Technology Trends

97% Transaksi CIMB Niaga via Layanan Digital

Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh. (Dok. CIMB)

Perkembangan teknologi digital memudahkan serta menyederhanakan aktivitas masyarakat. Hadirnya teknologi juga membuat perilaku konsumen berubah lebih cepat dan memiliki standar yang tinggi. Bisnis yang tidak adaptif dengan digital, berpotensi besar ditinggalkan.

Pesatnya perkembangan digital menghadirkan potensi ekonomi yang cukup besar. Berdasarkan Studi Google Temasek, Bain & Company (2022) menunjukkan ekonomi digital Indonesia pada 2022 mencapai US$77 miliar atau tumbuh 22% dari 2021. Indonesia berhasil menjadi pemain utama dalam ekonomi digital ASEAN, karena sekitar 40% dari nilai total transaksi ekonomi digital ASEAN berasal dari Indonesia.

Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia CIMB Niaga juga terus fokus dan mengembangkan produk berbasis digital untuk melengkapi layanan kantor cabang. Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh menjelaskan bahwa 97,0% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan digital seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines (ATM) dan Rekening Ponsel.

“Yang 3% anggaplah nasabah yang masih belum mau pindah ke digital karena lebih nyaman bertemu atau datang langsung ke kantor cabang. Yang masih kirim surat melalui kurir,” ujar Lusi saat menjelaskan Digital Banking dalam acara CIMB Niaga Journalist Class di Bogor, Jumat (26/5/2023).

Rincian transaksi keuangan berbasis digital CIMB Niaga di antaranya 223 juta transaksi melalui aplikasi dan web atau tumbuh 67,5% YoY, 176 juta transaksi dari Octo Mobile atau tumbuh 127,2% YoY, 47 juta transaksi melalui Octo Clicks atau tumbuh 56,3% YoY, dan fee based income mencapai Rp163 miliar atau tumbuh 24,9% YoY. Jumlah pengguna Octo Mobile mencapai 2,5 juta, Octo Clicks 1,6 juta, dan pengguna digital aktif mencapai 1,19 juta. Sebanyak 644 ribu pada 2022 adalah pengguna digital baru dan 178 ribu merupakan pengguna baru yang aktif.

OCTO Mobile memimpin tren digitalisasi dan menyediakan berbagai kemudahan perbankan. Mulai dari penyediaan transaksi yang lengkap, pilihan investasi dan pinjaman hingga kemudahan gaya hidup, seperti pembelian tiket pesawat.. Sementara OCTO Clicks difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam melakukan berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian dan Top-Up.

Fitur-fitur seperti financial check-up dan lifestyle, termasuk pemesanan pesawat, hotel serta voucher melengkapi fitur yang tersedia. Selain itu, CNAF juga telah mengembangkan aplikasi digital CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved