Property

Strategi Lamudi Tingkatkan Literasi Digital Agen Properti

Rekan Lamudi diharapkan bisa meningkatkan kapabilitas agen yang merupakan SDM penting (Foto: Anastasia/SWA).

Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang properti (proptech), Lamudi, meluncurkan komunitas yang diberi nama Rekan Lamudi untuk menaikkan kompetensi agen dalam literasi digital. UNESCO dalam paparannya tahun 2018, menyebutkan literasi digital mencakup tujuh komponen. Tiga di antaranya dapat diaplikasikan untuk kurikulum pelatihan agen.

Tiga komponen yang disebut diawal meliputi literasi informasi dan data yang mencakup kemampuan melakukan riset online dan mengumpulkan data relevan, problem solving yang mencakup penggunaan teknologi untuk menjawab kebutuhan konsumen, dan penerapan teknologi dalam karir yang mencakup penggunaan teknologi untuk meluaskan jangkauan pasar.

“Rekan Lamudi diharapkan bisa meningkatkan kapabilitas agen yang merupakan sumber daya manusia (SDM) terpenting bagi sektor properti nasional,” kata Mart Polman, CEO Lamudi dalam konferensi pers yang digelar siang tadi di Jakarta (14/03/2023). Saat ini, sektor properti telah masuk ke era ekonomi digital. Di era ini, pencari properti yang diisi anak-anak muda dan mereka yang memiliki literasi teknologi tinggi menuntut kemudahan dalam pencarian properti, sehingga pelatihan dan pemberdayaan untuk para agen menjadi penting dilakukan.

Tak hanya diberikan pelatihan saja, agen juga akan diperkenalkan dengan produk terbaru, networking, serta pelibatan masyarakat. Lamudi juga menggandeng Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) untuk menjangkau agen di luar Jabodetabek. Ini membuat pelatihan yang dilakukan bisa menyentuh agen di seluruh Indonesia.

Mart berharap Rekan Lamudi bisa menjadi pusat kolaborasi antara developer, bank, asosiasi bisnis, dan pemerintah dalam penyusunan materi untuk membantu upskilling agen. “Kami berharap bisa meningkatkan kemitraan dengan agen properti baru dan seluruh pemangku kepentingan sektor properti yang memiliki visi yang sama untuk mewujudkan sektor properti nasional yang kokoh,” kata dia. Saat ini, Lamudi telah bermitra dengan 400 developer, 10 bank, dan 30 jaringan agen di seluruh Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved