Property

SMF dan Bank Woori Saudara Menyalurkan Kredit Multiguna Rp 250 Miliar

Kerjasama antara SMF dan Bank Woori Saudara ditandatangani pada Jumat, 28 April 2023. (Foto : SMF)

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF merealisasikan rencana strategisnya di 2023 dengan bersinergi untuk memperkuat pendanaan di sektor perumahan dari sisi pasokan dan permintaan. Guna mendukung percepatan pertumbuhan pembiayaan perumahan SMF dan PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk bersinergi untuk menyalurkan kredit multiguna senilai Rp 250 miliar.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama yang ditandatangani langsung oleh Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF, Heliantopo dan Direktur Bank Woori Saudara M. Tri Budiono, pada 28 April 2023. Kolaborasi bisnis ini sebagai tindak lanjut kerjasama sebelumnya yang dilaksanakan bulan lalu dengan nilai Rp 500 miliar.

Melalui kerja sama tersebut SMF mengalirkan fasilitas refinancing dengan total nilai Rp 750 miliar untuk penyaluran kredit multiguna yang diperuntukan khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), pensiunan ASN, maupun pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Nantinya, para penerima manfaat dapat memiliki akses pinjaman kredit multiguna yang dapat digunakan dengan berbagai manfaat dan tujuan diantaranya yakni pembelian rumah baik baru maupun second , pembangunan rumah di lahan pribadi, take over non top up , renovasi rumah, pembelian atau pengadaan tanah untuk pembangunan rumah.

Adapun karakteristik unik dari produk ini ialah mekanisme agunan yang bersumber dari pemotongan gaji atau tunjangan pensiun setiap bulannya dengan minimal jaminan payroll gaji atau tunjangan pensiun atau Surat Keputusan (SK) pengangkatan yang telah memenuhi kriteria seleksi. Melalui kredit multiguna konsumtif ini masyarakat memiliki akses dan manfaat lebih untuk dalam memenuhi kebutuhan termasuk kebutuhan hunian yang layak.

Terkait hal tersebut, Heliantopo mengatakan bahwa produk kredit multiguna ini merupakan bagian dari upaya SMF sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan dalam memperkuat peran dan fungsinya sesuai dengan perluasan mandat dari pemerintah untuk mendorong terciptanya suatu ekosistem guna menyelaraskan seluruh upaya pemenuhan hunian agar dapat berjalan dengan optimal baik di sisi supply dan demand.

Realisasi penyaluran kredit multiguna untuk perumahan ini sejalan fokus SMF yang konsisten dalam mengoptimalkan perluasan mandat dari pemerintah melalui berbagai langkah strategis.”Diantaranya pengembangan kegiatan usaha, memperkuat pendanaan dengan menjalin kerja sama dengan lembaga dalam dan luar negeri, menguatkan koordinasi, kolaborasi dan komunikasi dengan stakeholder ekosistem perumahan serta mendukung peningkatan perekonomian nasional dengan memperkuat sinergi antar BUMN, dan melakukan penguatan di semua lini di internal SMF dengan tetap mengedepankan prinsip GCG,” jelas Heliantopo di Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Terkait optimalisasi peran dan fungsinya dalam mendorong bangkitnya industri perumahan baik dari sisi supply maupun demand, tercatat sepanjang tahun 2022, SMF telah menyalurkan produk-produk dalam rangka implementasi perluasan mandat dari pemerintah sebesar Rp 2,4 triliun yang terdiri dari Kredit Konstruksi, Kredit Mikro Perumahan, KPR Rumah Usaha, KPR Inden, serta Kredit Multi Guna Perumahan.

Direktur Konsumer Bank Woori Saudara, M. Tri Budiono, mengungkapkan tingginya minat akan kredit multiguna,merupakan pangsa pasar yang besar saat ini. “Kami berharap dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama ini dapat meningkatkan kemudahan akses dan pelayanan atas kebutuhan untuk ASN d pensiunan. Semoga kedepanya kerjasama antara Bank Woori Saudara dan SMF akan terjalin semakin baik,” katanya.

Swa,co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved