Trends

Accenture: Adopsi Strategi TER untuk Tingkatkan Capaian secara Berkelanjutan

Penelitian terbaru dari Accenture menyarankan perusahaan Indonesia untuk mengadopsi strategi Total Enterprise Reinvention (TER) yang berkelanjutan. Strategi ini akan memungkinkan para perusahaan untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dalam menetapkan standar kinerja yang baru sejalan dengan ambisi Indonesia untuk mencapai status berpenghasilan tinggi pada tahun 2045. Strategi tersebut akan memberikan peluang untuk mendorong pertumbuhan pendapatan yang lebih tinggi, pengurangan biaya yang semakin meningkat, dan peningkatan neraca yang lebih tinggi.

Salah satu elemen penting dalam strategi dan sejalan dengan agenda Indonesia, adalah semakin perlunya inovasi dan implementasi teknologi baru dalam pengelolaan sumber daya yang lebih baik dan ekspansi pasar. Accenture berkesimpulan bahwa setelah masa pandemi, perkembangan teknologi telah secara cepat membentuk ulang industri dan memberi definisi baru pada keunggulan kompetitif. Ini membuat berbagai bisnis di Indonesia memiliki lebih banyak peluang dalam mendorong produktivitas dan menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing.

Salah satu cara bagi perusahaan untuk memanfaatkan peluang ini adalah dengan meningkatkan potensi teknologi, termasuk pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya manusia, terutama terkait teknologi seperti Artificial Intelligence dan cloud computing.

Berdasarkan penelitian Accenture 64 persen bisnis di Asia Pasifik, dan 75 persen bisnis secara global setuju bahwa serangkaian faktor eksternal, khususnya laju inovasi teknologi, pergeseran preferensi konsumen, dan perubahan iklim, akan semakin mengakselerasi investasi mereka dalam transformasi digital.

Jayant Bhargava, Country Managing Director Accenture Indonesia, mengatakan, bisnis saat ini harus mampu untuk mengetahui dan memanfaatkan tren-tren besar seperti perubahan demografis, disrupsi teknologi, dan kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Sebagai contohnya, pasar social commerce di Indonesia telah menunjukkan potensi untuk mendapatkan daya tarik yang cepat. “Sehingga kami meyakini bagi konglomerasi di Indonesia atau perusahaan lain yang ingin memanfaatkan potensi penuh social commerce, mengadopsi pola pikir Total Enterprise Reinvention sangatlah penting. Menempatkan TER sebagai tujuan akan menciptakan perusahaan yang tangguh, siap, dan mampu beradaptasi dengan teknologi baru, tren pasar, dan kebutuhan pelanggan. Ini pada akhirnya akan mempercepat produktivitas dan pertumbuhan ekonomi Indonesia”.

Alison Kennedy, Sustainability and Total Enterprise Reinvention lead, Southeast Asia di Accenture, mengatakan, Total Enterprise Reinvention bukanlah suatu metode atau cara, namun merupakan sebuah strategi dan tujuan yang harus dicapai.

Sebagai strategi terukur, TER berpusat di sekitar pemanfaatan teknologi digital dan cara kerja baru yang membentuk kultur dan kemampuan untuk melakukan inovasi ulang yang berkelanjutan. Tujuan ini juga yang akan mempersatukan para pimpinan perusahaan dan juga setiap fungsi dan area bisnis karena semua akan dan berkontribusi atas keberhasilan. “Pengalaman kami dengan berbagai perusahaan terkemuka serta institusi pemerintahan di Asia Tenggara, dan didukung oleh penelitian terbaru kami, menunjukkan sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjadikan Total Enterprise Reinvention sebagai tujuan,” ujar Alison Kennedy.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved