Marketing Trends

Ninja Xpress Fasilitasi UMKM Jualan Lewat Live Selling

Live selling Ninja Xpress
Live selling Ninja Xpress menyediakan talent, seperti host/KOL/MC/Model, hingga studio khusus. (Dok. Ninja Xpress)

Hasil survei Suara UKM Negeri Vol 2 yang dilakukan terhadap lebih dari 300 penjual e-commerce (shipper) yang menggunakan layanan Ninja Xpress di Indonesia, menunjukkan bahwa satu dari tiga shipper telah melakukan live selling.

Survei yang berlangsung pada November 2022 tersebut memaparkan tiga alasan utama yang membuat shipper melakukan live selling adalah mampu menghadirkan pelanggan baru, menjadi cara yang baik untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan pelanggan, serta apat membuat brand lebih dikenal dan trending, termasuk meningkatkan minat beli.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress mengatakan, pihaknya terus memberikan solusi yang dibutuhkan pelanggan selama Ramadan, salah satunya melalui live selling.

Melalui layanan live selling Ninja Xpress, shipper tidak perlu repot-repot lagi dalam hal persiapan hingga pelaksanaan live selling. Bahkan, untuk talent, seperti host/KOL/MC/Model, hingga studio khusus untuk live selling dan photo produk sudah disiapkan oleh Ninja Xpress. Ramadan kali ini, tema yang dibawa adalah Ramadan in Color. “Untuk shipper yang ingin menggunakan layanan ini, dua hal yang perlu disiapkan, yaitu menyediakan produk yang dijual dan menyiapkan promosi apa saja yang ingin diberikan,” ujarnya.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam Navigating Ramadan with Digital 2023 yang dirilis Google dipaparkan bahwa platform digital berperan dalam hal menentukan pilihan belanja. Dalam laporan menyebut bahwa penggunaan media digital/platform digital oleh masyarakat Indonesia terus berkembang selama Ramadan.

Selain itu, Survei Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadan 2023 yang dirilis Snapcart menyebutkan bahwa 98% responden tertarik berbelanja online selama Ramadan. Hal tersebut dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu gratis ongkir (71%), menyediakan metode pembayaran COD (37%), program Ramadan yang menarik (36%), dan keseruan livestream/live selling dengan penjual (16%).

Menurut Andi, live selling tentu bisa menjadi strategi penjualan yang menjanjikan. Sebut saja pada program live selling di Tiktok. Dalam program Tiktok Shopping Hoki Sale pada Januari 2022, Tiktok mencatatkan peningkatan nilai transaksi (GMV) hingga 411% dan peningkatan pesanan di Tiktok Shop hingga 564,1%.

Di samping memiliki peluang yang menjanjikan, live selling tentu memiliki tantangan tersendiri. Survei Suara UKM Negeri Vol 2 menjelaskan, tantangan dalam melakukan live selling yang dihadapi oleh shipper, diantaranya mengelola keinginan pembeli saat live selling, memilih platform live selling yang tepat untuk digunakan, serta persiapan dan saat melakukan live selling itu sendiri.

“Untuk terus memberikan layanan yang optimal, Ninja Xpress juga tengah melakukan rekrutmen live selling talent sebagai host yang akan memandu live selling berlangsung. Selain itu, kami akan menyediakan trainer profesional untuk talent terpilih sebagai bagian dari fasilitas pelayanan untuk shipper yang menggunakan jasa pengiriman Ninja Xpress,” terang Andi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved