Trends

Profil Ratu Tisha, Komisaris Electronic City yang Jadi Wakil Erick di PSSI

Ratu Tisha Destria (kanan) selaku Komisaris Independen PT Electronic City (Dok. KBUMN)

Ratu Tisha Destria terpilih menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) I PSSI periode 2023 – 2027. Ratu Tisha terpilih setelah mendapatkan 54 suara, unggul dari Yunus Nusi yang mendapat 53 suara, dan Menpora Zainudin Amali 44 suara. Namun Yunus Nusi yang seharusnya menjadi Waketum II mundur, dan posisinya digantikan Zainudin Amali.

Tisha akan mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir yang menang mutlak dalam pemilihan Ketua Umum PSSI. Erick mendapat 64 suara, mengalahkan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti yang mendapatkan 22 suara dari total 86 voter. Sementara dua kandidat lainnya tidak mendapat suara.

Tisha bukanlah orang asing dalam dunia sepak bola Tanah Air. Sebelumnya, Ratu Tisha pernah menduduki jabatan sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI sebelum akhirnya mundur pada April 2020. Lalu, dia menjadi Wakil Presiden AFF periode 2020 – 2023, sebelum akhirnya mundur dan mencalonkan diri menjadi Waketum PSSI.

Wanita yang lahir di Jakarta pada tahun 1985 ini aktif di dunia sepak bola karena memiliki latar belakang pendidikan FIFA Master Graduate 14th Edition. Dia menamatkan pendidikan International Master in Sports Humanities, Sports Management, Sports Law. Research in International Sports Collaboration; Sports Industry.

Tisha juga seorang Bachelor of Mathematics, major specialist in Algebra, Institut Teknologi Bandung, Indonesia. Selain itu, pernah menjadi Leader of Indonesian Ambassador of AFS International Exchange Student to Germany.

Selain berkecimpung di dalam dunia sepak bola, Tisha juga menggeluti dunia bisnis sebagai Komisaris Independen di PT electronic City. Ia menjabat sebagai Menjabat sebagai Komisaris Independen berdasarkan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 10 Agustus 2020.

Dalam keterangan perseroan, Tisha tidak memiliki hubungan afiliasi dengan anggota Dewan Komisaris lainnya maupun anggota Direksi dan Pemegang Saham Pengendali Perseroan. Ratu Tisha masih menjabat sebagai Komisaris Independen Electronic City hingga saat ini.

“Seluruh keluarga besar Electronic City dan Artha Graha Group beserta Artha Graha Network mengucapkan selamat atas terpilihnya Ibu Ratu Tisha sebagai Wakil Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027. Selamat mengemban tugas dan semoga sukses selama masa kepemimpinan berlangsung,” kata Electronic City dalam unggahan di Instagram resmi, Kamis (16/2/2023) malam.

PT Electronic City Indonesia Tbk merupakan salah satu dari perusahaan ritel produk elektronik di Indonesia. Berdiri tahun 2001 dan membuka toko standalone dan toko pertama di Sudirman Central Business District (SCBD). Electronic City memperluas jaringan toko di luar Jabodetabek dengan membuka toko pertama di Denpasar di tahun 2004 dan di Medan pada tahun 2007.

Editor: Eva Marha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved