Trends

Indonesia, Pasar Pertama Kemitraan Standard Chartered dengan Atome Financial

Indonesia, Pasar Pertama Kemitraan Standard Chartered dengan Atome Financial
Dari kiri ke kanan: Wisely Wijaya (Direktur Kredit Pintar), Wawan Salum (CEO Atome Financial Indonesia), Andrew Chia (Cluster CEO Indonesia & ASEAN Market Standard Chartered), dan Jeffrey Tan (Head of Consumer, Private and Business Banking Standard Chartered Indonesia

Standard Chartered Indonesia dan Kredit Pintar Indonesia (Kredit Pintar) mengumumkan kemitraan berupa pendanaan untuk pinjaman konsumen digital melalui platform fintech Kredit Pintar, dengan total limit pendanaan hingga USD 70 juta (Rp 1 triliun). Ini merupakan bagian dari kemitraan global Standard Chartered dengan Atome Financial, di mana Kredit Pintar merupakan bagian dari group perusahaan tersebut, yang sebelumnya telah disepakati dan diumumkan pada bulan Oktober 2021.

Dalam kesepakatan global tersebut, Standard Chartered berkomitmen untuk menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 7,1 triliun (USD 500 juta) selama 10 tahun melalui Atome Financial di beberapa pasar Asia termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Indonesia adalah pasar pertama yang meluncurkan kerja sama ini setelah pengumuman global tersebut.

“Kemitraan ini menegaskan komitmen kami untuk turut serta dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, seraya memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam mengakusisi serta melayani nasabah,” ungkap Andrew Chia, Cluster CEO Indonesia & ASEAN Market (Australia, Brunei dan Filipina), Standard Chartered.

Kolaborasi ini, menurut Jeffrey Tan, Head of Consumer, Private and Business Banking (CPBB) Indonesia, Standard Chartered, sejalan dengan strategi bank ini untuk mendukung pertumbuhan aset di segmen retail melalui kemitraan dengan fintech dan perusahaan multifinance digital dan mendukung agenda keberlanjutan Standard Chartered untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dengan memberikan akses keuangan kepada masyarakat Indonesia.

“Kedepannya, kemitraan dengan Kredit Pintar ini akan membuka jalan untuk berkolaborasi dengan berbagai mitra untuk menawarkan lebih banyak produk dan solusi keuangan , di pasar utama lainnya,” tutur Jeffrey Tan.

Wisely Wijaya, Direktur Kredit Pintar, mengatakan, peluncuran kemitraan strategis Standard Chartered dengan Kredit Pintar ini merupakan bukti lebih lanjut atas kepercayaan investor dan nasabah kepada Kredit Pintar untuk menggunakan teknologi guna mendorong inklusi keuangan yang berkelanjutan, baik bagi konsumen maupun usaha kecil di Indonesia.

“Kami melihat sinergi yang luar biasa dalam kolaborasi ini dan visi untuk mempercepat akses keuangan kepada masyarakat yang selama ini masih kurang terlayani serta memiliki keterbatasan untuk menjangkau layanan keuangan di Indonesia. Melalui kerja sama strategis ini, layanan produk dan jasa keuangan dapat diakses dengan mudah melalui perangkat seluler mereka,” kata Wisely

Wawan Salum, CEO Atome Financial Indonesia, menambahkan, kemitraan ini merupakan salah satu investasi strategis utama untuk mendukung industri fintech di Indonesia. “Kami bangga bahwa Indonesia adalah pasar pertama di kawasan yang meluncurkan kemitraan Standard Chartered ini, pertama dengan merek pinjaman digital konsumen kami, Kredit Pintar, dan pada akhirnya akan bersama Atome Indonesia untuk memperluas jaringan ritel Buy Now Pay Later,” Wawan mengungkapkan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved