Technology Trends

Endeavor Klaim Startup Binaannya Bukukan Pendapatan US$ 2,5 Miliar

Managing Director Endeavor Indonesia Wayah Wiroto. (Zoom)

Komunitas nirlaba global yang membantu pengusaha mengatasi tantangan dan meningkatkan bisnis Endeavor merayakan 11 tahun keberadaannya di Indonesia. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Endeavor Indonesia tahun 2022, portofolio perusahaan komunitas secara kolektif membukukan US$2,5 miliar atau setara dengan Rp37,9 triliun.

Berdasarkan studi dari Google, Temasek, serta Bain and Company pada 2022 Indonesia merupakan negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN dengan Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$ 77 dollar. Selain itu ekosistem startup atau usaha rintisan juga tumbuh secara signifikan selama satu dekade terakhir.

Wayah Wiroto, Managing Director Endeavor Indonesia mengatakan, Endeavor Indonesia telah mendorong anggota komunitas mengakselerasi startup, sehingga menciptakan 21.300 lapangan pekerjaan pada 2022, meningkat dari 17.000 pada tahun 2021. Sejak tahun 2012, Endeavor Indonesia telah membimbing dan mendukung 86 Entrepreneurs yang memimpin 60 perusahaan.

“Setiap tahun, kami membimbing lebih banyak pengusaha dari tahun sebelumnya dan saya yakin jumlah ini akan terus meningkat. Jelas terlihat bahwa High-Impact Entrepreneurs telah membantu Indonesia memacu pertumbuhan ekonominya. Memasuki tahun ke-12, kami akan teguh dalam misi kami untuk memberdayakan entrepreneurs dari industri berbasis teknologi dan didukung teknologi,” katanya dalam konferensi pers, Rabu (15/02/2023).

Menurut Wayah, Endeavor Indonesia memiliki 84 mentor lokal yang terdiri dari para pemimpin bisnis tingkat tinggi Indonesia dan Singapura dengan berbagai keahlian dan latar belakang. “Tahun lalu, para mentor mendedikasikan total 553 jam bimbingan,” ujar alumni Teknik Agrikultur IPB ini.

Lebih lanjut Wayah mengungkapkan bahwa Endeavor Indonesia adalah bagian dari jaringan global Endeavor. Memiliki misi untuk membangun ekosistem kewirausahaan yang berkembang di pasar yang sedang berkembang. Endeavor menciptakan efek pengganda dengan menginspirasi para pendiri dengan pertumbuhan tinggi untuk bermimpi lebih besar, mendukung dan berinvestasi di dalamnya untuk berkembang lebih cepat.

“Dengan bergabung dalam komunitas global dari, oleh, dan untuk Pengusaha Berdampak Tinggi ini dapat menciptakan budaya wirausaha yang kuat di Indonesia. Didukung oleh anggota dewan terkemuka dan mentor yang bermutu, Endeavor Indonesia yakin pengusaha berdampak tinggi dapat mengubah ekonomi di negara ini,” ucapnya meyakinkan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved