Marketing Trends zkumparan

Tokopedia Dorong Kesetaraan Peluang Bagi UMKM

Tokopedia Dorong Kesetaraan Peluang Bagi UMKM

Di Hari Kartini 21 April 2022, Tokopedia melihat berdasarkan data internal, jumlah perempuan pegiat UMKM di Tokopedia naik 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020. Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi di 2021.

Contoh Kartini pegiat UMKM lokal di Tokopedia Pemilik Dekayu, Yaniar Fernanda (Nia), asal Yogyakarta. Dia memberdayakan sejumlah perajin kayu sekaligus ibu rumah tangga di Dusun Gemawang, Desa Putat, Gunungkidul, dan menghasilkan berbagai peralatan makan serta dekorasi rumah khusus dari kayu jati dan serat alam lainnya.

“Di Ramadan 2021 lalu, transaksi kami lewat Tokopedia melonjak lebih dari empat kali lipat. Di Ramadan tahun ini, untuk memaksimalkan penjualan, kami sudah menyiapkan stok produk dan mengikuti berbagai program Tokopedia, seperti Home Living SALEbrations dan Parsel Ramadan,” jelas Nia.

Kartini lainnya , Pemilik Diet Special Needs, Difansa Rachman yang memulai usaha karena memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dia melihat peluang untuk memberikan kesempatan yang sama bagi ABK dan masyarakat lain untuk mendapatkan opsi makanan yang sesuai kebutuhan.

Difansa mengatakan bahwa bahan makanan Diet Special Needs diproses secara khusus tanpa terigu, gula pasir, susu dan turunannya, seafood dan bahan alergen lainnya. Tujuannya agar bisa dikonsumsi oleh ABK, serta masyarakat dengan diabetes, hipertensi, autoimun, asam lambung, kanker, alzheimer, kulit sensitif atau alergi lainnya. Untuk memasarkan produknya, Difansa memanfaatkan toko online agar mudah dijangkau oleh pembelinya.

“Untuk kunjungan toko Diet Special Needs meningkat hingga 10 kali lipat karena memanfaatkan TopAds, fitur beriklan dari Tokopedia,” ungkapnya.

VP of Seller Experience Tokopedia Puput Hidayat mengatakan pihaknya kini fokus menjalankan inisiatif Hyperlocal. Mengusung teknologi geo-tagging, perusahaan ingin mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved