Strategy

Kuartal II Tahun 2023, Erajaya Melanjutkan Ekspansi

Gerai Erafone oleh Erajaya Digital di Padang Sidempuan. (Dok. Erajaya)

Erajaya Digital membuka kuartal kedua tahun 2023 dengan meresmikan 51 gerai ritel baru yang tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, Maluku, Sumatera dan Sulawesi. Ini merupakan salah satu strategi Erajaya dalam memperluas pasar dan jumlah pelanggan.

Joy Wahjudi, CEO Erajaya Digital mengatakan, ekspansi footprint ritel yang terus dilakukan pihaknya merupakan komitmen agar semakin banyak pelanggan yang bisa mengakses produk yang mereka tawarkan. Mulai dari gadget, aksesoris, dan perangkat Internet of Things (IoT) dengan pengalaman berbelanja secara omnichannel.

Joy melanjutkan berpegang pada komitmen, Erajaya Digital mengembangkan sayap dan melayani pelanggan-pelanggan baru melalui pembukaan 51 gerai ritel yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di banyak kota-kota baru. Berdasarkan laporan dari We Are Social pada bulan Januari 2023, angka penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 77% dari total populasi atau sebesar 212,9 juta jiwa.

“Dari populasi tersebut sebanyak 98,3% terkoneksi ke internet menggunakan smartphone. Melalui gerai kami yang makin tersebar luas, pelanggan dimudahkan dalam mendapatkan smartphone idamannya, apalagi dengan tersedianya layanan seperti upgrade terus, Click and Pickup, serta Mobile Shopping,” kata Joy melalui keterangan resmi yang diterima SWA Online, Jumat (14/4/2023).

Dalam peresmian tersebut, Erajaya mencatatkan sejumlah capaian penting di antaranya Erafone Ruko Kolaka menjadi gerai Erafone pertama di Kabupaten Kolaka sekaligus gerai Erafone kedua di Provinsi Sulawesi Tenggara. Erafone Ruko Petung Penajam menjadi gerai Erafone pertama di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Selain itu, Erafone Ruko Tomohon merupakan gerai Erafone pertama di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Xiaomi Store Maluku City Mall menjadi gerai Xiaomi Store pertama di wilayah Maluku dan sekitarnya.

Sebelumnya, memulai Kuartal I tahun 2023, Erajaya Digital melalui anak usahanya Erajaya Active Lifestyle juga telah membuka enam gerai baru sepanjang Januari-Maret 2023 yang tersebar di Kota Jakarta, Palembang, Samarinda dan Banjarmasin. Langkah ini dilakukan untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan produk lifestyle gadget yang terpercaya dengan sejumlah manfaat seperti harga resmi dan perlindungan garansi.

Pada tanggal 24 Februari 2023, Erajaya Active Lifestyle membuka 4 gerai Urban Republic dan 1 gerai Garmin Brand Store sekaligus, yakni UR Palembang Square, UR BIG Mall Samarinda, UR Puri Indah Mall Jakarta dan GBS BIG Mall Samarinda. Peresmian gerai baru ini akan membawa jumlah toko Urban Republic menjadi 32 toko dan toko Garmin Brand Store menjadi 15 toko di akhir bulan Maret 2023.

Erajaya Digital pada 2022 berhasil mempertahankan pertumbuhan positif yang tercermin dari peningkatan penjualan bersih perseroan sebesar 13.8% dan laba yang diatribusikan kepada perusahaan induk sebesar Rp 1 triliun. Pertumbuhan penjualan sebesar 13,8% YoY dari Rp 43,5 triliun di tahun 2021 menjadi Rp 49,5 triliun pada tahun 2022.

Erajaya menutup tahun 2022 dengan pencapaian yang positif, dengan pendapatan sebesar Rp 49,5 triliun, atau meningkat 13,8% dari tahun sebelumnya, dan menghasilkan laba bersih sebesar Rp1 triliun. “Pencapaian ini terjadi karena inisiatif Erajaya dalam melanjutkan ekspansi bisnis untuk memperluas jaringan omnichannel yang dimiliki dengan menambah 568 gerai sepanjang tahun 2022,” kata Hasan Aula, Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada dalam rilisnya beberapa waktu lalu.

Sampai 31 Desember 2022, Erajaya memiliki 1.682 gerai yang didukung oleh 89 titik distribusi, dan kerjasama dengan lebih dari 66.000 reseller di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Ekspansi footprint ini juga didukung dengan program kemitraan Erafone Cloud Retail Partner, yang memberi kesempatan pada mitra lokal untuk membuka gerai Erafone di lokasi yang belum terjamah sebelumnya. Hingga akhir Desember 2022 telah dibuka 54 gerai Erafone Cloud Retail Partner di berbagai lokasi di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved