Technology Trends

Edsen Consulting Dongkrak Daya Saing Industri Lewat Transformasi Digital

Konferensi pers Edsen Business Senses Day 2023 di Hotel Le Meridien, Jakarta, (14/03). (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Edsen Consulting (PT Edsen Gudang Komputerindo), perusahaan konsultan di bidang teknologi informasi berupaya mendorong agenda transformasi digital dan pengembangan ekonomi digital melalui Edsen Business Senses Day 2023. Terlebih, teknologi dan transformasi digital telah menjadi kebutuhan bagi perusahaan dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi proses, menjadi lebih cepat, makin tangguh dan siap bertanding dalam persaingan ekonomi global.

“Kami menyadari pentingnya pembahasan mengenai tantangan secara keseluruhan maupun potensial teknologi informasi dalam makro ekonomi dan secara detail dalam diskusi terfokus dan workshop. Kami mendukung pemerintah Indonesia dalam digital economy, selaras dengan salah satu dari 16 Program Prioritas Indonesia di perhelatan dunia, ASEAN Summit 2023,” jelas Edwin Budiman, Pendiri dan CEO Edsen Consulting saat konfensi pers di Hotel Le Meridien, Jakarta, (14/03/2023).

Edsen Consulting memperkirakan perusahaan Indonesia baru mencapai sekitar 20% dari kapasitas digital yang masih dapat dioptimalkan dan perlu mengejar ketertinggalan dengan negara-negara Asia lainnya.

Edwin menjelaskan terdapat empat pilar dalam membantu akselerasi transformasi digital di perusahaan, yaitu pertama business technology, yang akan memberikan pandangan menyeluruh kepada perusahaan dalam integrase teknologinya. Kedua, business application sebagai enabler berbagai fungsi di perusahaan seperti CRM, ERP dan sebagainya. Ketiga, business analytics, yang memungkinkan perusahaan menganalisis insight lebih cepat dan tepat. Terakhir adalah pilar business planning dan execution, yang berfungsi memonitor dan mengevaluasi performa bisnis secara holistik, yang mampu secara lincah beradaptasi dan menyesuaikan berbagai perubahan.

Keempat pilar ini sudah terbukti berhasil membantu banyak perusahaan dalam mengakselerasi kinerja bisnisnya. Sebagai contoh, salah satu klien perusahaan tambang yang berhasil melakukan peningkatan produktivitas kendaraan alat beratnya berkat implementasi teknologi performance management.

Dengan support teknologi yang diimplementasikan Edsen Consulting, perusahaan tambang tersebut dapat menganalisis secara cepat dampak percepatan atau penundaan penggantian suku cadang kendaraan terhadap produkvititas atau keamanan alat berat tersebut. “Dalam perusahaan tambang, cost alat berat itu salah satu yang terbesar jadi perencanaan terhadap penggantian suku cadang menjadi hal yang krusial terhadap tingkat produktivitas perusahaan secara keseluruhan,” urai Edwin.

Contoh lain diuraikan Edwin terkait klien di sektor manufaktur otomotif. Berkat teknologi pelaporan interaktif yang diimplementasikan Edsen, kliennya dapat memonitor performa setiap dealer ‘in a fly’ serta menganalisis inventaris suku cadang di setiap dealer. “Sebelum menerapkan pelaporan interaktif, proses ini memakan waktu 1-2 minggu. Tapi sekarang, data yang diunggah sore hari di dealer, besok pagi sudah tersaji online sebagai bahan pengambilan keputusan,” ungkap Edwin.

Edsen juga akan memperkenalkan lini produk terbaru di bidang teknologi mobile microplanning yang mendukung business user perusahaan pada kuartal III tahun ini. Fungsi teknologi ini untuk menjalankan perencanaan dari sejak level mikro. Tools ini akan membantu trust management dalam perencanaan di level yang lebih detail secara harian.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved