Business Research Trends

Marketplace Jadi Kategori yang Paling Banyak Dicari dan Dikunjungi Konsumen

Kesadaran konsumen atau brand awareness terhadap sebuah merek sangat penting sebagai tolok ukur seberapa baik konsumen atau calon pelanggan mengenali sebuah brand. Dengan brand awareness yang baik, sebuah brand akan memiliki brand equity yang kuat, sehingga mampu menarik masyarakat dan calon konsumen untuk menggunakan produk dan layanan yang dihadirkan.

Di era digital, banyak konsumen atau calon pelanggan memanfaatkan teknologi digital untuk mencari dan mendapatkan produk atau layanan sebuah brand. Karenanya, pengelola brand perlu meningkatkan popularitas di ranah digital, baik itu di mesin pencari, media sosial, maupun website.

Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia mengatakan, hadirnya teknologi digital di tengah masyarakat telah merubah habit atau perilaku konsumen dalam mencari atau mendapatkan berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Sementara bagi pelaku bisnis, teknologi digital telah memudahkan sebuah brand untuk memperkenalkan produknya kepada calon konsumen.

“Dari tahun ke tahun pengguna internet di Indonesia terus bertumbuh. Sisi positif dari perkembangan tersebut tentu saja mendorong adopsi teknologi digital tidak hanya di masyarakat tapi juga pelaku bisnis,” katanya.

Untuk melihat brand-brand yang berhasil memanfaatkan teknologi digital sehingga semakin populer dan unggul di ranah digital, Tras N Co Indonesia melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index.

Riset ini dilakukan terhadap 250 kategori produk, dengan lebih dari 1.500 brand teriset. Riset mengacu pada tiga parameter penilaian, yakni; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.

Dalam riset ini terungkap 10 kategori produk dan layanan yang paling banyak dicari di halaman internet, di antaranya Marketplace dengan 7,6 juta pencarian, Resto Fried Chicken (1,2 juta), Smartphone (666,2 ribu), Low Cost Carrier (537 ribu), Simcard Prabayar (428,5 ribu), Internet Banking (418,1 ribu), Helm (390,6 ribu), dan Online Transportation (330 ribu).

Selain itu, kategori produk dengan pengunjung website terbanyak adalah; Marketplace dengan 302,5 juta pengunjung, Internet Banking (145,2 juta), Low Cost Carrier (27,1 juta), Listing Properti online (26,1 juta), Simcard Prabayar (24,9 juta), Laptop (15 juta), Smartphone (9,9 juta), TV LED (9,9 juta), Mobil MPV (9 juta), dan Asuransi (2,8 juta).

Riset yang dilakukan pada Desember 2022 – Februari 2023 ini juga mengungkapkan kategori produk dan layanan yang banyak diulas di halaman internet adalah; Marketplace sebanyak 107,3 juta ulasan, Sepeda Motor Matic (60,3 juta), Mobil MPV (46,4 juta), Motor (30,8 juta), Laptop (17,8 juta), Kredit Barang Elektronik (11,8 juta), Sepatu Running (11,5 juta), Listing Properti Online (10,7 juta), Restro Fried Chicken (7,1 juta), dan Low Cost Carrier (6,6 juta).

“Brand-brand dengan populer index yang tinggi, adalah brand yang unggul dan berada di posisi tiga peringkat di kategori produk atau jasanya,” tutur Tri.

Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id menambahkan, Indonesia Digital Popular Brand Award menjadi barometer utama pengukuran brand di ranah digital. Riset ini akan membantu calon konsumen dalam mencari dan memilih sebuah produk di ranah digital.

Pihaknya juga menggelar penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2023 sebagai apresiasi kepada brand-brand yang berhasil meraih index tinggi. Kegiatan ini menghadirkan nara sumber ahli di bidangnya, seperti Almira Shinantya, Director of Brand Engagement and Metaverse Strategy WIR dsn Alex Iskandar selaku CEO IMFocus Digital Marketing yang memaparkan metode penilaian Indonesia Digital Popular Brand Award.

“Kegiatan ini digelar untuk memberikan wawasan kepada para praktisi brand dan marketing, untuk semakin meningkatkan aktivitasnya di ranah digital, sesuai dengan tren yang terjadi saat ini,” jelas Susilowati.

Peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2023 adalah; Campina untuk kategori Es Krim, Salicyl (Bedak Gatal), Aice (Es Krim), Softex (Pembalut Wanita), Penguin (Tangki Air), Mobil 1 (Oli Mobil), Hutama Karya (Kontraktor), Tango (Wafer), Formula (Pasta Gigi dan Sikat Gigi), Central (Spring Bed), Wuling Almaz (Mobil SUV), Brasov (Parfum), McDonald’s (Resto Fried Chicken), Michelin (Ban Mobil), Eterna (Kabel Listrik), Bambi (Lotion Anti Nyamuk Anak), TVS (Motor Roda Tiga), Morinaga (Susu Formula), Carvil (Sandal), Allianz Utama Indonesia (Asuransi Mobil), dan Marcks (Face Powder).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved