Marketing Trends

Toffin Bawa Cinnabon ke Pasar Indonesia

Toffin Bawa Cinnabon ke Pasar Indonesia

Cinnabon akhirnya masuk pasar Indonesia, setelah tertunda 2 tahun akibat pandemi Covid-19. Toko kue dan cinnamon roll yang telah hadir sejak 1985 di 1.600 lokasi di 50 negara ini telah membuka gerai pertamanya pada 12 Juni 2022 di Mal Grand Indonesia, namun peresmiannya baru dilakukan pada Jumat (17/06/2022).

Merek asal Amerika ini dibawa ke pasar Indonesia oleh PT Toffin Cinnabon Indonesia adalah sister company dari PT Toffin Indonesia. Untuk diketahui, Toffin Indonesia merupakan grup usaha yang berfokus pada industri food and beverage, utamanya penyedia terbesar produk dan jasa kebutuhan kafe serta restoran seperti mesin kopi internasional yaitu Nuova Simonelli, Victoria Arduino, Hario, dan sebagainya. Pada peresmian tersebut hadir juga Tony Arifin CEO Toffin Indonesia.

Witia Arini, CEO PT Toffin Cinnabon Indonesia mengungkapkan setelah melalui masa pandemi yang menyebabkan persiapan pembukaan di Indonesia tertunda-tunda, akhirnya Cinnabon bisa hadir di Indonesia.

“Seperti diketahui Cinnabon adalah merek Internasional dari Amerika yang telah sejak 37 tahun lalu dan sudah ada di 50 negara. Semoga kehangatan dan joyful dan sweetness yang Cinnabon tawarkan bisa memberikan hal baru bagi pecinta kuliner di Indonesia,” ujar Witia.

Keunggulan Cinnabon adalah setiap menunya dibuat fresh setiap harinya, menggunakan Cinnamon Makara yang memiliki aroma khas dipadukan dengan manisnya brown sugar dan cream cheese frosting di atasnya. Menariknya, bahan baku kayu manis khusus yang mereka gunakan berasal dari Sumatera, Indonesia. Bahan kayu manis dengan olahan khusus dengan nama Cinnamon Makara ini sudah dipatenkan oleh Cinnabon dan digunakan di seluruh gerainya di seluruh dunia.

“Cinnabon menawarkan rasa yang unik dan berbeda dan cocok dinikmati bersama dengan kopi dan teh yang menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia. Kami juga merasa momen ini menjadi kesempatan yang baik untuk memperkenalkan diri ke masyarakat, karena kami melihat adanya kebutuhan produk yang berkualitas dan fresh. Masyarakat juga mulai semakin berani untukmengeksplorasi berbagai jenis makanan,” jelas Witia lagi.

Untuk itu Cinnabon Indonesia berencana ekspansi di area Jabodetabek dan tidak menutup kemungkinan untuk membuka cabang di berbagai area di Indonesia. “Kami akan mendengar di mana saja kami perlu buka dari masyarakat, masukan bisa didapat dari media sosial,” imbuhnya.

Mike Desquitado, Direktur Senior Operasi Internasional Focus Brands Asia Pacific—grup usaha yang mengelola Cinnabon—mengatakan gerai di Grand Indonesia, Jakarta ini yang pertama dari rencana banyak cabang Cinnabon di Indonesia.

Steve Yang, Direktur Pengelola Focus Brands Asia Pasifik Managing Director of Focus Brands Asia Pacific mengungkapkan bahwa dulu roti cinnamon rasanya dengan rasa kayu manis yang khas itu tidak terlalu disukai pasar.“Namun 5-6 tahun terakhir, generasi milenial mengubah peta pasar, mereka justru menyukai cita rasa kayu manis dari roti gulung cinnamon. Bahkan Cinnabon yang menghadirkan roti cinnamon yang khas diterima pasar Korea dan Jepang dengan sangat antusias,” jelas Steve.

Dengan pasar Indonesia yang besar di generasi milenial, untuk itulah Cinnabon hadir di Jakarta sebagai kota besar pertama di ASEAN. “Indonesia adalah negara pertama di regional Asean Cinnabon hadir, setelah itu kami akan buka di Singapura dan Malaysia dalam dalam waktu dekat,” katanya.

Menurut Mike yang menjadi menu andalan Cinnabon adalah Cinnamon Rolls yang diluncurkan pada tahun 1985. Menu yang sampai sekarang menjadi favorit ini tentu saja hadir di Cinnabon Jakarta. Cinnamon roll ini memiliki ciri khas aroma Cinnamon Makara yaitu kayu manis yang berasal dari gunung Sumatra Barat.

Bagi para pecinta karamel, Caramel Pecanbon yang dikombinasikan dengan kacang pecan dan saus caramel yang akan cocok di lidah para pencinta menu klasik. Untuk pilihan rasa cokelat, Cinnabon Indonesia menyediakan pilihan menu Chocobon yang setiap lapisannya dilapisi cokelat dan cream cheese frostingkhas Cinnabon.

Cinnabon menawarkan 3 pilihan ukuran cinnamon roll. Pertama ada ukuran reguler classic roll yang cocok untuk para pecinta kayu manis dengan ciri khas adonan yang baru dipanggang. Sementara Minibon menawarkankenikmatan yang sama dengan

Dengan 3 varian menu utama ini, Cinnabon Indonesia juga menawarkan menu tambahan seperti Roll on the godan Cinnachips. Kedepannya, Cinnabon akan terus melakukan eksplorasi menu dan membawakan sesuatu yang baru untuk para penikmat kuliner di Indonesia.

Cinnabon Jakarta juga menyediakan berbagai pilihan menu minuman seperti teh, kopi dan pilihan menu minuman lainnya. Untuk kopi, menggunakan biji kopi Italia dari campuran kopi robusta dan arabika. Tidak hanya kopi, bagi yang tidak bisa minum kopi, Cinnabon hadirkan pilihan menu minuman lainnya, seperti Chillata dan CinnaFizzie. Total ada 26 jenis minuman yang bisa dinikmati bersama cinnamon roll Cinnabon. Menu makanan dibandrol mulai dari Rp26-226 ribu.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved