Property

Penjualan & Pendapatan APLN Naik 104%, Perseroan Ungkap Penyebabnya

Orchard Park oleh Agung Podomoro Land (APLN). Sejumlah langkah strategis yang dilakukan APLN membuahkan hasil. (Dok. APLN)

Sejumlah langkah strategis yang dilakukan PT Agung Podomoro Land (APLN) Tbk. sepanjang tahun 2022 berhasil mendorong kinerja perusahaan semakin solid. Penjualan dan pendapatan usaha untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2022 mencapai Rp8,66 triliun, meningkat 103,29% dibandingkan periode sama tahun 2021 sebesar Rp4,26 triliun.

Selain itu, laba kotor perusahaan melonjak 240,56% menjadi Rp4,87 triliun dari sebesar Rp1,43 triliun pada tahun 2021. Menutup tahun 2022, APLN mencatatkan laba komprehensif sebesar Rp2,07 triliun dibandingkan dengan rugi komprehensif sebesar Rp 545,7 miliar pada tahun 2021.

Corporate Secretary PT Agung Podomoro Land Justini Omas menjelaskan, sejumlah faktor turut berkontribusi terhadap pencapaian perusahaan di tahun 2022. Di antaranya adalah pendapatan berulang dari segmen jasa perhotelan dan pusat perbelanjaan yang mencapai sebesar Rp1,46 triliun atau naik 28,07% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp1,14 triliun.

Faktor lainnya adalah kerja sama strategis antara APLN dengan Hankyu Hanshin Properties Corp (HHP) dalam pengelolaan Central Park Mall (CP Mall) melalui CPM Assets Indonesia (CPM). HHP melalui CPM Assets Japan LLC telah mengakuisisi CPM dan kini memegang 71,42% saham CPM, sementara APLN sendiri masih menguasai 28,58% saham CPM. Selain itu, juga APLN membukukan pengakuan penjualan sebesar Rp7,20 triliun, naik 131,51% dari Rp3,11 triliun pada periode sama tahun lalu.

Saat ini APLN memiliki dan mengoperasikan sejumlah hotel premium seperti Pullman Vimala Hills Ciawi, Pullman Grand Central Bandung dan Indigo Seminyak Bali. Perusahaan juga masih memiliki dan mengelola sejumlah pusat perbelanjaan premium di Jakarta dan berbagai kota besar di Indonesia, di antaranya Kuningan City, Senayan City, Baywalk, Emporium Pluit, Festival CityLink Bandung, Deli Park Medan, dan Plaza Balikpapan.

Justini menambahkan, penjualan properti APLN pada tahun 2022 tetap menunjukkan hasil yang positif. Total penjualan pemasaran (marketing sales) di luar PPN mencapai sebesar Rp 1,66 triliun. Sejumlah proyek properti yang sedang dikembangkan dan dibangun perusahaan seperti Podomoro Park Bandung, Bukit Podomoro Jakarta, Pakubuwono Spring, Podomoro City Deli Medan, Podomoro Golf View dan Kota Podomoro Tenjo menjadi sumber utama penjualan pemasaran terbesar.

“APLN akan terus mengoptimalkan besarnya kebutuhan masyarakat terhadap properti di berbagai kota di Indonesia. Melalui berbagai inovasi produk properti dan dukungan infrastruktur terbaik, Kami akan terus memastikan bahwa produk-produk APLN selalu menjadi referensi dan pilihan konsumen, seperti yang sudah terbukti selama lebih dari 53 tahun perjalanan perusahaan ini,” ujar Justini.

Perusahaan juga berkomitmen untuk terus mendorong efisiensi di berbagai lini bisnis. Strategi ini telah berhasil dilakukan ketika mulai terjadi pandemi Covid-19 pada tahun 2020, sehingga APLN tetap membangun berbagai proyek properti meskipun dalam situasi krisis. Melalui pengelolaan keuangan yang disiplin dan terukur, perusahaan berhasil melunasi pinjaman senilai SGD172,8 juta kepada Guthrie Venture Pte Ltd pada 2022.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved