Marketing Trends

Perjalanan Spontan dan Bisnis Percepat Pemulihan Industri Pariwisata

Tahun 2022 menjadi momen bangkitnya kembali industri pariwisata dan perhotelan di Indonesia. Hal tersebut tercermin dalam laporan tren perjalanan tahunan yang dirilis Oyo bertajuk ‘Oyo Travelopedia Indonesia 2022’. Laporan tahun ini mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan permintaan hingga 82.000 kamar pada malam tahun baru, lebih tinggi 58% dibandingkan tahun sebelumnya.

Laporan juga menyebut bahwa perjalanan spontan menjadi tren utama yang mempercepat pemulihan industri pariwisata dan perhotelan di Indonesia pada masa pascapandemi. Tercatat lebih dari 2,4 juta pemesanan dilakukan satu hari sebelum perjalanan atau pada hari perjalanan dengan peningkatan sejumlah 14% dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, perjalanan bisnis meningkat di Indonesia sejak pelonggaran kebijakan pembatasan perjalanan diberlakukan pada Mei 2022. Permintaan akomodasi oleh tamu korporasi atau skala besar tumbuh 274% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini didukung oleh usaha kecil dan menengah yang mulai memilih interaksi secara langsung dibandingkan pertemuan virtual.

Data pemesanan Oyo Indonesia menunjukkan bahwa terdapat lima kota yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan bisnis, yaitu Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bekasi, dan Medan.

“Dalam satu tahun terakhir Oyo fokus terhadap skala penginapan mid-premium seperti Townhouse Oak, Townhouse, Collection O, Capital O dan Flagship yang dapat memberikan ragam pilihan properti penginapan berkualitas untuk mengakomodasi permintaan perjalanan bisnis,” jelas Ankit Tandon, Global CBO & CEO Southeast Asia and Middle East Oyo.

Menurut Ankit, hasil temuan Oyo Travelopedia 2022 membuktikan terjadinya kebangkitan industri pariwisata di Indonesia dan pihaknya sebagai travel-tech company mendorong hasil yang lebih berdampak positif dengan tiga strategi utama yaitu memaksimalkan potensi pasar lokal, memperkuat teknologi untuk mengakomodasi permintaan pasar, serta kolaborasi yang kuat dengan mitra bisnis penginapan, pemerintah dan korporasi.

“Kami terus berperan aktif untuk membantu mitra bisnis kami dapat meningkatkan pendapatan mereka dengan integrasi teknologi yang imersif ke dalam operasional bisnis, memperluas pemasaran properti mitra dengan online travel agent hingga standarisasi layanan penginapan mitra,” lanjutnya. Saat ini, Oyo telah memiliki lebih dari 2.400 properti di lebih dari 180 kota di seluruh Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved