Trends

Masuk Indonesia, Sime Darby Jadi Authorized Diler BMW

Konglomerat perdagangan asal Malaysia, Sime Darby Berhad, hadir di pasar otomotif Indonesia melalui PT Performance Motors Indonesia yang bekerja sama dengan anak perusahaan Sime Singapore Ltd. dan Galeon Group.

Sebagai langkah awal, perusahaan menghadirkan dua diler resmi di Jakarta dan Medan. Diler Jakarta khusus untuk BMW, dan Medan merepresentasikan BMW dan MINI.

Selain itu, PT Performance Motors Indonesia dengan BMW Group berupaya untuk mengembangkan jaringan di Indonesia dengan usaha gabungan yang berekspansi di berbagai provinsi di pulau Jawa dan Sumatera.

Dato’ Jeffri Salim Davidson, Chief Executive Officer Sime Darby Berhad Group, mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mengembangkan divisi bisnis otomotif di Asia Pasifik.

Menurutnya, Indonesia sebagai salah satu negara dengan pasar otomotif terbesar di kawasan dengan kelas menengah dan menengah atas yang berkembang pesat menjadi pasar yang sangat penting bagi pihaknya untuk mengembangkan usaha.

“Kami sangat senang bekerja sama dengan Galeon Group untuk mewujudkan rencana ekspansi. Galeon yang telah masuk dalam industri bisnis otomotif sejak tahun 1989, memiliki keahlian strategis dan pemahaman tentang situasi otomotif lokal,” katanya.

Ia pun berharap untuk terus berkembang dengan BMW Group Indonesia sebagai mitra strategis, dan bekerja sama mengembangkan merek BMW dan MINI di Indonesia.

President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan menyambut baik hadirnya Sime Darby Motors ke dalam jaringan diler BMW Group Indonesia dan kemitraannya dengan Galeon Group.

“Hal ini merupakan penanda jelas dari keyakinan terhadap keberadaan BMW Group Indonesia di Indonesia dengan kinerja penjualan yang kuat dari merek BMW dan MINI pada pasar Indonesia, keduanya mencetak rekor penjualan di tahun 2022,” ujar Ramesh.

Leonel Gozali, Principal Galeon Group optimistis bahwa bersama dengan Sime Darby, mereka dapat mempercepat pertumbuhan melalui ekspansi merek termasuk merek MINI dan memperluas wilayah cakupannya di luar lokasi saat ini.

Ia menyebut, Sime Darby memiliki pengalaman berharga di sektor otomotif di seluruh rantai nilai dan akan menjadi mitra yang baik untuk tumbuh bersama. “Dengan pengalaman Sime Darby yang kuat di otomotif serta BMW, sistem back-end yang kokoh, dan kapasitas keuangan yang kuat untuk mendukung pertumbuhan, kami yakin bahwa kerja sama ini akan membawa keberhasilan,” kata Leonel.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved