Trends

Semua Asosiasi Industri Finansial Perlu Berkolaborasi Tingkatkan Keamanan Data

Pembayaran digital dan teknologi finansial semakin berkembang pesat di Indonesia. Salah satu bentuk teknologi finansial yang sudah dikenal luas oleh masyarakat adalah payment gateway. Gerbang pembayaran ini tidak hanya memudahkan proses pembayaran, tetapi juga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Sekjen sekaligus Pendiri Asosiasi Payment Gateway Indonesia (APGI) Angel Putri, menyatakan, saat ini industri pembayaran masih menghadapi beberapa masalah seperti keamanan transaksi, standar akuisisi merchant serta regulasi yang beragam di tiap-tiap sektor.

“APGI berharap bisa bekerja sama dengan banyak asosiasi terkait lainnya untuk mencari solusi bersama demi kemajuan industri pembayaran di Indonesia,” kata Angel. Selain itu, dibentuknya asosiasi ini juga untuk memperkuat dan meningkatkan industri pembayaran di Indonesia khususnya di bidang payment gateway.

Angel menekankan pentingnya upaya kolaborasi dengan semua asosiasi industri finansial untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi di industri yang berhubungan dengan transaksi pembayaran saat ini.

“Payment gateway adalah layanan yang menyediakan sistem pembayaran online yang aman dan terpercaya. Payment gateway bertindak sebagai jembatan antara pembeli, penjual, dan institusi keuangan seperti bank, dan memiliki peran penting dalam melindungi data pribadi konsumen,” tuturnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, belum lama ini.

Asosiasi Payment Gateway Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga perlindungan data pribadi pelanggan, terutama dalam hal pengembangan kebijakan, standar, dan praktik terbaik di industri pembayaran elektronik.

Angel membeberkan beberapa poin penting yang diemban oleh APGI untuk perlindungan data pribadi pelanggan, seperti menetapkan standar keamanan, memberikan pelatihan, mengembangkan pedoman privasi, membuat panduan kepatuhan, berpartisipasi dalam diskusi industri hingga membantu memastikan bahwa anggota mereka mematuhi ketentuan UU ITE dan UUPDP dan standar keamanan lainnya.

“Dalam rangka melindungi data pribadi konsumen, penggunaan payment gateway menjadi sangat penting. Payment gateway dapat memberikan perlindungan dan keamanan yang lebih baik bagi konsumen, serta membantu mencegah risiko penipuan dan pelanggaran keamanan data yang dapat merugikan konsumen maupun penjual,” ungkap Angel.

Angel juga menyampaikan beberapa poin penting tentang payment gateway untuk perlindungan data pribadi, seperti enkripsi data, kepatuhan Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) yang bertujuan untuk melindungi data kartu kredit pengguna, hingga mencegah terjadinya transaksi yang mencurigakan.

“Payment gateway dapat memverifikasi identitas konsumen dengan meminta informasi tambahan seperti nomor telepon atau alamat email. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penipuan dan memastikan bahwa transaksi dilakukan oleh orang yang sah,” jelas Angel.

Pada intinya, payment gateway dapat mengatur hak akses untuk data dan informasi pengguna, sehingga hanya orang yang berwenang yang dapat mengakses data tersebut.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved