Technology Trends

Impact NFT Pendidikan Pertama di Indonesia untuk Mendanai Siswa Kurang Mampu

Impact NFT Pendidikan Pertama di Indonesia untuk Mendanai Siswa Kurang Mampu

Tiga lembaga, yakni DanaDidik, Ganara Art dan Purpose bekerja sama untuk meluncurkan Impact NFT sebagai pendidikan pertama di Indonesia, dan satu-satunya yang memiliki dampak langsung ke pendidikan tinggi.

Gerakan inovasi ini disponsori oleh ketiga organisasi tersebut yang prihatin akan jumlah mahasiswa yang tidak mampu mengenyam pendidikan tinggi di Indonesia. Menurut Bank Dunia, hanya sekitar 16% generasi muda di Indonesia yang mengenyam pendidikan tinggi, jauh dibawah rata-rata G20 yaitu sebesar 38%i.

Pendapatan dari Impact NFT akan digunakan untuk mendanai pendidikan tinggi siswa kurang mampu di Indonesia. Selain itu, untuk mendukung seniman dan biaya pemasaran dari projek tersebut. NFT yang memberikan dampak sosial ini bisa dibeli langsung secara online dengan menggunakan kartu kredit.

“Gagasan bahwa seni melalui NFT, dapat membantu orang lain memperoleh pendidikan tinggi dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik adalah inspirasi bagi kami. Seni dapat menjadi jalan untuk mengatasi kesenjangan pendidikan di seluruh negeri. Kami bangga dapat mendukung gerakan ini dengan cara yang berarti,” kata Tita Djumaryo, Pendiri dan CEO Ganara Art.

Januar Sudharsono, Ketua Yayasan DanaDididk menyebut pihaknya bersyukur dengan diluncurkannya projek ini.”Kami selalu mencari cara kreatif untuk mendanai pendidikan tinggi siswa kurang mampu. Begitu banyak siswa di luar sana yang membutuhkan dana. Kerja sama ini untuk mengangkat misi kami dalam meluluskan siswa dari kemiskinan,” ungkapnya.

“Kami antusias dan bangga atas inisiatif ini, dan akan terus menjembatani aplikasi web 3 dengan inisiatif impact dengan memberdayakan seniman di seluruh dunia,” kata Okki Soebagio, CEO dan Co-Founder of Purpose NFT.

Yayasan Dana Abadi Pelajar (bagian Grup DanaDidik) adalah organisasi nirlaba Indonesia yang berfokus pada pemberian beasiswa dan pendanaan kepada siswa kurang mampu di seluruh Indonesia untuk pendidikan tinggi sejak tahun 2015. Organisasi ini terutama mendanai mahasiswa kesehatan karena pandemi, dari perawat, bidan, hingga dokter.

Sementara Ganara Art adalah lembaga pendidikan seni budaya yang mengkhususkan diri pada pendidikan seni rupa nonformal. Didirikan pada tahun 2013, Ganara Art percaya setiap anak Indonesia memiliki hak untuk berekspresi melalui seni, dan telah membantu menyebarkan luaskan pendidikan kreatif, merangkul inklusivitas, kesetaraan gender serta keragaman melalui seni ke 25 kota di seluruh Indonesia dan telah menjangkau lebih dari 50.000 penerima manfaat selama beberapa tahun ini.

Purpose.art adalah platform tujuan dunia bagi seniman dan perusahaan sosial yang ingin tumbuh dan mewujudkan tujuan mereka. Platform purpose.art menghubungkan seniman dan perusahaan sosial, untuk mengeluarkan NFT berdampak sosial bersama-sama.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved