Financial Report Capital Market & Investment

Laba Bersih Trisula International Melonjak 81%

Pabrik garmen dan tekstil. (Foto : Trisula)

PT Trisula International Tbk (TRIS), emiten di bidang tekstil dan garmen mencatatkan kinerja cemerlang pada periode kuartal pertama 2023. Perusahaan produsen pakaian terintegrasi ini membukukan kenaikan laba bersih per Januari-Maret 2023 Sebesar 81% atau menjadi Rp 30,71 miliar dibandingkan Rp 16,97 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Perolehan laba bersih tersebut didukung oleh penjualan bersih yang meningkat 16% menjadi Rp 376,55 miliar, dibandingkan Rp 324,96 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun beban pokok penjualan tercatat sebesar Rp 279,30 miliar, meningkat dibandingkan Rp 255,15 miliar. “Kinerja ini menunjukkan ketangguhan dan komitmen kami terhadap inovasi dan loyalitas pelanggan. Kami meyakini fundamental yang kuat dan posisi pasar ekspor yang dimiliki perseroan akan memungkinkan untuk terus memberikan nilai kepada para pemegang saham dan pelanggan kami,” kata Direktur Utama TRIS Widjaya Djohan di Jakarta, Jumat (12/05/2023).

Kinerja TRIS di periode itu menunjukkan strategi bisnis perseroan tidak hanya mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi, tetapi juga melampaui rekor tingkat sebelum pandemi. Hal itu bisa diraih berkat struktur biaya yang efisien dan peningkatan yang luar biasa dalam margin laba kotor dari 21% di kuartal pertama 2022 menjadi 26% di kuartal pertama 2023.

Total penjualan ekspor TRIS mencapai Rp 253,25 miliar atau mencapai 67% dari total penjualan perseroan pada periode tersebut. Adapun total penjualan domestik tercatat sebesar Rp 123,29 miliar.

Pada kuartal pertama 2023, segmen manufaktur yang memproduksi tekstil dan garmen sebagai bisnis inti perseroan dengan fokus pada pakaian yang disesuaikan dengan permintaan seperti blazer, jas, celana kasual, dan lain-lain memiliki kontribusi tertinggi terhadap kinerja TRIS yaitu mencapai 65% terhadap total pendapatan.

Penjualan dari segmen ini meningkat 10%. Sementara segmen distribusi berkontribusi 20% terhadap total pendapatan pada kuartal pertama tahun ini. Pada periode ini, penjualan dari segmen distribusi meningkat 19%. Selain itu, segmen ritel dan segmen seragam terlihat membukukan pertumbuhan yang signifikan di kuartal I/2023 masing-masing sebesar 38% dan 22%.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved