bersiasat menaklukkan tantangan ini. Caranya‚ dengan bertransformasi agar tidak terhempas di industri pembiayaan dan mempertahankan loyalitas nasabah. Digitalisasi ini memompa kreasi karyawan dan memberikan nilai tambah terhadap laju bisnis FIF Group.

Contohnya, pemasaran di kanal digital yang rutin digelar. Antara lain, Spektra Fair, kegiatan pemasaran dan promosi yang berlangsung virtual di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Spektra Fair menyodorkan pembiayaan peralatan elektronik dan alat-alat rumah tangga.

Baru-baru ini, anak perusahaan PT Astra International Tbk. itu menghelat FIF Group Fest, festival virtual di Sulawesi pada 6 – 14 November 2021. Seluruh brand layanan PT Federal International Finance (FIF Group), yaitu FIF Astra, Spektra, Danastra, Amitra, Astrapay, Maucash, Fifada, dan Moxa, juga mitra yang berkerjasama hadir di ajang itu.

Kegiatan ini merupakan program FIF Group untuk berinovasi melalui digitalisasi yang memberikan kemudahan kepada seluruh pelanggan dalam mengakses layanan FIF Group. “FIF Group Fest merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan dengan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam melakukan proses transaksi. FIF Group Fest diharapkan dapat mendukung terjadinya peningkatan daya beli masyarakat yang dapat membantu pemulihan ekonomi di Indonesia,” Margono menjelaskan.

Pemasaran virtual merupakan respons cepat FIF Group menunggangi momentum, di antaranya petumbuhan penjualan roda dua. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia memublikasikan jumlah penjualan sepeda motor periode Januari-September 2021 yang mencapai 3,76 juta unit, meningkat 56,8% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang berjumlah 2,18 juta unit. FIF Group pun kecipratan rezeki.

Sebab, peningkatan penjualan roda dua itu berefek positif. Ini tecermin dari kinerja FIF Group pada September 2021: menyalurkan pembiayaan sepeda motor senilai Rp 24,4 triliun, naik 2,5% dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Pasar kendaraan bermotor masih lesu gara-gara terdampak pandemi. Namun, pembalikan arah pasar otomotif kian tampak pascapemberian insentif fiskal, meski pertumbuhannya masih rendah. “Walaupun pasar kendaraan roda dua masih mengalami slowly growth, FIF Group masih tetap menjadi market leader di pembiayaan roda dua, yaitu sebesar 42% berdasarkan data Januari-Agustus 2021,” ungkap Margono.

Selain virtual exhibition, FIF Group pun melakukan beberapa inisiatif. Antara lain‚ memperkuat kolaborasi di internal perusahaan ataupun dengan ekosistem Astra dan mitra strategi melalui integrasi dalam jaringan (daring/online) dan luar jaringan (luring/offline) untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku berbelanja masyarakat di masa pandemi.

Yulian Warman, Chief of Corporate Communication & CSR FIF Group, menambahkan, pandemi memberikan tantangan kepada manajemen dalam membangun FIF Group sebagai jenama (merek/brand) pembiayaan kendaraan bermotor, alat-alat elektronik‚ dan peralatan rumah tangga. Perilaku konsumen berubah: kini mereka mengakses beragam produk dan layanan secara daring.

”Hal ini menjadi tantangan bagi FIF Group untuk mengubah total strategi pemasaran yang selama ini telah dilakukan. Porsi pemanfaatan media digital jauh lebih besar dibanding media konvensional, dan isi pesan harus lebih persuasif dengan angle berbeda dari biasanya mengingat konsumen yang kini juga jauh lebih kritis dalam melakukan transaksi,” tutur Yulian.

FIF Group juga membenahi beragam strategi, antara lain pemasaran digital; mempererat kerjasama tim; memperbaiki proses bisnis; dan meningkatkan pelayanan konsumen. “Kunci terbaik dalam membangun dan menjaga FIF Group sebagai brand yang Top of Mind adalah konsistensi dan komitmen untuk terus membangun brand dengan berinovasi dalam strategi pemasaran,” kata Yulian menegaskan.

Konten pemasaran multiplatform digencarkan, misalnya kampanye pemasaran dan promosi di kanal digital (media sosial dan website), melibatkan partisipasi konsumen (customer involved) untuk memublikasikan testimoni dan tinjauan (review) produk FIF Group; ekshibisi virtual FIF Group Fest dan Spektra Fair; kemudahan dalam pembayaran karena dapat dilakukan di berbagai payment point di seluruh Indonesia; dan inovasi merambah layangan keuangan digital dengan meluncurkan AstraPay guna memudahkan transaksi konsumen. “Hal ini dilakukan karena FIF Group juga menerapkan strategi omnichannel terintegrasi untuk meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen,” katanya.

Digitalisasi diimplementasikan FIF Group sebelum era pagebluk terjadi di awal 2020. Awalnya, digitalisasi hanya menyentuh operasional bisnis. Selanjutnya, dikembangkan untuk menjangkau nasabah dan mitra bisnis demi memperkaya pengalaman mereka terhadap produk dan layanan FIF Group. Sebagai contoh, FIF Group Mobile Customer dapat digunakan untuk membeli dan melakukan angsuran pembiayaan produk FIF Group secara online yang terkoneksi dengan produk di ekosistem Astra Financial lainnya.

Ke depan, FIF Group menyediakan layanan digital dan layanan nirsentuh (contactless service) untuk menjawab tantangan di era digital dan pasca-Covid-19 yang bertujuan membentuk omnichannel experience. Terdapat beragam layanan komunikasi yang dapat diakses konsumen tanpa harus ke luar rumah, yakni melalui aplikasi FIF Group Mobile Customer (FMC); chatting dengan virtual customer service Fiona yang dapat diakses dari aplikasi multichannel seperti Facebook, WhatsApp, dan fifgroup.co.id; serta pelayanan konvensional di kontak terpusat HaloFIF melalui telepon 1500-343 atau surat elektronik [email protected].

Perihal layanan konvesional, kantor cabang FIF Group dilengkapi ISS System yang mengatur antrean nasabah sehingga sesuai dengan protokol kesehatan. ISS menyediakan layanan pengambilan nomor antrean tanpa kontak dari ponsel nasabah dengan memindai QR Code.

Nasabah kian dimanjakan karena fitur ISS ini terintegrasi dengan aplikasi FIF Group untuk reservasi pengambilan BPKB dan perpanjangan STNK dari rumah. Ini dapat mempersingkat waktu tunggu dan waktu layanan konsumen selama di kantor cabang.

FIF Group juga meningkatkan nilai sosial di pemasaran digital dengan memublikasikan berbagai program tanggung jawab sosial (CSR) di media sosial dan media massa daring. Total dana CSR yang disalurkan lebih dari Rp 36,9 milliar dengan valuasi public relations mencapai Rp 476 miliar.(*)

Andi Hana Mufidah Elmirasari & Vicky Rachman

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved