Entrepreneur

Kriwil Indonesia, Bisnis yang Lahir Berkat Rambut Keriting

Pendiri Kriwil Indonesia Gracia Indriani. (Foto Ubaidillah/SWA)

Rambut menjadi bagian yang penting penampilan untuk selalu diperhatikan. Sebagian orang menilai, rambut lurus dapat meningkatkan penampilan hingga titik yang maksimal. Banyak orang ingin memiliki rambut lurus, namun tidak semua orang terlahir dengan rambut lurus.

Rambut keriting menjadi satu jenis rambut yang dimiliki oleh sebagian orang di Indonesia. Seseorang yang tidak percaya diri dengan rambut keriting, akan melakukan banyak cara agar rambutnya lurus. Sayangnya langkah yang kurang tepat, dapat merusak kesehatan rambut itu sendiri.

Pengalaman tersebut terjadi pada Gracia Indriani, pendiri salon dan produk bernama Kriwil Indonesia. Terlahir dengan rambut keriting, Gracia mengaku tidak percaya diri dengan model rambutnya. Rambut keriting identik dengan rambut yang susah diatur dan mengembang.

Usaha tersebut berhasil, namun berdampak pada kesehatan rambut miliknya. “Jadi rambutnya tidak sehat. Teksturnya juga tidak bagus,” kata Gracia, Rabu (24/05/2023). Seiring berjalannya waktu, Gracia sadar bahwa rambut yang dimilikinya istimewa dan hanya perlu merawat rambut keritingnya dengan benar.

Gracia lalu membagikan tips merawat rambut keriting melalui media sosial. Diluar dugaan, banyak orang tertarik dan memiliki masalah yang sama yakni sulit untuk merawat rambut keriting. Tak hanya itu, juga sulit menemukan produk perawatan rambut keriting. Gracia akhirnya mulai membuat minyak rambut keriting dengan bahan-bahan yang ia beli sendiri.

“Minyak rambut yang ia buat ternyata mendapat respons positif. Awal merintis tahun 2017 dan usaha rambut keriting belum ada, ini yang pertama. Saya mulai dengan modal Rp1,5 juta. Bahan-bahan dan botol beli ke pasar. Setiap hari ada pesanan sekitar 15 produk, setiap hari ada saja meski sedikit,” kata Gracia menceritakan awal memulai bisnis.

Saat ini, Kriwil Indonesia membuka salon di bilangan Kebayoran Baru dan menjual produk perawatan rambut keriting di e-commerce dan media sosial. Dengan delapan orang pegawai salon, satu orang admin, satu orang yang bertugas packing, dan dibantu sang kakak sebagai Operational Manager produk perawatan rambut yang diproduksi Kriwil Indonesia sudah terjual hingga Papua.

Produk terlaris Kriwil di e-commerce Tokopedia adalah Kriwil Styling Gel dan Conditioner yang masing-masing terjual hingga 1 ribu lebih (data per 27 Mei 2023), lalu Shampo yang terjual hingga 750 lebih, serta Kriwil Coconut Oil, Kriwil Conditioning Mask, yang terjual hingga 500 pcs. Harga produk dibanderol mulai Rp 567 ribu hingga Rp 13.500 per pcs.

Operational Manager Kriwil Indonesia Andrew Prasetya mengatakan pengunjung salon juga ramai. Tidak hanya perempuan, laki-laki dengan rambut keriting pun datang ke salon Kriwil Indonesia untuk perawatan. “Karena ini memang yang pertama, jadi belum ada di tempat lain, kata Andrew saat diwawancarai SWA Online pada kesempatan yang sama.

Baik Andrew maupun Gracia mengaku bahwa tantangan dalam membangun bisnis ini ada pada sumber daya manusia (SDM). Meski pegawai yang direkrut memiliki pengalaman kerja di salon, namun hanya menangani rambut lurus, sehingga kesulitan jika melayani pelanggan yang berambut keriting.

“Tantangan terbesar kami itu di SDM, karena belum banyak yang bisa, kami yang kasih pelatihan. Kesulitan ini juga yang kami alami dan mencoba diatasi sebelum membuka cabang baru,” kata Andrew.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved